Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, ada yang namanya istilah "nilai sosial". Pengertian sederhananya, nilai sosial itu adalah sesuatu yang dianggap berharga sebagai hasil dari konstruksi sosial dalam …

Apaan sih itu demokrasi, liberal, kapitalis, komunis, dll?

Pernah denger ga orang bilang seperti ini: Awas jangan ikut-ikutan mereka yang menganut paham liberalisme! Jangan baca buku-buku itu, nanti kamu jadi komunis! Astaga, tokoh itu ternyata antek-anteknya kapitalis! Dasar kelompok anarkis, kerjaannya merusak dan berbuat onar! Tebakan gua sih senggaknya lo pernah dengar kalimat semacam itu, entah di social media, di sekolah, kampus, atau di organisasi yang sedang lo ikuti. Gua pribadi terus terang lumayan sering denger celetukan-celetukan seperti di atas, terutama ketika dulu gua …

Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Psikologi

Selama lima belas tahun terakhir, tiap kali gue ketemu orang baru (apalagi begitu tau latar belakang bidang gue psikologi) pertanyaan yang dialamatkan ke gue hampir selalu itu-itu lagi: “Oh lo anak psikologi… bisa baca pikiran orang dong??” Saking bosennya gua sama pertanyaan ini, jawaban gua seringkali beda-beda. Dari jawaban yang bener, singkat, sampai asal-asalan, hehe... Tapi tenang aja, di artikel ini gua gak akan menjawab pertanyaan tentang psiko asal-asalan. Karena justru dalam kesempatan kali ini, …