Materi cara menentukan simpulan paragraf

Cara Menentukan Simpulan Paragraf dan Contoh Soalnya

Hayo … siapa yang di sini suka baca buku? Atau elo salah satu tipe orang yang langsung ngantuk kalau lagi baca buku?

Kalau gue sih, termasuk ke dua-duanya. Gue suka banget baca buku. Nah, kebetulan sekarang gue lagi baca buku Perempuan di Titik Nol (1975), nih. Tapi, gue kadang juga suka ngerasa ngantuk berat pas lagi baca, lho. 

Tapi biasanya, gue langsung berhenti baca dulu kalau udah mulai ngantuk, sih. Kenapa? Soalnya, gue pasti jadi susah fokus dan nggak ngerti sama maksud dari paragraf yang gue baca. Ujung-ujungnya, gue jadi baca paragraf yang sama berulang-ulang supaya ngerti maksudnya.

Nah, kejadian kayak gitu tuh sama banget kalau gue lagi ujian Bahasa Indonesia. Baru ngeliat soal, eh kepala gue udah langsung pusing gara-gara isinya yang kebanyakan paragraf semua. Saking puyengnya, gue kadang harus baca paragrafnya berkali-kali supaya paham isinya.

Ilustrasi kesulitan saat menentukan simpulan dalam sebuah paragraf
Ilustrasi kesulitan menentukan simpulan paragraf (Arsip Zenius)

Ada yang ngerasa sama kayak gue nggak, sih? Nah! Kebetulan banget. Gue di sini buat ngasih solusinya. Bukan, solusinya bukan buat berhenti baca buku kayak gue, ya. 

Jadi, di sini gue mau ngasih tahu elo cara menentukan simpulan paragraf di buku yang elo baca. Yap! Tujuannya supaya elo bisa paham lebih cepat buat menentukan simpulan paragrafnya. Sederhananya, elo nggak perlu ngulang baca paragraf yang sama sampai 10 kali kayak gue.

Nah, cara menentukan simpulan paragraf ini bisa banget elo pakai saat menentukan ide pokok pas try out Bahasa Indonesia, lho. Selain itu, elo juga bisa pakai metode ini pas lagi baca buku kesukaan.

Penasaran nggak, sih? Yuk, temenin gue ngebahas caranya di sini, ya!

Apa Itu Paragraf?

Sebelum gue ajak elo buat mencari tahu cara menentukan simpulan paragraf, elo udah tahu belum, kalau paragraf itu apa? Kalau belum tahu, mari kita bahas dulu, yuk!

Menurut pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf merupakan bagian bab dalam sebuah karangan yang mengandung ide pokok. Tapi, itu baru pengertian dari KBBI aja, gengs.

Salah satu pengertian paragraf menurut Britannica
Pengertian paragraf menurut Britannica (Arsip Zenius)

Oke, jadi sekarang kita udah menemukan dua pengertian paragraf dari KBBI dan Britannica. Kalau gue coba tanya sama elo, kira-kira elo bisa menyimpulkan pengertian paragraf dari dua pengertian di atas, nggak? 

Yap! Benar banget. Simpelnya, paragraf itu merupakan kumpulan beberapa kalimat yang mengandung ide pokok dari sebuah topik. 

Terus, kenapa harus ada simpulan paragraf, sih? Kayaknya, gue kalau baca buku cuma baca aja dari atas sampai ke bawah tanpa cari tahu kesimpulannya, deh.

Simpulan paragraf ini penting supaya elo bisa tahu lebih jelasnya tentang paragraf tersebut. Intinya, elo nggak salah paham sama isi dari si paragraf. Makanya, simpulan itu penting. 

Baca Juga: Apa Perbedaan Fakta dan Opini? Ini Penjelasannya! 

Simpulan Paragraf

Nah, dari secuil penjelasan di atas, gue harap elo jadi punya gambaran yang lebih luas tentang paragraf, nih.

Setelah belajar paragraf secara umum, gue bakal menjelaskan cara menentukan simpulan paragraf. Tapi, tunggu deh. Simpulan itu apa, sih? Bukan, simpulan yang gue maksud ini bukan jenis-jenis ikatan tali yang elo pelajari di ekskul Pramuka, ya. 

Simpulan itu merupakan opini atau pendapat yang memberi tahu pernyataan akhir atas data-data sebelumnya. Contohnya kayak gini.

