Belajar
ZeniusLand
Guru
Profesional

Panduan Lengkap: SNMPTN

Informasi Umum

Apa itu SNMPTN?

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri berdasarkan nilai rapor semester 1-5 dan prestasi akademis/portofolio lainnya yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Jalur ini juga biasa disebut “Jalur Undangan”.

SNMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk PTN, selain UTBK SBMPTN dan Ujian Mandiri. Jika lolos lewat jalur ini, kamu tinggal daftar ulang saja ke PTN yang menerima. Tidak perlu lagi repot ujian tertulis.

Persyaratan Siswa Mengikuti SNMPTN 2021

Merujuk pada syarat pendaftaran SNMPTN 2021, berikut ini beberapa ketentuan yang harus kamu perhatikan:

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul;
  2. memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN;
  3. memiliki NISN dan terdaftar di PDSS;
  4. Catatan: PDSS adalah data rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk ikut mendaftar. Kamu bisa cek NISN kamu di website NISN.
  5. memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS; dan
  6. peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Perlu diperhatikan bahwa banyaknya siswa yang boleh didaftarkan sebagai peserta SNMPTN 2021 tergantung pada kuota sekolah masing-masing

Kuota siswa yang bisa ikut SNMPTN

Berdasarkan ketentuan Akreditasi dan kuota peserta SNMPTN 2021:

  1. Sekolah Akreditasi A, bisa mendaftarkan maksimal 40% siswa terbaik di sekolahnya;
  2. Sekolah Akreditasi B, bisa mendaftarkan maksimal 25% siswa terbaik di sekolahnya;
  3. Sekolah Akreditasi C dan lainnya, bisa mendaftarkan maksimal 5% terbaik di sekolahnya.
SNMPTNQuota_1

Gimana cara tahunya kamu bisa ikut daftar SNMPTN atau enggak?

Sekolah punya kewenangan mutlak untuk menentukan siswa mana yang bisa ikut SNMPTN. Biasanya sekolah akan melakukan pemeringkatan seluruh siswa kelas 12 sekitar 1 bulan sebelum pendaftaran SNMPTN dibuka. Pemeringkatan ini terintegrasi dengan sistem PDSS yang merupakan database nilai siswa. Semua proses penginputan nilai dilakukan oleh pihak sekolah. Siswa hanya diminta untuk verifikasi data nilai rapornya saja.

SNMPTNATURAN

Biasanya, sekolah akan melakukan pemeringkatan berdasarkan nilai mata pelajaran berikut:

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

Selain peringkat, masing-masing sekolah juga bisa menambah kriteria lain, seperti prestasi akademik, khususnya untuk menentukan peringkat kalau ada siswa yang nilainya sama.

Setelah melakukan pemeringkatan, sekolah akan memilih sejumlah siswa untuk daftar SNMPTN sesuai ketentuan kuota akreditasi sekolah. Baru deh diumumkan, siswa mana yang eligible ikut daftar SNMPTN atau enggak.

Jika ada siswa peringkat atas yang tidak ikut SNMPTN, misalnya dia mau lanjut kuliah ke luar negeri atau mau lanjut kerja, sekolah akan memilih siswa lain untuk menggantikannya dan memenuhi kuota.

Buat yang ga kepilih setelah pemeringkatan, alhasil tentunya ga bisa daftar SNMPTN dan harus memperjuangkan nasib lewat jalur ujian tulis, seperti UTBK SBMPTN atau Ujian Mandiri.

Pelaksanaan SNMPTN 2021

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

TahapanPendaftaranSNMPTN

Pada gambar di atas, tahapan pendaftaran 1-5 dilakukan oleh pihak sekolah. Jika kamu telah dinyatakan sekolah terpilih untuk ikut seleksi SNMPTN, kamu sebagai siswa baru melakukan tahapan 6-selanjutnya.

Berikut ini langkah-langkah cara daftar SNMPTN 2021.

