Ilustrasi Fakultas Teknik UI (Universitas Indonesia)

Syarat Masuk Kuliah dan Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UI

Tugas yang menumpuk, mahasiswa Fakultas Teknik UI bakal akrab sama yang namanya begadang, dong? Emang kuliahnya ngapain aja, sih? Yuk, simak bocoran selengkapnya!

Budi : Seberapa greget elo?

Bimo : Seberapa greget gue? Gue kuliah di Fakultas Teknik.

Budi : Hmm…. terus?

Bimo : Dan gue nggak pernah begadang.

Duh, ngeri ngeri. Kalau dialog tersebut benar terjadi di dunia nyata, manusia kayak Bimo ini tergolong langka. Ngomongin tentang mahasiswa teknik rasanya kurang afdol kalo nggak bahas tugasnya yang tiada henti. Dan begadang rasanya sudah menjadi bestie mahasiswa yang kuliah di Jurusan Teknik. 

Terlepas dari itu semua, kalau elo tertarik berkuliah di Fakultas Teknik, artikel ini cocok banget buat elo. Di artikel ini, gue akan sharing tentang salah satu Fakultas Teknik yang menjadi primadona calon mahasiswa baru, yaitu Fakultas Teknik UI (Universitas Indonesia). Yuk, langsung aja!

Kenalan dengan Fakultas Teknik UI

Sejarah Fakultas Teknik UI sangat unik, lho. Fakultas ini ada karena ketidaksengajaan! 

Semua berawal dari Perkumpulan Insinyur Indonesia (PII) yang memberikan tawaran terhadap Bung Karno, Presiden RI pada saat itu untuk membenahi jalan-jalan protokol di Jakarta yang rusak berat. Penawaran ini bertepatan pada waktu Jakarta sedang mempersiapkan diri untuk Pekan Olahraga Internasional GANEFO. 

Nah, dari sinilah ide pendirian Fakultas Teknik di Jakarta muncul. Dan atas persetujuan Bung Karno, wacana pendirian Fakultas Teknik disetujui dan bernaung di Universitas Indonesia. 

Singkat cerita, Fakultas Teknik Universitas Indonesia resmi didirikan pada tanggal 17 Juli 1964. Dan fakultas ini menjadi Fakultas Teknik kedua di Indonesia setelah Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung (ITB).

Soal akreditasi, elo juga nggak perlu khawatir karena semua Jurusan di Fakultas Teknik UI telah terakreditasi dengan nilai A dari BAN-PT. 

Baca Juga: 20+ Jurusan yang Jarang Diminati di UI, Bisa Jadi Peluang Bagus!

Program Studi di Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Program Studi di Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Daftar Program Studi di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (Arsip Zenius)

Saat ini, Fakultas Teknik UI menaungi 13 program studi sarjana, 3 program studi magister, dan 1 program studi doktor. 

Khusus di artikel ini, gue akan fokus pada program studi sarjana dulu, ya, Sobat Zenius. Gue yakin elo juga bakal bosen kalau gue bahas program studi dari sarjana sampai doktor. So, simak informasinya, yuk.

  1. Program Studi Teknik Sipil

Ketika elo melewati gedung-gedung pencakar langit di Jakarta elo pernah kepikiran nggak, sih? Gimana, ya, cara membangunnya? Siapa orang di balik pembangunan gedung-gedung tinggi itu? Atau justru elo pengen jadi orang di balik pembangunannya juga? Nah, kalau begitu kuliah di Program Studi Teknik Sipil Universitas Indonesia bisa jadi pilihan elo, lho.

Di program studi ini, elo akan belajar untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik dalam pembangunan seperti pembuatan jalan, gedung, jembatan, serta pemeliharaan bangunan. 

Elo juga akan menjumpai beberapa mata kuliah seperti Sistem Rekayasa Sipil, Properti Material, Gambar Konstruksi, Mekanika Fluida, dan masih banyak lagi. 

