Cara belajar Zenius YPPA

Cara Belajar di Zenius – Yang Penting-Penting Aja (YPPA)

Hai Sobat Zenius, menurut elo cara belajar yang biasa elo pake udah tepat belum? Apapun cara belajarnya, intinya tetap ke gimana elo paham materi kan. Well, berarti pertanyaannya harusnya gini, ‘sudah efektifkah cara belajar elo?’. Nah, di artikel ini gue mau ngenalin tentang konsep belajar Zenius, simak terus ya!

Udah mau tahun ajaran baru gini jadi banyak ya yang harus dipersiapkan. Nggak lupa juga cek cara belajar elo yang kemaren, udah sesuai belum nih. Elo tentunya mau meningkatkan prestasi kan di tahun ajaran baru ini.

Mungkin masih banyak yang menganggap belajar tuh sebatas menghafal dan menghitung. Makanya nggak heran ada yang bilang gini, ‘gue masuk IPA karena nggak kuat hafalan’ atau ‘gue masuk IPS karena nggak bisa itungan’. 

Konsep belajar kayak gini nih yang bikin belajar jadi nggak efektif. Coba deh ganti cara belajar elo. Yuk kenalan dengan cara belajar di Zenius pake konsep belajar Yang Penting-Penting Aja (YPPA).

Konsep Belajar Zenius Yang Penting-Penting Aja 

Apa sih Yang Penting-Penting Aja itu? Belajar intinya aja gitu? Eits nggak sesederhana itu dong. 

Metode belajar Zenius Yang Penting-Penting Aja ini ngajak elo untuk lihat gambaran besarnya atau big ideas dari materi yang sedang dipelajari. 

“Oh belajar basic-nya aja ya?” 

Eh, bukan gitu. Big ideas di sini adalah akar dari yang elo pelajari. Kayak akar yang letaknya ada di bawah, elo perlu gali lapisan demi lapisan untuk bisa sampai ke dasarnya banget.

Nah, ibaratnya kayak akar tadi, dari setiap lapisan yang elo gali untuk mencapai akarnya tuh elo lagi belajar sampai nemu gambaran besarnya. Jadi, elo nggak menghafal ya, tapi elo ngerti struktur demi struktur kenapa sesuatu bisa terjadi.

Masih bingung cara belajar Zenius? Gampangnya gini nih, konsep belajar Zenius bakal bawa elo untuk tahu poin-poin penting dari suatu materi. Lalu dari poin tadi mulai tuh kebentuk kerangkanya menjadi sebuah konsep. Dari situ elo akan bisa lihat gambaran besar dari materi yang elo pelajari.

Jadi, pemahaman yang elo dapat itu juga hasil dari kerangka pikiran elo sendiri. Bekal pikiran itu dari poin dan konsep yang dibentuk di awal. Makanya jangan heran kalau belajar di Zenius, tadinya belajar matematika, tapi bekal yang elo dapat nggak cuma rumus dan cara hitungnya aja, tapi sejarah terciptanya rumus itu sendiri dan fakta lainnya.

Cara belajar Zenius YPPA

Kenapa Konsep Zenius YPPA Lebih Baik?

Belajar konsep Zenius ini emang nggak bisa ditemuin di video materi yang banyak di Youtube. Kalau elo cari ‘cara cepat belajar fisika’, atau ‘tips-tips lulus ujian’ mungkin Youtube tempat yang tepat untuk elo.

Cara belajar dengan Zenius emang nggak nyuapin elo kayak ‘pelajarin yang ini aja, bakal lebih sering keluar’. Tapi bareng Zenius elo paham struktur atau konsep dari pelajaran yang akan elo kerjakan, jadi tipe soal yang elo kuasai juga bervariatif. Nggak perlu was-was tipe soal apa yang bakal keluar.

Orang bisa salah paham nih kalau denger Yang Penting-Penting Aja. Kesannya kayak nggak semuanya perlu dipelajari. Wah elo kena YPPA fallacy tuh kalau mikir gitu. Biar makin jelas cek perbandingannya di bawah ini ya!