  1. Login ke laman resmi SNMPTN dengan email dan password yang sesuai.
  2. Mengisi data diri dan orang tua di bagian Profil.
  3. Mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi pada halaman Pilihan.
  4. Mengisi halaman Prestasi. Pengisian halaman ini bersifat tidak wajib. Namun jika kamu mendaftar untuk program studi olahraga dan seni, kamu wajib mengunggah portofolio dan bukti keterampilan lainnya yang sudah disahkan kepala sekolah.
  5. Melakukan finalisasi data
  6. Unduh dan cetak bukti pendaftaran.

Setelah finalisasi, data sudah ga bisa diganti lagi, baik data diri ataupun pilihan jurusan. Jadi pastikan betul pilihanmu sudah matang sebelum melakukan pendaftaran. Ketelitian juga diperlukan untuk memastikan kamu ga salah input data diri atau pilihan PTN dan program studi. Kroscek sampai yakin sebelum finalisasi.

Kalau sudah finalisasi, kamu tinggal tunggu pengumuman dan berhara hasil yang terbaik.

Jadwal Penting SNMPTN 2021

Berikut ini jadwal SNMPTN 2021 sesuai dengan keterangan kegiatan dari LTMPT.

KegiatanWaktuDilakukan oleh
Peluncuran Sistem PMB 20214 Januari 2021Panitia LTMPT
Registrasi Akun LTMPT4 Januari - 1 Februari 2021Sekolah
Penentuan Siswa yang eligible ikut SNMPTN4 Januari - 8 Februari 2021Sekolah
Pengisian PDSS11 Januari - 8 Februari 2021Sekolah
Pendaftaran SNMPTN15 - 24 Februari 2021Siswa
Pengumuman Hasil SNMPTN22 Maret 2021Siswa
Pendaftaran Ulang Peserta yang lolos SNMPTNSilahkan lihat di laman PTN penerima masing-masingSiswa

Ketentuan Pemilihan Program Studi SNMPTN 2021

Berikut ini beberapa ketentuan pemilihan program studi untuk SNMPTN 2021:

Kamu bisa memilih maksimal dua program studi dari satu PTN atau dua program studi dari dua PTN. Dengan begitu, ada beberapa skenario berdasarkan ketentuan ini.
Skenario 1Skenario 2Skenario 3
Jika kamu memilih dua program studi, maka salah satu PTN yang dipilih harus berlokasi di provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalmu. Jika hanya akan memilih satu program studi, bisa bebas memilih lokasi PTN dari provinsi manapun (tidak harus satu provinsi dengan lokasi sekolah). Misalnya, Agung bersekolah di provinsi Jawa Barat. Jika Agung berniat untuk mengambil jurusan Kedokteran di dua PTN yang berbeda, salah satu PTN yang dipilih wajib berlokasi di Provinsi Jawa Barat. Sementara untuk PTN satunya, Agung bebas menentukan.
0
Proses seleksi SNMPTN dilakukan secara seri, bukan paralel. Artinya, PTN akan menyeleksi lebih dulu pilihan pertamamu. Baru kalau ga lolos, PTN akan menyeleksi pilihan berikutnya. Apabila kamu udah keterima di pilihan pertamamu, maka pilihan berikutnya udah ga diikutkan seleksi lagi.
0
Lintas prodi untuk jalur SNMPTN tidak dilarang, namun tidak disarankan oleh panitia LTMPT. Pihak PTN melihat jebolan SNMPTN yang lintas jurusan biasanya sulit survive di perkuliahannya. Walaupun demikian, jika kamu memang sudah yakin untuk lintas jurusan dan siap menerima konsekuensinya, silakan saja. Tapi tetap perlu dicek ya apakah program studi yang kamu tuju menerima calon mahasiswa lintas jurusan atau tidak.
0
Ketika melakukan pendaftaran, akan ada ketentuan jurusan SMA/MA/SMK yang memenuhi syarat untuk mendaftar di program studi PTN tersebut. Misalnya, jurusan Akuntansi di PTN A hanya boleh didaftari oleh SMA/MA IPA, IPS, SMK Akuntansi, SMK Jurusan Bisnis Manajemen. Persyaratan setiap jurusan bervariatif tergantung kebijakan universitas masing-masing. Jadi, buat kamu yang siswa SMK, penting banget mengecek detail persyaratan jurusannya.
0
Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman https://www.ltmpt.ac.id selama periode pendaftaran.
0

