Jurusan Teknik Pertambangan: Kampus Unggulan Hingga Prospek Kerja

Jurusan Teknik Pertambangan: Kampus Hingga Prospek Kerja

Jurusan Teknik Pertambangan masih menjadi salah satu  jurusan kuliah yang paling diminati. Nggak heran deh, karena manusia memang membutuhkan hasil tambang setiap harinya.

Sebagai gambaran, di salah satu kampus ternama, Institut Teknologi Bandung, pendaftaran SBMPTN 2020 untuk jurusan ini mencapai angka 1.813 orang dengan kuota hanya 121 kursi. Itu artinya, hanya  6,67% pendaftar yang diterima menjadi mahasiswa jurusan tersebut.

Lulusan Teknik Pertambangan juga akan dianggap keren oleh masyarakat. Kenapa ya kira-kira? Jawabannya adalah besarnya gaji yang bisa didapatkan. Psst, perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia sekarang, masih berasal dari perusahaan tambang lho! Luar biasa…

Hm, tapi kita pantas curiga. Gaji besar biasanya sebanding dengan perjuangan di masa kuliah dan juga risiko pekerjaannya. Benarkah begitu? Untuk tahu jawabannya, simak artikel di bawah ini ya! Gue akan bahas kuliah pertambangan mulai dari pengertiannya, kampus andalan, mata kuliah, sampai prospek kerjanya. Are you ready? Let’s go!

Pengertian Jurusan Teknik Pertambangan

Kita patut bersyukur karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa banyak. Itulah sebabnya, jurusan kuliah di bidang pertambangan nggak perlu khawatir kehabisan pekerjaan di masa depan. 

Jurusan Teknik pertambangan adalah cabang ilmu teknik yang berfokus pada eksplorasi dan penambangan sumber daya mineral seperti emas, perak, dan besi, batu bara,  nikel, dan lain sebagainya. 

Jurusan Teknik Pertambangan atau Mining Engineering merupakan disiplin ilmu yang mempelajari proses penambangan dimulai dari kegiatan penyelidikan (prospeksi), eksplorasi (pencarian), pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang.

Nggak cuma itu sob, belajar tentang teknik penambangan itu bertujuan untuk memastikan bahwa penambangan dilakukan secara efisien dan aman dengan menjaga keberlanjutan dan meminimalisir dampak lingkungan. Jadi nggak nambang asal-asalan ya sob. 

Jurusan Teknik Pertambangan Cocok untuk Siapa?

Sebelum lebih lanjut, nih, gue kasih tahu. Jurusan Teknik Pertambangan cocok banget buat elo yang cinta mati dengan jurusan MAFIA, alias matematika, fisika, dan kimia. Selama dua semester, elo akan mendapatkan pelajaran MAFIA, sob! Asik banget kan?

Suka dengan MAFIA aja nggak cukup ya sob. Elo juga harus memiliki kemampuan melakukan observasi, analisis, dan juga kemampuan meneliti. Selain itu, elo juga harus mampu berpikir secara terstruktur, dan juga paham dengan geologi.

Jadi, kalau ada pertanyaan apakah teknik penambangan itu sulit? Hm, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya dulu kali ya?

Mata Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan

Pertambangan akan berhubungan langsung dengan kondisi tanah dan lain-lain. Itulah sebabnya, di Jurusan Teknik Pertambangan, elo akan belajar juga tentang geologi dan turunannya seperti mineralogi dan genesa bahan galian, kristalografi, dan juga pengetahuan kuantifikasi bahan galian.

Ketika mengambil jurusan ini, di awal semester, elo akan mendapatkan mata kuliah MAFIA dasar. Hehe, maksudnya Matematika, Fisika Dasar, dan juga Kimia Dasar. Elo juga akan belajar tentang Pengantar Sumberdaya Mineral dan Energi. 

Mata kuliah Geologi Fisik, Kristal dan Mineral, Sistem Penambangan, dan Mekanika Fluida akan dipelajari di semester tiga.

Itu tadi adalah contoh mata kuliah yang ditawarkan di Institut Teknologi Bandung (ITB) ya. Bisa jadi mata kuliahnya berbeda dengan kampus lainnya. 

Kampus dengan Jurusan Teknik Pertambangan

Kampus yang punya Jurusan Teknik Pertambangan itu banyak banget kok sob! Berikut ini adalah kampus unggulan dengan Jurusan Teknik Pertambangan.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Teknik Pertambangan di ITB telah terakreditasi A lho. Jursan ini masuk dalam Fakultas Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Program studi ITB terbagi dua menjadi Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum. Elo bisa pilih salah satu dari keduanya. Tambang Eksplorasi menekankan pengetahuan pada eksplorasi sumber daya bumi, sedangkan Tambang Umum lebih menitikberatkan ke teknisi pertambangan atau ekskavasi mineral batubara.

