jurusan di ui yang peminatnya sedikit

15 Jurusan yang Jarang Diminati di UI, Peluang Bagus Buat Sobat Zenius!

Halo, Sobat Zenius! Balik lagi sama gue Adieb. Lo pernah denger nggak, sih, apa saja jurusan di UI yang peminatnya sedikit? 

“Wah, emang ada, bang? Kayaknya UI rame-rame aja.”

Eits, memang kalau dilihat dari keseluruhan, kampus jaket kuning ini ramai sekali peminatnya dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, peserta SIMAK UI tahun 2021 itu jumlahnya 59.390 peserta! Wow, angka yang sangat besar, ya, Sobat Zenius.

Kendati demikian, nggak semua jurusan yang ada di UI itu diminati oleh orang-orang, lho. Ada beberapa jurusan yang jarang diminati di UI. Hal ini bisa dilihat dari persentase keketatan persaingan antar peserta. Semakin besar persentase keketatan suatu prodi, otomatis jurusan tersebut sepi peminat alias bisa Sobat Zenius manfaatkan dengan baik jika punya impian untuk lolos seleksi masuk UI.

Melihat hal ini, lo bisa memaksimalkan jurusan dengan  peminat sedikit sebagai pilihan buat SIMAK UI 2022 nanti. Dengan demikian, lo punya strategi yang bagus untuk bisa masuk di kampus jaket kuning, Sobat Zenius!

Penasaran, kan, kira-kira jurusannya apa saja? Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Daftar Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit

jurusan di ui yang peminatnya sedikit
foto mahasiswa ui | Credit Image by tekno.tempo.co

Setiap jurusan yang ada di UI Jakarta punya persentase keketatan masing-masing. Nah, di bawah ini ada beberapa daftar jurusan yang angka persentase keketatannya besar sehingga daya saingnya tidak terlalu tinggi seperti jurusan lainnya di UI.

1. Jurusan Geografi UI

Sobat Zenius ada yang tertarik dengan jurusan ini? Kalau ada, lo bisa, lho, ambil di Universitas Indonesia! Jurusan Geografi UI ini masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alias FMIPA.

Ada banyak sekali mata kuliah Geografi UI yang bisa lo pelajari, mulai dari oseanografi, kerentanan bencana alam, geografi penduduk, dan masih banyak lagi.

Buat lo yang penasaran bagaimana keketatan dan daya tampung jurusan Geografi UI, ini dia tabelnya.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN2149,3%20
SBMPTN30110,0%30
SIMAK UI14773,4%50
Tabel keketatan jurusan Geografi UI | Data dari simak.ui.ac.id

2. Fisika UI

Jurusan Fisika juga ternyata masuk ke dalam jurusan di UI yang peminatnya sedikit, lho, Sobat Zenius! Bagi lo yang tergila-gila sama mata pelajaran ini, bisa banget dicoba buat mengikuti pendaftaran SIMAK UI ataupun jalur masuk lainnya.

Sama seperti Geografi, jurusan Fisika UI ini masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Buat tingkat keketatannya sendiri, lo bisa lihat di bawah ini.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN2059,8%20
SBMPTN15819,0%30
SIMAK UI10403,32%50
Tabel keketatan Fisika UI

Baca Juga: 20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran Lo?

3. Kimia

jurusan di ui yang peminatnya sedikit
jurusan kimia | Credit Image Shaiith/Getty Images via ThoughtCo.com

Sama seperti halnya Fisika dan Geografi, Kimia ini masuk ke dalam FMIPA. Di program studi ini, Sobat Zenius akan belajar banyak sekali mata kuliah, mulai dari kimia organik fisik, kimia kuantum, mineral alumina silika, dan masih banyak lagi.

Buat lo yang tertarik masuk ke Kimia UI, berikut tabel daya tampung dan keketatannya.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN2547,9%20
SBMPTN25112,0%30
SIMAK UI15573,2%50
Tabel keketatan Kimia

4. Geofisika UI

“Hah, Geofisika jurusan apaan, tuh, bang?”

Bagi lo yang belum tahu, Geofisika UI ini merupakan jurusan di bawah naungan FMIPA yang di dalamnya akan mempelajari ilmu-ilmu dasar seperti Matematika, Kimia, Fisika, Geologi, Statistika, dan Komputasi.

Prospek kerja dari jurusan ini juga cukup menjanjikan, lho, Sobat Zenius. Seorang ahli Geofisika dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang energi dan pertambangan. Secara garis besar, geofisikawan berperan sebagai peneliti untuk memahami proses yang terjadi di dalam Bumi.

