Ilustrasi Kuliah Teknik Sipil 1

Belajar Apa Sih di Jurusan Teknik Sipil?

Artikel ini membahas apa yang dipelajari di teknik sipil, prospek kerja, dan juga hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil jurusan Teknik Sipil.

Jurusan teknik sipil sering menjadi jurusan yang “disalahpahami”. Banyak banget yang mengira teknik sipil itu sama dengan arsitektur, tidak jarang juga teknik sipil dikira jadi tukang bangunan. Nope guys, semua persepsi itu salah.


Terus Jurusan Teknik Sipil belajar apa dong?

Kalau kalian lagi nge galau-in masa depan terkait jurusan yang akan kalian ambil, atau sekedar penasaran dengan “kebenaran” yang sebenarnya tentang jurusan Teknik Sipil, kalian bisa banget nih pantauin artikel ini, biar gak salah paham lagi, terlebih kalo kalian mau jelasin ke orang tua kalian mengenai jurusan ini.

Jurusan Teknik Sipil

ilustrasi praktik mahasiswa jurusan teknik sipil
sumber gambar: ThisisEngineering/Unsplash.com

Sesuai dengan namanya yang diawali dengan kata “Teknik”, Teknik Sipil merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses infrastruktur mulai dari merancang, membangun, dan merenovasi. Infrastruktur yang dimaksud gak cuma infrastruktur gedung-gedung tinggi tapi juga termasuk infrastruktur jembatan, jalanan, landasan pesawat terbang, bendungan, pelabuhan dan lainnya. Secara umum di teknik sipil kamu akan mempelajari bagaimana merancang infrastruktur yang kuat, layak, dan juga efisien. 

Jurusan ini mempelajari ilmu yang cukup luas dan beragam yang  semuanya berkaitan dengan infrastruktur pembangunan. Jika kamu merupakan orang yang suka menggunakan logika, lebih suka berhitung daripada menghafal, jurusan teknik sipil mungkin bisa menjadi masuk dalam daftar pilihan kalian untuk jurusan kuliah yang akan kalian pilih nanti. Fyi, presiden pertama kita, Ir. Soekarno juga merupakan lulusan teknik sipil lho!

Penjurusan atau cabang dari teknik sipil biasanya terbagi menjadi 5, yaitu:

1. Struktur atau Struktural

Cabang yang memperdalam mengenai bahan dan juga struktur untuk sebuah pembangunan, seperti baja, beton, kayu, dan lain-lain yang pastinya memiliki karakteristik masing-masing sehingga setiap bahan atau materialnya perlu dijadikan satu mata kuliah khusus. Semua lulusan teknik sipil pasti mempelajari karakteristik dasar bahan yang digunakan untuk struktur bangunan tapi, mahasiswa yang memilih cabang ilmu ini mempelajari lebih dalam lagi hal-hal tersebut. 

2. Geoteknik

Cabang yang memperdalam mengenai karakteristik dan struktur berbagai jenis tanah dan batuan yang akan menopang bangunan diatasnya. Sebelum dilakukan pembangunan di suatu lahan, merupakan tugas dari lulusan teknik sipil untuk mengecek kondisi tanah di lahan tersebut, apakah tanah tersebut layak dan mampu menopang beban dari bangunan yang akan dibangun. Gambaran mudahnya, coba bayangkan lebih mudah mana bagi kita berlari di atas aspal dengan berjalan di atas pasir? Pasti lebih mudah di atas aspal bukan? Karena aspal lebih padat dan juga lebih kuat menopang beban kita bahkan beban hidup kita dibanding pasir. 

3. Manajemen Konstruksi

Cabang yang memperdalam mengenai manajemen pembiayaan dan juga permasalahan dalam proyek konstruksi seperti penjadwalan, biaya proyek, dan hukum perizinan pelaksanaan pembangunan, sehingga progress pembangunan bisa berjalan tepat waktu. 

