Belajar
ZeniusLand
Guru
Profesional

Panduan Persiapan UTBK Terlengkap!

Informasi Umum UTBK SBMPTN

Apa itu UTBK?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil nilai UTBK akan digunakan untuk seleksi SBMPTN. Jadi, bisa dikatakan bahwa UTBK adalah nama ujiannya sedangkan SBMPTN adalah nama jalur seleksinya.

Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri di PTN maupun PTS, lho. Merujuk pada UTBK SBMPTN 2021, beberapa PTN dan PTS ternama bahkan membuka seleksi mandiri tanpa tes, alias cukup menggunakan nilai UTBK saja.

Syarat Pendaftaran UTBK

Meskipun syarat pendaftaran UTBK 2022 secara resmi belum diumumkan oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), kita bisa merujuk pada syarat pendaftaran UTBK 2021 agar bisa lebih dulu mempersiapkan segala persyaratan, berikut ini beberapa ketentuan untuk melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN:

  1. Memiliki Akun LTMPT dan sudah permanen sebelum penutupan registrasi akun.

  2. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).

  3. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020

  4. Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2019, 2020, dan 2021.

  5. Peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

  6. Membayar biaya UTBK

    • Rp200.000,- untuk kelompok ujian Saintek/Soshum, Rp300.000,- untuk kelompok ujian Campuran.
    • Calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

Alur Pelaksanaan UTBK

Cara Daftar UTBK

Pelaksanaan UTBK 2022 akan segera dibuka. Namun, sebelum mendaftar nanti, ada baiknya kamu mengetahui informasi mengenai cara daftar SBMPTN secara jelas dan lengkap. Zenius sudah merangkum langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat pendaftaran UTBK, sebagai berikut:

  1. Login ke https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT
  2. Lengkapi biodata atau data diri yang diminta
  3. Pilih Program Studi yang diinginkan
  4. Unggah portofolio, untuk yang memilih prodi seni & olahraga
  5. Pilih pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer sebagai lokasi tes
  6. Konfirmasi data di Kartu Peserta kamu
  7. Unduh dan cetak Kartu Peserta

Kelompok Ujian UTBK

Setelah melakukan pendaftaran UTBK, selanjutnya kamu perlu mengetahui jenis soal UTBK dan kelompok ujian UTBK. Ada tiga jenis tes yang akan kamu hadapi di UTBK, antara lain:

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek
  3. Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum

Nah, kamu bakal ambil ujian yang mana bergantung dari pilihan program studi kamu, yang kemudian dibagi dalam 3 kelompok ujian UTBK.

Kelompok Ujian Saintek (untuk yang ambil semua pilihan prodi Saintek)

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek

Kelompok Ujian Soshum (untuk yang ambil semua pilihan prodi Soshum)

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum

Kelompok Ujian Campuran (IPC) (untuk yang ambil semua pilihan prodi Saintek & Soshum)

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek
  3. Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum

Jadwal UTBK

Merujuk pada pelaksanaan UTBK tahun 2021, jadwal UTBK SBMPTN akan dibagi menjadi 2 gelombang dan setiap peserta hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti ujian ini. Meskipun jadwal UTBK 2022 belum diumumkan secara resmi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada baiknya kamu mengetahui jadwal UTBK SBMPTN di tahun sebelumnya sebagai gambaran pelaksanaan UTBK SBMPTN. Lihat informasinya di bawah ini:

WaktuKegiatan
7 Februari - 12 Maret 2021Registrasi akun LTMPT
15 Maret - 1 April 2021Pendaftaran UTBK - SBMPTN 2021
12 - 18 April 2021Pelaksanaan UTBK Gelombang I
26 April - 2 Mei 2021Pelaksanaan UTBK Gelombang II
14 Juni pukul 15:00Pengumuman UTBK 2021

Terkait jadwal UTBK SBMPTN dan lokasi ujiannya, bisa kamu pilih saat melakukan pendaftaran UTBK. Merujuk pada pelaksanaan UTBK 2021, setiap harinya akan diadakan dua sesi pelaksanaan UTBK yaitu pada sesi pagi dan siang. Lokasi pelaksanaan UTBK tersebar di seluruh Indonesia, tepatnya di 74 pusat pelaksanaan UTBK. Sebelum melakukan pendaftaran UTBK jangan lupa pertimbangkan sesi UTBK yang akan kamu pilih (mau sesi pagi atau malam). Terus, jangan lupa lakukan survey lokasi ujian, usahakan memilih lokasi yang dekat dan mudah dijangkau, agar tidak terlalu membuang-buang waktu dan energimu di jalan sehingga kamu lebih fokus pada pelaksanaan UTBK saja.

