Materi SMA kelas 11 IPA (Arsip Zenius)

Daftar Materi Pelajaran Kelas 11 IPA SMA

Tidak terasa ya semester baru sudah akan dimulai. Sobat Zenius yang saat ini berada di bangku kelas 11 SMA, apa sudah tahu apa saja mata pelajaran serta materi SMA kelas 11 IPA? Jika masih kurang yakin, jangan khawatir karena di artikel ini, gue akan membahas daftar materi kelas 11 semester 1 dan semester 2. 

Tentu, Sobat Zenius sudah tahu kalau di jenjang SMA, pada umumnya terdapat dua peminatan, yaitu IPA dan IPS. Dan untuk mata pelajarannya pasti ada yang sama dan juga ada yang berbeda untuk kedua peminatan tersebut. Kali ini, gue bakalan fokus untuk membahas materi kelas 11 peminatan IPA, baik yang diajarkan di semester 1 maupun materi kelas 11 semester 2. 

Jadi, apa aja sih materi pelajaran IPA kelas 11? Simak terus artikel ini, ya! 

materi kelas 11
Ilustrasi siswa belajar (Dok. freepik.com)

Materi SMA Kelas 11 IPA Semester 1 – Peminatan

Nah, untuk elo yang ambil peminatan IPA, ada beberapa mata pelajaran yang akan dipelajari di kelas 11 semester 1, di antaranya Matematika Wajib, Matematika Peminatan, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah Indonesia. 

Lalu, apa saja materi kelas 11 semester 1 untuk peminatan IPA berdasarkan mata pelajaran yang udah gue sebutkan di atas?

Matematika Wajib

Nah, materi kelas 11 semester 1 untuk mata pelajaran Matematika wajib meliputi induksi matematika, program linear, matriks, dan transformasi geometri.

Pada topik induksi matematika, elo bakal belajar mengenai langkah-langkah pembuktian rumus Matematika yang juga dikenal sebagai efek domino. Cara yang digunakan dalam pengujian rumus adalah n = k dan n = k +1.

Selanjutnya, materi kelas 11 pada topik program linear yang akan elo pelajari adalah dasar-dasar dan konsep yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV), sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), persamaan dua variabel (PLDV), dan aplikasi program linear.  

Lebih lanjut, elo akan belajar mengenai dasar perhitungan matriks, operasi hitung matriks, determinan dan invers matriks, dan perkalian beberapa ordo pada materi kelas 11 topik matriks. 

Sedangkan untuk materi SMA kelas 11 topik transformasi geometri, materi yang dipelajari seputar macam-macam transformasi, seperti rotasi dan refleksi, komposisi transformasi, dan transformasi pada garis dan kurva. 


Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 11 Semester 1

Tonton video materi Matematika Wajib kelas 11 semester 1 di website Zenius (Chapter Induksi hingga Transformasi Geometri). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Matematika Peminatan

Selain belajar Matematika wajib, mata pelajaran SMA jurusan IPA kelas 11 juga meliputi Matematika peminatan. Materi kelas 11 semester 1 untuk mata pelajaran Matematika peminatan di antaranya adalah fungsi trigonometri, persamaan trigonometri, dan rumus-rumus trigonometri seperti rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

Pada materi SMA kelas 11 topik fungsi trigonometri, elo akan mendalami materi seputar grafik fungsi trigonometri dan aturan-aturan trigonometri, seperti aturan sin, cos, dan tan. 

Sedangkan untuk materi topik persamaan trigonometri, materi yang dipelajari yaitu persamaan mengenai perbandingan trigonometri yang mana nantinya akan ada rumus-rumus trigonometri yang digunakan untuk menghitung persamaan tersebut. 

Tiga rumus untuk menyelesaikan persamaan trigonometri adalah sebagai berikut:

(1) sin x = sin α maka x = α + k.360o dan x = (180 – α) + k.360o

(2) cos x = cos α maka x = α + k.360o dan x = – α + k.360o

(3) tan x = tan α maka x = α + k.180o

di mana k adalah bilangan bulat

Selain itu ada juga rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus, yaitu: sin A ± sin B dan cos A ± cos B.


Materi Lengkap Matematika Peminatan Kelas 11 Semester 1

Tonton video materi Matematika Peminatan kelas 11 semester 1 di website Zenius (Chapter Fungsi hingga Pertidaksamaan Trigonometri). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Biologi

Elo pasti tahu kan kalau Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang sudah pasti dipelajari di materi IPA kelas 11. Jadi, materi kelas 11 semester 1 untuk mata pelajaran Biologi meliputi topik sel, jaringan hewan dan tumbuhan, struktur dan fungsi tulang, otot, dan sendi, dan sistem peredaran darah manusia. 