Penerimaan SNMPTN

Sistem Seleksi Penerimaan SNMPTN

SNMPTNAdmissionSelectionSystem_2

Pada prinsipnya, proses seleksi SNMPTN ini dilakukan secara "seri", bukan "paralel". Artinya penilaian tidak dilakukan di 2 PTN bersamaan, tapi urut sesuai prioritas pilihan PTN. Apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka berkas/dokumen kamu akan dioper ke PTN pilihan II yang kamu inginkan. Jadi kalo kamu udah diterima di PTN pilihan I, berkas/dokumen kamu udah nggak akan dioper lagi ke PTN pilihan II untuk dinilai.

Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan SNMPTN

SNMPTN bukan sesimpel tentang tinggi-tinggian nilai rapor. Jika hanya fokus dengan nilai rapor, sistem ini akan dengan mudah “diakali”.Beberapa sekolah akan terdorong untuk menaikkan nilai KKM supaya siswanya lebih gampang dapat nilai 90-an. Sekolah ini berharap makin banyak siswanya bisa lolos SNMPTN. Di sisi lain, mungkin ada pula siswa dari sekolah yang cukup disiplin, yang dapat nilai 80 saja sudah perjuangan banget.

Pihak PTN dan LTMPT menyadari hal ini. Nilai 95 dari sekolah A bisa bermakna beda dengan nilai 95 dari sekolah B. Siswa dengan nilai 95 dari sekolah kota metropolitan bisa memiliki kualitas berbeda dengan siswa dengan nilai 95 dari daerah pelosok Indonesia. Oleh karena itu, ada faktor-faktor lain yang dilihat untuk memastikan maba yang lolos dari jalur SNMPTN beneran berkualitas dan mampu mengikuti perkuliahan dengan baik.

Proses seleksi SNMPTN dari tahun ke tahun sebenarnya cukup tertutup. Tapi ada saja beberapa PTN yang mempublikasikan kriteria mereka. Ini contoh beberapa PTN yang pernah merilis indikator penilaiannya:

Berdasarkan info yang pernah dirilis beberapa PTN di atas, berikut kriteria penilaian SNMPTN:

merupakan pencapaian siswa selama sekolah, dengan beberapa poin yang bisa menjadi penilaian antara lain:

  • Nilai raport, meliputi besar nilai, konsisten meningkat dari semester 1-5, rata-rata, nilai mapel tertentu
  • Prestasi siswa: tingkat internasional, nasional, propinsi, kabupaten/kota, tidak ada prestasi.

merupakan nilai sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B. Beberapa poin yang bisa menjadi penilaian untuk kategori ini antara lain:

  • Akreditasi: A, B, C, Tanpa akreditasi
  • Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional.
  • Jenis kelas: Akselerasi, RSBI, Reguler
  • Track record alumni sekolah: jumlah alumni sekolah bersangkutan yang kuliah di PTN itu, IPK dan prestasi alumni sekolah di PTN tujuan, pernah ada alumni yang keterima tapi tidak diambil atau tidak

merupakan kebijakan PTN untuk memberikan kuota/jatah kepada daerah. Harapannya, jebolan SNMPTN bisa memajukan/berkontribusi untuk daerah asal setelah lulus dari PTN tersebut. Dengan begitu, bisa jadi beberapa siswa di daerah terpencil di Indonesia mendapatkan "jatah" daerah, meskipun sebetulnya nilai raport dan indeks sekolah mereka relatif tidak sebaik para pesaing peserta SNMPTN lain yang ada di kota besar.

Peluang dan Strategi

Persebaran Peluang Penerimaan SNMPTN

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh akun twitter @halokampus pada SNMPTN 2015, peluang keterima SNMPTN di pilihan kedua jauh sangat kecil daripada pilihan pertama. Jadi mantapkan betul pilihanmu ya. Jika kamu emang kepengen banget suatu jurusan, langsung taruh di Pilihan 1.

