pendaftaran simak ui

SIMAK UI 2022 – Jadwal, Kuota, Keketatan SIMAK UI & Daya Tampung

Sebentar lagi SIMAK UI 2022 mau diadakan, nih! Pastinya Sobat Zenius nggak mau ketinggalan, dong, mengenai informasinya? Nah, buat elo yang lagi ngambis buat lolos SIMAK UI, yuk cari tahu informasi pendaftaran, jadwal, keketatan SIMAK UI, kuota & daya tampungnya di artikel ini!

Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2022

Sekedar info, jadwal pendaftaran SIMAK UI reguler akan dibuka pada 24 Mei- 27Juni 2022, lho. 

Untuk tesnya sendiri akan dilaksanakan pada 2- 4 Juli 2022 bagi S1 reguler, parallel dan internasional. Nah, untuk pengumuman hasilnya akan ada di tanggal 14 Juli 2022.

SIMAK UI 2022
Cek tanggal penting SIMAK UI 2022!

“Wih, sebentar lagi, dong!”

Nah, kan! Makanya, elo mulai rajin cari-cari informasi yang berkaitan ujian masuk ke UI, ya, mulai dari biaya pendaftaran hingga kuota SIMAK UI.

Tenang aja, di artikel ini gue akan merangkum semua informasinya khusus buat elo. Penasaran? Yuk, disimak sampai selesai, ya!

Apa Itu SIMAK UI?

pendaftaran simak ui
Ilustrasi orang lagi belajar (Dok. Arsip Zenius)

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pendaftaran dan keketatan SIMAK UI reguler, gue mau ngejelasin secara singkat mengenai pengertian dan jurusan-jurusannya.

Buat elo yang belum tahu, Seleksi Masuk UI  atau SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI dengan program pendidikan, yaitu Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Oh iya, pendaftar S1 regular SIMAK UI harus mengikuti UTBK, jadi pastiin elo ikut UTBK ya.

Soal pilihan jurusan, elo nggak perlu khawatir. Sejatinya, ada banyak sekali jurusan SIMAK UI 2022 yang bisa elo ambil, di antaranya:

  • Pendidikan dokter
  • Pendidikan dokter gigi
  • Matematika 
  • Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Statistika
  • Arsitektur
  • Ilmu hukum
  • Ilmu ekonomi
  • Akuntansi
  • Sastra Jawa
  • Sastra Indonesia
  • Sastra Inggris
  • Ilmu Perpustakaan
  • Dan masih banyak lagi

Di pembahasan selanjutnya, gue akan bahas lebih lengkap mengenai keketatan dan kuota SIMAK UI 2022 dari tiap jurusannya sebagai gambaran buat elo buat tahu seberapa besar peluang masuk ke jurusan yang diincar di UI.

Makanya, simak terus, ya, sampai habis

Oh iya, elo juga bisa download aplikasi Zenius di gadget masing-masing untuk informasi dan juga materi pembelajaran yang lebih lengkap. Ikuti kelas live hingga try out lewat aplikasi Zenius, download di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: SIMAK UI: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Bagaimana Sistem Pendaftaran SIMAK UI?

pendaftaran simak ui
Ilustrasi sedang melakukan pendaftaran SIMAK UI (Dok. Arsip Zenius)

Sekarang, elo udah tahu sekilas mengenai jurusan apa saja yang ada di SIMAK UI dan pengertiannya. Di antara elo mungkin ada yang udah nggak sabar buat daftar SIMAK UI, ya?

Tenang aja, di bawah ini gue akan memaparkan sistem pendaftaran SIMAK UI step by step:

  • Pertama, buka situs penerimaan.ui.ac.id dulu, lalu klik “Buat Account” yang ada di pojok kanan atas
  • Isi formulir dengan lengkap. Jangan lupa unggah foto berwarna ukuran 4×6 cm
  • Setelah itu, login menggunakan username dan password akun elo, kemudian pilih menu “Buat Pendaftaran”
  • Lakukan verifikasi pendaftaran untuk memastikan bahwa formulir dan pilihan jurusan telah diisi dengan benar
  • Upload berkas persyaratan pendaftaran (khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2,S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional
  • Bayar biaya pendaftaran
  • Download kartu ujian masuk
  • Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang ditentukan

Seperti yang udah gue sebutkan di awal artikel, jadwal pendaftaran SIMAK UI, baik itu vokasi, paralel, maupun S1 reguler UI akan dibuka pada bulan Mei-Juni 2022. 

Elo bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang, ya! 

Seperti yang tadi udah gue kasih tau, elo diharuskan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jika ingin mendaftar di SIMAK UI 2022 nanti. Oh iya, data UTBK juga digunakan, ya, dalam pendaftaran SIMAK UI khusus yang SI reguler.