Pada topik sel, materi SMA kelas 11 yang bakal dipelajari adalah struktur sel, termasuk ciri-ciri dan komponen sel, macam-macam organel sel, dan transport membran, yang meliputi struktur membran sel dan transport aktif dan pasif. 

Selanjutnya, materi IPA kelas 11 dalam topik jaringan hewan dan tumbuhan akan mencakup struktur dan fungsi organ dan jaringan hewan, organ tumbuhan, seperti akar, batang, dan daun, dan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Lebih lanjut, pada topik struktur dan fungsi tulang, otot, dan sendi, materi kelas 11 yang elo akan pelajari meliputi sistem gerak, seperti rangka dan otot, dan struktur dan fungsi tulang, otot, dan sendi.

Berikutnya ada topik sistem peredaran darah. Di sini, elo akan dikenalkan dengan sistem sirkulasi dan peredaran darah, termasuk organ-organ yang bekerja dalam sistem tersebut.

Terakhir, pada topik sistem pencernaan manusia, materi yang tercakup di dalamnya adalah fungsi organ pada sistem pencernaan, proses pencernaan kimiawi dan mekanis, tipe makanan, vitamin, dan mineral yang baik untuk sistem pencernaan.


Materi Lengkap Biologi Kelas 11 Semester 1

Tonton video materi Biologi kelas 11 semester 1 di website Zenius (Chapter Biokimia hingga Sistem Pencernaan). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Fisika 

Dalam materi kelas 11 semester 1 mata pelajaran Fisika, elo bakal belajar kesetimbangan dan dinamika rotasi, elastisitas dan hukum Hooke, fluida statis, fluida dinamis, dan suhu dan kalor. 

Untuk materi kelas 11 IPA di pelajaran fisika dengan topik kesetimbangan dan dinamika rotasi, elo bakal belajar kesetimbangan benda tegar, termasuk konsep torsi, dinamika rotasi (momen inersia), dan titik berat dan pusat massa. 

Selanjutnya, materi kelas 11 semester 1 juga terdapat topik elastisitas dan hukum Hooke meliputi parameter elastisitas, tegangan dan regangan, modulus elastisitas, hukum Hooke, rangkaian pegas seri, dan rangkaian pegas paralel. Untuk informasi, materi pada topik ini berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari yang menggunakan prinsip elastisitas, lho.

Pada topik fluida statis, materi pelajaran kelas IX yang akan elo pelajari adalah mengenai fluida seperti tekanan hidrostatis, tekanan gauge, tekanan mutlak pada zat cair, hukum pascal, dan hukum archimedes. Selain itu, ada juga materi mengenai tegangan permukaan, termasuk gejala kapilaritas dan adhesi dan kohesi. 

Selain fluida statis, topik fluida dinamis juga termasuk ke dalam materi kelas 11 semester 1. Jadi, materi pada topik fluida dinamis mencakup persamaan kontinuitas, hukum Bernoulli, dan fluida dinamis terapan, seperti tabung pitot, venturimeter dengan dan tanpa manometer, dan gaya angkat sayap.

Terakhir, materi kelas 11 IPA semester 1 adalah topik suhu dan kalor dan akan membahas suhu dan pemuaian, kalor, perubahan suhu, dan perubahan wujud, dan perpindahan kalor. 


Materi Lengkap Fisika Kelas 11 Semester 1

Tonton video materi Fisika kelas 11 semester 1 di website Zenius (Chapter Kesetimbangan Benda Tegar hingga Teori Kinetik Gas). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Kimia

Pelajaran IPA kelas 11 masa nggak ada kimia sih. Nah, selain Biologi dan Fisika, Kimia juga merupakan mata pelajaran wajib di peminatan IPA, lho. Untuk materi kelas 11 semester 1 mata pelajaran Kimia akan meliputi hidrokarbon dan minyak bumi, laju reaksi, dan kesetimbangan kimia.

Pada topik hidrokarbon dan minyak bumi, materi IPA kelas 11 yang akan diajarkan adalah senyawa karbon, alkana, alkena, dan alkuna, dan pembentukan, komposisi, dan pengolahan minyak bumi, gas alam, dan batubara.

Selanjutnya, elo juga akan belajar topik laju reaksi yang mencakup pengertian laju reaksi, teori tumbukan, faktor yang mempengaruhi laju reaksi, dan persamaan laju reaksi.

