Rekomendasi Drama Korea Tentang Sekolah

8 Drama Korea Tentang Sekolah, Dijamin Bikin Semangat Belajar Meningkat

Annyeonghaseyo Chingudeul~ Gue mau nanya nih, pernah gak sih lo ngerasa bosen atau burn out yang akhirnya membuat lo hilang semangat belajar? Kalo lo pernah atau sedang mengalami itu, boleh kok refreshing dikit nonton drama Korea terutama drama Korea tentang sekolah.

Sebagai salah satu pecinta drama Korea, gue menyarankan lo buat nonton beberapa rekomendasi drama Korea tentang sekolah berikut ini. Dijamin relate banget deh sama yang lo alamin sekarang, karena jalan ceritanya kebanyakan emang diambil dari kisah nyata dan kehidupan sehari-hari juga.

Ditambah kalo lo nonton, lo pastinya bisa belajar banyak mengenai perjuangan para karakter di drama mengatasi masalah di tengah keterbatasan. Terutama masalah males belajar ya~ 

Selain itu drama Korea di genre ini juga dibumbui dengan adegan-adegan romance yang bisa buat lo mesem-mesem sendiri, dan pastinya oppa dan eonni yang super ganteng dan cantik. 

Nah, dari pada berlama-lama berikut ini udah gue rangkum 7 rekomendasi drama Korea tentang sekolah yang wajib lo tonton supaya semangat belajar lo bisa meningkat tajam, cekidot!

Daftar Drama Korea Tentang Sekolah Supaya Kembali Semangat Belajar

Daftar Drama Korea Tentang Sekolah

School 2013 (2013)

Drama Korea tentang sekolah yang gue rekomendasikan pertama adalah School 2013. Sama seperti judulnya, drama ini berfokus pada kehidupan segerombolan anak SMA di tahun 2013.

Drama Korea ini dibintangi oleh Lee Jong-suk sebagai Go Nam-soon dan Kim Woo-bin sebagai Park Heung-soo. 

Selama di sekolah Nam-soon selalu dibully oleh Oh Jung-hoo. Tak lama kemudian datanglah seorang siswa pindahan baru bernama Park Heung-soo.

Nam Soon dan Heung-soo awalnya tidak saling kenal, tapi mereka melalui masa-masa sulit yang sama di SMA. 

Mulai dari tekanan untuk menjadi siswa pandai dan selalu mendapatkan nilai bagus, intimidasi (bully) dari teman-teman lain, hingga paksaan dari geng preman yang mengharuskan mereka masuk ke lingkungan pertemanan yang buruk. 

Karena arahan kedua guru yang peduli padanya yakni Jung In-jae (diperankan oleh Jang Na-ra) dan Kang Sae-chan (diperankan oleh Daniel Choi), Nam-soon terpilih sebagai ketua kelas. Namun hal ini malah mempersulit keadaannya di sekolah. 

Karena selalu ditimpa masalah bersama, Nam-soon dan Heung-soo lama-lama menjadi teman dekat. Sayangnya, mereka tidak sadar bahwa mereka punya hubungan di masa lalu yang cukup rumit. 

School 2013 adalah seri kelima dari serial “School” di Korea. Drama Korea ini banyak mengangkat fenomena pembullyan dan tekanan yang dirasakan siswa SMA salah satunya saat menghadapi SAT (tes masuk perguruan tinggi di Korea). 

Who Are You: School 2015 (2015)

Who Are You: School 2015 atau Hakgyo 2015 adalah drama Korea tentang sekolah yang dibintangi oleh Kim So-hyun, Nam Joo-hyuk, dan anggota boyband BTOB, Yook Sung-jae. Ditambah pemeran pendukung lainnya seperti Kim Hee-jung, Lee Cho-hee, dan Lee David.

School 2015 adalah serial “School” keenam di Korea (setelah School 2013) milik KBS yang ditayangkan perdana pada tahun 1999.

Cerita School 2015 berpusat pada kehidupan dua kembar identik Go Eun-byul dan Lee Eun-bi, yang diperankan sekaligus oleh Kim So-hyun. Namun mereka terpisah sejak lahir dan mengalami kehidupan yang sangat bertolak belakang. 

