Bikin Cerdas Beneran

Cerdas Beneran untuk Jadi Apa Pun yang Kamu Mau!

Sobat Zenius, pernah merasa capek dengan banyaknya materi belajar di sekolah? Yuk, baca artikel ini untuk membangun kembali motivasi belajar kita supaya elo dan gue bisa menjadi Cerdas Beneran!

Overwhelming dengan Pelajaran?

Sobat Zenius, dari seluruh pelajaran di sekolah, mana yang paling menarik buat elo?

Kalau menurut gue, salah satu pelajaran paling menarik di sekolah adalah Bahasa Inggris. Alasannya simple, karena setelah gue belajar Bahasa Inggris gue jadi bisa nonton film dari mana pun selama ada subtitle Bahasa Inggris.

Sayangnya, gue nggak bisa merasakan hal serupa ketika belajar yang lain. Nggak jarang gue berpikir, “Apa gunanya gue belajar ini?” ketika gue ketemu materi-materi yang sulit dan nggak langsung bisa gue temukan pengaplikasiannya dalam keseharian gue.

Apa gunanya gue belajar semua ini? Cerdas beneran dengan Zenius

Apakah elo pernah berpikir kaya gue?

Setelah gue pikir-pikir lagi, pertanyaan kaya tadi selalu muncul setiap gue merasa lelah dan overwhelming dengan pelajaran. Beban kita sebagai murid emang berat. Banyak materi yang perlu kita pelajari, sementara kita nggak punya banyak waktu untuk paham semuanya.

Kita dikejar-kejar sama ujian yang selalu menunggu di depan mata. Akhirnya, sebagai solusi sementara, kita hafalkan aja semua materi, rumus, dan teori. Apakah kita perlu paham semuanya? Hmm… yang penting kita hafal rumus supaya nilai kita di kertas ujian bagus.

Ilmu yang Detached dari Kehidupan

Siklus seperti ini berulang-ulang terjadi sepanjang kita sekolah. Akibatnya, kita semakin merasa bahwa kehidupan belajar kita detached dari sisi kehidupan yang lain. Kita menempatkan pelajaran hanya sebagai “alat naik kelas”, sementara jalur lain di kehidupan kita berjalan sendiri.

Apalagi kalau cita-cita atau hobi kita adalah hal yang nggak diajarin secara mendalam di sekolah. Misalnya, cita-cita kita adalah jadi ilustrator. Meskipun ada pelajaran seni di sekolah, tapi pelajaran itu nggak memfasilitasi latihan atau proses belajar kita dengan baik.

Kondisi seperti itu tentu nggak enak, Sobat Zenius. Belajar itu kudunya bukan hanya supaya kita punya nilai bagus, naik kelas, atau masuk ke sekolah impian kita. Belajar seharusnya bisa membantu kita menavigasi hidup kita. Dengan pengetahuan yang kita dapat, kudunya kita jadi bisa mengambil keputusan yang tepat dalam bersikap.

Misalnya, setelah belajar biologi, kita nggak hanya memahami apa itu karbohidrat, protein, dan lemak supaya bisa menjawab soal ujian. Tapi, juga jadi nggak asal makan dan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Menarik ya, dari biologi aja bisa sampe ke mindful eating.

Cerdas beneran dengan Zenius

Contoh lain, elo pernah belajar cara menghitung diskon dalam soal cerita matematika? Nah, kalau kita paham banget konsepnya, kita bisa gunakan cara yang sama untuk menghitung voucher atau potongan mana yang paling menguntungkan ketika kita lagi belanja. 

Mau contoh lain lagi? Tenses yang kita pelajari dalam Bahasa Inggris itu nggak hanya bisa dimanfaatkan untuk lulus ujian, tetapi juga bisa kita gunakan untuk berkomunikasi. Ketika kita biasa berkomunikasi dan membuat karya tulis dalam Bahasa Inggris, tentu chance kita untuk belajar hingga ke luar negeri juga semakin besar.

Fondasi Masa Depan

Nah, itu baru contoh yang langsung bisa kita terapkan dari pelajaran sekolah. Dalam ranah yang lebih luas, ketika kita bisa memahami ilmu-ilmu yang kita pelajari, semua itu bisa jadi bekal untuk mewujudkan cita-cita dan impian kita.

Kita ambil kasus dari latihan menggambar tadi. Menurut elo, kemampuan apa aja yang diperlukan untuk jadi seorang ilustrator?

Satu, tentu kemampuan menggambar. Terus, kalau elo mau jadi ilustrator untuk buku, tentu elo perlu kemampuan memaknai isi teks agar ilustrasi bisa mendukung isi buku. Selain itu, ada banyak ilustrator atau seniman yang peka sama isu sosial dan menuangkan itu di dalam karya-karyanya.

Cerdas beneran dengan Zenius

Kalau elo baca profil para ilustrator atau seniman terkenal, elo pasti akan menemukan kalau karya mereka bersinggungan dengan bidang ilmu lain. Ini baru dari seni. Elo juga akan menemukan hal seperti ini di bidang teknologi, kedokteran, ekonomi, bahkan politik.

Sobat Zenius, intinya kita akan selalu ketemu ilmu-ilmu yang saling bertubrukan. Makanya kita perlu belajar sungguh-sungguh, bukan hanya sekadar untuk lulus ujian, tetapi supaya kita punya bekal yang banyak untuk hidup dan punya kebebasan memilih cita-cita dan kegiatan yang ingin kita tekuni dengan hidup.

