UTBK Untuk Kelas Berapa? Apa yang Harus Dipelajari?

6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif Agar Dapat Skor Tinggi

Sobat Zenius, siapa nih yang sering bertanya kalau UTBK untuk kelas berapa sih? Atau kira-kira elo udah tahu belum apa aja yang harus dipelajari supaya bisa diterima di PTN impian? 

Pertanyaan-pertanyaan ini wajar banget kalo sering muncul di kepala elo, apalagi mendekati ujian UTBK. Dan udah seharusnya pertanyaan-pertanyaan ini dicari jawabannya secepat mungkin. 

Kalo merujuk pada persyaratan SBMPTN yang diberikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang bisa diikuti oleh kelas 12 SMA atau sederajat dan alumni. 

Ketentuan alumni yang diperbolehkan adalah lulus maksimal 2 tahun sebelum tahun ujian. Misalnya, ada alumni yang mau ikut UTBK 2022 maka kriteria alumni yang memenuhi adalah lulusan tahun 2020 dan 2021 atau Lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).

Pertanyaan lainnya yang juga perlu mendapatkan jawaban pasti adalah mengenai apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN.

Nah, supaya elo lebih jelas dan bisa langsung memetakan materi apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN 2022. Langsung aja baca ulasannya di bawah ini, ya.

Apa yang Harus Dipelajari untuk SBMPTN?

Sebelum mulai belajar untuk SBMPTN, elo harus tau dulu nih apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN. 

Informasi ini berguna kalo elo pengen maksimal mempelajari materi-materi apa aja yang akan muncul dan membuat elo bisa memaksimalkan waktu belajar seefektif dan seefisien mungkin. 

Yang harus elo pelajari sebenernya berasal dari mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN. 

Kalo elo baca artikel gue yang Apa Itu UTBK SBMPTN? Soal dan Jadwal Belajar UTBK Efektif elo pasti udah tau kelompok dan jenis soal apa aja yang ada di UTBK SBMPTN. 

Nah, kalo elo ngambil kelompok soal UTBK Saintek maka elo harus belajar jenis soal yang berasal dari kelompok soal TKA dan TPS berikut ini: 

  • TKA: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.  
  • TPS: Penalaran Umum (PU), Penalaran Kuantitatif (PK), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) dan Pemahaman Baca dan Menulis (PBM). 

Lalu, untuk elo yang akan mengikuti SBMPTN tahun ini akan ada tambahan jenis soal Bahasa Inggris. 

Gak jauh beda dengan kelompok soal saintek, apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN pada kelompok soal soshum juga berasal dari TKA dan TPS berikut:

  • TKA: Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
  • TPA: PU, PK, PPU, PBM serta Bahasa Inggris. 

Sedangkan untuk kelompok soal campuran adalah gabungan dari saintek dan soshum. 

Oke, sekarang elo udah tau jenis soal pada masing-masing kelompok ujian. Terus lebih baik belajar TKA atau TPS dulu? 

Nah, pertanyaan ini sebenernya tergantung pada masing-masing individu. Karena kebutuhan individu untuk menghadapi UTBK SBMPTN itu berbeda-beda satu sama lain. 

Dan jawabannya hanya bisa diketahui kalo elo udah paham kelemahan dan kekurangan elo. Misalnya elo mengambil kelompok soal saintek tapi merasa kurang mengerti di bagian matematika Saintek. 

Atau mungkin elo memilih kelompok soal soshum tapi merasa kurang menguasai geografi. 

Pertimbangan tidak menguasai atau kurang menguasai ini selain bisa langsung disadari oleh masing-masing individu adalah bisa juga dilihat dari hasil try out UTBK yang elo ikuti. 

Misalnya, elo merasa menguasai geografi tapi setiap ikutan try out UTBK nilai geografi elo selalu paling kecil di antara mata pelajaran lain. Ini artinya elo harus memberikan effort yang lebih untuk memahami geografi. Tapi inget ya jenis soal yang lain jangan dilupakan. 

Selain bisa mendeteksi kekurangan dan kelebihan elo dalam menguasai materi SBMPTN, try out UTBK juga punya segudang manfaat lho. Lebih lanjut bisa baca di sini ya: Cek! 9 Kelebihan Try Out Online yang Bikin Siap Taklukan Soal UTBK 

Sekarang elo udah apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN hingga tau jenis soal dan kelemahan elo pada materi UTBK. 

