Latest Posts

Latest Posts

Gimana caranya mengambil kesimpulan yang rasional?

Gimana caranya mengambil kesimpulan yang rasional?

Lo pasti pernah lah, ya, lagi ngobrol-ngobrol santai sama temen, terus tiba-tiba fokus ngomongin suatu topik, eh ujung-ujungnya topik itu memancing perdebatan antara lo berdua. Lo punya argumen untuk yakin bahwa pandangan lo bener, tapi temen lo juga. Biasanya, kalau ada kejadian kayak gitu, gimana lo dan temen lo menyikapinya? Well, tentunya banyak perdebatan yang pada intinya memang nggak bisa ketemu "ujung"nya (baca: memang lo harus terima bahwa opini lo … Baca Selengkapnya
Novi Testimonial: There's No Overnight Success

Novi Testimonial: There's No Overnight Success

Hello Zenius fellows. Pada blog zenius kali ini, kita bakal dengerin curhatan perjuangan salah satu alumni zenius, namanya Novi. Kalo sebelumnya kita udah pernah angkat cerita Kinan yang berjuang masuk universitas di luar negeri dan Bahri yang berjuang di SBMPTN 2014 lalu, sekarang kita mau angkat cerita Novi yang berjuang untuk dapat SNMPTN. Btw, lo juga bisa liat testimonial anak-anak zenius lain yang tembus SNMPTN 2015, lengkap kita upload file pdf testimonial aslinya. Kenapa sih doi … Baca Selengkapnya
Asal-usul Meme Internet

Asal-usul Meme Internet

Ketika generasi 90-an suka membanggakan diri bagaimana mereka lebih sering berinteraksi dan bermain secara fisik dengan temannya (main congklak bareng, kirim-kiriman surat cinta, salam-salaman di lapangan pas bulan puasa, dll), generasi yang lahir dan besar pada jaman 2000an sampe sekarang akan membanggakan dirinya, "Ah itu kuno, sekarang jamannya digital!". Ga bisa dipungkiri, dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi dan internet, kehidupan anak muda jaman sekarang jadi sangat bergantung dengan dunia digital. Mau … Baca Selengkapnya
Sejauh mana MSG Berbahaya untuk Dikonsumsi?

Sejauh mana MSG Berbahaya untuk Dikonsumsi?

“Ih kamu jangan banyak jajan yang mengandung MSG gitu. Nanti jadi bodo!” Sering ga sih lo mendapat wanti-wanti seperti di atas dari orang tua atau orang lain supaya gak makan makanan yang mengandung MSG? Selain katanya bikin bodoh, MSG juga katanya berbahaya bagi kesehatan kita. “Iya nih, gue malah suka ngerasa pusing dan mual-mual gitu kalo habis makan snack yang mengandung MSG” Nah, untuk mengisi momen liburan dan menemani lo santai setelah pusing-pusingan … Baca Selengkapnya
Bapak Republik Indonesia yang terlupakan

Bapak Republik Indonesia yang terlupakan

Bulan Juni itu sering diingat sebagai bulan lahirnya tokoh-tokoh besar nasional Indonesia. Diawali dengan hari lahirnya Pancasila (1 Juni) kemudian disusul dengan hari lahirnya mantan presiden pertama Indonesia Soekarno (6 Juni), mantan presiden kedua HM.Soeharto (8 Juni), mantan presiden ketiga B.J Habibie (25 Juni), dan juga presiden ketujuh kita saat ini Joko Widodo (21 Juni). Wah, banyak banget yah tokoh besar nasional Indonesia yang lahir di bulan Juni? Eit, sebetulnya ada satu lagi … Baca Selengkapnya
6 (Lagi) Salah Kaprah dalam Berbahasa Indonesia

6 (Lagi) Salah Kaprah dalam Berbahasa Indonesia

Hei, semua! Bertemu lagi dengan gue, Fajar. Pada ZeniusBLOG kali ini, gue ingin mengajak kalian membahas sesuatu yang relatif ringan. Sesuatu yang pasti kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, yaitu berbahasa. Sayangnya, mungkin karena sering digunakan dan lebih mementingkan "Ah yang penting orang itu nyambung dengan omongan gue", banyak yang menyepelekan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dan baik. Akhirnya, muncul berbagai salah kaprah dalam berbahasa. Tulisan ini menyambung tulisan gue sebelumnya yang … Baca Selengkapnya
Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Ujian

Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Ujian

Halo guys, gimana nih persiapan belajar menjelang ujian? Gua harap sih lo semua sekarang udah punya persiapan materi yang mateng dengan belajar di zenius.net maupun Xpedia 2.0. Biasanya sih di hari-hari menjelang ujian, para siswa malah lagi ngebut belajar persiapan materi karena masih terus ngerasa belum siap. Ada yang belajar mati-matian sampe subuh lah, ada yang sampe lupa makan, lupa istirahat, lupa jaga kesehatan. Eh tau-taunya pas hari-H menjelang ujian malah … Baca Selengkapnya
Pedoman Mengerjakan Soal TPA Analitik di SBMPTN

Pedoman Mengerjakan Soal TPA Analitik di SBMPTN

Hai hai, sobat Zen, khususnya yang lagi deg-degan karena bentar lagi siap bertempur di SBMPTN. Gue baru inget kayaknya gue belom pernah bikin tips tentang cara ngerjain soal TPA yang analitik ya. Walaupun udah mepet banget, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan. Pada tulisan kali ini, gue mau bagi tips-tips menyiasati soal TPA tipe analitik yang biasanya bikin males karena teksnya yang panjang. Soal Analitik adalah tipe … Baca Selengkapnya