Persiapan UTS dan PTS Semester Ganjil untuk SMA

Berisi latihan soal untuk persiapan UTS dan PTS SMA semester Ganjil untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013 (non-revisi), dan Kurikulum 2013 Revisi. Ciee.. yang bentar lagi UTS. Ngga berasa yah. Perasaaan baru aja kemarin mulai tahun ajaran baru, eh ngga taunya udah mau UTS aja. Gimana nih persiapannya? Udah mateng belum? Jangan-jangan, lo bahkan belum mulai belajar lagi nih. Jangan takut, jangan khawatir, Bro n Sis. Tenang aja … Seperti biasa, …

Pembahasan Soal SBMPTN 2018

Berisi daftar lengkap soal SBMPTN 2018 untuk semua kelompok ujian dalam bentuk PDF yang bisa diunduh gratis dan disertai video pembahasan. Sesuai dengan judulnya, pada artikel kali ini, gue akan berbagi daftar lengkap pembahasan soal SBMPTN 2018 untuk semua paket ujian dan mata pelajaran. Soal-soal yang ada di sini bisa banget lo gunakan sebagai ajang latihan. Latihan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah permulaan yang baik untuk meraba tingkat kesulitan soal SBMPTN. Lo juga …

Gap Year: Nunda Kuliah Setahun yang Bisa Sangat Berfaedah

Gap year bukanlah aib. Gap year bisa sangat bermanfaat, bisa jadi investasi yang sangat berharga, bisa jadi life-changing bila bener-bener bisa kamu manfaatkan. SBMPTN 2018 diikuti oleh 860.001 peserta, dengan jumlah diterima sebanyak 165.831 peserta (19,28%). Dari angka tersebut bisa kita lihat bahwa sekitar 700 ribu peserta tersingkir dan harus rela bersaing di jalur mandiri PTN, daftar PTS atau menunggu tahun depan apabila ingin kuliah. Buat yang nggak lolos di PTN atau jurusan yang diinginkan, …

Kenapa Amerika Serikat Menjatuhkan Bom Atom di Jepang?

Kenapa Amerika Serikat harus menjatuhkan bom atom? Apakah tidak ada alternatif lain? Artikel ini akan mengupas kronologi Perang Pasifik yang klimaksnya adalah ledakan mahadahsyat kedua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Setiap perang memiliki peran dan pengaruh bagi sejarah dunia. Kehancuran dan kematian yang diciptakan perang sudah pasti meninggalkan luka di daerah yang mengalaminya, sekitarnya, dan bahkan di tempat yang jauh dari lokasi perang. Perang Dunia II adalah perang terhebat …

Bagaimana Manusia Bisa Melihat Warna?

Warna itu sebetulnya tidak ada. Warna itu hanyalah persepsi visual dalam otak manusia saja. Lalu bagaimana manusia bisa melihat warna-warni yang berbeda? Ini penjelasan ilmiahnya. Pernah nggak sih lo pas lagi bengong ngeliatin langit, tiba-tiba muncul pertanyaan di dalam benak lo. Kenapa ya langit berwarna biru? Kenapa api berwarna merah? Kenapa daun berwarna hijau? Kenapa pelangi bisa memiliki 7 warna? Kenapa pemimpinnya Power Rangers selalu ranger merah? Kenapa gebetan gue …

Mengapa Jerman Kalah di Perang Dunia II?

Artikel ini menceritakan tentang penyebab kekalahan Jerman di Perang Dunia II, meski nampaknya mereka unggul dan hampir memenangkan perang masif ini. Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, Marcel. Seperti biasa, gue mau mengajak lo semua untuk melirik ke masa lampau (lebay), ke salah satu peristiwa besar dalam sejarah manusia, ke peristiwa yang nyaris mengubah peta politik dunia, terutama Eropa. Peristiwa itu adalah Perang Dunia II. Kenapa gue nyebut bahwa peristiwa ini nyaris mengubah peta politik dunia? Karena pada saat itu …

Kompilasi Pemenang Lomba Blog: Belajar Berkelanjutan karena Zenius!

Efek belajar bareng Zenius ga sekadar dapat nilai tinggi atau masuk kampus impian. Itu cuma bonus. Simak cerita pengguna Zenius yang memiliki semangat #BelajarBerkelanjutan dan berkomitmen menjadi lifelong learner. Hai guys. Masih ingat kan beberapa waktu lalu Zenius kembali menjalankan tradisi untuk menggalang cerita inspiratif dari pengguna zenius? Yes, lomba blog untuk mengisi waktu libur kenaikan kelas. Lomba blog kali ini diadakan dari 6-22 Juli 2018. Total ada 101 blog …

Kenapa nilai Rupiah merosot & Dolar naik terus sih?

Kenaikan nilai tukar USD terhadap Rupiah tahun 2018 ramai dibicarakan, tapi tidak ada yang menjelaskan penyebabnya dengan tuntas. Artikel ini menjelaskan kenaikan USD sekaligus sisi negatif dan positifnya bagi Indonesia. Lo pasti belakangan ini sering denger banyak orang yang ribut-ribut soal nilai tukar Rupiah yang terus merosot. Faktanya memang demikian, nilai tukar Rupiah terus melemah terhadap mata uang Dolar AS sejak awal tahun 2018. Kalo awal tahun 2018, 1 Dolar USA bisa …