Contoh simpulan sebuah paragraf
Contoh simpulan paragraf (Arsip Zenius)

Berarti, pengertian simpulan paragraf ini sama kayak simpulan aja. Betul! Opini atau pendapat akhir dari informasi yang ada di kalimat-kalimat sebelumnya.

Nggak cuma untuk simpulan paragraf aja, lho. Kalau elo mau tahu cara menentukan isi dan simpulan grafik atau tabel, elo juga bisa lihat fakta-fakta dari grafiknya dulu. Dari situ, baru elo bisa membuat simpulan akhir.

Pokoknya, kapan pun elo mau membuat simpulan, pastikan kalau elo udah membaca seluruh informasi yang ada dengan cermat, ya.

Baca Juga: Pengertian Konjungsi, Jenis, dan Cara Menggunakannya 

Cara Menentukan Simpulan Paragraf

Terus, bagaimana cara menentukan simpulan paragraf? Biar lebih gampang, gue coba bedah lewat tiga langkah di bawah ini, ya.

Tiga langkah mudah untuk menentukan simpulan paragraf
Cara menentukan simpulan paragraf (Arsip Zenius)

Coba kita bahas satu per satu, yuk!

Identifikasi Hal-Hal Penting

Cara menentukan simpulan paragraf yang pertama yaitu mengidentifikasi hal-hal penting di sebuah paragraf. Sederhananya, elo bisa coba membaca paragraf dengan lebih cermat.

Gue coba kasih bocoran sedikit, nih. Biasanya, dalam satu paragraf di teks ini mengandung setidaknya satu ide pokok. Nah, elo bisa langsung memahami ide pokoknya tersebut biar lebih gampang.

Makanya, biasanya kesimpulan diperoleh setelah menentukan ide pokok suatu paragraf dahulu.

Buat Opini atau Pendapat

Kalau elo udah selesai mencatat hal-hal penting yang ada di sebuah paragraf, elo bisa membuat pendapat sendiri. Eits, pendapatnya tentu nggak boleh asal-asalan, ya.

Elo harus membuat pendapat berdasarkan hasil identifikasi dari ide pokok sebuah paragraf. Jadi, usahakan pendapat yang elo buat ini sangat berhubungan erat sama isi paragrafnya.

Gunakan Konjungsi Simpulan

Nah, dalam proses pembuatan pendapat, elo bisa banget memakai kata konjungsi simpulan, nih. Simpelnya, elo bisa banget memulai kalimat menggunakan kata-kata seperti; jadi, oleh karena itu, dengan demikian, atau yang lainnya buat membuat simpulan paragraf. 

Gue punya bocoran lain, nih. Kalau misalnya ada soal yang mengajak elo buat nyari simpulan paragraf, coba cari kata konjungsi simpulannya.

Misalnya, di akhir paragraf ada kata oleh karena itu, kemungkinan besar kalimat tersebut yang jadi simpulan paragraf.

Gimana? Menentukan simpulan paragraf ini nggak susah, kan? Elo bisa mengikuti tiga langkah di atas supaya bisa menentukan simpulan pas lagi ngerjain try out atau baca buku, lho.

Atau elo masih merasa bingung? Tenang, tenang! Elo bisa belajar lebih rinci dengan tonton video dari tutor lewat banner di bawah ini, ya. Asli, penjelasannya super mudah buat dicerna!

banner bahasa indonesia zenius

Contoh Soal Menentukan Simpulan Paragraf

Itu dia materi kita hari ini tentang cara menentukan simpulan paragraf. Oh iya, pembelajaran kita nggak selesai sampai sini, lho.

Buat mengasah kemampuan elo atas materi hari ini, gue punya dua contoh soal yang bisa elo kerjain, nih. Semangat ngerjain soalnya, ya!

Contoh Soal 1

Ular, biawak, cicak, dan sebagainya termasuk jenis binatang melata. Seperti jenis binatang lainnya, binatang-binatang tersebut memerlukan air. Begitu juga tumbuh-tumbuhan misalnya mawar, kelapa, atau sawo. Manusia juga memerlukan air. Manusia, tumbuh-tumbuhan, dan binatang sangat memerlukan air.

Simpulan paragraf tersebut adalah ….