Eun-byul hidup dengan baik dan berkecukupan dengan ibunya. Dia bersekolah di salah satu sekolah terbaik, Segang High School. Eun-byul juga dikenal sebagai siswi yang selalu ceria dan cukup populer serta memiliki banyak teman. 

Sedangkan Eun-bi yang terpisah dari ibunya sejak kecil harus tinggal di sebuah panti asuhan, dan bersekolah di Nuri High School. Ia adalah siswi pendiam yang tidak memiliki banyak teman, dan dia selalu dibully oleh So-young. 

Suatu hari karena suatu kebetulan, Eun-byul dan Eun-bi datang ke sebuah danau. Karena sering mengalami pembullyan Eun-bi memutuskan mengakhiri hidupnya dengan menceburkan diri ke danau. Namun, sebuah keajaiban terjadi Eun-bi merasa seseorang menariknya keluar dari danau, dan itu adalah seorang gadis yang memiliki paras sama dengannya yaitu Eun-byul.

Tapi, setelah selamat dari percobaan bunuh diri Eun-byul menghilang. Saat Eun-bi diselamatkan ke rumah sakit oleh ibunya (ibu Eun-byul juga), sang ibu mengira Eun-bi adalah Eun-byul. Dari sinilah awal mula kehidupan Eun-bi sebagai Eun-byul dimulai. 

Di sekolah yang baru, hidup Eun-bi berubah drastis. Dia disukai oleh dua orang cowok di kelasnya Han Yi-an (diperankan oleh Nam Joo-hyuk) dan Gong Tae-kwang (diperankan oleh Yook Sung-jae). 

Who Are You: School 2015 akan memberikan lo banyak inspirasi tentang perjuangan menghadapi beban di sekolah dengan berbagai konflik kehidupan. Terutama perjuangan Eun-bi untuk mendapatkan rasa percaya dirinya setelah bertahun-tahun mengalami pembullyan di sekolah yang lama.

School 2021 (2021)

Drama Korea tentang sekolah yang merupakan seri kedelapan sekaligus yang terbaru dari “School” KBS.

Dikemas dengan lebih kekinian, School 2021 dibintangi oleh anggota boyband Wei, Kim Yo-han yang berperan sebagai Gong Ki-joon. Dia adalah seorang mantan atlet Taekwondo yang harus menyerah pada mimpinya karena cedera.

Cho Yi-hyun akan berperan sebagai Jin Ji-won, seorang anak dengan tekad besar menjadi seorang tukang kayu.

Sementara di drama Korea ini, Chu Young-woo akan memerankan Jung Young-joo, seorang siswa pindahan misterius yang memiliki hubungan masa lalu yang rumit dengan Ki-joon.

Hwang Bo Reum-byeol akan memerankan karakter Kang Seo-young, seorang siswa berprestasi yang mempunyai mimpi masuk ke salah satu universitas top Korea.

School 2021 akan menceritakan kisah para siswa SMA yang tengah dilema dalam mengejar mimpi mereka untuk masuk perguruan tinggi atau mengikuti pilihan hati mereka.

Kisah School 2021 mengajarkan nilai persahabatan, dan romansa anak-anak berusia 18 tahun di tengah kebingungan mereka menghadapi masa depan yang belum pasti.

Dream High (2011)

Drama Korea tentang sekolah selanjutnya adalah drama musikal Dream High. Drama ini menceritakan perjuangan enam siswa dari Kirin Art High School untuk menjadi seorang bintang. 

Keenam siswa ini memiliki masalah besar yang hanya bisa dipecahkan oleh masing-masing orang. 

Murid pertama adalah Song Sam-dong (diperankan oleh Kim Soo-hyun) seorang anak laki-laki yang selalu tinggal di pedesaan dan memiliki mimpi sederhana menjadi pemilik peternakan. 

Tanpa diduga, tujuan hidupnya berubah saat dia bertemu dengan Ko Hye-mi (Bae Suzy) dan jatuh cinta padanya hingga akhirnya Sam-dong memutuskan bersekolah di tempat yang sama dengan Hye-mi, Kirin Art High School.