Sedangkan untuk topik kesetimbangan kimia, materi IPA kelas 11 semester 1 yang akan elo pelajari, yaitu tetapan kesetimbangan, pergeseran kesetimbangan, hubungan kp dan kc, dan arah reaksi kesetimbangan. Perlu diingat dari topik ini bahwa kesetimbangan kimia dapat terjadi apabila laju reaksi maju = laju reaksi balik.


Materi Lengkap Kimia Kelas 11 Semester 1

Tonton video materi Kimia kelas 11 semester 1 di website Zenius (Chapter Hidrokarbon hingga Kesetimbangan Kimia). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Oke, jadi itu gue bahas beberapa materi kelas 11 semester 1 untuk peminatan IPA. Selanjutnya, apa elo penasaran apa saja materi IPA kelas 11 semester 2 yang harus dipelajari? Kalau iya, pembahasan berikut bakal bantu ngobatin rasa penasaran elo itu. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis!

Materi SMA Kelas 11 IPA Semester 2 – Peminatan 

Sama seperti di semester 1, mata pelajaran untuk kelas 11 semester 2 juga meliputi Matematika wajib, Matematika peminatan, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah Indonesia.

Jadi, apa saja materi kelas 11 semester 2 untuk peminatan IPA?

Matematika Wajib

Nah, materi IPA kelas 11 semester 2 untuk mata pelajaran Matematika wajib meliputi baris dan deret, limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, dan integral tak tentu fungsi aljabar. 

Materi barisan dan deret akan membahas barisan dan deret aritmetika sekaligus barisan dan deret geometri beserta pengaplikasiannya. 

Materi kelas 11 topik limit fungsi aljabar akan membahas pengertian dan pengenalan limit dan cara mencari nilai limit dengan menggunakan tiga metode, yaitu substitusi, pemfaktoran, dan perkalian dengan akar sekawan. Istilah yang biasa digunakan dalam topik ini adalah k, f, dan g.

Selanjutnya, materi kelas 11 semester 2 topik turunan fungsi aljabar akan mencakup definisi turunan dan cara mencari turunan pada garis singgung, kurva, dan sebagainya.

Terakhir, di pelajaran matematika semester 2 terdapat topik integral tak tentu fungsi aljabar, elo akan belajar dasar integral tak tentu, rumus-rumus dasar integral, dan sifat-sifat integral tak tentu.


Materi Lengkap Matematika Wajib Kelas 11 Semester 2

Tonton video materi Matematika Wajib kelas 11 semester 2 di website Zenius (Chapter Baris & Deret hingga Integral Tak Tentu). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Matematika Peminatan

Materi IPA kelas 11 semester 2 untuk mata pelajaran Matematika peminatan akan meliputi persamaan lingkaran dan irisan dua lingkaran dan suku banyak.

Pada topik persamaan lingkaran dan irisan dua lingkaran, materi kelas 11 yang termasuk di dalamnya adalah dasar-dasar dan konsep persamaan lingkaran, kedudukan titik dan garis pada lingkaran, garis singgung lingkaran, dan irisan dua lingkaran.

Sedangkan materi SMA kelas 11 topik suku banyak yang akan elo pelajari meliputi teorema sisa dan teorema faktor, pembagian istimewa, FPB, KPK, dan akar-akar suku banyak, dan konsep dan metode horner dan pembagian bersusun. 


Materi Lengkap Matematika Peminatan Kelas 11 Semester 2

Tonton video materi Matematika Peminatan kelas 11 semester 2 di website Zenius (Chapter Lingkaran hingga Suku Banyak). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Biologi

Selanjutnya, materi semester 2 kelas 11 untuk mata pelajaran Biologi yaitu sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem imun, sistem endokrin, serta sistem saraf dan indera.

Materi kelas 11 topik sistem pernapasan akan membahas organ pada sistem pernapasan, mekanisme pernapasan, difusi udara dan bohr, dan sistem transportasi CO2. 

Lebih lanjut, materi kelas 11 dalam topik sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem imun, dan sistem endokrin, dan sistem saraf dan indera akan membahas secara rinci organ dan mekanisme kerja masing-masing sistem. 


Materi Lengkap Biologi Kelas 11 Semester 2

Tonton video materi Biologi kelas 11 semester 2 di website Zenius (Chapter Sistem Pernapasan hingga Saraf & Indera). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Fisika 

Untuk materi kelas 11 semester 2 mata pelajaran Fisika, elo bakal belajar teori kinetik gas, termodinamika, gelombang mekanik, gelombang bunyi, gelombang cahaya, alat-alat optik, dan gejala pemanasan global.

