Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri: Info Universitas dan Prospek Kerjanya

Sobat Zenius, elo pernah masuk ke dalam pabrik, nggak?

Dulu gue pernah diajak ke pabrik pembuatan majalah. Di sana gue ngeliat berbagai mesin yang tugasnya beda-beda. Ada yang tugasnya mencetak tulisan dan gambar, memotong kertas, dan menyusun kertas-kertas itu jadi buku.

Meskipun udah ada berbagai mesin, bukan berarti nggak ada orang dalam proses industri tadi. Di dalam pabrik ada orang-orang yang tugasnya memastikan produksi dalam industri berjalan dengan smooth, efektif, efisien, dan kualitas setiap produk tetap terjaga.

Nah, ada jurusan khusus di kuliah yang mempelajari tentang manajemen sistem industri ini, yaitu jurusan teknik industri.

Dalam artikel ini, gue akan membahas apa itu jurusan teknik industri, mata kuliah jurusan teknik industri, universitas yang memiliki jurusan teknik industri, serta prospek kerja lulusan teknik industri. Jadi, ikuti sampe akhir, ya!

Baca juga:

Kuliah di Fakultas Teknologi Industri ITB

Apa Itu Jurusan Teknik Industri?

Jurusan teknik industri adalah cabang ilmu teknik yang belajar tentang merancang, meningkatkan, dan menginstalasi sistem industri. Menariknya, sistem industri ini nggak hanya tentang mesin dan material. Industri juga melibatkan manusia dan informasi.

Makanya, bidang keilmuan jurusan teknik industri ini unik. Elo akan ketemu perpaduan ilmu multidisiplin, seperti matematika, fisika, ilmu sosial, dan prinsip rekayasa. Yup, elo akan belajar ilmu teknik dan ilmu sosial di jurusan teknik industri!

Dalam kurikulum pembelajaran jurusan teknik industri, elo akan belajar tentang manajemen operasi, rekayasa sistem dan proses, manajemen kualitas, manajemen proyek, teknologi informasi.

Nggak hanya itu, elo juga akan belajar manajemen sumber daya manusia, analisis biaya dan keuntungan, sustainability dan green engineering, pemrograman dan komputasi, bahkan etika profesi dan hukum. Benar-benar multidisiplin, kan!

Baca juga:

Jurusan Teknik Sipil: Overview, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Sobat Zenius, supaya elo semakin kenal dengan jurusan teknik industri, gue mau ajak elo untuk melihat beberapa mata kuliah dari jurusan ini.

mata kuliah jurusan teknik industri

Perancangan Kerja, Metode, Standar Kerja

Mata kuliah ini membahas konsep dan teknik perancangan pekerjaan, pengembangan metode kerja, dan penetapan standar kerja. Elo akan belajar merancang job desc agar lebih efisien. Elo juga akan belajar berbagai metode kerja yang optimal dan cara menetapkan standar untuk penilaian kinerja pekerjaan.

Di mata kuliah ini, elo nggak hanya akan belajar teori. Elo juga akan mendapat kelas praktikum, jadi elo bisa mengaplikasikan konsep dan teori yang udah elo pelajari ini ke dalam situasi dunia nyata.

Perancangan Organisasi dan Psikologi Industri

Zen, gue bakal belajar psikologi di jurusan teknik industri?

Yup! Kaya tadi gue bilang, elo bakal belajar aspek pengelolaan sumber daya manusia juga di jurusan ini. Jadi, di mata kuliah ini elo bakal belajar cara merancang dan menganalisis struktur organisasi, serta menerapkan konsep psikologi industri dalam konteks bisnis.

Di mata kuliah ini, elo akan diajarin tentang organisasi yang efisien, serta faktor psikologis yang memengaruhi kinerja seseorang atau suatu team di kantor. Jadi, jangan heran, ya, kalau elo bakal ketemu materi kepemimpinan, motivasi, dan dinamika kelompok di sini.

Baca juga:

Info Lengkap Kuliah di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

Sistem Rantai Pasok

Sobat Zenius, yang namanya industri itu nggak hanya bikin barang di pabrik. Ada proses yang panjang. Mulai dari pembelian dan pengiriman bahan baku produksi, produksi barang, penyimpanan, distribusi, sampe nanti akhirnya ada di tangan konsumen.