2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN)

Jurusan teknik pertambangan di UPN termasuk ke dalam Fakultas Teknologi Mineral (FTM) bersama 6 jurusan lainnya, yakni Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Lingkungan, Teknik Metalurgi, dan Teknik Geomatika. 

3. Universitas Trisakti Jakarta

Teknik Pertambangan juga ada di Jakarta kok, tepatnya di Universitas Trisakti Jakarta. Jurusan ini telah terakreditasi B dan bisa jadi pilihan elo. 

Selain itu masih ada perguruan tinggi lain kok. Untuk kampus negeri masih ada Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Universitas Hasannudin (Unhas) Makassar, dan Universitas Palangkaraya (UPR). Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta, elo bisa mencoba ke Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Universitas Pertamina yang nggak kalah kerennya.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Setelah lulus dari Jurusan Teknik Pertambangan, elo bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, bekerja di instansi pemerintah. Tenang aja, beberapa universitas yang gue sebutkan tadi sudah bekerjasama dengan beberapa instansi pertambangan kok. Jadi nggak perlu takut nganggur deh.

Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa elo pilih setelah lulus dari Teknik Pertambangan:

Bekerja di Perusahaan Swasta maupun BUMN

Elo bisa menjadi inspektur, analis eksplorasi dan eksploitasi, analis pengembangan infrastruktur, serta analis ketenagalistrikan di perusahaan swasta  nasional, multinasional, maupun BUMN.

Beberapa perusahaan di bidang pertambangan batu bara yang terkenal adalah PT Adaro, PT Kaltim Prima Coal, dan PT Berau Coal. Sedangkan tambang tembaga atau emas ada PT Rio Tinto Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, dan lain-lain.

Di bidang perusahaan tambang timah ada PT Tambang Timah, tambang pasir besi ada PT. Aneka Tambang, dan tambang nikel ada PT. INCO. 

Ahli Pengeboran Bumi

Tugas Ahli Pengeboran Bumi adalah mengoperasikan berbagai jenis bor untuk mengakses air sub-permukaan dan deposito garam, hingga memfasilitasi bahan peledak jika dibutuhkan. Ahli Pengeboran Bumi juga bertugas untuk operator mesin penggali tanah. 

Bekerja di Industri Minyak dan Gas Bumi

Teknik Pertambangan berperan dalam eksplorasi migas. Sarjana Teknik Pertambangan bertugas untuk mencari sumber-sumber minyak dan gas bumi yang ada di bawah permukaan bumi. Selain itu, lulusan Teknik Pertambangan juga memiliki peran dalam “well monitoring”.

Beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang industri minyak dan gas bumi antara lain PT. Pertamina, Schlumberger, dan Chevron.

Instansi Pemerintahan

Buat elo yang pengen jadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil, elo nggak salah jurusan, sob. Lulusan Teknik Pertambangan bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan dan juga Perindustrian, dan lain sebagainya.

Itu tadi adalah artikel yang mengupas tuntas tentang Jurusan Teknik Pertambangan. Setelah membaca artikel ini, elo semakin semangat atau justru yakin bahwa ini bukan jurusan yang elo mau?

Kalau elo masih bingung pengen melanjutkan ke perguruan tinggi mana, elo bisa cek kuis di bawah ini. Tinggal klik kok!

Jurusan Teknik Pertambangan: Kampus Unggulan Hingga Prospek Kerja 9

Seperti yang udah gue tulis di atas bahwa jurusan ini membutuhkan orang yang suka dengan mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Geologi. Apakah elo sudah jago dengan semua mata pelajaran itu? Kalau belum, tenang aja sob. Elo bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

Pertama, elo harus lebih fokus belajar mata pelajaran yang akan dibutuhkan saat kuliah. Jika masih bingung, elo bisa coba bimbel online. Zenius bisa jadi pilihan elo!

Zenius punya banyak cara belajar yang sesuai dengan gaya elo. Zenius juga punya video pembelajaran yang memudahkan elo untuk belajar. Belajar yang penting-penting aja sob. Udah Zenius rangkumin nih di tiap materi pembelajaran. 

Jadi, tunggu apa lagi? Cek harga paket di bawah ini. Ngecek doang gratis kok. Cus!

SKU paket belajar


Referensi:

https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-pertambangan

https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php?ptn=332&prodi=3321026&jenis=0

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/27/21111321/mengenal-jurusan-kuliah-teknik-pertambangan-ini-prospek-kariernya?page=all

Intip 5 Kampus Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia (ilmutambang.com)

Bagikan Artikel Ini!