Lomba Blog: Belajar Berkelanjutan Karena Zenius

Ceritakan pengalaman kamu bareng Zenius sampai-sampai kamu bisa punya semangat belajar berkelanjutan. Cerita tergokil akan mendapatkan hadiah bundle buku keren tentang rational thinking yang sudah dibubuhi pesan dan tanda tangan tutor Zenius. Halo guys, ga berasa bentar lagi udah masuk tahun ajaran baru aja. Gimana nih liburan lebarannya? Dapat pertanyaan menyentil apa dari om dan tante? Hehehe... Nah, dalam rangka merayakan pergantian tahun ajaran dan menyambut tahun ajaran baru, udah jadi tradisi …

Seleksi Mandiri Menggunakan Nilai SBMPTN 2018

Salah satu mekanisme dalam seleksi mandiri masuk PTN adalah seleksi mandiri dengan menggunakan nilai SBMPTN. Nah apa sih maksudnya itu? Gimana prosedur seleksinya? Buat kamu yang belum lolos di SBMPTN 2018 ini, masih ada satu jalur masuk PTN yaitu melalui seleksi mandiri. Seleksi mandiri adalah seleksi yang dilaksanakan oleh PTN di luar SNMPTN maupun SBMPTN. Hampir semua PTN melaksanakan seleksi mandiri untuk program S1-nya. Nah karena dilaksanakan oleh masing-masing PTN sendiri, …

Kisah Lintas Zaman Kegunaan Jalan Tol

Artikel ini mengupas manfaat jalan tol, dari segi militer, politik, dan ekonomi, dengan menelusuri sejarah Romawi Kuno, Nazi Jerman, dan Amerika Serikat di bawah pimpinan Eisenhower. Di mana-mana lagi banyak banget ya proyek jalan tol. Apalagi mendekati momen mudik seperti sekarang. Tapi di tengah gencarnya pembangunan jalan tol, ada pihak yang meragukan manfaat dari jalan tol. "Negara kita berutang banyak demi bangun jalan tol. Tapi palingan yang ngerasain manfaatnya cuma …

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengukur jarak antara Matahari dan Bumi, serta benda-benda angkasa lainnya tanpa harus meninggalkan Bumi. Halo guys! Ketemu lagi, nih dengan Steve dan Wisnu. Kali ini kita berdua mau ngomongin tentang gimana caranya ngukur benda-benda angkasa. Sebelum kita mulai, lo pernah gak, sih, wondering tentang seberapa jauhnya Matahari dari Bumi? Atau jarak antara Bumi dengan Bulan? Nah, kebetulan, kita sering banget dapet pertanyaan kayak gini: Q: Berapa sih jarak dari Bumi ke Matahari? Z: AU lah. Q: Eh seriusan. …

Berbagai Pandangan Keliru tentang Teori Evolusi

Pengertian teori evolusi seringkali disalahartikan hanya sebatas pernyataan Charles Darwin yang mengatakan manusia itu berasal dari kera. Padahal Charles Darwin maupun teori evolusi TIDAK PERNAH menyatakan bahwa manusia itu berasal dari kera. Halo semua, apa sih yang terlintas di pikiran lo kalo ada pembahasan tentang teori evolusi? Wah, biasanya materi teori evolusi ini seringkali jadi topik yang begitu kontroversial. Entah kenapa, satu topik dalam pelajaran Biologi ini jadi hal yang begitu sensitif …

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Daftar PPDB SMA

Berikut adalah informasi lengkap seputar PPDB online SMA dan tips yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan peluang diterima di SMA pilihan. Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dalam beberapa tahun terakhir dilaksanakan secara online. Beberapa provinsi sudah menyiapkan sebuah sistem atau situs resmi yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi. Semua berjalan secara online dan real-time (proses dan hasil …

Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Negara?

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana ketergantungan subsidi yang berlebihan bisa berakibat sangat fatal bagi perekonomian negara. Subsidi itu kan enak. Harga BBM murah. Biaya listrik dan air ledeng murah. Kalo perlu, semuanya aja deh disubsidi oleh pemerintah. Kenapa pemerintah nggak subsidi semua bahan kebutuhan pokok aja, sih? Kalo semua disubsidi, kan rakyat sejahtera. Rakyat jadi nggak terbebani biaya ekonomi yang tinggi. Negara yang memberikan banyak subsidi bagi rakyatnya pastilah pemerintah yang baik dan berpihak …

Mending Masuk SMA, SMK, atau MA?

Artikel ini membahas tentang berbagai jenis sekolah menengah tingkat atas seperti SMA, SMK, dan MA, apa perbedaannya, serta bahan pertimbangan untuk membantu kamu memilih. Halo, guys! Ketemu lagi dengan yuuji-sensei. Pada kesempatan kali ini, sensei mau kasih sedikit informasi, nih, terutama untuk kamu yang sebentar lagi akan mengganti warna seragam kamu dari putih biru ke putih abu-abu, dan bingung menentukan sekolah lanjutanmu. Menurut pengamatan sensei, ternyata banyak banget siswa SMP yang masih bingung dalam menentukan …