Murid kedua adalah Ko Hye-mi (Bae Suzy) ia adalah gadis paling populer di Kirin. Hyemi percaya bahwa ia orang yang percaya diri. Namun ternyata Hye-mi menyembunyikan masa lalu dan keadaan keluarganya yang hancur. Dia terlibat cinta segitiga dengan Sam-dong dan Jin-gook.

Murid ketiga diperankan oleh anggota boyband 2PM, Taec-yeon bernama Jin-gook. Dia adalah seorang anak dengan bakat menari yang hebat namun sayangnya dia hobi berkelahi. 

Akhirnya Direktur Sekolah Tinggi Seni Kirin (Bae Yong-jun) merekomendasikan kepada Jin-gook untuk mendaftar di Kirin. Di sinilah Jin-gook bertemu Hye-mi dan jatuh cinta padanya.

Anggota boyband 2PM lainnya yang ikut berperan dalam Dream High adalah Wooyoung. Ia berperan sebagai siswa pertukaran dari luar negeri bernama Jason. Ia datang ke Kirin setelah menerima skor tertinggi untuk siswa pertukaran pelajar. 

Murid kelima adalah Yoon Becky (diperankan oleh anggota girlband T-ARA, Eun-jung). Becky mengagumi bakat dan kecantikan Ko Hye-mi, namun hal ini membuatnya iri dan menganggap Hye-mi sebagai saingannya di sekolah.

Murid terakhir adalah Kim Pil-sook (diperankan oleh IU) dia adalah gadis gendut yang tidak percaya diri dan sering dibully karena bentuk tubuhnya. Meski begitu, Pil-sook memiliki suara yang indah dan tidak menyerah untuk meraih tubuh ideal. 

Di sekolah, dia naksir Jason karena cowok itu sering membantunya terutama kalau sudah mulai tidak percaya diri. Drama Korea Dream High bakal memberikan lo banyak pelajaran hidup agar selalu bermimpi lebih tinggi dari kemampuan diri sendiri.

Kisah ke-6 murid yang tidak biasa di Kirin Art High School membuat lo bisa belajar bahwa setiap orang memiliki rintangan masing-masing untuk meraih mimpi mereka. 

True Beauty (2020)

True Beauty adalah drama Korea tentang sekolah yang bisa lo tonton selanjutnya. Drama ini diangkat dari serial webtoon dengan judul sama dan dibintangi oleh Moon Ga-young, anggota boy band ASTRO, Cha Eun-woo dan Wang In-yeop. 

Moon Ga-young berperan sebagai Lim Ju-gyeong, seorang siswi sekolah menengah tahun kedua yang baru saja dipindahkan. Dia adalah wanita paling cantik di sosial media, namun sayangnya semua kecantikannya berkaitan dengan kemampuannya menggunakan makeup.

Sebagai remaja, Ju-gyeong mengalami krisis kepercayaan diri apalagi dia merasa menjadi orang paling jelek (baik otak dan paras) di keluarganya. Ibunya tidak cantik tapi dia pintar, sementara ayahnya tidak pintar tapi dia sangat tampan. 

Sementara kakak perempuan dan adik-adiknya hanya mendapatkan kombinasi dari keunggulan kedua orang tua mereka. Dan hanya Ju-gyeong yang mendapatkan sisi buruknya.

Ju Gyeong terlibat cinta segitiga dengan dua cowok ganteng di sekolahnya, Su-ho dan Seo-jun. 

Peran selanjutnya dimainkan oleh anggota boyband ASTRO, Cha Eun-woo sebagai Su-ho. Ia adalah seorang siswa dengan ketampanan di atas rata-rata. Karena kelebihannya ini, Su-ho selalu mendapat banyak perhatian, tapi dia selalu mengabaikannya. 

Su-ho punya keluarga yang kurang harmonis. Ayahnya adalah seorang bintang papan atas yang selalu sibuk dan ibunya meninggal karena penyakit kanker. Kehidupan Su-ho semakin gelap saat teman dekatnya Se-yeon meninggal. 

