Belajar
ZeniusLand
Guru
Profesional

Panduan Lengkap: SIMAK UI

Informasi Umum

Apa itu SIMAK UI?

Selain jalur SNMPTN (jalur undangan) dan UTBK-SBMPTN (tes tertulis), Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri menjadi jalan alternatif masuk universitas. Beberapa perguruan tinggi menyediakan kuota khusus bagi calon mahasiswa baru lewat jalur ini, salah satunya Universitas Indonesia.

Jadi, bagi pejuang jaket kuning, jangan berpikir perjuangan kalian berhenti pada SNMPTN dan UTBK aja. Gak berhasil jadi mahasiswa UI lewat jalur SNMPTN dan UTBK, masih ada Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI. SIMAK adalah ujian mandiri yang diselenggarakan Universitas Indonesia untuk semua program pendidikan, yaitu ​​S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, Vokasi (D3 dan D4), dan Pascasarjana.

Syarat ikut SIMAK UI

Tiap program pendidikan di Universitas Indonesia punya persyaratan masuk yang berbeda, mulai dari segi usia ijazah sampai biaya perkuliahan. Perbandingan di bawah ini fokus untuk program S1 dan Vokasi saja.

  • Khusus pendaftar dengan usia ijazah SMA/sederajat maksimal 3 tahun. Contoh: pendaftaran 2021 untuk lulusan 2021, 2020, dan 2019.
  • Dibuka untuk semua jurusan dan fakultas S1
  • Pendaftar SIMAK UI untuk jalur S1 Reguler wajib mengikuti UTBK sebelumnya. Pendaftar S1 Reguler rumpun Saintek memerlukan nilai UTBK Saintek. Pendaftar S1 Reguler rumpun Soshum memerlukan nilai UTBK Soshum.
  • Membayar biaya kuliah dengan sistem BOPB, yaitu besaran biaya kuliah per semester disesuaikan dengan kemampuan finansial serta uang pangkal Rp 0.
  • Pendaftar merupakan lulusan SMA/sederajat tanpa ada batasan usia.
  • Dibuka untuk jurusan tertentu saja. Contoh, jenjang S1 Paralel di FEB UI hanya membuka jurusan Akuntansi.
  • Mahasiswa tidak memiliki hak mengajukan fasilitas beasiswa.
  • Tidak ada sistem BOPB dan ada uang pangkal yang nominalnya telah ditetapkan universitas.
  • Khusus pendaftar dengan usia ijazah SMA/sederajat maksimal 5 tahun. Contoh: pendaftaran 2021 untuk lulusan 2021, 2020, 2019, 2018, dan 2017.
  • Dibuka untuk jurusan tertentu saja. Contoh, jenjang S1 Kelas ]Internasional di FISIP UI hanya membuka jurusan Ilmu Komunikasi.
  • Saat pendaftaran, wajib mengunggah sertifikat TOEFL (skor min. PBT 500/iBT 61/CBT 173) atau IELTS (skor min. 5.5)
  • Bahasa pengantar pelajaran dalam Bahasa Inggris.
  • Tidak ada sistem BOPB dan ada uang pangkal yang nominalnya telah ditetapkan.
  • Program jenjang Ahli Madya (D3) dan Sarjana Terapan (D4).
  • Pendaftar merupakan lulusan SMA/sederajat tanpa ada batasan usia.
  • Tidak ada sistem BOPB dan ada uang pangkal yang telah ditetapkan.

Materi ujian SIMAK UI

Materi Ujian SIMAK UI S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi (D3) terdiri dari:

  1. Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  2. Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  3. Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Untuk pendaftar jurusan atau program studi (prodi) Saintek, materi ujian yang akan diikuti adalah KD dan KA. Jika pilihan prodinya IPS, materi ujiannya mencakup KD dan KS. Jika memilih prodi Saintek dan Soshum sekaligus (IPC), materi ujiannya mencakup KD, KA, dan KS.

Pelaksanaan SIMAK UI

Cara Daftar SIMAK UI

Biaya pendaftaran SIMAK UI

Peraturan pemilihan prodi di SIMAK UI

ProgramPilihan Prodi
S1 RegulerMaksimal 3 pilihan prodi
S1 ParalelMaksimal 3 pilihan prodi
Vokasi D3Maksimal 2 pilihan prodi
Vokasi D4Maksimal 2 pilihan prodi

Jadwal SIMAK UI

Sejak tahun 2020, pendaftaran SIMAK UI rutin dibuka pada bulan Juni. Rajin pantengin situs resmi SIMAK UI https://penerimaan.ui.ac.id/ buat dapetin jadwal ter-update tiap tahunnya.