YPPA FallacyYPPA yang bener
Pelajari basicnya aja ya, biar cepet belajarnyaNgerti basic itu perlu untuk fondasi, tapi latihan sama pentingnya biar skill elo keasah.
Belajarnya fokus di hal penting kayak PTS, PAS, UTBKAda banyak hal penting yang ternyata gak masuk kurikulum. Zen Tutor bisa kasih tau apa yang gak ada di sekolah
Ikutin cara cepetnya aja deh, soalnya penting banget nih di UTBKPaham konsep udah bisa bikin elo paham lebih banyak tipe soal. Cukup pake konsep dasar dari tutor Zenius, udah melingkupi banyak soal yang akan masuk.

Kalau elo udah pernah belajar pake video pembelajaran dari Zenius mungkin elo udah sedikit ngerti tentang konsep belajar YPPA ini. Elo jadi bisa melihat suatu materi dari persepsi pemahaman elo sendiri berdasarkan konsep yang didapat dari video. Ini yang bikin materi belajar lebih mudah dipahami karena proses ini bukan tentang menghafal namun memahami big ideas.

Cara belajar efektif Zenius salah satunya juga dengan adanya fitur live class yang bikin belajar di Zenius lebih menyenangkan daripada belajar sendiri lewat Youtube atau platform lain. Kalau elo udah paham materi dari video pembelajaran Zenius, di live class elo bakal mempertajam pemahaman itu.

Live Class bareng Zen Tutor bantu elo menyusun kerangka berpikir sekaligus ngajak berpikir secara kritis. 

“Bakal berat banget dong belajar di live class?” Eits, nggak dong, malahan jadi seru karena tutor Zenius bakal menghubungkan materi yang sedang dipelajari dengan hal-hal yang relevan dengan kalian. 

Menghubungkan sesuatu yang relevan dengan materi pembelajaran ini bukan cuma buat seru-seruan doang ya. Selain bisa bikin elo lebih gampang memahami materi, cara belajar Zenius yang satu ini memancing otak elo untuk memikirkan korelasi suatu materi dengan kehidupan sekitar. Yang kayak gini bikin materi lebih nyantol, lho.

Perlu elo ingat nih gunanya belajar itu nggak semata-mata tentang nilai bagus ya. Tapi bagaimana kegunaannya di hidup elo dan bagaimana ilmu bisa membuka pandangan elo dalam bermasyarakat.

Itu juga yang bikin Zenius beda dari bimbel yang lain. Cara belajar efektif dan efisien Zenius mendorong elo untuk berpikir secara kritis, dengan gitu elo nggak heran lagi kalau dari satu materi yang elo pelajari ternyata berkaitan dengan berbagai ilmu lain. Paham kan kenapa konsep itu penting.

Persiapan Masuk Sekolah Bareng Zenius

Paham konsep juga perlu diimbangi dengan baca materi dan latihan juga ya. Punya pemahaman yang dalam tuh perlu tapi bukan berarti elo jadi serba tau dan ngerasa nggak perlu belajar. Nggak gitu dong konsepnya.

Cobain deh konsep belajar Zenius dengan beli paket belajar Zenius. Dengan langganan paket belajar elo bisa dapat paket lengkap tuh, ada video pembelajaran, latihan soal, rangkuman dan gak ketinggalan juga live class bareng tutor Zenius.

Kalau udah langganan nih, elo bisa cek kemampuan elo dengan latihan soal sekaligus cari tahu kelemahan elo di mana saat ngerjain soal tadi. Nah, untuk itu elo bisa minta bimbingan para Zen Tutor pas Live Class. Pemahaman elo bisa langsung diukur sekaligus direfleksikan.

Pas banget nih mumpung tahun ajaran baru, belum telat kan untuk ganti cara belajar elo. Yuk, rasain sendiri konsep belajar Zenius Yang Penting-Penting Aja dengan langsung langganan paket belajar Zenius. Klik banner di bawah ini untuk beli sekarang ya!

Cara Belajar di Zenius - Yang Penting-Penting Aja (YPPA) 9
Yuk, langganan sekarang!
Bagikan Artikel Ini!