4. Hidrologi

Cabang yang memperdalam mengenai sifat dan karakteristik air, dari pendistribusian, pengendalian dan juga permasalahannya. Dalam cabang ilmu ini akan dipelajari mengenai menghitung curah hujan pada suatu daerah, debit air sungai, tekanan air, dan juga berbagai bangunan yang berhubungan langsung dengan air seperti waduk atau bendungan, pelabuhan, kanal, dan lain-lain. 

5. Transportasi

The last but not least, Transportasi merupakan cabang yang memperdalam mengenai perencanaan dan pelaksanaan sistem transportasi, seperti konstruksi perkerasan jalan raya, perkerasan landasan pesawat, pembangunan jalan tol, konstruksi bandar udara, stasiun, terminal dan lain-lain. Tidak hanya itu ilmu ini mempelajari mengenai manajemen lalu lintas, manajemen parkir, dan juga permasalahan berkaitan dengan transportasi. 

Gimana pembaca Zenius blog sekalian? Apakah setelah membaca penjurusan atau cabang-cabang dari teknik sipil diatas ada yang membuatmu tertarik?  Sebenarnya pembagian penjurusan dalam ilmu teknik sipil tergantung dengan perguruan tingginya, oleh karena itu jika kamu berniat mengambil jurusan teknik sipil, akan lebih baik kalian menanyakan terlebih dahulu mengenai penjurusan atau cabang ilmu teknik sipil yang perguruan tinggimu sediakan.

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur

Setelah mengenal mengenai jurusan Teknik Sipil dan juga cabang jurusannya, apakah kalian sudah tahu bedanya Teknik Sipil dan Arsitektur? Gapapa kalo kalian masih belum yakin, nih biar lebih yakin kita jabarkan perbedaan mendasar Teknik Sipil sama Arsitektur. 

Belajar Apa Sih di Jurusan Teknik Sipil? 9

Pada dasarnya Arsitektur merupakan ilmu yang merancang secara keseluruhan suatu bangunan termasuk dengan warna, tekstur, motif, bentuk, dan fungsi bangunan. Seorang arsitek lebih berfokus pada nilai estetika yang tidak terbatas, jadi jika kamu melihat sebuah bangunan yang “unik” bentuknya, bangunan itu di desain oleh seorang arsitektur, namun sosok yang mewujudkan bangunan “unik” tersebut menjadi bangunan nyata, adalah seorang lulusan teknik sipil, karena orang teknik sipil yang menghitung dan memastikan struktur tersebut mampu berdiri kokoh. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil

ilustrasi kuliah mahasiswa jurusan teknik sipil
sumber gambar: ThisisEngineering/unsplash.com

Setelah mengetahui kebenaran mengenai teknik sipil yang sebenarnya, kalian penasaran gak sih, gimana caranya seorang lulusan teknik sipil bisa ngitung bangunan-bangunan, tinggi atau unik, atau bagaimana mereka bisa menghitung struktur jembatan yang panjang banget, atau bagaimana mereka bisa menghitung struktur jalan tol layang dan sebagainya.

Pada dasarnya orang yang kuliah jurusan teknik sipil akan diminta untuk memahami konsep dasar fisika dan juga matematika, namun secara spesifik akan mendapatkan mata kuliah seperti Mekanika Teknik (Statika, Mekanika Bahan, Analisa Struktur, dll), Kalkulus, Konstruksi Beton, Baja, Kayu, Mekanika Tanah, Teknik Pondasi, Perkerasan Jalan, Hidrologi, Hidrolika, Manajemen Konstruksi, Dinamika Struktur, Ilmu Ukur Tanah. 

Selain itu teknik sipil juga akan mempelajari sedikit mengenai pemrograman komputer, dan juga beberapa program lainnya seperti autoCAD, ETABS, GRASP, dan lain-lain. Jika kamu mengira teknik sipil itu kebanyakan hitungan, itu benar. 

