tips lolos simak ui

Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI dari Zenius Education

Halo Sobat Zenius! Siapa, nih yang pengen banget masuk Universitas Indonesia sampai sering banget tuh searching di Google mengenai tips lolos SIMAK UI? Nah, buat lo yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi mandiri SIMAK UI, artikel kali ini cocok banget buat dibaca karena mengupas tuntas strategi dan tips lolos SIMAK UI. 

Oke, sekarang mari kita mulai membahas apa aja sih strategi dan tips lolos SIMAK UI? Udah penasaran ya? Check it out!

Kenapa Perlu Persiapan agar Lolos SIMAK UI?

Lo pasti mikir, kenapa sih perlu persiapan khusus agar lolos SIMAK UI? Kayaknya udah jadi cerita turun temurun ya, tentang betapa sulitnya level soal SIMAK UI. Bahkan soal SIMAK digadang-gadang lebih susah dari UTBK. Ada cerita soal tutor Zenius di artikel blog ini kalau buat mecahin soal-soal SIMAK, butuh waktu sampai berhari-hari. Gak hanya itu, tutor juga sampai mengulik jawaban ke forum-forum mahasiswa S2 dan S3. 

Kalau tutor aja butuh waktu berhari-hari, terus gimana dong tips lolos SIMAK UI dan cara menaklukkan soal-soal di hari H nanti? Padahal untuk masing-masing materi ujian, waktu yang dikasih buat ngerjainnya terbatas banget dengan karakteristik soal SIMAK agak berbeda dengan UTBK.

Karena itu, wajib hukumnya buat persiapan khusus. Terutama, lo bisa banget nih untuk ikutan bimbel untuk SIMAK UI di Zenius Education. Karena nantinya lo bakalan sering-sering dapet latihan soal dan juga informasi serta tips lolos SIMAK UI. 

Salah satu alumni SIMAK, dalam sesi ngobrol di Live Q&A Alumni Series 30 April lalu, Sabrina Ramadwiriani, sempat membagikan ceritanya saat ikutan SIMAK UI pada 2017. Sabrina berhasil masuk Universitas Indonesia, Jurusan Kimia, lewat jalur SIMAK. Saat berhadapan dengan lembaran-lembaran soal SIMAK di hari H, dia sempet kaget. 

“Walaupun lo udah belajar UTBK, pas jaman aku ya, itu berbeda tipe soal yang untuk SIMAK. Kayak misalnya mungkin pas SBMPTN ada soal Kimia stoikiometri, tapi di SIMAK gak ada, karena SIMAK punya tingkat soal yang lebih sulit. Ekspektasi lo kayak, kayaknya gak pernah deh belajar ini,” katanya.

Tapi saat itu dia punya trik khusus: geber ngerjain materi yang dia yakin benar yaitu kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris), Kimia, dan Biologi. Sebelumnya sebagai persiapan SIMAK, dia mematangkan pemahaman materi lewat video-video belajar dan latihan soal di Zenius.

Trik ini juga dipakai sama alumni SIMAK UI 2010 sekaligus Head of Content Creators di Zenius, Barry Mikhael Cavin. Buat lo yang setia mantengin acara Live Zenius Sunday Mathday tiap Minggu, pasti udah enggak asing lagi sama sosoknya. “Kepsek”-nya para tutor Zenius ini berhasil lolos SIMAK UI yang membawanya menjadi bagian dari Departemen Matematika UI angkatan 2010. 

Dari pengalamannya ikut SIMAK, Barry juga enggak berharap bisa menjawab semua soal. Nah, jadi tips lolos SIMAK UI dari Barry adalah jangan asal nembak karena bakal dapat pengurangan skor. Barry hanya mengerjakan soal-soal yang dia percaya diri akan jawabannya, yakni Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika IPA, dan Biologi.

Dia menyisakan soal-soal sulit tetap kosong, dan hanya mengisi beberapa jawaban untuk mata pelajaran Fisika dan Kimia. Saat itu, ada isu kalau enggak jawab sama sekali di satu mata pelajaran bakal otomatis enggak lulus. Perihal isu tersebut masih belum ada konfirmasi sampai sekarang, masih sebatas spekulasi aja.

Makanya, Barry sangat menyarankan buat enggak asal jawab cuma karena takut banyak kosong di lembar jawaban. Lebih baik fokus mengerjakan materi yang jadi kekuatan lo. Karena itu waktu persiapan, lo fokus juga buat belajar materi tersebut. Nah, Barry yang juga lulusan pascasarjana Matematika Terapan di Imperial College London ini membagikan beberapa tips agar lolos SIMAK UI yang bisa banget lo ikuti, nih. Apa aja? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Strategi dan Tips Lolos dalam Menghadapi SIMAK UI

  • Pelajari konsep dengan serius

Tips lolos SIMAK UI yang pertama adalah mempelajari konsep dengan serius. Kadang kita suka enggak sabar saat belajar sesuatu, sehingga melupakan konsep dasar dan langsung loncat ke materi-materi yang pengen kita tahu aja. Cara belajar kayak gini enggak efektif buat jangka panjang. Misal, lo lebih milih menghafal banyak rumus, alih-alih matengin konsepnya di awal. Dari mana rumus itu berasal? Gimana rumus dasar bisa dipakai untuk model soal yang berbeda-beda? 