Informasi lain yang perlu elo ketahui adalah hasil tes SIMAK UI. Selain hasil tes dari SIMAK UI, seleksi kali ini juga akan mempertimbangkan skor UTBK dan juga nilai rapor pribadi. Jadi, elo harus mempertimbangkan dan melihat nilai elo terlebih dahulu ya, jangan sampai lupa.

Baca Juga: Pembahasan Soal SIMAK UI 2019 dan Informasi SIMAK UI 2020

Biaya Pendaftaran SIMAK UI

pendaftaran simak ui
Ilustrasi orang hendak mengambil uang (Dok. Pixabay.com)

Sebelum beranjak ke pembahasan tentang kuota atau daya tampung SIMAK UI, mungkin elo juga penasaran mengenai biaya pendaftarannya. Kira-kira habis berapa, ya?

Sejatinya, belum ada pengumuman resmi mengenai biaya SIMAK UI. Kendati demikian, gue akan menginformasikan perihal biayanya pada tahun 2021 sebagai gambaran elo nanti.

Untuk daftar SIMAK UI 2021 lalu, biaya yang harus dikeluarkan jika elo ambil program Vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler dan S1 Paralel sebesar Rp500.000 untuk dua pilihan program studi pertama kelompok IPA dan IPS.

Apabila elo hanya mengambil 1 program studi saja, maka tetap membayar Rp500.000. Lalu, jika elo memilih 3 program studi, dikenakan biaya sebesar Rp600.000 dari kelompok IPC (campuran). 

Tiap penambahan satu prodi maka peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000. Untuk kelompok IPC, pilihan prodi maksimal adalah 6 program studi.

Mekanisme Ujian SIMAK UI

pendaftaran simak ui
Ilustrasi orang sedang mengerjakan ujian (Dok. Freepik.com)

Buat elo yang belum tau, pendaftaran SIMAK UI pada tahun 2021 lalu dan ujiannya memang berbeda dari sebelumnya. Mekanisme ujian SIMAK UI lalu dilangsungkan secara online.

Begitupun dengan ujian SIMAK UI 2022 akan dilaksanakan secara daring atau online seperti tahun lalu. Elo harus mempersiapkan diri sematang mungkin sebelum menghadapi SIMAK UI 2022, ya, Sobat Zenius!

“Kira-kira apa, bang, yang bisa gue persiapkan?”

Eits, nggak perlu khawatir! Zenius akan membantu elo untuk mempersiapkan diri sebelum pendaftaran SIMAK UI berlangsung. Bagaimana caranya? Elo bisa mulai dulu, nih, latihan-latihan try out UTBK buat mengasah daya pikir elo.

Beruntungnya, elo bisa langsung latihan try out UTBK melalui paket belajar yang sudah disediakan sama Zenius, lho! Ada beragam paket belajar yang bisa elo ambil, mulai dari Live Ultima Bootcamp, Ultima Bootcamp UM, hingga Super Tryout.

Paket-paket SIMAK UI Zenius tersebut cocok digunakan buat elo yang lagi persiapan untuk menghadapi UTBK juga, lho. Selain ada tryout UTBK, ada juga Live Class yang membantu elo untuk memahami pelajaran dengan baik.

Mendekati berlangsungnya SIMAK UI, nanti juga akan ada Live Class dari Zenius yang khusus membahas mengenai seleksi masuk ujian perguruan tinggi UI ini, lho, Sobat Zenius!

Dengan mengikuti kelas ini, elo akan ngerasa deket banget sama kampus berjaket kuning ini, terutama untuk yang hendak fokus untuk mengikuti rangkaian pendaftaran SIMAK UI 2022. Pembahasan yang ada di sini akan membantu mempermudah elo dalam menjawab setiap soal yang ada di ujian SIMAK UI. 

Baca Juga: Contoh Latihan Soal SIMAK UI

Kuota SIMAK UI 2022

Pendaftaran simak ui
Ilustrasi gedung Universitas Indonesia (Dok. Arsip Zenius)

Ini dia informasi yang elo tunggu-tunggu dari awal artikel. Dengan mengetahui banyaknya kuota SIMAK UI 2022, elo jadi tahu, nih, mana jurusan yang harus dipilih supaya peluangnya semakin besar dalam masuk UI.

Terlepas dari itu, elo juga perlu tahu mengenai keketatan atau daya saingnya juga, lho, Sobat Zenius! 

Secara umum, keketatan adalah persentase jumlah peserta yang diterima berbanding jumlah peserta yang mendaftar. Jadi semakin besar persentasenya, maka semakin rendah daya saingnya dan begitu pula sebaliknya.