Di drama Korea ini, Hwang In-yeop berperan sebagai Han Seo-jun, seorang cowok dengan ketampanan dan fisik seperti model. Tapi Seo-jun terkenal sebagai orang yang hobi berkelahi hingga orang-orang di sekolah mengira ia telah mengikuti kelompok gangster.

Padahal Seo-jun adalah anak yang baik dan selalu merawat adik perempuannya yang sakit.

Sebelum kematian Se-yeon, Seo-jun dan Su-ho adalah sahabat baik. Namun karena suatu kesalahpahaman, SeoJun menyalahkan dirinya sendiri atas kematian Se-yeon. 

True Beauty menghadirkan kisah yang bisa menginspirasi kita bahwa kecantikan bukan hanya tentang apa yang terlihat di luar. 

Dari pemeran utama Ju-gyeong, lo bisa banyak belajar menerima kekurangan diri sendiri dan gak nyerah gitu aja dengan mimpi-mimpi lo walaupun keadaan di sekitar lo kurang mendukung.

Extraordinary You (2019)

Buat lo yang suka dengan drama Korea tentang sekolah dan cinta tapi ada unsur fiksinya. Extraordinary You bisa jadi salah satu pilihan yang drakor untuk ditonton. Berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Eun Dan Oh (diperankan oleh Kim Hye Yoon) yang hidup berkecukupan.

Sayangnya, Dan-oh memiliki penyakit jantung yang membuat hidupnya tidak lama lagi. Dokter bahkan memvonisnya tidak akan memiliki waktu untuk melewati masa remajanya. Selain penyakit jantung, Dan-oh juga memiliki masalah dengan ingatannya.

Merasa hidupnya tidak beruntung, Dan-oh mengetahui fakta lain yang lebih mengejutkan. Ternyata dia hanyalah karakter fiksi sampingan dalam sebuah webtoon Korea. Di mana hidupnya ditentukan oleh si penulis.

Di dunia fantasi ini, Dan-oh akhirnya bertemu dengan karakter fiksi lain yang disebut sebagai Siswa Nomor 13 (diperankan oleh Rowoon). Dan-oh menamai karakter itu Haru. Keduanya akhirnya jatuh cinta dan mencoba menentang takdir mereka yang telah ditentukan sebelumnya.

Ada yang unik nih dari proses syuting drama yang dirilis pada 2019 ini. Untuk menyelesaikan total 32 episode, para pemain dan kru harus pindah-pindah lokasi syuting dan lokasi yang digunakan kebanyakan adalah universitas-universitas di Korea.

Melalui drama Korea ini, kita juga bisa melihat keindahan arsitektur kampus-kampus di Korea yang memiliki ciri khas masing-masing.

Dan gak tanggung-tanggung, universitas yang digunakan adalah universitas-universitas terbaik di Korea. Ada Yonsei University, Busan University of Foreign Studies, Hoseo University, hingga Dongduk Women University.

Ini bisa juga jadi referensi lo kalo misalkan lo berniat melanjutkan perguruan tinggi. Oh iya, universitas di Korea juga banyak menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing lho

Kalo mau tau lebih lanjut mengenai daftar universitas terbaik di Korea dan beasiswa yang ditawarkan langsung cek artikel berikut ini ya: Universitas Korea yang Menyediakan Beasiswa, Peluang Buat Para Kpopers.

Reply 1997 (2012)

Drama Korea tentang sekolah selanjutnya adalah Reply 1977 yang diperankan oleh Seo In-guk dan salah satu anggota girlband A-Pink, Jung Eun-ji.

Di Reply 1997, Seo In-guk berperan sebagai seorang cowok SMA bernama Yoon Yoon-jae yang telah jatuh cinta dengan seorang gadis sekaligus teman masa kecilnya dan tetangganya bernama Sung Shi-won (yang diperankan Eun-ji). 