Buat jadwal SIMAK UI 2021, kamu bisa cek di tabel ini.

Program PendidikanPendaftaranUjianPengumuman
Vokasi (D3 & D4)3 Mei - 9 Juni 202119 - 21 Juni 202130 Juni 2021
S1 Reguler3 Mei - 9 Juni 202119 - 21 Juni 202130 Juni 2021
S1 Paralel3 Mei - 9 Juni 202119 - 21 Juni 202130 Juni 2021
S1 Kelas Internasional3 Mei - 9 Juni 202116 Juni 202130 Juni 2021
S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D37 Juni - 9 Juli 202111 Juli 202112 Agustus 2021

Pelaksanaan SIMAK UI

Sistem penilaian SIMAK UI

Sistem penilaian SIMAK adalah sebagai berikut.

  1. Benar, dapat poin +4
  2. Kosong, dapat poin 0
  3. Salah, dapat poin -1

Jadi jangan menebak-nebak jawaban hanya karena kamu enggak mau lembar jawabanmu bolong-bolong. Kalau gak yakin banget sama jawabannya, mending kosongin aja.

Sempat ada juga nih isu yang santer terdengar soal nilai mati pada ujian SIMAK UI. Nilai mati yang dimaksud, kalau enggak jawab satu pun soal di satu mata pelajaran, otomatis bakal gugur atau terdiskualifikasi. Hal ini udah dibantah lewat akun resmi Twitter SIMAK UI pada 2019 ya. Enggak ada sistem nilai mati di SIMAK UI. Tapi tetap kerjakan soal-soalnya sebaik yang kamu mampu ya.

Persentase kelulusan dan daya tampung SIMAK UI

Kuota atau daya tampung dan persentase keketatan jadi bagian penting dari strategi lolos SIMAK UI. Kuota dan tingkat keketatan bisa jadi dasar kamu memprediksi peluang lolos SIMAK untuk tiap jurusan.

Keketatan adalah persentase jumlah peserta yang diterima berbanding jumlah peserta yang mendaftar. Cara hitung tingkat keketatan adalah jumlah peserta diterima berbanding jumlah pendaftar. Semakin besar persentasenya, maka tingkat persaingannya semakin longgar. Sebaliknya jika tingkat persentasenya kecil, maka tingkat persaingannya makin ketat.

Informasi kuota dan daya saing dalam tabel di bawah ini bersumber dari laman situs resmi SIMAK UI. Di sini, Zenius akan tampilin tingkat persaingan 10 prodi yang paling ketat dari rumpun Saintek dan Soshum untuk program S1 Reguler. Sisanya kamu bisa lihat sendiri di laman SIMAK UI. Pertimbangan baik-baik sebelum kamu memilih jurusan ya!

Rumpun Saintek

Program StudiKeketatan 2020Daya Tampung 2021Pendaftar 2020
Gizi1,1%232.830
Farmasi1,2%453.401
Pendidikan Dokter1,2%908.589
Pendidikan Dokter Gigi1,3%554.518
Teknik Industri1,3%553.774
Arsitektur1,4%252.119
Kesehatan Lingkungan1,4%281.831
Teknik Lingkungan1,4%351.944
Arsitektur Interior1,6%251.548
Teknik Biomedik1,6%201.254

Rumpun Soshum

Program StudiKeketatan 2020Daya Tampung 2021Pendaftar 2020
Ilmu Komunikasi0,7%355.489
Ilmu Hubungan Internasional0,9%283.464
Sastra Inggris1,1%231.957
Psikologi1,2%907.681
Manajemen1,2%907.618
Ilmu Administrasi Negara1,3%352.597
Bahasa dan Kebudayaan Korea1,3%151.303
Kriminologi1,3%453.510
Ilmu Kesejahteraan Sosial1,3%403.080
Ilmu Politik1,5%403.090

Strategi Memaksimalkan Peluang Lolos SIMAK UI

Udah jadi cerita turun temurun bahwa SIMAK UI punya kadar kesulitan melebihi UTBK. Dari cerita pengalaman beberapa alumni Zenius yang lolos SIMAK UI, karakteristik soal SIMAK setingkat atau beberapa tingkat lebih sulit dengan UTBK. Tutor Zenius aja perlu semedi 3-4 hari buat bisa bikin video pembahasan soal SIMAK UI. Bahkan ada yang nemu jawaban soal SIMAK UI dari forum ilmu level doktoral S3. Nah, makanya kamu perlu banget punya persiapan khusus buat SIMAK UI. Gimana caranya?

