Informasi Pendaftaran, Jadwal, Materi SIMAK UI 2021

SIMAK UI: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Ada kabar baik nih, pendaftaran SIMAK UI 2021 akan segera dibuka! Untuk kamu semua yang ingin mencoba mendaftar di Universitas Indonesia (UI), selain melalui jalur SNMPTN atau UTBK SBMPTN, kamu juga bisa mencoba seleksi mandiri untuk masuk UI, lho. Di tahun 2021 ini, Universitas Indonesia kembali membuka kesempatan untuk siswa yang berminat untuk menempuh pendidikan S1 Reguler SIMAK UI dan memberikan kuota 50%. Jika dibandingkan dengan jalur SNMPTN UI dan SBMPTN, persentasenya sangat berbeda, yakni masing masing 20% dan 30%.

Informasi Pendaftaran, Jadwal, Materi SIMAK UI 2021

Ada beberapa program seleksi yang tersedia di SIMAK UI di antaranya program Vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler, S1 Kelas Internasional, S1 Paralel, S1 Ekstensi atau Paralel dengan lulusan D3, serta yang terakhir adalah profesi. Kira kira, apa saja program yang paling diminati para pelajar SMA pada SIMAK UI 2021 ini?

Info Pendaftaran SIMAK UI 2021

SIMAK UI atau Seleksi Masuk Universitas Indonesia adalah ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia yang diperuntukan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Seleksi ini juga sering disebut dengan Ujian Mandiri UI, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di SIMAK UI 2021 ini, ada beberapa program yang paling diminati para pelajar SMA, yaitu Vokasi atau Diploma, S1 Reguler, dan juga S1 Paralel. Lalu, apakah perbedaan ketiga program tersebut?

Vokasi/Diploma (D3 dan D4)

Program pendidikan dengan jenjang diploma yang betujuan untuk mempersiapkan tenaga ahli sesuai dengan keterampilan di bidangnya. Biasanya, lulusan D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md) sedangkan untuk D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

S1 Reguler

Program pendidikan berjenjang sarjana yang menerima semua lulusan SMA sederajat (SMA/SMK/MA/Sederajat) dengan syarat batasan usia ijazah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat mendaftar di SIMAK UI. Contoh mudahnya adalah SIMAK UI 2021 dibuka untuk lulusan tiga tahun kebelakang, yaitu 2021, 2020, dan 2019. Untuk S1 atau Strata 1 ini, lulusan akan mendapatkan gelar Kesarjanaan Strata 1 sesuai jurusan yang ditempuh. Contohnya untuk lulusan Ekonomi, maka gelar adalah Sarjana Ekonomi (S.E).

S1 Paralel

Program pendidikan berjenjang sarjana yang menerima semua lulusan SMA sederajat (SMA/SMK/MA/Sederajat) serta D3/Vokasi yang ingin mengambil program sarjana tanpa ada batasan usia ijazah. Untuk pendaftaran jurusan S1 Paralel, lebih terbatas jika dibandingkan dengan S1 Reguler. Contoh untuk rumpun ilmu kesehatan, S1 paralel hanya membuka di Farmasi, sementara FK, FKG, FIK & FKM hanya ada di S1 reguler. Untuk jam perkuliahan, S1 paralel cenderung lebih siang ketimbang S1 reguler.

Jadwal SIMAK UI 2021

Untuk jadwal kegiatan SIMAK UI 2021 untuk program Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Paralel bisa dilihat pada info di bawah ini:

– Pendaftaran SIMAK UI 2021: Berlangsung dari 3 Mei – 9 Juni 2021

– Pelaksanaan Ujian SIMAK UI 2021: Berlangsung dari 19 Juni – 21 Juni 2021

– Pengumuman Hasil Kelulusan SIMAK UI 2021: 30 Juni 2021

Ketentuan Untuk Pilihan Prodi SIMAK UI 2021

Untuk seluruh peserta SIMAK UI 2021, bisa memilih maksimal 6 program studi yang tersedia secara langsung. Ketentuan yang berlaku ketika memilih program studi adalah sebagai berikut:

– Untuk Vokasi (D3 dan D4): Pilihan maksimal 3 program studi.
– Untuk S1 Reguler: Pilihan maksimal 3 program studi.
– Untuk S1 Paralel: Pilihan maksimal 3 program studi.

Untuk setiap program studi yang dipilih, peserta dapat memilih kelompok IPA secara keseluruhan, atau IPS secara keseluruhan, atau bisa juga menggabungkan kelompok IPA dan IPS, atau yang lebih dikenal dengan Campuran atau IPC. Pserta SIMAK UI 2021 juga bisa menggabungkan program studi yang sudah tersedia, contohnya gabungan dari program studi Vokasi ditambahkan dengan program studi S1 Reguler.

Cara Pendaftaran SIMAK UI 2021

Untuk pendataran SIMAK UI 2021, bagi kalian yang berminat bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat akun untuk mendaftar di laman resmi Universitas Indonesia, yaitu penerimaan.ui.ac.id.
2. Unggah foto berwarna terbaru ukuran 4x6cm.
3. Pilih pendaftaran dan login menggunakan username dan password yang telah kamu buat, setelah itu pilih menu “Buat Pendaftaran”
4. Lakukan verifikasi pendaftaran.
5. Unggah seluruh berkas persyaratan untuk mendaftar.
6. Membayar biaya pendaftara. Untuk informasi lengkap mengenai cara pembayaran bisa dilihat dengan klik disini.
7. Download kartu ujian yang sudah disediakan.
8. Mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan panitia.
9. Menunggu hasil pengumuman kelulusan.

