Konjungsi Itu Apa Sih?

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian dan jenis-jenis konjungsi, yang dilengkapi dengan adanya contoh. Hi, guys! Ketika menulis paragraf atau saat berkomunikasi, rasanya kurang lengkap kalau tanpa dibubuhi kata penghubung seperti dan, bahkan, tetapi, jadi, atau lalu. Tanpa mereka, kalimat rasanya kurang gurih gitu deh. Betul atau betul? Nah, kata penghubung itu istilahnya apa sih? Ada yang tau gak nih? Kata penghubung memiliki istilah konjungsi. Ternyata, ada banyak sekali jenisnya …

Apa itu Majas?

Artikel ini akan menjelaskan tentang seluk beluk majas, mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Hi! Kali ini aku akan membahas tentang suatu bahasa yang membuat sebuah kalimat menjadi lebih hidup dan indah. Biasanya sih ada di dalam puisi, prosa dan berbagai karya sastra lainnya. Kira-kira apa ya namanya? Yap, mereka bernama majas. Lho, kok disebut ‘mereka’ kak? Karena jenisnya gak hanya satu, melainkan ada banyak, guys. Hihihi. Sebenarnya, mereka itu …

5 Tips Menulis Puisi yang Baik

Artikel ini menjelaskan tentang cara menulis puisi yang baik dan benar agar mudah diterima oleh pendengar/pembaca. Hi, guys! Aku mau tanya dulu nih, apakah kamu suka membaca atau mendengarkan puisi? Banyak yang menyukai puisi karena keindahan tata bahasanya, sehingga bisa menyentuh perasaan. Iya, puisi itu bisa menyentuh perasaan atau bikin baper lho, guys. Nih, coba kamu baca puisi dari Sapardi Djoko Damono dalam buku Hujan Bulan Juni. Hayoo, baper gak? …

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Artikel ini membahas contoh teks laporan hasil observasi atau disebut juga teks observasi, tentang Kasus COVID-19, Akses Media Sosial, dan juga Angka Melek Huruf Indonesia (AMH). Kalo kalian sebelumnya sudah mempelajari mengenai teks laporan hasil observasi atau teks observasi, biar kalian ada gambaran dan juga makin paham, pada artikel ini kita bakal bahas mengenai contoh teks laporan hasil observasi nih.  Nah, tanpa berbasa-basi lagi, berikut beberapa contoh teks laporan hasil …

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi

Artikel ini membahas materi teks laporan hasil observasi atau disebut juga teks observasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, metode melakukan observasi, dan juga struktur dari teks laporan hasil observasi. Mungkin hal pertama yang terlintas waktu kalian dengar “teks laporan hasil observasi” itu, kayak  teks yang digunakan abis meneliti sesuatu. Tapi pernah gak sih kalian pas lagi suka sama orang, kalian jadi suka perhatiin atau bahkan cari tau doi orangnya gimana, kayak …

4 Contoh Teks Tanggapan

Artikel ini membahas materi bahasa Indonesia mengenai contoh teks tanggapan. Kalo di artikel sebelumnya kalian udah bahas mengenai teori dari teks tanggapan, seperti pengertian, fungsi dan struktur dari teks tanggapan, maka pada artikel ini kita bakal kasih liat contohnya nih, seperti apa sih contoh teks tanggapan itu. Tanpa basa-basi kita yuk langsung kita lihat satu per satu contoh teks tanggapan dalam berbagai permasalahan, dan juga isu yang beredar di masyarakat. …

Materi Bahasa Indonesia: Teks Tanggapan

Artikel ini membahas materi bahasa Indonesia mengenai teks tanggapan, termasuk pengertian, fungsi, kaidah pembahasaan, serta struktur teks tanggapan. Pasti kalian udah cukup familiar lah ya dengan kata “tanggapan”, bahkan baik secara sadar maupun gak sadar kita mungkin pernah atau bahkan sering memberikan tanggapan nih atas suatu hal baik itu berupa suatu karya, objek, kebijakan, dan lain-lain. Atau minimal kita pernah membaca, atau mendengar teks tanggapan orang lain, atas suatu hal.  …

3 Contoh Teks Anekdot

Artikel ini akan membahas tentang contoh teks anekdot singkat. Sebelumnya, kita udah mengenal tentang teks anekdot, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan strukturnya. Kali ini, aku bakal mengajak kalian memperdalam tentang teks anekdot dengan memperhatikan contoh teks anekdot. Di bawah ini akan disajikan beberapa contoh teks anekdot yang bisa kamu jadikan sebagai referensi bacaanmu. Contoh Teks Anekdot #1 dan Strukturnya Sekolah Bertaraf Internasional Abstraksi: Pada suatu hari di sebuah sekolah …