Terus belajar UTBK mulai dari mana?

Elo bisa mulai mendata materi-materi UTBK yang sering keluar setiap tahunnya. Untuk mempermudah elo dalam belajar, berikut ini udah gue rangkum beberapa materi yang sering keluar selama UTBK dari tahun ke tahun. 

Daftar materi ini diharapkan bisa menjawab kebingungan elo atas pertanyaan apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN.

Tapi gue mau ngasih catatan bahwa daftar materi ini adalah materi yang sering muncul, bukan dipastikan muncul pada UTBK 2022 mendatang. 

Ini bisa menjadi acuan elo supaya punya pegangan saat bingung belajar SBMPTN mulai dari mana.

UTBK Untuk Kelas Berapa? - Materi TPS yang sering keluar
Materi UTBK kelompok TPS yang sering keluar dari tahun ke tahun. (Arsip Zenius)

Khusus buat TPS, ini adalah kelompok soal yang gak elo temukan di sekolah. Mungkin, ada sebagian dari elo yang ngerasa TPS ini mirip sama soal psikotes ya? Sebenarnya tujuan adanya soal TPS ini supaya universitas bisa melihat basic skill elo dan kemampuan logika. 

Meski gak ditemuin di pelajaran selama SMA, TPS gak bisa elo anggap remeh. Terus belajar TPS mulai dari mana?

Pada dasarnya elo bisa mulai membuat daftar materi TPS yang selalu keluar tiap tahun dan berlatih soal dari masing-masing materi tersebut. 

latihan soal PTS dan cara belajar sbmptn yang efektif
Ilustrasi siswa mengerjakan latihan soal PTS. (Dok. Katerina Holmes on Pexels)

Nah supaya elo makin manteb memahami soal TPS, nih gue kasih gambaran umum ujian TPS yang secara umum terbagi menjadi 4 materi utama yaitu:

  1. TPS Penalaran Umum
  2. TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)
  3. TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Nah, untuk komponen soal TPS itu sendiri ada macem-macem, dan setiap buku panduan biasanya punya masalahnya sendiri-sendiri. Berikut adalah link ke-4 materi TPS yang bisa elo akses buat belajar.

  1. Materi Belajar TPS Penalaran Umum
  2. Materi Belajar TPS Pengetahuan Kuantitatif
  3. Materi Belajar TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)
  4. Materi Belajar TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)
UTBK Untuk Kelas Berapa? - Materi TKA Saintek yang sering keluar
Materi UTBK kelompok TKA Saintek yang sering keluar dari tahun ke tahun. (Arsip Zenius)
UTBK Untuk Kelas Berapa - Materi TKA Soshum yang sering keluar
Materi UTBK kelompok TKA Soshum yang sering keluar dari tahun ke tahun. (Arsip Zenius)

Nah, itu tadi beberapa materi yang sering keluar di SBMPTN dari tahun ke tahun. Sebenernya materi yang keluar pada SBMPTN 2022 adalah hak prerogatif lembaga penyelenggara UTBK SBMPTN yaitu LTMPT. 

Tapi bukan berarti elo gak bisa belajar materi UTBK sampe bingung belajar UTBK dari mana sebab pola-pola soal yang pernah keluar di tahun-tahun sebelumnya berpeluang besar muncul lagi di tahun ini. 

Tips SBMPTN Zenius

Sekarang elo sudah memahami apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN dan materi-materi yang sering muncul dalam SBMPTN. Selanjutnya elo membutuhkan cara atau strategi untuk menaklukkan soal-soal tersebut. 

Bisa dibilang, soal-soal UTBK adalah soal-soal istimewa yang pastinya juga membutuhkan strategi khusus untuk memahami dan menjawabnya. 

Nah, supaya elo bisa maksimal menggunakan waktu dan memperoleh skor UTBK maksimal, berikut ini udah gue rangkum beberapa tips SBMPTN Zenius:

1. Jangan Terpaku pada Satu Soal UTBK

UTBK Untuk Kelas Berapa? - Tips UTBK Zenius
Cara belajar SMBPTN yang efektif nomor satu: jangan kelamaan ngehabisin waktu di satu soal aja! (Dok. Avery Evans on Unsplash)

Supaya bisa menaklukan mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN, tips yang pertama adalah jangan terpaku pada satu soal. 

