Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan – Materi Kimia Kelas 12

Sobat Zenius, ada nggak, sih, yang suka disuruh bantu ini itu kalau lagi ada tamu di rumah? Misalnya, disuruh buat sirup atau teh manis. Kalau gue sendiri, sih, sering banget. Bisa dibilang itu job desc gue di rumah. Hahaha.

Kadang, kalau lagi buat minuman yang manis-manis gitu, males banget untuk nyoba-nyobain dulu. Jadi, suka asal tuang atau masukin aja deh. Terus pas baru dicobain malah jadi kemanisan atau malah kurang manis.

Ternyata, hal ini berhubungan sama yang namanya konsentrasi larutan, yaitu banyaknya jumlah zat gula yang larut dalam air tersebut.

Nah, penjelasan yang lebih lengkapnya pastinya akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, terus simak artikel ini, ya! Biar nggak kemanisan lagi kalau bikin minum, hihihi.

Apa Itu Konsentrasi Larutan?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pengertian konsentrasi larutan, pastinya elo juga harus paham tentang larutan itu sendiri. Jadi, sebenarnya apa itu larutan?

Larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari zat terlarut dan zat pelarut. Hah apa tuh zat terlarut dan zat pelarut?

Oke oke, tenang dulu guys. Jangan bingung dulu, dong. Masih penjelasan awal, nih. Masa sudah pusing duluan? Hahaha.

Nah, jadi tadi gue sempat mention zat terlarut dan zat pelarut. Gue coba kasih contoh, biar elo bisa kebayang, ya. Misalnya, elo punya gula dan pasir. Lalu, elo sediakan dua tempat yang berisi air. Terus gula dan pasir yang elo punya, masing-masing elo masukkan ke dalam tempat yang berisi air tersebut, kemudian elo aduk.

Jika kita lihat hasilnya, gula akan ikut larut bersama air, sedangkan pasir tidak akan larut bersama air. Nah, gula yang ikut larut bersama air disebut sebagai campuran homogen. Di mana zat terlarutnya adalah gula dan zat pelarutnya adalah air.

Larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari zat terlarut dan zat pelarut.
Ilustrasi Konsep Larutan

Bagaimana? Semoga elo sudah mulai kebayang, ya. Lalu, kalau begitu, apa yang dimaksud dengan konsentrasi larutan?

Sekarang kita balik lagi ke ilustrasi gula dan air, ya. Misalnya elo mau buat teh manis. Pasti elo akan menambahkan gula, dong? Kan kalo nggak ditambahin jadinya teh tawar, bukan teh manis.

Oke oke, kita fokus lagi. Nah, ketika elo menambahkan gula tersebut, bisa jadi tehnya jadi terlalu manis, atau bisa juga kurang manis. Hal yang membuat minuman tersebut jadi kemanisan atau kurang manis adalah konsentrasi gula yang terlarut.

Jadi, pengertian konsentrasi larutan adalah banyaknya jumlah zat terlarut pada wilayah tertentu dalam suatu larutan. Wilayah? Wilayah apa tuh?

Coba elo liat ilustrasi di bawah ini.

Pengertian konsentrasi larutan adalah banyaknya jumlah zat terlarut pada wilayah tertentu dalam suatu larutan
Ilustrasi Pengertian Konsentrasi Larutan (Arsip Zenius)

Nah, sudah kebayang kan maksud dari wilayah yang sebelumnya gue sebut-sebut. Selanjutnya, gue akan bahas satuan konsentrasi larutan. Jadi, simak terus, ya!

Baca Juga: Pengertian Larutan dan Klasifikasinya – Kimia Kelas 11

Satuan Konsentrasi Larutan

Seperti yang kita ketahui, untuk menyatakan suatu nilai, pasti ada yang namanya satuan. Kayak contohnya beras, biasanya nilai beras bisa dinyatakan dalam kilogram atau liter. Begitu pun konsentrasi larutan. Ada beberapa satuan yang dapat menyatakan nilai konsentrasi larutan. Nah, berikut ini adalah beberapa satuan konsentrasi larutan.

Molaritas (M)

Molaritas adalah satuan yang menyatakan jumlah mol suatu zat dalam satu liter larutan. Biasanya satuan molaritas ini ditandai dengan huruf M atau disebut juga Molar. Perlu diingat, bahwa huruf M yang dipakai adalah huruf M kapital.

Nah, rumus konsentrasi larutan berdasarkan satuan molaritas adalah sebagai berikut.

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 81

Keterangan:

M = molaritas zat (molar)

n = mol suatu zat (mol)

V = volume larutan (liter)

Molalitas (m)

Molalitas adalah satuan yang menyatakan jumlah mol suatu zat dalam satu kilogram larutan. Nah, bisa dilihatkan perbedaannya, jika molaritas disimbolkan dengan huruf M kapital, maka molalitas disimbolkan dengan huruf m kecil.

Lalu, rumus konsentrasi larutan berdasarkan satuan molalitas adalah sebagai berikut.

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 82

Keterangan:

m = molalitas zat (molal)

n = mol suatu zat (mol)

p = massa pelarut (gram)

Baca Juga: Rumus Molaritas dan Molalitas

Fraksi Mol (X)

Nah, fraksi mol adalah perbandingan jumlah mol suatu zat terlarut atau zat pelarut dengan jumlah mol total yang ada dalam sebuah larutan. Simbol dari fraksi mol ini adalah huruf X kapital.