Alur Pelaksanaan Ujian UTBK

Setelah mengetahui jadwal UTBK SBMPTN, kamu juga harus mengetahui alur pelaksanaan UTBK. Dengan memahami alur pelaksanaannya, maka kamu bisa menyusun strategi yang lebih efektif dalam menghadapi UTBK 2022. Strategi tersebut bisa kamu gunakan dalam memaksimalkan waktu pengerjaan soal UTBK yang disajikan. Tim Zenius juga telah merangkum alur pelaksanaan UTBK yang merujuk pada pelaksanaan UTBK 2021 yang lalu, sebagai berikut:

WaktuKegiatan
06.45 – 06.50 WIBPeserta memasuki ruangan
06.50 – 07.10 WIBPemeriksaan identitas/dokumen
07.10 – 07.15 WIB Latihan
07.15 – 09.00 WIBTes Potensi Skolastik (TPS)
09.00 – 10.30 WIBTes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek
10.30 – 11.30 WIBIstirahat
11.30 – 11.35 WIBPeserta memasuki ruangan
11.35 – 11.55 WIBPemeriksaan identitas/dokumen
11.55 – 13.25 WIB Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum

Materi UTBK

Berikut ini penjelasan materi, jumlah soal UTBK, dan alokasi waktu pengerjaan per materi.

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diujikan di pelaksanaan UTBK bukanlah materi pelajaran sekolah yang biasa kamu temui di SMA. Tes Potensi Skolastik UTBK adalah kemampuan dasar atau basic skill yang sebenarnya sudah mulai diasah sejak kita duduk di sekolah dasar (SD). Meski kelihatannya basic, jenis soal yang satu ini akan sulit dijawab kalau kamu tidak pernah melatih kemampuan dasarmu atau istilah pendidikannya adalah kemampuan kognitif. Berikut adalah contoh materi TPS UTBK yang sering keluar, antara lain:
KelompokMateriJumlah SoalAlokasi Waktu per KomponenAlokasi Waktu per Soal
20 soal:
2 bacaan diikuti 14 soal dan 6 soal penalaran numerik
35 menit
1,75 menit
20 soal
25 menit
1,75 menit
20 soal: 3 bacaan Indonesia dengan 12 soal, dan 2 bacaan Bahasa Inggris dengan 8 soal
25 menit
1,75 menit
20 soal:
3 bacaan diikuti oleh 20 soal
35 menit
1,75 menit
TOTAL
80 soal
120 menit
Berikut ini penjelasan materi UTBK Soshum khusus jenis soal Tes Potensi Akademik Soshum (TKA Soshum), lengkap dengan jumlah soal dan alokasi waktu pengerjaan per materi:
Mata PelajaranJumlah SoalAlokasi Waktu per KomponenAlokasi Waktu per Soal
Sejarah Ekonomi2
18 menit
54 detik
20
18 menit
54 detik
20
18 menit
54 detik
20
18 menit
54 detik
20
18 menit
54 detik
TOTAL
80 soal
90 menit
Berikut ini penjelasan materi UTBK Saintek khusus jenis soal Tes Potensi Akademik Saintek (TKA Saintek), lengkap dengan jumlah soal dan alokasi waktu pengerjaan per materi:
Mata PelajaranJumlah SoalAlokasi Waktu per KomponenAlokasi Waktu per Soal
20
22,5 menit
1,125 menit
20
22,5 menit
1,125 menit
20
22,5 menit
1,125 menit
20
22,5 menit
1,125 menit
TOTAL
80 soal
90 menit

Penerimaan UTBK

Sistem Penilaian UTBK

Informasi mengenai sistem nilai UTBK sangat penting untuk kamu ketahui. Karena penilaian UTBK diambil menggunakan berdasarkan IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). IRT adalah sistem yang menggunakan konsep bobot nilai yang berbeda-beda pada tiap soalnya. Bobot nilai ini hanya bisa diketahui setelah semua peserta menyelesaikan UTBK SBMPTN mereka. Sistem penilaian UTBK yang menggunakan sistem IRT ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

  1. Semua jawaban yang benar diberikan skor 1 poin, sedangkan untuk soal yang tidak dijawab diberikan skor 0.

  2. Tiap soal akan diberikan bobot. Soal yang banyak dijawab benar (mudah) dikasih bobot kecil, soal yang sedikit dijawab benar (sulit) dikasih bobot gede.