Gue yakin sebagian dari kita sering banget terdistraksi sama satu soal yang menurut kita gampang tapi kok jawabannya gak ketemu ya? Jangankan ketemu, mendekati pilihan jawaban aja enggak. 

Dalam menyikapi rasa penasaran ini, elo harus berhati-hati, sebab kalo elo terlena mencari jawaban satu soal tapi menelantarkan soal yang lain, elo akan rugi waktu.

“Duh, kok gak ketemu-ketemu sih jawabannya? Otak-atik terus lah, sampai ketemu”.

Iya memang ada kemungkinan elo akan menemui jawaban, tapi kalo waktu mengerjakan soal SBMPTN ternyata tinggal lima menit lagi (udah kayak lagu aja nih) kan sama aja bohong. 

Coba untuk menerapkan tips SBMPTN Zenius dalam mengestimasikan waktu dan mulai terapkan cara tersebut bahkan saat elo sedang latihan soal.

Untuk soal yang berhubungan dengan hitungan atau rumus, dan kudu pake jalan, batasi 2-3 kali aja uji coba dalam mencari jawaban. Kalo udah mentok, lebih baik jalan-jalan dulu ke soal yang lain. 

Untuk soal yang berhubungan dengan ingatan, justru kalo elo paksain untuk mengingat sesuatu elo gak bakal inget (emang otak kita tuh lucu ya) jadi lebih baik coba kerjakan soal-soal lain yang masih elo ingat materinya. Kemudian di sisa waktu baru elo balik lagi untuk menjawab soal yang tadi. 

Cara yang efektif ini akan sangat berkaitan dengan keahlian elo dalam memanajemen waktu saat mengerjakan soal. Ditambah, keahlian kayak gini gak bisa elo dapetin dari membaca buku-buku mata pelajaran semata. 

Ini hanya bisa dilakukan ketika elo udah berlatih soal UTBK SBMPTN dengan sistem yang sama persis dengan ujian yang sesungguhnya. 

Caranya, elo bisa mengikuti try out UTBK SBMPTN yang biasanya diselenggarakan secara bebas. Tapi hati-hati juga dalam memilih penyelenggara try out ya. 

Pilihlah penyelenggara yang sudah berpengalaman dan memiliki standar soal dan penilaian terbaru mengikuti UTBK yang sesungguhnya. 

2. Jangan Terpaku Pada Satu Kelompok Soal UTBK

UTBK Untuk Kelas Berapa? - Tips UTBK Zenius
Tips kedua: Jangan terpaku sama satu kelompok soal aja! (Arsip Zenius)

Tips ini bisa elo gunakan saat elo bingung belajar UTBK mulai dari mana. Elo gak bisa fokus hanya pada satu materi, elo harus adil untuk mempelajari semua jenis soal yang keluar di SBMPTN.

Gue paham kita sebagai siswa pasti punya mata pelajaran favorit dan mata pelajaran yang dihindari (bukan benci sih ya, lebih ke males aja gitu kalo belajar mata pelajaran ini). 

Faktor ketidaksukaan ini sebenarnya banyak banget, dan bisa jadi bukan karena kita menganggap mata pelajaran tersebut susah. 

Bisa juga karena faktor-faktor eksternal. Misalnya karena gurunya galak, tugasnya terlalu banyak atau pengalaman buruk misalnya gagal menjawab soal saat belajar bersama bareng gebetan.

Tapi jangan sekali-sekali menganaktirikan suatu kelompok soal dalam UTBK SBMPTN ya Sobat Zenius. Meskipun elo gak terlalu suka, atau gak terlalu jago dengan satu mata pelajaran, elo harus tetap belajar dan menguasai beberapa materi yangs sering diujikan dalam SBMPTN. 

Justru dengan melihat suatu mata pelajaran sebagai kekurangan, elo harus memberikan perhatian ekstra pada mata pelajaran ini. 

Misalnya, elo gak terlalu suka nih sama mata pelajaran Kimia, bukan berarti dalam tes elo boleh ngisi kelompok soal Kimia asal-asalan. 

