Dasar-dasar Akuntansi

Artikel ini membahas tentang konsep-konsep dasar yang perlu dipahami dalam ilmu Akuntansi. Halo, guys. Perkenalkan, gue Husein, tutor Ekonomi di Zenius Education. Di artikel perdana gue ini, gue mau bahas tentang Akuntansi, yaitu mata pelajaran yang bisa dibilang gampang-gampang susah (atau susah-susah gampang, nih?). Selama gue ngajar Akuntansi, gue sering banget denger kalimat-kalimat ini: kok gue gak paham-paham, sih? perhitungan gue salah melulu, nyebelin! kok neraca gue gak balance, ya? …

Kenapa nilai Rupiah merosot & Dolar naik terus sih?

Kenaikan nilai tukar USD terhadap Rupiah tahun 2018 ramai dibicarakan, tapi tidak ada yang menjelaskan penyebabnya dengan tuntas. Artikel ini menjelaskan kenaikan USD sekaligus sisi negatif dan positifnya bagi Indonesia. Lo pasti belakangan ini sering denger banyak orang yang ribut-ribut soal nilai tukar Rupiah yang terus merosot. Faktanya memang demikian, nilai tukar Rupiah terus melemah terhadap mata uang Dolar AS sejak awal tahun 2018. Kalo awal tahun 2018, 1 Dolar USA bisa …

Panduan Belajar untuk Persiapan SBMPTN Ekonomi

Panduan belajar untuk menghadapi SBMPTN Ekonomi. Ada kumpulan soal-soal SBMPTN tahun lalu, pembahasan materi, info topik yang sering keluar, tips belajar menghadapi soal HOTS. Halo. Gimana nih persiapan SBMPTN lo? Udah siap belum? Moga-moga bisa semakin siap setiap hari ya. Nah, kali ini gua juga mau ikutan ngasih tips dan panduan belajar untuk ujian SBMPTN, khususnya pelajaran Ekonomi. 🙂 Oke, sebelum masuk ke tips. Pertama-tama gua mau meyakinkan dulu bahwa lo …

Panduan Belajar UN SMA Ekonomi

Artikel ini akan berbagi tips belajar untuk UN SMA Ekonomi 2019, teermasuk cara menghadapi soal HOTS. Ada pula perbandingan kisi-kisi UN 2019 dengan soal UN Ekonomi tahun-tahun lalu. Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Januari 2018 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Ekonomi 2019 terbaru. Halo halo.. Gak kerasa ya udah mau UN aja nih. Gimana persiapan lo? Semoga kalian udah mulai belajar ya.. Kali ini gue mau share sedikit info dan juga tips …

Gimana pandangan kamu seputar topik sosial-ekonomi-politik?

Penasaran gimana sih pandangan lo seputar topik sosial, ekonomi, dan politik? Yuk kita bahas bareng-bareng melalui quiz online yang seru banget! Halo semua, kali ini gua mau ngajak lo semua ikutan quiz iseng tapi seru! Wah quiz-nya tentang apaan tuh? Tenang, nanti gua jelasin lengkap cara ikutan quiz-nya, tapi sebelum kita kerjain quiz-nya bareng-bareng, gua mau ceritain dikit tentang latar belakang dari quiz ini. Kalo lo masih inget di pelajaran sosiologi, …

Kuliah Ekonomi itu Belajar Apa Aja sih?

Penasaran kuliah ekonomi itu belajar apa aja? Pada artikel ini, Zenius mengupas gambaran dunia perkuliahan di jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi. “Kalo kuliah ekonomi tuh belajar apa sih?” Halo guys, ketemu lagi sama gue Meby di blog Zenius. Sesuai dengan judul artikel ini, lo bisa nebak bahwa kali ini gua akan mengupas dunia perkuliahan di fakultas ekonomi. Oke buat lo yang mungkin belum kenal gue, saat ini gue adalah tutor …

Kenapa sih Setiap Tahun Harga Barang Selalu Naik?

Kenaikan harga barang setiap tahun adalah suatu fenomena ekonomi yang bernama inflasi. Bagaimana inflasi bisa terjadi semua dijelaskan di sini. Halo para pembaca Zenius Blog! Sebelumnya kenalin dulu nama gue Meby, belum lama ini gue bergabung di Zenius Education sebagai tutor pelajaran Ekonomi. Nah, pada kesempatan kali ini, sebagai perkenalan gue mau mempersembahkan sebuah tulisan yang membahas sebuah fenomena ekonomi yang pasti kita semua pernah rasakan. Yak, bisa lo tebak …

Apaan sih itu Demokrasi, Liberal, Kapitalis, Komunis, dan Lain-Lain?

Artikel ini mengupas definisi & pengertian berbagai pandangan politik-ekonomi seperti demokrasi, liberal, kapitalis, komunis, fasis, anarkis, sekular, dan lain-lain. Pernah denger ga orang bilang seperti ini: Awas jangan ikut-ikutan mereka yang menganut paham liberalisme! Jangan baca buku-buku itu, nanti kamu jadi komunis! Astaga, tokoh itu ternyata antek-anteknya kapitalis! Dasar kelompok anarkis, kerjaannya merusak dan berbuat onar! Negara itu kan sekuler, berarti mereka pasti anti-agama! Tebakan gua sih senggaknya lo pernah dengar kalimat semacam itu, …