SNMPTNAdmissionSelectionSystem_3

Berdasarkan survei yang sama, hanya 1% dari peserta SMK yang berhasil lolos seleksi SNMPTN. Untuk itu, Zenius menyarankan bagi pelajar SMK untuk tidak terlalu mengharapkan seleksi SNMPTN. Siswa SMK yang mau lanjut kuliah ke PTN, bisa langsung fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK dan Ujian Mandiri, seperti SIMAK UI, SPMB STAN, UM UGM, dan masih banyak lagi. Khusus bagi pelajar SMK, Zenius juga merekomendasikan untuk membaca tips belajar SBMPTN untuk pelajar SMK.

SNMPTNAdmissionSelectionSystem_4

Tiap tahunnya, tingkat kelulusan SNMPTN tidak lebih dari 20%. Artinya, misal dari 500rb peserta yang daftar, hanya 100rb yang dapat kata Selamat. Sisanya, harus menelan pil pahit. Berikut adalah persentase kelulusan SNMPTN dari tahun 2015-2020, supaya kamu kebayang peluang kelolosan dari seleksi SNMPTN untuk skala nasional.

TahunJumlah PesertaDiterimaPresentase
2020489.60196.49619,7%
2019478.60892.33119,29%
2018586.155101.94618,93%
2017517.166101.90619,70%
2016645.202115.17817,85%
2015852.093137.00516,07%

Tingkat penerimaan pada tabel di atas adalah untuk keseluruhan SNMPTN. Tiap program studi di tiap PTN punya tingkat penerimaan tersendiri. Bisa dihitung dari daya tampung/peminat tahun lalu. Jurusan favorit seperti Kedokteran UI, bisa punya tingkat persaingan 1%. Artinya, misal dari 10.000 yang daftar, akhirnya cuma 100 yang diterima.

Penting untuk menghitung tingkat persaingan jurusan yang kamu tuju di beberapa PTN. Dari situ, kamu bisa memasang Pilihan 1 dengan lebih strategis, disesuaikan dengan tingkat persaingan, prestasi kamu pribadi, dan reputasi sekolah.

Strategi Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN

Seperti yang disebutkan di awal dan bagian Persyaratan, SNMPTN hanya melihat nilai siswa yang konsisten meningkat dari semester 1-5. Oleh karena itu, jika kamu baru mempersiapkan SNMPTN di kelas 12, bisa dibilang cukup telat. Justru, saat yang paling tepat untuk mempersiapkan SNMPTN adalah dari kelas 10 & 11.

Keterima PTN lewat SNMPTN bisa dibilang “lebih enak” karena ga perlu ikut ujian tulis lagi. Kamu tinggal submit nilai rapor & bukti prestasi, tentukan pilihan, dan tunggu pengumuman. Kalau bisa lolos SNMPTN, rasanya jerih payah yang kamu keluarkan selama 3 tahun SMA diberi ganjaran manis dengan tinggal melenggang manis masuk PTN impian. Beda sama mereka yang harus ikut UTBK, masih perlu belajar ulang materi yang lebih sulit dari pelajaran sekolah.

Nah, gimana caranya mempersiapkan golden ticket SNMPTN ini dari awal? Manfaatkanlah waktumu di kelas 10-11 sebaik-baiknya. Usahakan untuk raih nilai terbaik di setiap ulangan, PTS, PAS, dan PAT. Karena nilai di ujian itulah yang bakal dimasukin ke rapor. Di sisi lain, kamu juga perlu mendulang prestasi, seperti aktif di organisasi atau menjuarai berbagai kompetisi bergengsi.

Wah, kalau gitu ga bisa nikmatin masa SMA dong?

Tenang, kamu masih bisa nikmatin masa SMA kamu kok. Supaya kamu bisa manage waktu antara belajar, organisasi/kompetisi, dan pergaulan; kamu perlu 2 hal:

  • Cara belajar yang efektif dan efisien. Kamu bisa lebih lanjut tentang cara belajar efektif & efisien di halaman ini.
  • Fokus di 1 bidang yang kamu suka. Eksplorasi 1 bidang ini, entah aktif di organisasinya atau ikut lombanya. Ketika kamu suka bidangnya, harapannya kamu bisa lebih menikmati prosesnya dan termotivasi untuk jadi yang terbaik.