  3. Bobot yang ditentukan di tahap kedua tadi kemudian dikalikan ke jawaban tiap peserta untuk dapetin total peserta. Peserta yang banyak jawab benar soal “mudah” bisa saja dapat skor lebih rendah dengan peserta yang sedikit jawab soal “sulit”.

Skor UTBK akan berupa ratusan, mulai dari 300-an sampai 900-an lebih. artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa dijawab, maka semakin besar skor UTBK yang akan kamu didapatkan.

Persentase Kelulusan UTBK Skala Nasional

Bisa dilihat dari grafik di bawah, tingkat kelulusan UTBK SBMPTN tidak lebih dari 25%. Artinya, dari tiap 100 orang pendaftar, hanya 25 orang yang dinyatakan lolos UTBK.

Data di atas hanya menunjukkan tingkat kelulusan semua prodi. Tiap prodi sebenernya punya tingkat kelulusannya masing-masing. Ada prodi yang ketat banget, seperti Kedokteran UI, yang tingkat kelulusannya bisa hanya 1% saja.

Tips Belajar UTBK 2022

Untuk memaksimalkan peluang lolos UTBK 2022, kamu bisa mengikuti 7 langkah strategis untuk belajar UTBK Apa saja strategi yang bisa kamu lakukan?

<b> STEP 1: Coba kerjain soal UTBK tahun lalu</b>

STEP 1: Coba kerjain soal UTBK tahun lalu

Kenapa langkah pertama langsung ngerjain soal? Simply for testing the waters! Maksudnya supaya kamu tau dulu tingkat kesulitan soal-soal UTBK itu kayak gimana dan kamu juga jadi bisa kira-kira udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) kamu sampai dengan saat ini. Coba deh kamu kerjain soal-soal UTBK TPS tahun-tahun lalu aja:
<b> STEP 2: Evaluasi kesiapan</b>

STEP 2: Evaluasi kesiapan

Setelah kamu coba ngerjain satu set kumpulan soal TPS UTBK, pastinya kamu udah bisa kebayang kira-kira soal macam apa akan kamu hadapi. Harapannya, kamu jadi tahu seberapa siap atau ga siapnya kamu buat ngerjain UTBK? Eh tapi kalau ternyata pas kamu coba bisa ngerjain lancar, jangan kepedean dulu ya. Itu baru TPS, belum soal Saintek/Soshum. Apalagi soal UTBK itu buanyak banget jebakannya!
<b>STEP 3: Elaborasi materi UTBK</b>

STEP 3: Elaborasi materi UTBK

Setelah kamu evaluasi kesiapan/ketidaksiapan kamu, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang perlu kamu pelajari. Artinya, kamu coba kupas tuntas sebenernya bahan materi UTBK itu sebanyak apa sih?
Naah.. buat kamu yang udah biasa akses dan belajar pake zenius, kamu beruntung buanget karena zenius udah memuat seluruh materi yang bener-bener perlu kamu pelajari buat bener-bener fokus tembus SBMPTN:
Nah, dari link di atas, udah kelihatan ya kalau materi UTBK itu buanyak banget. Habisin materi TPS aja bisa butuh waktu 3 bulan, belum materi Saintek/Soshum.
<b> STEP 4: Buat jadwal review materi</b>

STEP 4: Buat jadwal review materi

Langkah berikutnya setelah kamu ngejabarin semua bahan materi yang perlu kamu lakukan adalah : BUAT JADWAL BELAJAR ! Aduh tapi gimana ya bikin jadwal buat belajar UTBK? Tenang, langsung aja baca artikel ini: Tips Membuat Jadwal Belajar UTBK SBMPTN yang Efektif
<b> STEP 5: Review materi </b>

