Latest Posts

Latest Posts

Asal-Usul Kata dalam Bahasa Indonesia

Asal-Usul Kata dalam Bahasa Indonesia

Seorang munsyi (ahli bahasa), Yapi Tambayong pernah mengutip kontak jodoh yang dibuat harian Kompas: “Gadis 33, Flores, Katolik, sarjana, karyawati, humoris, sabar, setia, jujur, antimerokok, antifoya-foya, aktif di gereja. Mengidamkan jejaka maks 46, min 38, penghasilan lumayan, kebapakan, romatis, taat, punya charisma”. Wah wah wah, banyak maunya juga si gadis ini. Gue enggak tahu apakah iklan cari jodoh macam ini masih ada di zaman Tinder, Path, Facebook dan sebagainya. Bayangkan, … Baca Selengkapnya
Ada makanan yang awet, tapi ada juga yang gampang basi. Kok bisa ya?

Ada makanan yang awet, tapi ada juga yang gampang basi. Kok bisa ya?

“Aduh, Mama lupa simpen sisa makanan semalam ke kulkas. Tumis kangkungnya jadi basi deh. Yaudah, kamu bawa bekal goreng ayam dan perkedel sisa semalam aja ya. Mama ga sempat masak pagi ini. Mama panasin bentar deh”   Mungkin lo sering mendapat wanti-wanti dari nyokap yang kurang lebih seperti kata-kata di atas. Ketika lo disuruh untuk beli makanan buat bekal, “Beli makanan yang kering aja ya atau goreng-gorengan, biar awet!” Ketika lo … Baca Selengkapnya
Punya cita-cita keren? Semangat aja ga cukup, lo butuh strategi!

Punya cita-cita keren? Semangat aja ga cukup, lo butuh strategi!

Halo pembaca zeniusBLOG ketemu lagi sama gue, Sasa. Gimana kemarin perayaan tujuhbelasan, ikut lomba apa aja? Masih dalam suasana merayakan kemerdekaan HUT RI ke-70 nih, di antara lo, ada yang pernah denger salah satu kata-kata Bung Karno yang ini gak? "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit, bermimpilah setinggi langit!" Kata-kata itu beliau tujukan untuk membakar semangat kaum muda untuk berani bermimpi. Karena kata-kata itu pula, banyak dari kita yang dari kecil suka ditanyain … Baca Selengkapnya
Golongan darah bisa mencerminkan kepribadian manusia, masa sih?

Golongan darah bisa mencerminkan kepribadian manusia, masa sih?

Beberapa waktu lalu, pas gue lagi asik jalan ke salah satu toko buku, gue melihat sebuah pemandangan yang membuat gue tersenyum miris. Di dekat kasir, ada satu bagian khusus tumpukan buku Best Seller. Di antara tumpukan buku tersebut, ada satu buku yang dipajang secara mentereng. Buku tersebut berisi kartun-kartun lucu yang menggambarkan kategorisasi kepribadian manusia (personality) berdasarkan golongan darah. Kemungkinan besar kalian juga familiar dengan buku ini. Selain di buku, … Baca Selengkapnya
Apa betul hewan purba itu moyangnya hewan sekarang? Tahu dari mana?

Apa betul hewan purba itu moyangnya hewan sekarang? Tahu dari mana?

Halo Guys, ketemu lagi dengan gue, Ijul. Kalo pada artikel sebelumnya, Ivan udah sempat ngebahas tentang Gimana caranya ilmuwan tau umur dari fosil yang ditemukan. Gue jadi ikutan gemes sekaligus tertantang untuk ngebahas topik yang sama tapi dari sudut pandang disiplin ilmu yang beda, yaitu Biologi. Sebagai pelajar yang dari kecil udah dicekokin berbagai ilmu pengetahuan, lo mungkin udah gak asing dengan pengetahuan tentang dunia masa lampau. Pengetahuan dunia tentang masa lampau … Baca Selengkapnya
Mohammad Hatta: Bukan sekedar pendamping Bung Karno

Mohammad Hatta: Bukan sekedar pendamping Bung Karno

Tepat pada hari ini, 113 tahun yang lalu di Bukittinggi Sumatera Barat, lahir seorang bayi yang nantinya akan dikenal sebagai salah seorang pendiri Republik ini. Yak, beliau adalah Drs. Muhammad Hatta atau yang lebih sering disapa Bung Hatta. Siapa sih orang Indonesia yang tidak tahu sosok Bung Hatta? Rasanya hampir pasti semua orang di Indonesia tahu nama Mohammad Hatta, tapi berapa banyak yang benar-benar tau tentang kisah perjuangannya? Tebakan gua sih sebetulnya gak begitu banyak orang … Baca Selengkapnya
Kompilasi Artikel "Perjuangan Masuk Kampus"

Kompilasi Artikel "Perjuangan Masuk Kampus"

"Menulis adalah bekerja untuk keabadian", kata Pramoedya Ananta Toer. Apalagi jika tulisannya berisi kisah perjuangan diri dalam meraih sesuatu. Tulisan tersebut akan selalu menjadi pengingat akan tujuan besar dalam hidup dan untuk selalu menghargai apa yang telah kita miliki, menghargai diri sendiri, dan semua pihak yang telah banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Begitulah kira-kira salah satu latar belakang dipilihnya tema "Perjuangan Masuk Kampus" untuk kompetisi blog Zenius tahun ini. Selain … Baca Selengkapnya
Gimana sih caranya ilmuwan tahu umur fosil yang ditemukan?

Gimana sih caranya ilmuwan tahu umur fosil yang ditemukan?

Hi guys, the handsome chemist is back! Kali ini, gue mau ngobrol tentang dua topik favorit gue nih, sejarah dan kimia. Tepatnya, gimana suatu ilmu ‘alam’ kimia bisa ngasih kita pengetahuan lebih dalam tentang ilmu ‘sosial’ yaitu sejarah. Sebagai orang yang berpendidikan, sedikit banyak kita telah menerima warisan pengetahuan dari generasi sebelumnya. Dengan bersekolah, dengerin cerita guru sejarah, baca buku, atau nonton film dokumenter, kita yang hidup di abad 21 ini jadi bisa tahu tentang apa yang … Baca Selengkapnya