Sebab, penilaian UTBK SBMPTN bukan akumulasi (jumlah) dari semua kelompok soal yang diujikan, tapi skornya akan keluar berdasarkan masing-masing mata pelajaran. 

Ini juga akan menjadi pertimbangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam menerima elo sebagai mahasiswa mereka. Misal, skor matematika dan biologi dapet nilai sempurna (alias 1.000 poin) eh tapi skor kimia dan fisika elo rendah banget (misalnya di bawah 100). 

Nah ini artinya elo tidak bisa menguasai mata pelajaran secara menyeluruh dan hanya memfokuskan pada kelebihan dan tidak meminimalisir kekurangan elo.

3. Jangan Menghindari Soal UTBK yang Sulit

UTBK Untuk Kelas Berapa? - Tips UTBK Zenius
Tips ketiga: jangan anti sama soal-soal sulit. Percaya diri dulu, sambil lihat manajemen waktunya pas ngerjain. (Arsip Zenius)

Masih ingat dengan pembahasan gue mengenai sistem skoring UTBK di artikel ini? Kalau belum, elo bisa baca dan dapetin informasi tentang sistem penilaian UTBK SBMPTN.

Tips selanjutnya adalah jangan menghindari soal-soal sulit. Sebab mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN gak mungkin semuanya soal mudah, kan? 

Karena biasanya, kita akan terpaku pada soal-soal yang penyelesaiannya lebih kompleks. Artinya soal-soal ini adalah soal yang punya tingkat kesulitan lebih tinggi. 

Soal-soal tipe ini menguji kegigihan elo sebagai peserta ujian untuk mencari jawaban, di sini elo ditantang untuk dapat mengerjakan soal sulit dengan manajemen waktu yang baik. 

Jangan takut duluan dengan soal-soal yang keliatannya “ngejelimet”, bisa jadi keliatannya doang sulit. Aslinya … iya memang sulit sih, hahaha. Bercanda kok, hehehe, maksudnya, aslinya mungkin nggak sesusah itu, lho. 

Nah, kalo elo udah baca artikel gue sebelumnya tentang penilaian UTBK SBMPTN, elo pasti udah tau kalo soal-soal sulit itu punya skor yang lebih tinggi. 

Contohnya gini deh. Pada soal nomor 1, kelompok soal TKA Saintek mata pelajaran Kimia. Terdapat 100 ribu peserta yang mengikuti ujian. Terus, yang benar menjawab soal nomor 1 ini hanya 15 orang. 

Pertanyaan gue, soal nomor 1 ini masuk termasuk soal yang susah atau yang mudah?

Kalo elo menjawab soal ini termasuk kategori soal susah, artinya elo udah cukup paham mengenai sistem penilaian SBMPTN. Tapi sekali lagi, penentuan skoring ini hanya diketahui oleh panitia LTMPT berdasarkan analisis masing-masing soal. 

Artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa elo jawab, maka semakin besar skor UTBK yang akan elo didapatkan. 

Pokoknya, jangan anti sama soal-soal sulit ya. Percaya diri dulu aja terus coba otak-atik soalnya sampai elo menemukan jawaban. Tetapi tetap perhitungkan waktu pengerjaan juga.

Baca Juga: Kalo Baru Belajar SBMPTN Sekarang, Masih Sempet Nggak, Ya?

4. Latihan di Depan Komputer

Selain mengetahui bagian penting dalam hal apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN, elo juga harus berlatih keterampilan teknis, terutama yang berhubungan dengan penggunaan komputer (alat UTBK).

Jangan sampai karena gak terbiasa mengerjakan soal di depan komputer, elo jadi kagok mau ngapain dulu pas ujian. 

Kalo di kertas kan kita tinggal coret-coret aja ya, tapi kalo di komputer elo harus membagi konsentrasi elo dalam menatap layar dan mencari jawaban di kertas oretan. 

Mengerjakan soal di depan layar juga butuh stamina yang lebih. Ketika ujian, elo akan berhadapan dengan layar selama berjam-jam dan ini akan membuat mata dan punggung elo (terutama) cepat lelah. 

Ada baiknya elo banyak berlatih dengan langsung mengikuti try out dengan sistem yang mirip dengan UTBK SBMPTN. 