STEP 5: Review materi

Tips belajar UTBK 2022 selanjutnya adalah belajar menggunakan metode DELIBERATE PRACTICE! Apa itu? Belajar UTBK dengan sistem Deliberate Practice analoginya seperti pemain sepakbola. Jadi, sebelum jago bermain sepakbola, si pemain telah lebih dulu konsisten untuk menjaga stamina, mengasah kemampuan drilling, passing dan goalling.
Setelah benar-benar siap, baru deh mencoba kemampuannya di lapangan. Hal ini juga berlaku untuk menghadapi UTBK 2022, lho. Jadi, untuk mendalami materi UTBK, akan lebih efektif jika kamu berfokus pada satu jenis soal untuk setiap topik dari awal sampai akhir. Misalnya kamu fokus latihan soal UTBK Saintek/Soshum dulu. Kalau sudah mantap, kamu bisa lanjutin soal campuran yang lebih sulit.
Nah, kalau kamu ngerasa overwhelmed dengan banyaknya materi UTBK dan bingung mau mulai dari mana, Zenius juga udah nyiapin tips belajar UTBK berdasarkan unit pemahaman. Materi ini sudah diurutkan dari yang levelnya dasar banget sampai yang paling sulit. Jadi, kamu tinggal ngikutin deh alur materi UTBK yang sudah Zenius rangkum ini. Walhasil, tanpa sadar kamu sudah nerapin cara belajar deliberate practice. Ini dia urutan materinya:
<b> STEP 6: Try Out UTBK</b>

STEP 6: Try Out UTBK

Setelah kamu merasa sudah menguasai banyak materi UTBK. Selanjutnya kamu boleh mencoba simulasi UTBK yang konsepnya sama persis dengan UTBK SBMPTN. Karena latihan soal aja nggak cukup, kamu perlu simulasi ujian yang sebenarnya. Cara ini berguna buat melatih mental dan kesiapan saat menghadapi soal-soal UTBK.
Kamu bisa ikutan tryout UTBK di Zenius buat matengin persiapan UTBK kamu. Try out UTBK online Zenius dirancang sesuai program bimbel intensif SBMPTN, dengan tingkat kemiripan yang tingggi dengan kondisi UTBK aslinya. Dari sistem penilaian misalnya try out online UTBK Zenius telah menggunakan sistem IRT dan alokasi waktu pengerjaan yang sama persis seperti aslinya. Keren kan?
<b> STEP 7: Evaluasi kelemahan </b>

STEP 7: Evaluasi kelemahan

Nah setelah kamu try out ulang, baru kamu evaluasi lagi deh hasilnya. Kalo kamu coba try out di Zenius App, kamu tinggal nonton video pembahasan soalnya. Abis kamu tonton seluruh video pembahasannya, cermati juga skor kamu.
Dari situ, kamu bisa coba identifikasi sekali lagi dimana titik kelemahan kamu yang bikin skor kamu jatuh. Dengan kamu mengetahui di mana kelemahan kamu, dari situ kamu coba balik lagi deh ke step 5 dengan review kembali materi tersebut dan latihan variasi soal terus-terusan sampai kamu membuat kelemahan kamu jadi insignifikan.

Gimana Zenius Bisa Bantu Persiapan UTBK?

Nah, agar persiapan UTBK 2022 makin matang, sebagai penyedia bimbel online SBMPTN, Zenius punya berbagai fitur yang sangat bisa kamu manfaatin buat meningkatkan peluang lolos PTN impian. Ini dia fitur-fitur keren Zenius yang bisa kamu dapatkan:

<a href="https://www.zenius.net/zencore/">ZenCore</a>

ZenCore

Pernah ga sih kamu ngerasa nge-blank atau ga nyambung sama satu materi, padahal kamu udah coba belajar materi itu berulang-ulang selama berjam-jam? Tenang, itu bukan berarti kapasitas kamu kurang ya. Tapi mungkin nih, itu tandanya banyak konsep sebelum materi itu yang belum kamu pahami. Contohnya, sulit bisa ngerti integral, kalau konsep turunan aja belum paham. Gimana mau ngerti turunan, kalau aljabar aja belum fasih. Boro-boro ngerti aljabar, kalau konsep perpangkatan aja belum ngerti. Begitu seterusnya.
Nah, Zenius punya fitur spesial untuk bantu kamu nambal kebolongan konsep-konsep fundamental, yaitu ZenCore. Kemampuan fundamental yang kuat penting banget buat bisa jawab soal UTBK yang membutuhkan logika solid. Tambah lagi, fundamental yang kuat juga bantu kamu lebih efektif dan efisien belajar materi-materi UTBK yang lebih sulit.
ZenCore juga dilengkapi dengan sistem yang adaptif menyesuaikan kemampuan kamu. Kalau kamu banyak bolongnya, ZenCore akan menyesuaikan biar kamu bisa nambal dari 0. Begitu juga sebaliknya, kalau kamu udah lumayan jago, ZenCore bakal kasih kamu soal yang lebih menantang.
<a href="/utbk/">Video Materi dan Latihan Soal</a>