Sayangnya, Shi-won hanya menganggap Yoon-jae sebagai teman dekatnya. Cie Yoon-jae terjebak friendzone ya~

Perasaan Yoon-jae ternyata terus tumbuh saat mereka masuk ke SMA yang sama, dan dia menyadari dia menginginkan Shi-won menjadi pacarnya. 

Reply 1997 adalah drama Korea pertama dari seri drama “Reply” yang lain. Drama ini mengangkat kisah percintaan antara dua orang remaja di tahun 1997 yang dikemas dengan konsep retro. 

Gue sangat merekomendasikan drama ini karena dari Reply 1997 lo bisa banyak belajar mengenai kekeluargaan, menghadapi kekecewaan karena kehilangan orang yang dicintai hingga pengalaman cinta masa muda. 

Reply 1988 (2015)

Drama Korea tentang sekolah dan kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah Reply 1998. Drama ini berkisah tentang kehidupan lima sekawan, Deok-sun yang ceria tapi receh (diperankan oleh Hye-ri, anggota girlband Girl’s Day), Jung-hwan yang visioner dan kadang-kadang pemarah (diperankan oleh Ryoo Joon-yeol ).

Lalu ada Dong-ryong yang suka ngelawak (diperankan oleh Lee Dong-hwi), Sun-woo si anak yang lugu (diperankan oleh Ko Kyung-pyo) dan Choi Taek yang pendiam (diperankan Park Bo-gum).

Karakter utama dari drakor sekolah Reply 1988 ini adalah Duk-seon, seorang anak perempuan lugu yang tinggal bersama orang tua, kakak perempuan dan adik laki-lakinya. 

Di antara teman-temannya yang lain, keluarganya adalah yang termiskin. Hingga Deok-sun sering mengalami keterbatasan karena tidak punya uang. 

Dari mereka berlima, hanya Choi-taek harus memutuskan berhenti sekolah agar bisa mengejar karir. 

Buat lo yang suka dengan drama Korea slice of life yang dikemas dengan gaya retro dan penuh adegan kocak yang mengocok perut. Gue saranin lo nonton drama Korea yang satu ini. 

Drama Korea school yang berhasil menyabet penghargaan Baeksang Arts Award ini akan memberikan banyak pelajaran dalam hal berjuang di tengah keterbatasan, kekuatan persahabatan, kehidupan cinta masa muda dan perjuangan kelima pemeran utama berjuang menata masa depan dengan mempersiapkan ujian masuk universitas. 

Nah, itu tadi rekomendasi drama Korea tentang sekolah dari gue. Lo bisa nonton drama-drama ini kalo lo lagi kehilangan semangat belajar atau butuh mood booster supaya konsisten meraih cita-cita. 

Nonton Drama Korea Tanpa Pake Subtitle

Lebih afdal lagi kalo nonton drakor sekolah sembari belajar bahasa Korea dong, jadi gak perlu susah-susah liat subtitle pas lagi nonton. Sembari hiburan nonton drakor lo bisa sekalian meningkatkan skill bahasa Korea lo. 

Ngomong-ngomong mengenai belajar bahasa Korea, khusus buat lo yang emang pengen banget menguasai bahasa Korea, gak hanya buat nonton drakor aja lho, bisa digunain juga kalo lo mau apply kuliah atau kerja ke Korea atau supaya lo bisa dapet beasiswa. 

Nih, gue punya rekomendasi tempat kursus bahasa Korea berkualitas namanya Learn Korean with BTS (LKWB). 

Gak tanggung-tanggung, kursus yang satu ini punya tutor native speaker Korea lho. Ditambah dengan berbagai fitur menarik seperti fitur live class yang membantu lo bertanya dan berdiskusi langsung dengan tutor dan teman-teman. 

Fitur keren lainnya dari Learn Korean with BTS (LKWB) adalah lo join Communities Zen Club yang memang khusus untuk para pecinta Korea. Di mana lagi coba tempat yang bisa belajar kursus sekaligus fangirlingan? Pasti seru abis dong, untuk bergabung di kelasnya, lo bisa meng-klik banner di bawah ini!

Daftar kelas belajar bahasa korea online di zenius live class
Bagikan Artikel Ini!