Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Penasaran gimana sih pandangan lo seputar topik sosial, ekonomi, dan politik? Yuk kita bahas bareng-bareng melalui quiz online yang seru banget! Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, …

Penalaran Sejarah: Kenapa manusia memilih Berdemokrasi?

Halo guys, ketemu lagi sama gue si ganteng Ivan! Buat lo yang belakangan ngikutin berita luar negeri, mungkin sempet denger kehebohan tentang hasil pemilu presiden di Amerika beberapa minggu yang lalu. Kehebohan pemilu ini bisa kita lihat dari banyak sisi, dari mulai banyak kalangan yang tidak menduga bahwa capres dari partai Republikan yaitu Donald Trump berhasil memenangkan pemilu ini. Ada juga beberapa elemen masyarakat yang masih tidak bisa menerima bahwa sosok yang …

Apaan sih itu demokrasi, liberal, kapitalis, komunis, dll?

Artikel ini mengupas definisi & pengertian berbagai pandangan politik-ekonomi seperti demokrasi, liberal, kapitalis, komunis, fasis, anarkis, sekular, dll. Pernah denger ga orang bilang seperti ini: Awas jangan ikut-ikutan mereka yang menganut paham liberalisme! Jangan baca buku-buku itu, nanti kamu jadi komunis! Astaga, tokoh itu ternyata antek-anteknya kapitalis! Dasar kelompok anarkis, kerjaannya merusak dan berbuat onar! Negara itu kan sekuler, berarti mereka pasti anti-agama! Tebakan gua sih senggaknya lo pernah dengar kalimat semacam itu, entah …

Heboh soal BREXIT, sebetulnya ada apa sih?

Halo para pembaca blog zenius sekalian! Apa kabar nih liburan lebarannya? Moga-moga liburannya seru & menyenangkan ya. Sambil enak-enak bersantai di libur lebaran, kali ini blog zenius mau bahas cerita seru tentang pemberitaan heboh di dunia internasional belakangan ini. Wah apaan tuh? Kalo lo ngikutin berita baik di TV, koran, maupun sosial media, sekitar 1-2 minggu lalu, sempat heboh banget berita tentang "BREXIT" sampai-sampai jadi top worldwide trending twitter berhari-hari, udah …

Soe Hok Gie : Pemuda Indonesia yang Merdeka

Buat lo yang udah sering baca tulisan-tulisan gue, mungkin udah pada tau kalo gue orangnya lumayan doyan baca buku. Berhubung gue orangnya telaten (anggep saja begitu), jadi setiap buku gua itu pasti selalu gua rawat, gua kasih sampul yang rapi, bahkan gua catet kapan gua beli/dapetin buku itu. Dari ratusan buku yang gua punya, kalo ditanya "Glenn, dari seluruh koleksi buku lo, buku mana sih yang paling berharga?" maka gua akan jawab tanpa ragu Catatan …