Pertama-tama, kamu bisa mulai siapkan fondasi persiapan SIMAK UI dengan mempersiapkan UTBK dengan matang. Baca lebih lanjut strategi belajar UTBK di sini. Persiapan UTBK dan dasar SIMAK UI umumnya memerlukan hal berikut:

Pernah ngerasa mentok ngerjain soal hitung-hitungan yang udah diotak-atik dari rumus dasarnya? Pernah ngulik latihan soal, ngintip kunci jawaban dan pembahasan, tapi tetap gak ngerti-ngerti juga? Ada salah satu kemungkinan penyebabnya: kamu belum paham konsep dasar.

Kadang kita suka enggak sabar saat belajar sesuatu, sehingga melupakan konsep dasar dan langsung loncat langsung ke materi-materi yang pengen kita tahu aja. Cara belajar kayak gini enggak efektif buat jangka panjang karena kamu jadi perlu belajar ulang tiap kali mau ujian dan makin susah ngerti materi yang lebih advanced. Padahal, karakteristik soal SIMAK UI itu sangat butuh pemahaman konsep dasar untuk jawab soalnya. Bakal kerasa sulit jawab soal SIMAK UI kalau kamu melewati step pematangan konsep materi di awal.

Nah, walaupun level soal SIMAK UI lebih sulit dari UTBK, materi ujiannya sama aja sebenarnya. Jadi kamu bisa manfaatin materi UTBK buat belajar SIMAK UI. Nih, Zenius udah punya playlist materi UTBK yang lengkap banget:

Semua Materi Belajar UTBK

Ini adalah senjata wajib kalau mau siap tempur di hari H nanti. Dengan latihan soal-soal tahun lalu, kamu bisa terekspos dengan tipe-tipe soal SIMAK itu seperti apa. Makin banyak latihan, makin bagus. Hal ini ngebantu kamu untuk mengenal berbagai tipe soal.

Latihan-latihan soal tahun lalu enggak terbatas mau tahun berapa aja. Namun alangkah lebih baik kamu mulai berlatih dari soal SIMAK paling baru ya. Setelah itu bisa coba ngerjain soal tahun-tahun sebelumnya.

Nah, Zenius punya koleksi soal SIMAK UI dari bertahun-tahun lalu, silakan dihajar ya:

Setelah belajar materi UTBK dari konsep dasar dan juga kenyang makan banyak latihan variasi soal SIMAK UI, baru deh kamu boleh coba try out SIMAK UI! Latihan soal ga cukup ya guys, mindset-nya beda. Kamu perlu simulasi ujian supaya kamu bisa berlatih manage waktu ngerjain soal dan emosi saat ujian. Usahain juga supaya kamu buat kondisinya semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti kamu ngerjain tes UTBK. Misalnya dengan cara kamu buat kondisi ruangan sehening mungkin jauh dari gangguan, dsb.

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, soal SIMAK UI itu sulit banget. Terus, ada -1 poin untuk jawaban salah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan tebak-tebakan jawaban ya. Kalau ga tau, mending kosongin aja, daripada dapat nilai -1.

Di sisi lain, kamu jangan kecil hati kalau cuma bisa jawab sedikit. Lebih baik kamu jawab sedikit, tapi kamu yakin banget dengan jawaban itu, dibandingkan cuma asal nembak. Bukan tidak mungkin, peluang lolos anak yang hanya jawab dikit tapi yakin benar lebih besar daripada anak yang jawab semua, tapi banyak salahnya dan dapat banyak minus poin.

Gimana Zenius Bisa Bantu Persiapan SIMAK UI?