Kenyataannya memang hampir semua mata kuliah dalam teknik sipil berhubungan dengan hitungan, termasuk dalam praktikum pun kamu akan membuat laporan perhitunganmu berdasarkan praktikum yang kamu kerjakan. Namun keuntungannya, masuk jurusan teknik sipil kamu akan jarang menghafal, mungkin ada beberapa mata kuliah yang perlu menghafal, namun tidak banyak. Selain itu, karena ini mata kuliah yang mengandalkan logika, maka jika kamu paham konsepnya, dan sering latihan soal, maka soal diubah seperti apa pun kamu tetap akan mampu mengerjakannya, karena kamu sudah paham konsepnya. 

Apakah Masuk Jurusan Teknik Sipil Harus Bisa Gambar?

Meskipun pada semester awal biasanya mahasiswa akan diwajibkan mengikuti mata kuliah Gambar Teknik yang mengharuskan kalian untuk menggambar manual alias menggunakan tangan, namun secara keseluruhan selama kuliah fokus kalian bukan pada menggambar, namun menghitung, dan merancang bangunan sehingga skill bisa menggambar tidak terlalu akan digunakan pada jurusan teknik sipil, namun tetap diperlukan ketelitian dan kerapihan untuk menggambar gambar teknik.

Gambar teknik sendiri tidak memerlukan imajinasi ataupun kreatifitas, namun yang kalian gambar adalah hasil hitungan infrastuktur kalian, seperti besaran kolom dan jumlah tulangan yang kalian gunakan, atau jenis batuan atau material yang kalian design untuk kalian gunakan sebagai pondasi misalnya. Tidak seperti arsitektur dan design interior  yang mementingkan aspek estetika dan keindahan, Teknik sipil menilai sebuah design atau gambar teknik dari apakah design  infrastruktur ini masuk akal dari aspek struktur dan bangunan. Ketelitian dan kerapihan kalian dalam gambar teknik akan mempermudah kalian tidak mengulang-ngulang gambar yang sama, memudahkan untuk dimengerti, dan juga tentunya lebih enak dipandang bukan kalo rapi? dan lagi setelah melewati berbagai fase di semester awal, nantinya kalian akan lebih sering menggunakan autoCAD sehingga akan sangat mempermudah kalian dalam menggambar dan juga lebih praktis.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil

Pasti kalian cukup seringkan melewati lahan yang sedang dibangun pembangunan jalan tol atau jembatan, ketika berpergian. Indonesia sendiri sebenarnya termasuk negara yang cukup gencar dalam pembangunan, oleh karena itu prospek kerja teknik sipil sendiri bisa dibilang cukup luas, berikut beberapa prospek kerja untuk jurusan teknik sipil.

Manajer Konstruksi

Untuk para Zenius Fellow yang memiliki jiwa pemimpin yang tinggi, kalian akan cocok dengan pekerjaan ini. Tugas seorang manajer Konstruksi umumnya memimpin dan memberikan arahan pada suatu proyek konstruksi. 

Surveyor

Umumnya tugas seorang surveyor adalah untuk memastikan segala proses pembangunan proyek tidak melanggar hukum, termasuk bertanggung jawab mengurus dokumen perizinan suatu pembangunan. 

Project Manager

Project Manager merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati lulusan teknik sipil, tugas dari seorang project manager adalah memimpin dan bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan proses pembangunan. Termasuk mengatur anggaran atau budget agar sesuai dan juga proyek dapat selesai tepat waktu. 

Drafter

Umumnya tugas seorang drafter adalah membuat gambar atau sketsa infrastruktur suatu bangunan. Pekerjaan ini akan sangat memerlukan skill autoCAD. 

Quality Control

Seorang Quality Control bertugas mengawasi seluruh aspek pengerjaan proyek termasuk memeriksa material bangunan yang digunakan dan berhak memberikan surat teguran terhadap kontraktor atau project manager apabila adanya kecurangan. 