Pada topik teori kinetik gas, materi IPA SMA kelas 11 yang bakal elo pelajari adalah persamaan gas ideal, nilai dan satuan tetapan gas ideal, energi kinetik dan kecepatan efektif, hubungan suhu dengan kecepatan, dan teorema ekipartisi energi. 

Selanjutnya, materi SMA kelas 11 topik termodinamika akan membahas hukum pertama termodinamika, energi dalam, proses-proses termodinamika gas, mesin kalor, dan mesin carnot. 

Pada topik gelombang mekanik, gelombang bunyi, dan gelombang cahaya akan mencakup konsep dan teori yang berkaitan dengan masing-masing gelombang pada setiap topik.

Lalu, di semester 2 ini elo bakal belajar topik alat-alat optik yang membahas konsep optik, sifat cahaya, pemantulan cahaya, pembiasan cahaya, dan alat-alat optik. 

Terakhir, untuk topik gejala pemanasan global, materi kelas 11 yang bakal elo pelajari, yaitu penyebab dan dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan gas rumah kaca.


Materi Lengkap Fisika Kelas 11 Semester 2

Tonton video materi Fisika kelas 11 semester 2 di website Zenius (Chapter Termodinamika hingga Pemanasan Global). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Kimia

Untuk materi SMA kelas 11 IPA semester 2 mata pelajaran Kimia akan meliputi larutan asam basa,  stoikiometri larutan, hidrolisis garam, larutan buffer, titrasi asam basa, kelarutan garam, dan sistem koloid.

Pada topik larutan asam dan basa, materi SMA kelas XI yang akan dibahas meliputi pengertian zat asam basa berdasarkan teori Arrhenius, Bronsted-Lowry, Lewis, reaksi ionisasi air, derajat keasaman dan kebasaan, jenis-jenis asam kuat dan basa kuat, asam lemah dan basa lemah, campuran antara asam dan basa.

Selanjutnya materi kelas 11 topik stoikiometri larutan akan mencakup pembahasan mengenai konsentrasi larutan, pengenceran dan pencampuran larutan, jenis reaksi stoikiometri larutan, persamaan reaksi ion, dan perhitungan stoikiometri larutan. 

Materi kelas 11 semester 2 dalam topik hidrolisis garam akan membahas sifat garam dan pengertian hidrolisis, hidrolisis garam parsial, hidrolisis garam total, dan alternatif hidrolisis garam.

Untuk topik larutan buffer, materi SMA kelas 11 yang akan elo pelajari, yaitu pengertian buffer dan komponen pembentuk buffer, larutan buffer asam, basa, dan poliprotik, alternatif buffer, prinsip kerja buffer dan kapasitas buffer, dan penerapan buffer dalam kehidupan

Pelajaran IPA kelas 11 mempelajari topik titrasi asam basa akan membahas pengertian titrasi asam basa, titrasi asam kuat-basa kuat, titrasi asam lemah-basa kuat, dan titrasi basa lemah-asam kuat. Sedangkan untuk topik kelarutan garam akan mencakup pengertian larutan jenuh dan kelarutan, kelarutan zat dalam air, pengaruh ion sejenis, dan reaksi pengendapan.

Lebih lanjut di materi kelas 11 semester 2 elo akan belajar pengertian koloid, macam-macam koloid, dan sifat koloid pada topik sistem koloid.


Materi Lengkap Kimia Kelas 11 Semester 2

Tonton video materi Kimia kelas 11 semester 2 di website Zenius (Chapter Larutan Asam Basa hingga Koloid). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Oke, Sobat Zenius, jadi itu daftar materi SMA kelas 11 peminatan IPA. 

Zenius juga memberikan rekomendasi paket belajar buat elo yang masih bersekolah di SD, SMP dan SMA, Paket Aktiva Sekolah! Untuk berlangganan elo bisa klik banner di bawah ini dan dapatkan diskon hingga 80%!

cta zenius aktiva sekolah basic
Yuk, langganan Zenius Aktiva Sekolah sekarang!

Semoga bermanfaat dan bantu elo untuk persiapan menghadapi semester baru. Jangan lupa belajar dan semoga sukses!

Oh ya, kalau pengen pelajari materi-materi kelas 11 lebih lanjut dan rinci, elo bisa klik link Materi Belajar Zenius dan pilih “Kelas 11”. Dengan mengakses halaman tersebut, elo bisa berlatih soal-soal terkait materi yang sedang dipelajari. Selain itu, ada juga contoh soal PTS dan PAS untuk kelas 11 yang pastinya akan sangat berguna.

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius

Originally published: December 20, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!