  1. Program Studi Teknik Lingkungan

Elo masih ingat kontroversi kantong plastik berbayar yang mulai diberlakukan pemerintah per 1 Maret 2019? Kebijakan tersebut sempat menuai pro dan kontra. Hayo, elo termasuk yang pro atau kontra, nih, pada saat itu?

Tapi, sadar nggak, sih, tiga tahun setelah kebijakan diterapkan, kita juga mulai terbiasa membawa tote bag  saat berbelanja. Hingga penggunaan tumbler  buat mesen minuman. Hal kecil seperti ini juga secara langsung mengajarkan kita untuk peduli terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, lho.

Nah, ngomongin tentang lingkungan, Fakultas Teknik UI Depok juga membuka Program Studi Teknik Lingkungan, lho. 

Program studi ini tergolong baru karena baru didirikan pada tahun 2006. Tapi, soal mutu nggak perlu elo ragukan. Program studi ini menggunakan kurikulum yang mengacu pada International Engineering Alliance (IEA) yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Di Program Studi Teknik Lingkungan UI, elo akan dibekali ilmu perencanaan dan pelaksanaan. Selain itu, pengelolaan seperti sanitasi lingkungan, penanganan berbagai macam limbah, penyediaan air minum, pencegahan pencemaran, hingga analisis dampak lingkungan pun akan elo pelajari. 

  1. Program Studi Teknik Mesin

Mendengar tentang program studi yang satu ini, apa, sih, yang ada di benak elo? Program studi yang hobi bongkar motor atau mobil? Atau program studi yang dari radius 1 meter sudah tercium bau oli? 

Nggak salah sih, tapi ternyata kajian di Program Studi Teknik Mesin jauh lebih luas, lho. Sebelum terjun untuk praktik memahami komponen mesin, tentu ada beberapa hal yang perlu elo ketahui juga, dong. Seperti misalnya, teknik mesin dan visualisasi pemodelan mesin, termodinamika serta pemrograman teknik. Dan yang nggak kalah penting adalah cara perancangan dan perawatan mesin.

Program Studi Teknik Mesin Universitas Indonesia juga menyediakan beberapa peminatan yang bisa elo pilih, lho. 

Peminatan di Program Studi Teknik Mesin
Peminatan di Program Studi Teknik Mesin (Sumber: eng.ui.ac.id)
  1. Program Studi Teknik Perkapalan

Dari elo SD pasti sudah diajarkan dong, bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Yang mana ⅔ wilayah Indonesia merupakan perairan. Lalu, bagaimana cara mengelola lautan yang sangat luas itu, ya?

Elo yang tertarik di bidang perkapalan pasti betah banget di Program Studi Teknik Perkapalan Universitas Indonesia. Secara, elo nggak cuma belajar tentang pengetahuan dasar perkapalan, tetapi juga perancangan, proses produksi, kegiatan perbaikan kapal, instalasi permesinan kapal, hingga pengelolaan galangan kapal.

Dan tentunya nggak ketinggalan ilmu tentang peraturan kemaritiman juga bakal elo pelajari. Wah, menarik, ya? 

  1. Program Studi Teknik Elektro

Elo masih inget di tahun 2019 sempat terjadi pemadaman listrik secara serentak (blackout)? Mulai dari KRL, MRT, lift di gedung-gedung nggak bisa beroperasi. Minimarket dan UKM yang mengandalkan listrik dan pembayaran digital lumpuh seketika. Bahkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pun nggak bisa beroperasi. 

Peristiwa itu jadi mengingatkan kita ya kalau listrik memang sangat dibutuhkan, termasuk sumber daya manusia yang mengelolanya! Karena itu, Fakultas Teknik UI juga membuka Program Studi Teknik Elektro, lho.