Menarik, bukan? Nah, berikut daya tampung Geofisika UI dan tingkat persaingannya.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN1607,5%12
SBMPTN2048,8%18
SIMAK UI15521,9%30
Tabel keketatan Geofisika UI

5. Biologi UI

Biologi juga termasuk salah satu jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Yap, sama seperti empat jurusan di atas, Biologi UI juga masuk ke dalam FMIPA. 

Buat lo yang ambil jurusan IPA dan tertarik mendalami Biologi, jurusan ini bisa lo coba supaya bisa masuk UI, lho. Ada banyak sekali mata kuliah menarik yang bisa lo pelajari, mulai dari keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman mikroorganisme, struktur & fungsi hewan, dan masih banyak lagi.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN2906,9%20
SBMPTN4177,7%30
SIMAK UI19002,6%50
Tabel keketatan Biologi UI

6. Geologi UI

jurusan di ui yang peminatnya sedikit
jurusan geologi UI | Credit Image by pixabay.com

Jurusan yang jarang diminati di UI selanjutnya yaitu Geologi. Beberapa dari lo mungkin tidak asing dengan prodi yang satu ini. Pada dasarnya, Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi dan fenomena yang terjadi di dalamnya.

Sama seperti Geofisika, jurusan Geologi UI juga berada di dalam FMIPA. Buat lo yang tertarik belajar tentang Bumi, jurusan ini cocok banget! Selain itu, banyak sekali mata kuliah Geologi UI, yaitu analisis sumur minyak bumi, paleontologi, geologi lingkungan, dan masih banyak lagi.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN1946,2%12
SBMPTN1979,1%18
SIMAK UI9183,3%30
Tabel keketatan jurusan Geologi UI

7. Teknik Kimia

Kalau tadi prodi Kimia, kali ini ada juga prodi Teknik Kimia yang termasuk dalam jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Departemen Teknik Kimia UI sendiri berada di salah satu departemen dari Fakultas Teknik.

Jurusan Teknik Kimia merupakan program studi yang mempelajari teknologi perancangan pabrik. Pabrik yang dirancang biasanya dapat berupa pabrik kimia, bioproses, makanan, dan lain-lain.  

Meski di UI jurusan ini masuk ke dalam salah satu jurusan yang peminatnya sedikit, tapi bukan berarti prospek kerjanya tidak bagus. Ikatan alumninya pun sangat kuat, lho! Mata kuliah Teknik Kimia UI juga beraneka macam, seperti perancangan produk kimia, manajemen proyek industri, perancangan pabrik, dan masih banyak lagi.

Buat lo yang tertarik masuk jurusan ini, lo bisa lihat dulu peluangnya di bawah ini.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN3006,0%18
SBMPTN4875,5%27
SIMAK UI18292,5%45
Tabel keketatan departemen Teknik Kimia UI

Baca Juga: Contoh Soal SIMAK UI Bahasa Inggris dan Pembahasannya

8. Jurusan Teknik Metalurgi dan Material

Ada yang pernah dengar mengenai jurusan ini? Yap, jurusan metalurgi dan material ini masuk ke dalam Fakultas Teknik UI, Sobat Zenius!

Di prodi ini, lo bakal belajar banyak sekali, lho, mulai dari material nanomaterial, titanium, dan fiber. Harapannya ketika lo sudah masuk jurusan ini nantinya menguasai sifat dan cara pembuatan material yang ditemukan sehari-hari.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN2337,7%20
SBMPTN3597,5%30
SIMAK UI19182,3%50
Tabel keketatan jurusan Teknik Metalurgi dan Material UI

9. Teknik Perkapalan

jurusan yang jarang diminati di ui
Jurusan teknik perkapalan | Credit Image by pixabay.com

Teknik Perkapalan termasuk salah satu jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Sama seperti jurusan teknik metalurgi, prodi yang satu ini masuk ke dalam Fakultas Teknik UI.

Akan ada banyak sekali kurikulum dari Teknik Perkapalan yang lo pelajari, seperti mekanika fluida dasar kapal, sistem kelistrikan kapal, perancangan kamar mesin kapal, dan masih banyak lagi.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN1527,9%12
SBMPTN2766,5%18
SIMAK UI12932,3%30
Tabel keketatan Teknik Perkapalan UI

10. Teknologi Bioproses UI

Beberapa dari lo mungkin belum pernah mendengar program studi yang satu ini. Secara garis besar, Teknik Bioproses akan mempelajari tentang pemanfaatan biomassa berupa mikroorganisme beserta produk-produknya untuk proses yang menghasilkan keuntungan dalam industri.

