Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 57

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat?

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 58Kok bisa sih adonan kue dipanggan jadi cokelat? Buat kamu yang hobi masak, atau bahkan yang iseng-iseng bantu mama di dapur, pernah kepikiran enggak sih, kenapa ya adonannya dari yang berwarna pucat bisa jadi kecoklatan? Ternyata ada proses kimia dibalik proses memasak kue, guys!

Hal pertama yang perlu kamu tahu adalah karateristik dari bahan-bahan yang kamu pakai ketika memasak.

3 Bahan Utama Membuat Adonan Kue:

  1. Tepung (Mengandung Karbohidrat)
  2. Telur (Mengandung Protein)
  3. Margarin (Mengandung Asam Lemak)

Ketiga bahan diatas memiliki sifat yang berbeda-beda. Tentunya reaksi kimia yang dimunculkan ketiga bahan berikut berbeda juga tergantung dengan waktu dan kondisinya. Dari tiga bahan tersebut, manakah yang menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan kecoklatan? Yuk simak grafik berikut:

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 59
Proses adonan kue yang dipanggang dan tingkat kematangannya (Dok. Zenius)

Gambar diatas menunjukkan proses memasak adonan dari mentah sampai gosong. Kamu bisa melihat bahwa masing-masing suhu memiliki efeknya sendiri terhadap masakan kita, maka dari itu kita harus menaruh perhatian penuh terhadap adonan kita. Paling tidak, mengukur panasnya oven agar adonan dapat matang dengan waktu yang sesuai. Umumnya, masakan akan matang saat berada dalam suhu 100 sampai 149 derajat Celcius, yaitu makanan tersebut akan siap saji. Pada suhu tersebut, proses yang juga terjadi adalah Maillard reaction atau proses pencoklatan. Pada tahap Maillard Reaction, ada reaksi kimia yang disebabkan oleh bertemunya karbohidrat dan protein sehingga mereka membentuk sebuah senyawa yang disebut aromatic.

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 60
Terbentuknya senyawa aromatik akibat proses pemanggangan adonan kue (Dok. Zenius)

 

Reaksi tersebut tidak hanya terjadi di nastar saja, guys. Roti, Kue, Kopi, bahkan kulit manusia juga bisa, loh! Ada berbagai makanan yang mengalami proses yang sama. Jadi terlihat coklat bukan berarti gosong, ya.

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 61
Reaksi malliard diberbagai makanan selain adonan kue. (Dok. Zenius)

Meskipun tidak kasat mata, reaksi kimia selalu terjadi dikehidupan kita sehari-hari, bahkan hal sekecil memasak adonan yang mungkin sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Mungkin lain kali, kamu bisa meneliti langsung proses pencoklatan itu sendiri dengan memasak adonan favoritmu!

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 62
Klik untuk melihat seluruh video Zen15!

Masih punya banyak pertanyaan? Gemes pengen diskusi tapi gak tau dimana? Kan ada Zen15! Dari Senin sampai Jum’at pukul 15:00, Zen15 akan membahas berbagai topik unik yang seru dan edukatif, kamu juga dapat tanya jawab langsung dengan tutor-tutor asik Zenius secara Gratis! Yuk langsung aja download aplikasinya!

Zen15: Kok Bisa Adonan Kue Dipanggang Jadi Cokelat? 63

Bagikan artikel ini