Konsultan Perencana

Sesuai dengan namanya, seorang konsultan perencana bertugas untuk merencanakan strategi dalam pelaksanaan konstruksi. Konsultan perencana juga biasanya banyak berkomunikasi dan berinteraksi dengan pihak kontraktor untuk mendiskusikan perhitungan struktur dan juga keadaan lapangan. 

Site Manager

Seorang site manager  bertanggung jawab atas perancangan dalam bidang teknis dan operasional pengendalian proyek seperti mengadakan pengarahan dan bimbingan terhadap team lapangan. 

Prospek kerja teknik sipil sendiri sebenarnya masih banyak yang lain, yang disebutkan diatas hanyalah beberapa prospek kerja yang paling umum dan paling sering dijumpai. Jika kalian gali lagi lebih dalam, kalian akan menemukan jenis pekerjaan lain yang berkaitan dengan jurusan teknik sipil.

Yang perlu dipertimbangkan sebelum masuk jurusan teknik sipil

Setelah berbagai informasi mengenai Teknik Sipil, apakah kalian tertarik atau bahkan tertantang masuk jurusan ini? Jika ya, maka selamat karena kamu telah menemukan titik terang atas kegalauan-mu setelah membaca artikel ini namun ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu pertimbangkan sebelum mengambil jurusan ini yaitu yakinkan dirimu kamu kuat pada hitungan, logic, teliti, dan merupakan tipe yang kritis, sehingga rasa penasaranmu bisa membantumu dalam memahami konsep yang dipelajari di jurusan ini. 

Kenapa kamu perlu kuat pada hitungan, logic, teliti, dan kritis? Karena selama kurang lebih 3,5 tahun dan bahkan lebih itulah yang akan kamu pelajari, segala sesuatu yang berhubungan dengan matematika hasilnya mutlak atau akan persis “segitu”, sehingga jika kamu tidak teliti hasil hitunganmu bisa salah. 

Selain itu, pembangunan yang gencar di seluruh indonesia memungkinkan kamu untuk kerja di berbagai daerah, dan mungkin mengharuskan kamu tinggal beberapa bulan atau tahun di suatu daerah sampai proyek tersebut selesai, jadi pastikan kamu siap untuk berpetualang ke berbagai daerah setelah lulus dari teknik sipil. Sekian beberapa informasi mengenai jurusan teknik sipil, semoga artikel ini membantu kalian lebih paham mengenai jurusan teknik sipil ya zenius fellow! Dan jika ada pertanyaan, atau ada yang mau kalian diskusikan, kalian boleh komen ya di bawah!

Teruntuk Para Wanita yang Mau Masuk Jurusan Teknik Sipil

Yang terakhir untuk para wanita yang sebenarnya mau atau terpanggil buat masuk teknik sipil, kalian gak perlu takut kalo isinya teknik sipil bakal cowo semua, karena dari pengalaman gw, yang gw liat karena efek dari agak langka nya cewe yang masuk sipil, kalian malah akan dilindungi dan dijagain guys, udah kayak turun-temurun juga mungkin kayak gini. Berteman sama pria juga gak kalah menyenangkan dan seru kok guys. Selain itu belakangan populasi cewek atau para wanita justru mulai agak meningkat nih, meskipun tetep didominasi para prianya, tapi udah gak dikit-dikit banget kayak dulu. 

Fyi nih guys, saat ini direktur konstruksi PT MRT Jakarta adalah lulusan teknik sipil, namanya Silvia Halim, kalian bisa search aja namanya, beliau merupakan salah satu sosok wanita inspiratif di Indonesia dan terpilih menjadi salah satu dari tiga belas “Woman of the Year dari majalah Herworld Indonesia pada tahun 2018. 

Baca Juga Artikel Soal Jurusan Lainnya

Kuliah di Jurusan Matematika
Kuliah di Jurusan Geografi 
Kuliah di Fakultas Teknik UGM