Kalau cuma hafal rumus tanpa tahu pemahaman konsep dasarnya, lo bakal kebingungan begitu ada soal yang mengharuskan lo mengotak-atik rumus. Nah, karakteristik soal SIMAK UI itu sangat sederhana sebenarnya: kalau lo paham konsepnya, jawab soal bakal lebih mudah.

Makanya, soal SIMAK bakal kerasa sulit banget kalau lo melewati step pematangan konsep materi di awal. Cara belajar kayak gini juga enggak disarankan di Zenius. Konsep setiap materi selalu menjadi bagian mendasar dari model pembelajaran di Zenius.

  • Perbanyak latihan soal-soal tahun lalu

Tips lolos SIMAK UI kedua adalah perbanyak latihan soal-soal tahun lalu. Ini adalah senjata yang enggak boleh tertinggal kalau lo mau siap tempur di hari H nanti. Dengan latihan soal-soal tahun lalu, lo bisa nemu pola soal-soal SIMAK itu kayak apa. Makin banyak latihan, makin bagus. Hal ini buat ngelatih muscle memory lo juga. Lo bakal lebih familiar dengan berbagai tipe soal. Kalau bentuk soalnya begini, berarti gini, nih, cara ngerjainnya.

Buat ngerjain latihan soal-soal tahun lalu, enggak terbatas mau tahun berapa aja. Tapi emang lebih baik lo mulai berlatih dari soal SIMAK paling baru ya. Baru setelah itu coba ngerjain soal tahun-tahun sebelumnya.

  • Atur pola tidur

Tips lolos SIMAK UI yang ketiga adalah lo harus bisa atur pola tidur. Masalah tidur ini juga sangat penting. Usahakan seminggu sebelum ujian, lo sesuaikan ritme tidur dengan jadwal ujian ya. Jadi semisal lo biasa begadang buat belajar sampai jam 1 pagi, hal itu sudah harus mulai lo setop H-seminggu. Mulai tidur lebih awal, dan bangun lebih pagi.

Kalau enggak dibiasain, apa efeknya? Seperti kita tahu, jadwal ujian biasanya berlangsung pagi banget. Kalau lo terbiasa bangun siang, di hari ujian nanti, otak lo susah buat “melek” karena belum siap beraktivitas. Terus gimana dong mau maksimal ngerjain soal-soal? Karena itu, penting banget buat atur pola tidurmu dengan baik ya.

  • Atasi gugup dengan lakukan aktivitas selain belajar

Tips lolos SIMAK UI keempat adalah mengatasi gugup dengan melakukan aktivitas selain belajar. Setiap orang punya coping mechanism yang beda-beda untuk mengatasi rasa gugup. lo bisa ngelakuin hal-hal menyenangkan yang biasa bikin lo rileks. Kalau lo hobi dengerin musik, ya coba dengerin lagu-lagu yang bisa naikin mood. Jangan ngegas belajar tanpa jeda juga, hal itu malah bisa bikin lo stress.

  • Jangan nebak-nebak jawaban

Jangan menebak-nebak jawaban merupakan tips lolos SIMAK UI yang paling banyak disarankan, nih. Seperti yang udah dibahas sebelumnya, nebak-nebak jawaban bukanlah solusi. Hal itu justru bisa ngerugiin lo banget. Mending kosongin aja biar gak dapet -1.

  • Kerjain ujian sampai waktu selesai

Tips lolos SIMAK UI yang terakhir adalah kerjakan ujian sampai waktu selesai. Selesai ngerjain soal-soal yang udah lo yakin jawabannya, jangan berhenti sampai waktu ujian benar-benar habis. Manfaatin waktu ujian secara maksimal. Pertama, lo kerjakan semua soal yang mudah dijawab. Kalau ada soal yang sekali lo lihat “duh, sulit nih gue gak paham cara ngerjainnya”, udah lewatin aja. Lanjut ke soal berikutnya biar gak buang waktu.

Kelar soal-soal yang lo udah yakin sama jawabannya, baru deh balik lagi ke soal yang sulit. Coba luangin waktu yang tersisa buat ngulik jawabannya. Jadi, soal yang paling susah, kerjain paling akhir.