A. Jadi, semua manusia memerlukan air.

B. Maka dari itu, Tumbuhan memerlukan air untuk hidup.

C. Dengan demikian, semua makhluk hidup sangat memerlukan air.

D. Dengan demikian, setiap orang memerlukan air untuk hidup.

Jawaban:

Simpulan merupakan generalisasi dari seluruh teks. Di dalam teks, digambarkan berbagai macam makhluk hidup yang memerlukan air. Jadi, jawaban dari kesimpulan yang bisa diambil di paragraf di atas yaitu C.

Contoh Soal 2

Pemerintah telah menetapkan urusan kebudayaan menjadi urusan wajib. Artinya, negara harus hadir dalam upaya-upaya pembangunan di bidang kebudayaan. Melalui fasilitas ini diharapkan komunitas budaya dan desa adat selalu terjaga keberadaannya.

Keberadaan masyarakat adat dan komunitas budaya menjadi media strategi bagi upaya interaksi masyarakat pendukungnya, sosialisasi, dan pendidikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat luas.

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

A. Jadi, pemerintah memberikan fasilitas di komunitas budaya dan desa adat untuk sosialisasi masyarakat.

B. Oleh karena itu, masyarakat dan pemerintah diharapkan menjaga komunitas budaya dan desa adat secara bersama-sama.

C. Dengan demikian, pemerintah akan memberikan nilai-nilai budaya yang menjadi urusan wajib.

D. Jadi, interaksi masyarakat sangat penting untuk menahan adanya nilai-nilai budaya di masyarakat

Jawaban:

Dari contoh paragraf di atas, gue coba highlight beberapa hal-hal penting lewat kata yang gue bold di bawah ini, ya:

Pemerintah telah menetapkan urusan kebudayaan menjadi urusan wajib. Artinya, negara harus hadir dalam upaya-upaya pembangunan di bidang kebudayaan. Melalui fasilitas ini diharapkan komunitas budaya dan desa adat selalu terjaga keberadaannya.

Keberadaan masyarakat adat dan komunitas budaya menjadi media strategi bagi upaya interaksi masyarakat pendukungnya, sosialisasi, dan pendidikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat luas.

Dari beberapa kata yang gue bold, elo bisa menentukan simpulan paragraf menjadi masyarakat dan pemerintah diharapkan menjaga komunitas budaya dan desa adat secara bersama-sama. Jadi, jawabannya yaitu B.

Baca Juga: 19 Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya 

Kesimpulan

Nah, gimana materi kita kali ini? Semoga elo bisa lebih tercerahkan pas baca materi ini, ya. Mungkin gue bisa highlight satu hal dari pembelajaran kita sekarang.

Jadi, cara menentukan simpulan paragraf ini bisa elo tentukan mulai dari memahami berbagai hal penting di paragraf tersebut. Lalu, membuat pendapat pribadi menggunakan konjungsi simpulan.

Psst … paragraf gue di atas itu termasuk ke salah satu contoh simpulan paragraf, lho. Nah, dari kedua contoh soal di atas, gue berharap kemampuan elo buat menentukan simpulan paragraf jadi semakin mumpuni, ya. 

Tapi kalau elo mau belajar lebih jauh, elo bisa mengandalkan dengan cara ngerjain latihan soal try out dari Zenius, lho. Try out-nya super spesial, nih. Soalnya, elo bisa latihan ngerjain puluhan soal dengan GRATIS! 

Kapan lagi kan, bisa ngerjain soal-soal buat try out secara cuma-cuma? Kalau gitu, elo bisa langsung gabung dengan klik link di bawah ini, ya! 

Latihan Try Out Bareng Zenius 

Eits, nggak cuma latihan soal aja, tahu. Zenius juga punya pembahasan menarik tentang Bahasa Indonesia, nih. Nah, video di bawah ini ngejelasin seberapa pentingnya belajar Bahasa Indonesia di sekolah. 

Setelah dipikir-pikir, iya juga ya? Padahal Bahasa Indonesia ini kan bahasa ibu atau asli kita. Tapi, kenapa harus dipelajari lagi di sekolah? Zenius punya penjelasannya! Elo bisa langsung tonton jawabannya lewat video di bawah ini, ya!

Reference:

Tackling Different Types of Reading Questions – Materi UTBK Zenius

Paragraph – Britannica

Menulis Paragraf Deskriptif – Sumber Belajar Kemdikbud

Bagikan Artikel Ini!