Memahami Limit Fungsi Aljabar – Materi Matematika Kelas 11

materi limit matematika kelas 11

Halo Sobat Zenius! Di artikel kali ini gue mau ngajak elo semua buat ngebahas materi limit Matematika fungsi aljabar kelas 11, mulai dari pengertian hingga sifat-sifatnya. Nggak cuman itu, gue juga mau menjelaskan kepada Sobat Zenius mengenai limit tak hingga.

Pada dasarnya, limit digunakan untuk menyatakan sesuatu yang nilainya mendekati nilai tertentu, seperti limit tak hingga yang merupakan angka yang sangat besar yang nilainya tidak dapat dipastikan.

Udah bingung belum? Tenang aja, dengan elo menyimak artikel ini sampai habis, elo pasti dapat memahami konsep dari materi limit Matematika kelas 11 karena gue juga akan memberikan contoh soal limit fungsi aljabar. 

Supaya lebih lengkap, gue juga akan mengulas contoh soal limit fungsi aljabar agar elo lebih memahaminya lagi. Yuk, kita simak bersama-sama!

Pengertian Limit Fungsi Aljabar

Sebelum mulai memahami konsep dengan lebih mendalam tentang materi limit Matematika dan mencoba menyelesaikan contoh soal limit fungsi aljabar, elo harus memahami pengertiannya dulu.

Nah, limit adalah suatu nilai yang menggunakan pendekatan fungsi saat mendekati nilai tertentu. Kalau bahasa sederhananya, limit dapat dikatakan sebagai nilai yang menuju suatu batas, batas yang bisa dikatakan dekat namun tidak bisa dicapai. 

materi limit matematika
Illustrasi materi limit Matematika (Dok. shutterstock.com)

Kok tetep ribet ya? Hehehe… Kalau gitu, coba lihat konsep atau bentuk umum dari limit fungsi di bawah ini:

Limit f(x) mendekati c sama dengan L, ditulis:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 170

jika untuk setiap x yang cukup dekat dengan c tetapi x≠c, f(x) mendekati L.

Gimana? Sudah ada bayangan belum mengenai pengertian limit fungsi aljabar?

Nah, setelah elo mengetahui pengertian limit fungsi aljabar, selanjutnya yang tak kalah penting adalah elo harus paham terhadap sifat-sifat limit. Sifat-sifat ini akan berguna saat elo menentukan nilai suatu limit nantinya. 

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya, download dulu aplikasi Zenius yuk, buat dapetin akses ke ribuan contoh soal dan materi lainnya. Caranya tinggal klik gambar di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Sifat-Sifat Limit Fungsi

Seperti yang gue jelaskan sebelumnya, sifat-sifat limit fungsi dalam materi limit Matematika fungsi aljabar kelas 11 sangat penting untuk dipahami karena akan berguna sebagai bekal atau dasar saat elo mencari nilai suatu limit dalam soal-soal.

Jadi, untuk memahami dengan benar setiap sifatnya bisa elo lakukan saat mengerjakan latihan soal. 

Sifat-sifat limit fungsi aljabar ditentukan jika n adalah bilangan bulat positif, k konstanta, f dan g adalah fungsi-fungsi yang memiliki limit di c, maka selanjutnya berlaku teorema-teorema berikut:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 171
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 172
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 173
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 174
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 175
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 176
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 177
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 178
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 179

Oke, jadi itu beberapa sifat-sifat limit fungsi dalam materi limit Matematika kelas 11 yang perlu dan penting banget untuk elo pahami.

Selanjutnya, gue akan menjelaskan mengenai cara mencari nilai limit fungsi.

Mencari Nilai Limit Fungsi

Setelah mengetahui apa saja sifat dari limit, selanjutnya dalam materi limit Matematika, ada cara mencari nilai limit fungsi yang bisa dilakukan menggunakan 3 metode, yaitu metode substitusi, pemfaktoran, dan mengalikan dengan faktor sekawan. 

Berikut gue jelaskan dengan lebih lanjut mengenai ketiga metode tersebut lengkap dengan contoh soal limit fungsi aljabar dan pembahasannya. 

Metode Substitusi

Metode substitusi merupakan cara yang paling dasar untuk mencari nilai limit. Metode ini dilakukan dengan mensubstitusi langsung nilai kedalam fungsi f(x).

Contoh Soal:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 180

Metode Pemfaktoran

Jika pada metode substitusi menghasilkan suatu nilai bentuk tak tentu seperti:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 181

maka fungsi tersebut harus difaktorkan terlebih dahulu, kemudian baru bisa disubstitusikan.

Contoh Soal:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 182

Metode Mengalikan dengan Faktor Sekawan

Jika pada metode substitusi menghasilkan nilai limit yang irasional, maka fungsi dikalikan dengan akar sekawannya, kemudian bisa disubstitusikan.

Contoh Soal:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 183

Limit Tak Hingga

Nah, di atas Sobat Zenius udah memahami apa saja sifat-sifat beserta contoh soal limit fungsi aljabar kelas 11.

Sekarang, gue mau ngajak elo semua buat membahas materi lain, yaitu limit tak hingga.

Fungsi limit tak hingga digunakan untuk menggambarkan keadaan limit x mendekati tak hingga atau dinotasikan dengan lim x → ∞ f(x). 

Untuk menyelesaikan limit tak hingga dari suatu fungsi aljabar, terdapat dua cara yang umum digunakan. 

Berikut gue jelaskan lebih lanjut mengenai cara-cara tersebut dan juga contoh soal limit fungsi tak hingga dan pembahasannya. 

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 184

Contoh Soal:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 185
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 186
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 187

Contoh Soal:

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 188
Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 189

Nah Sobat Zenius, itulah pembahasan materi limit Matematika fungsi aljabar kelas 11 yang mencakup pengertian, sifat-sifat, cara mencari nilai limit hingga keadaan di mana limit x menuju tak hingga atau yang biasanya disebut dengan limit tak hingga. 

Kalau elo masih ingin mendalami materi yang satu ini, elo bisa banget, kok, belajar dari video pembahasan yang dibawakan oleh Zen Tutor.

Lewat video tersebut, elo akan mempelajari banyak sekali materi limit serta contoh soal yang bisa elo pelajari dengan saksama.

Tinggal klik banner di bawah ini aja, ya!

materi limit matematika

Selain itu, kalau elo mau berlangganan video materi dari Zenius untuk berbagai macam materi pelajaran, elo juga bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Sobat Zenius tinggal klik link di bawah ini untuk berlangganan dari sekarang!

Memahami Limit Fungsi Aljabar - Materi Matematika Kelas 11 9

Elo juga bisa belajar mengenai cara menentukan nilai minimum fungsi dalam Matematika bersama ZenBot.

Originally Published: October 19, 2019
Updated by: Ni Kadek Namiani Tiara Putri & Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!