Yaitu sistem try out online, di mana elo bisa memperhitungkan berapa lama mata dan punggung elo tahan menghadap komputer dan berlatih membagi fokus ketika harus membaca lewat layar. 

5. Jangan Buru-Buru Menyelesaikan Soal

UTBK Untuk Kelas Berapa? - Tips UTBK Zenius
Jangan sampe elo nyesel habis UTBK cuma gara-gara ngerjain soal cepet-cepet! (Dok. freepik.com)

Karena hanya bisa diikuti sekali dalam setahun, gunakan kesempatan elo mengikuti tes ini dan belajar UTBK dengan sebaik dan semaksimal mungkin. 

Pokoknya, jangan ada penyesalan di antara elo dan soal ini saat pulang ke rumah. 

Meneliti lagi semua soal-soal yang udah elo kerjakan, dan jangan terburu-buru mengumpulkan soal, meskipun elo mungkin melihat temen-temen elo di satu ruangan udah pada selesai. 

Selama masih ada waktu, maksimalkan waktu yang ada itu dan jangan mudah terhasut (ikut-ikutan) karena orang lain. 

Ingat, UTBK SBMPTN bukan ajang perlombaan yang mengandalkan kecepatan, melainkan mengandalkan besar skor atau nilai yang bisa elo raih. 

6. Ikut Bimbel Intensif SBMPTN

UTBK Untuk Kelas Berapa? - Tips UTBK Zenius
Zenius punya program bimbel intensif SBMPTN yang dirancang khusus untuk mendukung persiapan pejuang PTN. (Arsip Zenius)

Nah, buat elo yang ngambis banget masuk PTN impian, nggak ada salahnya kalau elo coba ikutan bimbel online Dan menjadikan bimbel online sebagai senjata elo dalam belajar UTBK.

Apalagi, sekarang elo bisa dengan mudah nemuin penyedia bimbingan belajar online di internet. Beberapa di antaranya bahkan ngasih akses gratis yang bisa elo manfaatin.

Tapi, jangan asal pilih ya. Sebelum memilih penyedia bimbel online untuk persiapan UTBK, pastikan elo sudah melihat kualitas pengajar dan fitur try out UTBK yang disediakan. 

Karena ujian ini adalah ‘next level’ dibanding ujian-ujian yang sering elo temui di sekolah otomatis mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN juga levelnya lebih sulit. 

Ngomong-ngomong tentang memilih bimbel, satu bimbel online yang bisa elo manfaatin adalah, ya tidak lain dan tidak bukan adalah belajar SBMPTN Zenius.Kenapa? Karena, selain didukung oleh metode belajar online yang efektif dan tutor-tutor profesional. Zenius juga punya fitur-fitur menarik yang bisa elo manfaatin buat memaksimalkan peluang lolos UTBK SBMPTN 2022, lho.

Zenius punya program bimbel intensif SBMPTN yang dirancang khusus untuk mendukung persiapan pejuang PTN. Jadi, kalau di Zenius, elo bakal diberikan fitur-fitur ini:

  1. Seluruh materi UTBK SBMPTN dibahas tuntas dan dijelaskan secara detail.
  2. Jawaban dari soal-soal UTBK SBMPTN dibahas dalam format video.
  3. Akses free dan bisa download kumpulan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.
  4. Materi SBMPTN Zenius bisa dijadikan latihan soal.
  5. Soal try out online menggunakan materi TPS Dan TKA terbaru dan terlengkap.

Baca Juga: Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Oke, segitu dulu informasi yang bisa gue berikan semoga bisa menjawab pertanyaan UTBK untuk kelas berapa hingga tips belajar UTBK yang efektif dan efisien supaya diterima di kampus impian. 

Ingat, Beverly Sills pernah bilang “Tidak ada jalan pintas ke tempat yang layak dituju“. Good luck everyone, and do your best!

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut dengan Glenn terkait materi SBMPTN dan cara belajar SBMPTN yang efektif, hingga serba-serbi jalur masuk perguruan tinggi lainnya jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Elo juga bisa cek video-video Zenius di bawah ini yang udah gue kumpulin khusus mengenai materi-materi UTBK SBMPTN.

Originally published: September 14, 2020 
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!