Video Materi dan Latihan Soal

Sejak 2004, Zenius udah membangun ratusan ribu video pembelajaran UTBK yang fokus pada pemahaman mendalam. Level soal UTBK beda jauh dengan level soal ulangan sekolah. Untuk bisa menjawab soal UTBK, kamu perlu nalar yang kuat dan pemahaman terintegrasi. Ga cukup dengan menghafal, apalagi sistem kebut semalam. Di tiap video belajar Zenius, para tutor berusaha menjelaskan asal-usul dari suatu rumus/definisi biar kamu beneran ngerti dan keasah nalarnya.
Kamu bisa pilih playlist UTBK - Subject Based kalau udah punya rencana belajar sendiri dan pengen ada fleksibilitas urutan belajar materi. Atau bisa pilih playlist UTBK - Unit Based, kalau kamu pengen dituntun belajarnya dengan ngikutin alur unit materi yang udah disusun tim Zenius.
Selain video materi, ada juga puluhan ribu latihan soal UTBK beserta video penjelasannya, yang udah kita kumpulin di fitur Deprak UTBK. Kamu bisa akses di Zenius App ya.
<a href="https://www.zenius.net/fitur/live-class/">Live Class</a>

Live Class

Kalau lewat video materi, kamu bisa belajar mandiri buat memahami materi dasarnya, kamu bisa dapetin pengalaman belajar interaktif langsung bareng tutor dengan fitur Live Class Zenius. Kamu bisa mantepin pemahaman materi dengan insight keren dari tutor-tutor andalan Zenius. Beda dengan penyampaian materi video belajar yang satu arah, Live Class menghadirkan tutor untuk berinteraksi langsung dengan kamu. Kalau kamu punya pertanyaan, tutor bisa jawab dan langsung coaching kamu di sesi Live Class. Pembawaan tutor Zenius juga santai banget, jadi kamu bisa lebih rileks belajarnya. Ada teman-teman seperjuangan yang ikut Live Class bareng, jadi berasa lebih semangat persiapan UTBK-nya.
<a href="https://www.zenius.net/tryouts/">Try Out UTBK</a>

Try Out UTBK

Lewat fitur Try Out UTBK dari Zenius, kamu bisa mencoba simulasi UTBK yang sesuai dengan kondisi ujian sebenarnya. Fitur try out online Zenius dirancang sebagai program bimbel intensif SBMPTN, yang bisa kamu manfaatin buat meningkatkan peluang lolos PTN impian. Fitur Try Out Zenius menggunakan sistem penilaian IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). Melalui sistem ini, kamu bisa langsung membanginkan hasil try out kamu dengan peserta tryout lain.
Nggak cuma itu, pemeringkatan hasil try out Zenius sudah menggunakan sistem persentil. Misalnya, ada 1.000 orang ikutan try out Zenius. Hasil tryout 1.000 orang tadi akan diurutkan jadi 100 urutan. Kalau kamu dapat angka persentil 70, berarti kamu udah ngunggulin 70 persen peserta try out lain.
Nah, hasil nilai try out UTBK itu, bisa kamu gunakan buat akses Rasionalisasi Jurusan, lho. Sehingga, kamu bisa memprediksi seberapa besar peluang buat lolos UTBK SBMPTN dan masuk jurusan impian. Keren kan?

Kata Mereka yang Pernah Belajar Bareng Zenius

Picture of the author

Matthew Hoser Panggabean

Kedokteran Gigi - Universitas Indonesia

Matthew Hoser Panggabean

Terima kasih Zenius karena telah membuat orang biasa seperti saya masuk UI. Terima kasih para tutor yang telah mengubah 180 derajat pandanganku terhadap sains. Fitur live class sangat membantu saya dalam belajar karena terasa seperti sedang belajar di kelas yang asli.

Siapkan UTBK Bareng Zenius dari Sekarang!

Belajar Sekarang

ios
android
huawei