Nah, di jurusan teknik industri, elo akan membahas juga sistem rantai pasok ini. Elo akan belajar manajemen yang melibatkan pergerakan bahan baku, produksi, distribusi, dan pengiriman produk akhir kepada konsumen.

Elo akan belajar cara merencanakan dan mengelola produksi, mengidentifikasi risiko yang mungkin muncul, hingga mengoptimalisasi kinerja sistem dengan bantuan teknologi. Menarik banget, ya!

Perancangan Proyek Industri

Dalam mata kuliah Perancangan Proyek Industri elo akan belajar gimana cara merancang dan mengelola proyek industri. Mulai dari penjadwalan, alokasi sumber daya, pengendalian proyek, manajemen risiko, bahkan evaluasi keuangan.

Elo tentu juga akan mendapat kelas praktikum di dalam mata kuliah ini. Jadi, elo bisa segera mengaplikasikan materi dan konsep yang udah elo pelajari ke dalam skenario perancangan proyek industri.

Baca juga:

Jurusan Teknik Pertambangan: Mata Kuliah, Info Universitas, dan Prospek Karir

Universitas yang Memiliki Jurusan Teknik Industri

Ada berbagai universitas di Indonesia yang punya jurusan teknik industri. Kita cek beberapa universitas ini, yuk!

universitas yang memiliki jurusan teknik industri

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Industri

Sobat Zenius, setelah lulus dari jurusan teknik industri ada banyak pekerjaan yang menanti elo. Apa aja? Yuk, kita lihat beberapa prospek kerja dari lulusan teknik industri.

prospek karir lulusan jurusan teknik industri

Manajer Operasional

Lulusan dari jurusan teknik industri bisa bekerja sebagai manajer operasional industri. Manajer operasional bertanggung jawab untuk mengendalikan kegiatan operasional di suatu industri atau perusahaan.

Kalau elo bekerja sebagai manajer operasional, elo harus bisa memastikan proses produksi berjalan dengan efisien, produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas, dan semua sumber daya dikelola dengan optimal.

Quality Controller

Quality controller adalah orang yang bertugas memastikan kualitas produk sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Nah, semasa kuliah elo udah belajar tentang perancangan sistem industri, kan? Dengan pengetahuan itu, elo bisa menjaga atau bahkan meningkatkan standar kualitas produk dengan menerapkan perubahan pada sistem operasional industri.

Supply Chain Manager

Supply chain manager atau manajer rantai pasok bertugas untuk mengelola seluruh rantai pasok perusahaan mulai dari pengadaan bahan baku, pengolahan produk, hingga distribusi produk akhir.

Nah, kalau elo mau bekerja di bidang manajemen supply chain, elo harus belajar merancang dan mengelola sistem supaya semua arus materi berjalan dengan efisien. Selain itu, elo juga harus bisa membuat keputusan yang strategis supaya alur pekerjaan berjalan optimal.

Baca juga:

Info Lengkap Perkuliahan di FTSL ITB

Data Analyst

Prospek karir berikutnya untuk lulusan jurusan teknik industri adalah data analyst. Nah, kalau elo ingin menekuni bidang ini, tentu elo harus punya kemampuan analisis data yang mumpuni, sehingga pengambilan keputusan elo bisa tepat.

Karena elo akan menganalisis data operasional perusahaan, maka pemahaman mendalam tentang sistem terintegrasi penting banget. Oh iya, di era yang serba data ini, role pekerjaan ini diperlukan bangat supaya perusahaan bisa ngebuat keputusan yang cerdik.

Apa Ini Jurusan yang Tepat untuk Elo?

Sobat Zenius, gimana pendapat elo setelah baca penjelasan tentang jurusan teknik industri? Apa elo jadi semakin yakin untuk mengejar mimpi elo menjadi mahasiswa jurusan teknik industri? Atau elo justru makin bingung karena ada banyak pilihan jurusan yang belum elo explore?

Nggak masalah, Sobat Zenius! Zenius akan terus membantu elo sampe elo punya tujuan. Elo bisa cari tau dan explore berbagai jurusan kuliah dengan Kampus 101 dari Zenius.

Klik banner di bawah ini untuk download Kampus 101 gratis!

download kampus 101 zenius
Bagikan Artikel Ini!