Nah, inilah yang disebut menjadi cerdas beneran.

Cerdas Beneran Sepanjang Hayat~

Subjudulnya agak lebay ya, guys? Haha, sorry…. tapi beneran. Jadi cerdas beneran itu manfaatnya bisa kita rasakan sepanjang hidup.

Seperti yang gue bilang tadi, jadi cerdas beneran itu artinya kita nggak hanya berorientasi pada keberhasilan saat ini. Cerdas beneran berarti kita menabung ilmu untuk menjadi dasar dan fondasi kita dalam mencapai keberhasilan di masa yang akan datang.

Terus apa hubungan cerdas beneran dengan pelajaran sekolah?

Belajar dan memahami materi yang kita lakukan saat ini bukan hanya membantu kita untuk melewati ujian, tapi juga untuk melatih cara kita berpikir. Dengan cara belajar yang tepat hingga kita cerdas beneran, kita bisa meningkatkan kemampuan berpikir kita atau higher order thinking skills

Higher order thinking skills mencakup kemampuan fundamental, seperti critical thinking, problem solving, dan analytical thinking. Ketiga kemampuan ini sangat penting dalam kehidupan. Kehidupan? Yup, ketiga kemampuan ini bukan hanya kita gunakan dalam proses belajar, tapi dalam berkehidupan secara umum.

Nah, dalam kehidupan, kita akan dihadapkan dengan berbagai pengambilan keputusan. Semakin kita bertumbuh dewasa, semakin kecil keterlibatan orang tua dalam keputusan yang kita ambil. Contohnya, ketika kita mau memilih jurusan dan kampus atau karir yang ingin kita capai.

Ketiga kemampuan fundamental tadi amat diperlukan ketika kita sedang menimbang keputusan. Kita bisa menganalisa apa yang menjadi kekuatan kita, apa yang kita sukai, dan apa yang ingin kita capai. Tentunya keputusan ini nggak boleh salah pilih, karena dampaknya besar bagi hidup kita.

Hence, jadilah cerdas beneran supaya kita nggak salah ambil berbagai keputusan dalam hidup.

Jadi Cerdas Beneran Bareng Zenius

Nah karena itu, Zenius hadir untuk menemani elo dalam menjadi cerdas beneran. Elo akan dibimbing untuk memiliki berbagai kemampuan fundamental dalam hidup. 

Elo akan diajarkan untuk memiliki kemampuan critical thinking. Dengan kemampuan ini, otak kita bisa bekerja lebih kritis dan mendukung kita untuk menguasai materi apapun yang kita pelajari. 

Kemampuan problem solving kita juga akan diasah. Kita bisa menajamkan sense elo terhadap segala persoalan dan kemungkinan penyelesaiannya. Dari situ, kita bisa menjawab persoalan apapun, literally apapun, yang kita dapatkan. 

Dengan menguasai dan menghadapi segala jenis persoalan, kita akhirnya bisa melewati segala macam rintangan dengan kemampuan analytical skills. Kita akan terlatih untuk menganalisis suatu persoalan secara kritis dan mengatasinya pun secara solutif. 

Ingat, guys… impian itu harus kita usahakan dari sedini mungkin. Dan menguasai tiga kemampuan fundamental tadi adalah langkah awal untuk menjadi apapun yang kita inginkan. Setelahnya, langkah kita akan lebih mudah untuk melakukan apapun yang ingin kita lakukan dan mencapai impian apapun yang ingin kita capai. 

Berbagai Paket Zenius Untukmu

Untuk mendampingi elo menjadi Cerdas Beneran, Zenius menyediakan berbagai paket belajar. Setiap paket belajar di Zenius dirancang khusus agar sesuai dengan kelas dan kebutuhan elo.

Mau paket khusus untuk belajar mandiri? Ada! Mau paket belajar dengan Live Class dan latihan soal? Ada juga! Atau elo lebih suka cara belajar dengan interaksi langsung sama guru dan di dalam komunitas yang saling support? Ada banget!

Nah, coba elo lihat dahulu seluruh paket Zenius ini, ya!

Cerdas Beneran untuk Jadi Apa Pun yang Kamu Mau! 9
Berbagai pilihan paket belajar Zenius.

Selain paket-paket belajar, ada juga ZenCore dan Tryout yang bisa elo gunakan sebagai alat untuk uji kemampuan elo. Yup, Zenius akan terus membantu elo untuk belajar dan menguji kemampuan elo hingga elo mencapai tahap yang elo mau.

Nah, untuk tahu lebih lengkap paket-paket belajar di Zenius, elo bisa klik button di bawah ini.

Kalau elo mau tanya-tanya lebih lanjut tentang paket-paket belajar yang ada di Zenius, boleh juga! Klik button di bawah ini untuk menghubungi atau dihubungi oleh CS Zenius!

Atau, elo mau langsung beli paket belajar yang elo mau? Nah, untuk melakukan pembelian paket, langsung aja klik button di bawah, ya!

Langganan Zenius

Sobat Zenius, tunggu apa lagi? Mari menjadi cerdas beneran dan kejar mimpimu bersama Zenius!

Bagikan Artikel Ini!