Penjelasan lebih lanjut persiapan SNMPTN untuk kelas 10-11 bisa dilihat di artikel ini

Seperti disebutkan di awal dan bagian Persyaratan, SNMPTN hanya melihat nilai siswa yang konsisten meningkat dari semester 1-5. Oleh karena itu, jika kamu baru mempersiapkan SNMPTN di kelas 12, bisa dibilang cukup telat. Terlebih, jika selama ini nilai kamu biasa saja, jarang dapat ranking, dan menjuarai kompetisi bergengsi di luar sekolah. Ada baiknya kamu mulai fokus persiapan UTBK & Ujian Mandiri.

Selain itu, sudah menjadi rahasia umum, siswa yang berhasil lolos SNMPTN banyak berasal dari sekolah favorit. PTN tertentu seperti sudah punya sekolah favorit langganan untuk memasok maba terbaik buat mereka. Jumlah siswa yang lolos SNMPTN dari sekolah favorit bisa sampai 30-50 orang. Sedangkan, jumlah siswa yang lolos SNMPTN dari sekolah non-favorit cuma 1-5 orang. Melihat fakta begini, kurang realistis untuk mengharapkan SNMPTN jika kamu sudah jelas berasal dari sekolah non-favorit. Jauh lebih baik kamu fokus persiapan UTBK & Ujian Mandiri.

Kalaupun kamu terpilih untuk daftar SNMPTN, silakan daftar aja. Tapi manage ekspektasi, jangan ngarep ya supaya kamu ga berasa jadi korban php SNMPTN. Daftar, lupakan, dan move on ke UTBK. Kalau keterima, anggap aja bonus.

Oke, katakanlah nilai rapor kamu bisa diandalkan dan punya pundi-pundi prestasi, gimana memaksimalkan peluang lolos SNMPTN?

  1. Indeks sekolah dan persebaran alumni sekolah

    Cari tahu Indeks Sekolah dan persebaran alumni sekolah yang keterima SNMPTN. Seperti yang disebutkan di bagian Indikator Penilaian SNMPTN, ada beberapa variabel yang bisa dijadikan penilaian untuk indeks sekolah. Pada dasarnya PTN ga mengeluarkan data tentang indeks sekolahmu atau sekolah-sekolah lain. Untuk bisa mengetahuinya, kita hanya bisa sebatas meraba-raba.

    Indeks sekolahmu di PTN A dan di PTN B berbeda, jadi ya mesti kamu sendiri yang aktif bertanya ke BK tentang sebaran alumni di PTN di Indonesia. Misal nih, tahun 2021 kemarin di sekolahmu yang diterima di PTN A ada 50 anak dari 100 pendaftar, PTN B ada 10 anak dari 30 pendaftar, sementara di PTN C ada 5 dari 50 pendaftar. Nah dari angka tersebut, kamu bisa lebih memperkirakan persentase diterimanya. Dari contoh ini, berarti PTN A 50% pendaftar diterima, PTN B 33,3% pendaftar diterima, PTN C 10% pendaftar diterima.

    Nah, dari angka ini bisa dilihat secara kasar bahwa indeks kasar sekolah kamu di PTN A lebih bagus daripada di PTN B dan PTN C. Kamu jadi bisa menentukan PTN mana yang peluang diterima kamu paling tinggi, dengan tetep perhatikan bidang yang jadi passion-mu ya.

  2. Nilai rapor alumni

    Bandingkan nilai rapormu dengan alumni yang telah diterima, untuk menilai apakah pilihanmu cukup realistis atau ga. Nilai rapor dari alumni yang terbukti diterima bisa berguna sebagai patokan, dengan asumsi tingkat persaingannya ga jauh beda.

    Misal, rata-rata nilai alumni sekolahmu yang tahun lalu diterima jurusan Ilmu Komputer UI 90. Kalau nilaimu ga jauh beda atau malah lebih tinggi, maka peluangmu cukup terbuka nih. Begitu pula sebaliknya.