<b><a href='/zencore/'>ZenCore</a> </b>

ZenCore

Pernah ga sih kamu ngerasa nge-blank atau ga nyambung sama satu materi, padahal kamu udah coba belajar materi itu berulang-ulang selama berjam-jam? Tenang, itu bukan berarti kapasitas kamu kurang ya. Tapi mungkin nih, itu tandanya banyak konsep sebelum materi itu yang belum kamu pahami. Contohnya, sulit bisa ngerti integral, kalau konsep turunan aja belum paham. Gimana mau ngerti turunan, kalau aljabar aja belum fasih. Boro-boro ngerti aljabar, kalau konsep perpangkatan aja belum ngerti. Begitu seterusnya.
Nah, Zenius punya fitur spesial untuk bantu kamu nambal kebolongan konsep-konsep fundamental, yaitu ZenCore. Kemampuan fundamental yang kuat penting banget buat bisa jawab soal SIMAK UI yang terkenal sulit. Tambah lagi, fundamental yang kuat juga bantu kamu lebih efektif dan efisien belajar materi-materi SIMAK UI yang lebih advanced.
ZenCore juga dilengkapi dengan sistem yang adaptif menyesuaikan kemampuan kamu. Kalau kamu banyak bolongnya, ZenCore akan menyesuaikan biar kamu bisa nambal dari 0. Begitu juga sebaliknya, kalau kamu udah lumayan jago, ZenCore bakal kasih kamu soal yang lebih menantang.
<b><a href='/utbk/'>Video Materi dan Latihan Soal</a></b>

Video Materi dan Latihan Soal

Walaupun level soal SIMAK UI lebih sulit dari UTBK, materi ujiannya sama aja sebenarnya. Jadi kamu bisa manfaatin materi UTBK buat belajar SIMAK UI. Untuk bisa menjawab soal SIMAK UI, kamu perlu nalar yang kuat dan pemahaman terintegrasi. Ga cukup dengan menghafal, apalagi sistem kebut semalam. Di tiap video belajar Zenius, para tutor berusaha menjelaskan asal-usul dari suatu rumus/definisi biar kamu beneran ngerti dan keasah nalarnya.
Kamu bisa pilih playlist UTBK - Subject Based kalau udah punya rencana belajar sendiri dan pengen ada fleksibilitas urutan belajar materi. Atau bisa pilih playlist UTBK - Unit Based, kalau kamu pengen dituntun belajarnya dengan ngikutin alur unit materi yang udah disusun tim Zenius.
<b><a href='/fitur/live-class/'>Live Class</a></b>

Live Class

Kalau lewat video materi, kamu bisa belajar mandiri buat memahami materi dasarnya, kamu bisa dapetin pengalaman belajar interaktif langsung bareng tutor dengan fitur Live Class Zenius. Kamu bisa mantepin pemahaman materi dengan insight keren dari tutor-tutor andalan Zenius.
Beda dengan penyampaian materi video belajar yang satu arah, Live Class menghadirkan tutor untuk berinteraksi langsung dengan kamu. Kalau kamu punya pertanyaan, tutor bisa jawab dan langsung coaching kamu di sesi Live Class. Pembawaan tutor Zenius juga santai banget, jadi kamu bisa lebih rileks belajarnya. Ada teman-teman seperjuangan yang ikut Live Class bareng, jadi berasa lebih semangat persiapan SIMAK UI-nya.
<b><a href='/tryouts/'>Try Out SIMAK UI</a></b>

Try Out SIMAK UI

Lewat fitur Try Out, Zenius mencoba mensimulasikan kondisi ujian yang sebenarnya. Beda dengan latihan soal, di fitur ini, kamu bakal ngerjain soal dengan dibatasi waktu. Jadi kamu bisa berlatih buat manage waktu ngerjain ujian. Tryout SIMAK UI di Zenius juga udah pake sistem penilaian +4, 0, -1 seperti SIMAK aslinya. Sistemnya akan otomatis hitungin skor yang kamu dapat dan dibandingkan dengan peserta tryout lain.
Pemeringkatan hasil TO Zenius pake persentil. Misalnya, ada 1000 orang ikutan tryout Zenius. Hasil tryout 1000 orang tadi bakal diurutin jadi 100 urutan. Kalau kamu dapat angka persentil 70, berarti kamu udah ngunggulin 70 persen peserta lain dalam tryout tersebut.
Last but not least, ada pembahasan soal dalam bentuk video yang langsung available setelah TO untuk bantu kamu evaluasi kelemahan.

Kata Mereka yang Pernah Belajar Bareng Zenius

Picture of the author

Afiifah Fitriani

Proteksi Tanaman - Universitas Gadjah Mada

Afiifah Fitriani

Alhamdulillah aku bisa ngelewatin masa gap year bareng Zenius Ultima. Aku cuma ikut zenius doang, ga ikut bimbel lain atau beli buku SBM segambreng. Tapi zenius doang worth it bgt buat aku. Aku mulai ubah cara belajarku. Dan Alhamdulillah tahun ini aku keterima di PTN impian aku.

Kupas Tuntas Latihan Soal SIMAK UI bareng Zenius!

Belajar Sekarang

ios
android
huawei