Sama seperti Teknik Perkapalan, Teknologi Bioproses UI masuk ke dalam Fakultas Teknik. Kurikulum yang akan dipelajari pun berbagai macam, mulai dari kimia analitik instrumental, kimia fisika, biologi molekuler, dan lain-lain.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN2524,8%12
SBMPTN1999,0%18
SIMAK UI11132,7%30
Tabel keketatan Teknik Bioproses UI

11. Sastra Jawa UI

Lo tertarik buat mendalami Sastra Jawa? Kalau iya, lo bisa, nih, ambil prodi ini di UI. Pasalnya, Sastra Jawa juga jadi salah satu jurusan di UI yang peminatnya sedikit, Sobat Zenius!

Kalau sebelumnya kita membahas jurusan SAINTEK, kali ini kita beralih ke SOSHUM. Sastra Jawa UI sendiri masuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya atau FIB. Di sini, lo akan mengulik lebih dalam mengenai Sastra Jawa, mulai dari puisi Jawa, kesenian Jawa, kebudayaannya, dan masih banyak lagi.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN7417,6%15
SBMPTN15212,5%22
SIMAK UI8693,6%38
Tabel keketatan Sastra Jawa UI

12. Ilmu Filsafat

Jurusan yang jarang diminati di UI selanjutnya adalah Ilmu Filsafat. Lo mungkin pernah mendengar ilmu yang satu ini di sekolahan atau lingkungan sekitar. Secara garis besar, filsafat mempelajari semua aspek kehidupan manusia, seperti pengetahuan, nilai-nilai kehidupan, moralitas, dan masih banyak lagi.

Di UI sendiri, lo akan belajar banyak mata kuliah, mulai dari multikulturalisme dan pluralisme hingga filsafat akal budi.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN1649,1%15
SBMPTN5174,6%22
SIMAK UI16062,2%38
Tabel keketatan Ilmu Filsafat

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal SIMAK UI dan Pembahasannya: Matematika Dasar dan Matematika IPA

13. Sastra Rusia

jurusan di ui jakarta
jurusan sastra Rusia | Credit Image by pinterest.com

Nggak hanya Sastra Jawa aja, nih, Sobat Zenius, Sastra Rusia juga termasuk jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Hal ini tentu cocok buat lo yang tertarik dengan dunia sastra, khususnya sastra Rusia. 

Di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya, lo akan belajar banyak hal tentang sastra Rusia, mulai dari pengantar linguistik Rusia hingga Sastra dan masyarakat Rusia.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN10612,3%15
SBMPTN2876,6%22
SIMAK UI11772,6%38
Tabel keketatan Sastra Rusia UI

14. Ilmu Sejarah

Sobat Zenius tertarik dengan sejarah? Lo bisa coba, lho, masuk ke prodi Ilmu Sejarah UI. Sama seperti sastra Rusia, Ilmu Sejarah ini masuk ke salah satu jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Meski begitu, bukan berarti Ilmu Sejarah ini nggak bagus, ya! Lo bakal banyak menambah wawasan kalau belajar soal Sejarah.

DI UI sendiri, prodi Ilmu Sejarah punya banyak sekali mata kuliah, seperti sejarah kesenian Indonesia, sejarah Eropa Timur, sejarah birokrasi di Indonesia, dan masih banyak lagi.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN1957,7%15
SBMPTN3457,0%22
SIMAK UI12083,0%38
Tabel keketatan Ilmu Sejarah UI

15. Arkeologi

Arkeologi juga masuk ke dalam jurusan di ui yang jarang diminati. Masuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya, program studi ini akan belajar banyak hal, mulai dari kepurbakalaan Indonesia, pengantar arkeologi tekstual, hingga arkeologi industri.

Jalur MasukPendaftar 2020Keketatan 2020Daya Tampung 2021
SNMPTN1728,7%15
SBMPTN3616,4%22
SIMAK UI13802,6%38
Tabel keketatan Arkeologi UI

Baca Juga: SIMAK UI: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Itu dia 15 jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Ingat, bukan berarti jurusan-jurusan di atas itu nggak laku, ya! Setiap jurusan di perkuliahan tentunya akan memberikan lo wawasan baru sehingga bisa membuat kualitas diri lo semakin tinggi.

Ditambah, lo juga punya strategi khusus saat memilih jurusan di UI yang jarang diminati. Selain membuka peluang bagi lo untuk bisa lolos seleksi dan masuk ke kampus jaket kuning, lo juga punya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa saat memasuki jenjang kuliah nanti. Pasalnya, UI juga menyediakan berbagai macam beasiswa menarik bagi mahasiswanya, mulai dari bidik misi hingga PPA & BBM.

Bagi lo yang berniat mengikuti serangkaian  pendaftaran mahasiswa baru UI tahun depan, lo bisa simak terus informasinya secara up to date lewat blog Zenius dan akun Instagram @zeniuseducation, ya!

Bagikan Artikel Ini!