Nggak melulu tentang listrik, kok. Elo juga akan mempelajari mata kuliah lain seperti Fisika Listrik, Magnet, Gelombang dan Optik, Rangkaian Listrik, Elektromagnetika, Teknik Tenaga Listrik, Sistem Telekomunikasi, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Program Studi Teknik Elektro juga memiliki empat peminatan yang bisa elo pilih:

  • Teknik Tenaga Listrik
  • Teknik Kendali
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Telekomunikasi. 
  1. Program Studi Teknik Komputer

Mulai dari pembuatan, dampak, cara mengatasi, hingga membuat antivirus bakal dikupas tuntas di program studi ini. Mahasiswa program studi ini juga akan dibekali perancangan sistem perangkat keras digital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Nggak cuma perangkat keras, perangkat lunak pun dipelajari, namun lebih berfokus pada interaksinya dengan perangkat keras. 

Selain itu, program studi termuda di Fakultas Teknik UI ini juga memiliki tiga pilihan peminatan:

  • Embedded System
  • Computer Networks
  • Multimedia Technology

Baca Juga: Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI dari Zenius Education

  1. Program Studi Teknik Biomedik 

Program Studi Teknik Biomedik menggabungkan prinsip keteknikan dengan ilmu medis. Nantinya, lulusan Teknik Biomedik diharapkan dapat menerapkan ilmu keteknikannya dalam memecahkan masalah pada bidang kedokteran. 

Sehingga permasalahan seperti peralatan medis yang digunakan, metode untuk mempermudah diagnosis penyakit dan pengobatan, hingga proses pemulihan pasien bisa teratasi. 

Jadi, nggak cuma jago di bidang keteknikannya aja, elo juga akan banyak menjumpai peralatan medis dan hal-hal yang berbau teknologi kesehatan di sana.

Oh iya, pastikan elo memiliki dasar yang kuat di bidang science dan ilmu keteknikan, ya. Hal ini karena kegiatan perkuliahan akan banyak membahas tentang bidang-bidang tersebut. 

  1. Program Studi Teknik Metalurgi & Material

Di jurusan ini, elo benar-benar akan diajak untuk mempelajari teknik penggunaan mesin peralatan untuk berbagai macam material seperti emas dan logam. Nggak cuma itu, elo juga akan mendapat mata kuliah bidang komposit, kemarik, dan polimer atau molekul.

  1. Program Studi Arsitektur

Kalau kata Newton, tiap benda pasti jatuh ke bawah. Tapi, mengapa plafon rumah bisa nggak jatuh, ya? Elo pernah berpikir gini juga nggak, sih? Sewaktu gue SMP dan pertama kali belajar tentang Hukum Newton, ini yang pertama kali muncul di benak gue. Penasaran aja.

Ternyata, eh, ternyata. Rahasia dapurnya ada di arsitek. Nah, Program Studi Arsitektur juga merupakan salah satu program studi di bawah naungan Fakultas Teknik UI, lho.

Di program studi ini, elo akan mempelajari mulai dari cara merancang, mendesain, hingga perencanaan. Nggak cuma merancang bangunan, di Program Studi Arsitektur elo juga akan mempelajari perencanaan kota, lho.

Dan khusus di Program Studi Arsitektur UI, jurusan ini membuka tiga peminatan:

  • Creative Process
  • Humanities
  • Technology and Sustainability
  1. Program Studi Arsitektur Interior

Kalau elo merasa asing dengan program studi ini, mungkin elo pernah dengar program studi desain interior? Nah, keduanya sama, kok. Beda nama aja. 

Berbeda dengan arsitektur secara umum, di Program Studi Arsitektur Interior UI lebih fokus mempelajari perancangan dan berfokus pada interior bangunan. Jadi meskipun sama-sama mengambil nama arsitektur, keduanya punya bahan kajian yang berbeda.

  1. Program Studi Teknik Kimia

Di Program Studi Teknik Kimia UI, elo akan belajar terkait dasar-dasar energi seperti minyak, pembangunan atau konstruksi, hingga bahan kimia dan pengolahannya di produk makanan. Cukup berbeda ya dengan ilmu kimia murni yang lebih fokus pada teori.