Kuota atau daya tampung ini bisa dijadikan acuan untuk pemilihan jurusan. Jika yakin dengan jurusan yang  dipilih, tapi kursi yang tersedia sedikit, elo mungkin bisa mempertimbangkan hal untuk memilih alternatif jurusan.

Dikarenakan kuota SIMAK UI 2022 udah di-update nih, gue kasih lihat datanya ya. Untuk soal keketatan bisa diambil dari tes SIMAK UI pada tahun 2021 yang lalu. Persentase ini mengindikasikan bahwa jurusan yang akan elo ambil ini tingkat persaingannya kecil atau besar.

Langsung aja deh, ya, kita bahas daya tampung SIMAK UI 2022 serta keketatan di dalamnya!

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Jurusan SAINTEK UI

Program StudiDaya tampung 2022Keketatan 2021

Pendidikan Dokter
901,1%
Pendidikan Dokter Gigi551,3%
Matematika352,3%
Biologi502,5%
Geografi503,7%
Fisika504,4%
Kimia502,6%
Statistika301,8%
Ilmu Aktuaria301,9%
Geofisika306,2%
Geologi301,8%
Teknik Sipil451,8%
Teknik Mesin402,5%
Teknik Elektro503,2%
Teknik Metalurgi dan Material502,5%
Arsitektur301,3%
Teknik Kimia451,8%
Teknik Industri551,4%
Teknik Lingkungan352,0%
Teknik Perkapalan304,3%
Teknik Komputer402,1%
Arsitektur Interior251,8%
Teknologi Bioproses301,6%
Teknik Biomedik201,4%
Kesehatan Masyarakat751,5%
Gizi321,4%
Keselamatan dan Kesehatan Kerja301,9%
Kesehatan Lingkungan273,4%
Ilmu Komputer752,1%
Sistem Informasi751,6%
Ilmu Keperawatan753,2%
Farmasi451,4%
Tabel kuota SIMAK UI 2022 dan keketatan persaingannya

Jurusan SOSHUM

Program StudiDaya Tampung 2022Keketatan 2021
Ilmu Hukum1502,5%
Ilmu Ekonomi601,7%
Manajemen901,4%
Akuntansi1002,4%
Ilmu Ekonomi Islam251,3%
Bisnis Islam252,2%
Arkeologi294,7%
Ilmu Filsafat292,3%
Ilmu Sejarah292,4%
Ilmu Perpustakaan221,9%
Sastra Arab224,5%
Sastra Indonesia293,0%
Sastra Jawa297,6%
Sastra China223,9%
Sastra Jepang222,6%
Sastra Inggris221,5%
Sastra Prancis152,5%
Sastra Jerman153,2%
Sastra Rusia297,8%
Sastra Belanda153,8%
Bahasa dan Kebudayaan Korea151,5%
Psikologi951,3%
Ilmu Politik401,9%
Sosiologi401,3%
Kriminologi451,6%
Ilmu Kesejahteraan Sosial401,6%
Ilmu Hubungan Internasional301.1%
Ilmu Komunikasi500,8%
Antropologi Sosial201,5%
Ilmu Administrasi Fiskal631,1%
Ilmu Administrasi Negara631,5%
Ilmu Administrasi Niaga631,2%
Tabel kuota SIMAK UI 2022 dan keketatan persaingannya

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai pendaftaran SIMAK UI, hingga kuota dan keketatan pendaftar S1 reguler  yang wajib banget elo perhatikan sebelum masuk dan menjalani tes di Universitas Indonesia, ya. 

Untuk informasi update mengenai SIMAK UI 2022, mulai dari jadwal SIMAK UI, biaya pendaftaran SIMAK UI, serta informasi-informasi lainnya, elo bisa pantengin terus Panduan SIMAK UI dari Zenius, ya!

Di sana, elo juga akan mendapatkan tips menarik agar lolos SIMAK UI. 

Follow juga Instagram Zenius ya, @zeniuseducation, untuk informasi mengenai Live Class SIMAK UI. Elo juga bisa klik banner di bawah ini ya untuk info lengkap paket Zenius yang cocok buat pejuang SIMAK UI dan juga ujian masuk PTN lainnya.

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Kalau Sobat Zenius, kira-kira mau masuk jurusan apa di UI? Tulis di kolom komentar, ya!

Sembari menunggu pembukaan pendaftaran SIMAK UI 2022, elo bisa dulu mempersiapkan diri dengan melihat Q&A dari Alumni Zenius Series, Andhika Sitorus.

Originally published: April 28, 2021
Updated by: Maulana Adieb & Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!