Setelah detik terakhir ujian, baru boleh berpasrah diri. Tapi selama masih ada waktu tersisa, jangan langsung nyerah sama soal-soal yang sulit. Gali lagi ingatanmu, just in case lo sebelumnya sudah pernah ngerjain soal serupa, tapi keburu nge-blank saking nervous-nya. Cek lagi dan lagi.

Ingat, lo sedang “berperang” dengan ribuan orang lainnya. Maka satu soal sangat berarti besar. Selisih skor lo dengan orang lain bisa jadi cuma karena satu soal aja. Pasti yang skornya sama dengan lo juga sebenernya banyak banget. Makanya ketika lo jawab benar lebih banyak 1 soal aja, bisa jadi itu yang mengantarkanmu dapat ucapan selamat di hari pengumuman seleksi nanti.

Setelah bahas tips-tips lolos SIMAK UI, sekarang ada baiknya lo semua tahu bimbel SIMAK UI terbaik yang bisa bantu dan dampingi lo dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian SIMAK UI nantinya. Apa sih bimbel SIMAK UI yang bisa lo ikutin? Jawabannya ada di bawah ini!

Bimbel SIMAK UI Online dari Zenius

tips lolos simak ui

Selanjutnya artikel ini akan mengupas informasi mengenai bimbel SIMAK UI, salah satunya Zenius Education, yang dapat lo ikuti sebagai bentuk persiapan awal dan maksimal. 

Pasti lo tahu dong, adanya Zenius SIMAK UI yang memberikan info seperti jadwal, cara mendaftar, serta membahas latihan soal untuk SIMAK UI. Makanya, pantengin terus Zenius Blog agar lo semua gak ketinggalan informasi seputar SIMAK UI. 

Nah, jadi Zenius memiliki beberapa fitur, nih, yang bisa banget buat bantu lo untuk mempersiapkan diri mengikuti SIMAK UI. Apa aja sih fitur-fitur yang membantu di bimbel SIMAK UI Zenius?

  • Zencore

Fitur spesial dari bimbel SIMAK UI Zenius adalah Zencore. Melalui fitur ini, lo bisa banget menutupi kekurangan fundamental konsep. Kenapa? Karena kemampuan fundamental konsep yang kuat itu sangat penting dalam mengikuti SIMAK UI. 

Selanjutnya, ZenCore juga dilengkapi dengan sistem yang adaptif menyesuaikan kemampuan lo. Kalau lo banyak bolongnya, ZenCore akan menyesuaikan biar lo bisa nambal dari 0. Begitu juga sebaliknya, kalau lo udah lumayan jago, ZenCore bakal kasih lo soal yang lebih menantang. Jadi, lo bisa ningkatin fundamental konsep yang lo punya ke tingkatan yang lebih advanced sehingga nantinya belajar jadi lebih efektif dan efisien. 

  • Video materi dan latihan soal

Bimbel SIMAK UI Zenius menyediakan fitur berupa video materi dan latihan soal. Nah, lo bisa banget belajar materi-materi untuk SIMAK UI dari video yang disediakan oleh Zenius. Selain itu, lo juga bisa latihan soal-soal agar nanti waktu ujian berlangsung udah gak shock lagi. 

  • Live class

Selain menyediakan fitur video materi, bimbel SIMAK UI Zenius juga ngasih lo kesempatan buat ikut live class bersama tutor-tutor berpengalaman dan andalan Zenius. Jadi, dengan fitur ini, lo bisa secara langsung berinteraksi dengan tutor-tutor yang tersedia, seperti nanya-nanya soal, tips, pengalaman, dan sebagainya.

  • Try out SIMAK UI

Dengan fitur try out yang diadakan oleh bimbel SIMAK UI Zenius, lo bisa mencoba mensimulasikan keadaan ujian yang sebenarnya, mulai dari pembatasan waktu ujian hingga sistem penilaian. Oleh karena itu, lo bakal tahu gimana caranya mengatur waktu dan menerapkan tips-tips lolos SIMAK UI di try out ini. Selain itu, setelah lo mengikuti try out, akan ada pembahasan soal dalam bentuk video, jadi lo bakal tahu apa saja nih materi-materi yang nantinya perlu lo lebih pahami untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. 

Nah, setelah baca beberapa tips lolos SIMAK UI dan informasi mengenai bimbel SIMAK UI yang udah gue bahas, keputusan selanjutnya ada di tangan lo semua. Jangan hanya terpaku pada tips-tips tersebut karena lo juga perlu banget belajar untuk memahami konsep-konsep pada materi yang diajarkan. Jadi, jangan lupa belajar ya dan lo bisa akses latihan soal di Zenius SIMAK UI. Semangat!

Baca Juga:

SIMAK UI: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Informasi Daya Tampung dan Pendaftaran SIMAK UI 2021

Bagikan Artikel Ini!