    Nilai alumni ini juga bisa ditanyakan ke BK ya.

  3. Tingkat persaingan program studi tujuan

    Contohnya detail untuk Prodi S1 Ilmu Komunikasi UI kayak gini. Kamu bisa dapet banyak insights menarik untuk memaksimalkan peluang diterima. Kamu bisa ngelihat statistik jurusan lain di PTN yang kamu inginkan di sini.

    Informasi Umum
    Daya Tampung40KategoriIPS0
    Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini
    IPAIPS0
    Sebaran Siswa Diterima
    2014201320120
    Jumlah Pendaftar3440513419741
    Jumlah Diterima4863602
    Jumlah Siswa Diterima Berdasarkan Provinsi
    DKI Jakarta2728280
    Jawa Barat2728281
    Jawa Timur2728282
    Jawa Tengah2728283
    Banten2728284
    Sumatera Barat2728285
    Sumatera Utara2728286
    Sumatera Selatan2728287
    Kalimantan Barat2728288
    Kalimantan Timur2728289
    Riau27282810
    Jambi27282811
    Bali27282812
    DI Yogyakarta27282813
  4. Persaingan di sekolah sendiri

    Selain bersaing di skala nasional, tentunya kamu juga bersaing dengan teman-temanmu sendiri darisatu1 sekolah. Perlu juga mengecek pilihan program studi teman-teman dan bandingkan nilai kamu dengan mereka.

    Kalau kamu menyasar Teknik Industri ITB, sedangkan si langganan ranking 1 paralel sekolah juga mau ke Teknik Industri ITB dan histori alumni yang lolos ke jurusan ini tahun lalu cuma 1 orang; mungkin kamu perlu pertimbangkan ulang pilihan kamu.

  5. Mantapkan keputusan

    Setelah menimbang passion & prestasi diri serta faktor-faktor peluang di atas, di sini sebenarnya kamu bisa memperkirakan sendiri apakah pilihanmu realistis atau enggak. Jujurlah sama diri kamu sendiri, pilihanmu itu terlalu maksa atau tidak. Kalau kamu emang pengen suatu jurusan, mungkin kamu bisa ganti pilihan PTN dengan tingkat persaingan lebih rendah.

    Ingat, sesuai ketentuan 2021, kalau kamu udah dinyatakan diterima, kamu harus ambil. Kamu ga bisa lagi ikut UTBK. Jadi pastikan Pilihan 1 dan 2 adalah yang benar-benar kamu mau. Bukan “yang penting isi”. Jangan sampai ada penyesalan atau merasa terjebak nantinya. Pilihan yang kamu ambil sekarang bisa menentukan arah hidupmu untuk 4 tahun ke depan atau bahkan seumur hidupmu.

    Penjelasan lebih lanjut persiapan SNMPTN untuk kelas 12 bisa dilihat di artikel ini

Gimana Zenius Bisa Bantu Persiapan SNMPTN?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nilai rapor jadi salah satu indikator penting yang digunakan untuk pertimbangan seleksi SNMPTN 2021. Nah, pas banget nih Zenius punya berbagai fitur yang bisa bantu kamu belajar supaya dapat nilai maksimal di PTS, PAS, dan PAT, tapi tetap punya waktu untuk aktif organisasi/lomba. Berikut fitur-fitur Zenius yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik nilai rapor kamu:

Video Materi

Video Materi

Live Class

Live Class

Prediksi PTS, PAS, dan PAT

Prediksi PTS, PAS, dan PAT

Kata Mereka yang Pernah Belajar Bareng Zenius

Picture of the author

Indah Shafira

Master in Education - Harvard University

Indah Shafira

Zenius ngajarin aku pola pikir logis yang membantuku melewati tantangan hidup, apalagi pas kuliah di luar negeri. Dari Zenius, aku juga belajar untuk melihat masalah dari banyak sudut pandang, yang membantuku berperan sebagai Konsultan Pendidikan di Bank Dunia.

Persiapkan SNMPTN lebih awal bareng Zenius!

Belajar Sekarang

ios
android
huawei