  1. Program Studi Teknik Bioproses

Elo tertarik berkarier di industri makanan? Atau, di industri kosmetik? 

Kok jauh banget dari makanan ke kosmetik? Emang ada program studi yang belajar keduanya sekaligus? Jawabannya ada, dong. Program studi yang mengulas keduanya secara langsung adalah Program Studi Teknik Bioproses UI. Di sini, elo akan akan banyak belajar tentang ilmu rekayasa kimia dan biokimia. 

Elo akan dibekali pengantar teknik kimia dalam biologi. Pengantar tersebut khususnya dalam pengelolaan dan proses pembuatan produk-produk biologi yang dapat mengembangkan inovasi dan masalah teknik biologi. Wah, menarik, ya?

  1. Program Studi Teknik Industri

Program studi yang satu ini unik banget, lho, Sobat Zenius. Karena di Program Studi Teknik Industri UI, elo nggak hanya belajar ilmu teknik aja, tetapi juga ilmu manajemen, bahkan bisnis. Nggak percaya? 

Secara umum, elo akan belajar mengenai sektor industri. Mulai dari kemampuan untuk merancang, meningkatkan, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem manufaktur dan jasa yang terintegrasi. Hal ini dalam rangka peningkatan produktivitas dan kualitas dari sistem melalui proses pemecahan masalah yang terstruktur. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Daya Tampung Jurusan di Fakultas Teknik UI

Terdapat tiga jalur pendaftaran Program Studi di Fakultas Teknik UI untuk jenjang S1. Elo bisa mencoba lewat jalur SNMPTN  atau jalur undangan, jalur UTBK SBMPTN atau jalur tes tertulis, hingga jalur mandiri di UI yang dikenal sebagai SIMAK UI. 

Gue harap elo nggak tergiur dengan jalur SNMPTN, ya. Memang masuk melalui jalur ini terkesan effortless dan lebih mudah karena elo nggak perlu susah payah belajar tes UTBK. Terlebih kalau nilai rapor dari kelas 10 – 12 semester 1 tinggi. Tetap siapkan kemungkinan terburuk, ya. Jangan mentang-mentang nilai rapor elo bagus elo bisa santai-santai.

Berbeda dengan jalur SNMPTN, jalur UTBK SBMPTN terkesan lebih menakutkan. Padahal kalau persiapan belajar elo sudah oke, lolos di jalur SBMPTN bukan hal mustahil, lho. Di jalur ini, elo akan dihadapkan dengan dua jenis tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). 

Baca Juga: Panduan Belajar UTBK ala Zenius

Yang terakhir, ada jalur SIMAK UI. Hampir sama dengan SBMPTN, di jalur ini elo juga akan dihadapkan dengan Tes Kemampuan Dasar (KD), Menulis Esai, dan Kemampuan IPA/IPS.

Lalu, berapa, sih, jumlah daya tampung dari masing-masing jalur? Tenang, elo bisa cek informasinya di bawah. 

daya tampung fakultas teknik ui
Daya Tampung Fakultas Teknik UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Nggak cuma semangat belajar aja yang perlu maksimal, persiapan belajar juga harus lebih maksimal, dong. Untuk itu, elo juga bisa cek informasi penting terkait SIMAK UI mulai dari syarat pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, hingga materi ujian secara lengkap. 

Panduan Lengkap SIMAK UI

Kenali dan coba kerjakan juga tipe soal SIMAK UI supaya persiapan belajar elo makin afdol lagi.

Latihan Soal SIMAK UI

Selain itu, elo juga bisa ikut try out, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

try out simak ui online zenius

Sejarah – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (https://eng.ui.ac.id/sejarah/)
Informasi – SIMAK UI (https://simak.ui.ac.id/)
Daya Tampung Jurusan – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php)

Bagikan Artikel Ini!