Rumus dari fraksi mol adalah sebagai berikut.

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 83

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 84

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 85

Keterangan:

Xt = fraksi mol zat terlarut

Xp = fraksi mol zat pelarut

nt = mol zat terlarut

np = mol zat pelarut

Kadar Zat Terlarut (%)

Untuk kadar zat terlarut, kita bisa dibedakan lagi menjadi dua, yaitu kadar massa dan kadar volume. Biasanya, satuan ini disebutkan dengan bilangan persen (%).

Rumus kadar zat berdasarkan massanya adalah sebagai berikut.

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 86

Keterangan:

% = kadar zat (%)

grt = massa zat terlarut (gram)

grp = massa zat pelarut (gram)

Sementara, rumus kadar zat berdasarkan volumenya adalah sebagai berikut.

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 87

Keterangan:

% = kadar zat (%)

Vt = volume zat terlarut (liter)

Vp = volume zat pelarut (liter)

Nah, itulah beberapa satuan dan rumus konsentrasi larutan yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah atau nilai dari konsentrasi suatu zat terlarut dalam sebuah larutan.

Eh guys, ternyata ada alat ukur untuk membantu mengetahui jumlah kadar zat terlarut dalam sebuah larutan, lho. But, gue akan bahas alat pengukur konsentrasi larutan ini di bagian selanjutnya.

Baca Juga: 3 Macam Zat, Perubahan Fisika dan Kimia

Alat Pengukur Konsentrasi Larutan

Selain dapat dihitung dengan rumus konsentrasi larutan yang sudah gue jabarkan di atas. Ternyata ada juga, lho, alat untuk mengukur konsentrasi larutan. Apa sih nama alat tersebut?

Alat tersebut bernama refraktometer. Fungsinya memang untuk mengukur kadar atau konsentrasi zat terlarut. Uniknya, sistem kerja alat ini memanfaatkan refraksi cahaya.

Refraktometer ini juga ternyata memiliki berbagai macam jenis, seperti refraktometer abbe, refraktometer brix, refraktometer digital, dan lain-lain. Nih, bentuk alatnya seperti gambar di bawah ini.

Contoh alat pengukur refraktometer brix.
Refraktometer Brix (Dok. Wikimedia Commons)
Contoh alat pengukur refraktometer abbe.
Refraktometer Abbe (Dok. Wikimedia Commons)

Contoh Soal Konsentrasi Larutan dan Pembahasannya

Contoh Soal 1

Jika 50 ml larutan gula 0,1 M dibagi menjadi 2 buah larutan yang masing-masing volumenya 25 ml, maka konsentrasi masing-masing larutan tersebut adalah…

A. 0,05 M

B. 0,1 M

C. 0,02 M

D. 0,025 M

E. O,01 M

Jawaban: B. 0,1 M

Pembahasan:

Nah, ada yang terkecoh nggak, nih? Jadi, balik lagi ke konsep konsentrasi larutan, meskipun dibagi menjadi dua wadah, konsentrasi tersebut akan tetap. Tapi ada syaratnya, selama di salah satu wadah tidak ada penambahan zat pelarut atau terlarutnya. Kalau kita ibaratkan dengan teh manis, misal elo buat teh manis di sebuah teko besar. Dari teko tersebut, tehnya bisa dibagi lagi menjadi beberapa gelas. Nah, kalau elo tidak menambahkan apapun di dalam masing-masing gelas tersebut, maka rasa teh manis di setiap gelas akan terasa sama.

Contoh Soal 2

Fraksi mol gas CO dalam campuran CO dan CO2 adalah 2/3. Jika dalam campuran tersebut terdapat 5,6 gram gas CO, maka banyaknya gas CO2 dalam campuran tersebut adalah…

A. 2,2 g

B. 3,3 g

C. 4,4 g

D. 5,5 g

E. 6,6 g

Jawaban: C. 4,4 g

Pembahasan:

Diketahui:

Fraksi mol CO = ⅔

Mr CO = 28

Massa CO = 5,6 g

Mr CO2 = 44

Massa CO2 = ?

Nah, rumus fraksi mol kan seperti di bawah ini, lalu kita tinggal masuk-masukkan angka yang sudah ada.

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 88

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 89

m = 4,4 g

Kalau elo masih penasaran sama rumus jumlah mol, elo bisa banget kepoin artikel Konsep Rumus Mol.

Oke, bagaimana guys? Gue harap, setelah baca materi ini, elo akan semakin paham dengan konsep konsentrasi larutan, ya. Tapi nggak usah khawatir, karena Zenius punya penjelasan materi ini, yang pastinya jelas dengan ilustrasi-ilustrasi yang lebih asyik. Yuk, langsung aja klik banner di bawah ini!

Pengertian & Jenis Konsentrasi Larutan - Materi Kimia Kelas 12 90

References:

Rumus Molaritas dan Molalitas – Zenius (2022)

Konsentrasi Larutan, Rumus, Satuan dan Cara Membuat – Sampoerna Academy (2022)

Materi Larutan dan Konsentrasi Larutan – MateriKimia.com (2018)

Alat Ukur Kadar Konsentrasi Bahan Terlarut – AlatUji.com (2022)

Bagikan Artikel Ini!