Biaya Pendaftaran SIMAK UI 2021

Untuk biaya pendaftaran SIMAK UI 2021 untuk program Vokai (D3 dan D4), S1 Reguler dan S1 Paralel dikenakan Rp 500.000 untuk 2 pilihan program studi (prodi) pertama untuk kelompok IPA atau kelompok IPS. Jika peserta hanya memeilih 1 prodi saja, peserta tetap harus membayar Rp 500.000. Sedangkan untuk 3 pilihan prodi pertama dari kelompok IPC, peserta diwajibkan membaya biaya sebesar Rp 600.000.

Jika peserta hanya memilih 2 prodi kelompok IPC, peserta harus membayar sejumlah Rp 500.000. Setiap penambahan program studi, akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 100.000 per prodi. Ketentuan untuk IPC, pilihan maksimal adalah 6 prodi.

Materi Ujian SIMAK UI 2021

Untuk materi ujian yang akan diuji pada SIMAK UI 2021 ini baik untuk program Vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler, maupun S1 Paralel, terdiri dari beberapa materi, yaitu:

– Kemampuan Dasar meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
– Kemampuan IPA meliputi Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.
– Kemampuan IPS meliputi Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi.
– Tambahan: Tidak ada ujian esai pada penerimaan SIMAK UI tahun 2021 ini.

Ketentuan Peserta SIMAK UI 2021

Untuk materi ujian yang tadi sudah dibahas dan juga pengelompokkan para peserta ujian, baik itu dari ujian IPA, IPS, maupun IPC ditentukan berdasarkan pemilihan jurusan kuliah yang sudah kamu pilih. Misalnya saja, jika kamu memilih jurusan kuliah dari IPA, maka materi yang harus kamu kerjakan adalah Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA, namun jika kamu memilih IPC, maka kamu mendapatkan tambahan ujian yaitu Kemampuan IPS.

Pelaksanaan Ujian SIMAK UI 2021

Untuk pelaksanaan ujian SIMAK UI 2021 akan dilakukan secara daring atau online. Sedangkan untuk sistem penilaian saat ini masih menggunakan sistem penilaian (+4) untuk jawaban benar, (-1) untuk jawaban salah, dan (0) untuk jawaban yang tidak diisi pada lembar.

Perlu persiapan khusus gak buat ikut SIMAK UI?

Seperti bahasan sebelumnya, soal SIMAK UI itu terkenal susah banget. Lebih susah dari SBMPTN. Cerita soal pengalaman mereka yang pernah ikut SIMAK UI bisa kamu baca di artikel blog ini. Memang perlu persiapan matang buat naklukkin soal-soalnya. Tapi tenang, jangan panik. Kamu enggak berjuang sendirian. Zenius SIMAK UI hadir nemenin kamu selama persiapan menghadapi SIMAK UI. Program ini berlangsung dengan durasi 5 minggu (3 Mei – 11 Juni). Dengan mengikuti program ini, kamu bisa lebih siap untuk menempuh SIMAK UI yang akan diadakan pada 19 – 21 Juni 2021.

Kegiatan belajar yang akan kamu dapetin di program ini meliputi live class dan tryout. Kerennya lagi, kamu juga bisa mengakses semua konten yang berkaitan dengan SIMAK UI dan juga yang terpenting kamu juga bisa mengikuti sesi konsultasi jurusan juga!

Zenius Live Class Simak UI ini GRATIS Loh!

Buat kamu yang mau belajar SIMAK UI, Zenius bikin Live Class gratis nih setiap minggunya. Buat yang mau ikutan Live Class SIMAK UI dari Zenius, coba deh akses Live Class Zenius dengan Klik DI SINI.

Ada apa aja di Live Class Zenius SIMAK UI?

Dengan mengikuti Live Class Zenius, kamu akan ngerasa deket banget sama kampus berjaket kuning ini, terutama untuk kamu yang fokus ikutan SIMAK UI, pembahasan yang ada di sini akan ngebantuin kamu mempermudah dalam ngejawab setiap soal yang ada di ujian SIMAK UI. So, ayo kapan lagi ikutan Live Class Zenius SIMAK UI yeee kan? Gratis!

Lihat jadwal dan informasinya di bawah ini ya!

Fitur Unggulan Zenius SIMAK UI

Fitur unggulan dari Zenius ini bisa membantu kamu memaksimalkan persiapan menuju ujian SIMAK UI 2021. Apa saja keunggulannya?

1. Live Class khusus membahas SIMAK UI
2. Tryout ujian sekolah dan pembahasan yang bikin ngerti
3. Belajar dengan video animasi super seru
4. Konsultasi mengenai jurusan yang sesuai dengan minat kamu

Untuk jadwal kelas yang tersedia si Zenius SIMAK UI ini adalah pada hari Senin – Jumat dengan durasi 1,5 jam per hari. Program ini berakhir sampai dengan 11 Juni 2021.

Kenapa Kamu Harus Pilih Zenius?

1. 10 tahun lebih berpengalaman mengajar online
2. Pembelajaran Live, interaktif dan seru, bikin betah belajar
3. Belajar Live dari tutor-tutor terbaik Indonesia
4. Gaya bahasa yang santai dan mudah dipahami
5. Ratusan ribu Alumni yang sukses meraih tujuan belajarnya
6. Koleksi konten edukasi terbesar dan terlengkap dengan 80.000 lebih
7. video pembelajaran