Teknologi dalam Pembelajaran, Bagaimana Memanfaatkannya? – Zenius untuk Guru

teknologi pembelajaran

Teknologi dalam pembelajaran jadi salah satu hal yang penting di era seperti sekarang ini. Lewat teknologi, semua orang bisa mendapatkan informasi dan memiliki peluang pendidikan yang baru. Teknologi jadi jendela yang membuka akses ke ribuan sumber belajar.

Saat ini, banyak sekolah di Indonesia yang sudah memanfaatkan komputer, tablet, ponsel pintar, dan perangkat teknologi lainnya dalam proses pembelajaran. Hal ini tidak terlepas dari kondisi pandemi yang menuntut Bapak dan Ibu Guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Sayangnya, teknologi dalam pembelajaran ini masih jadi hambatan bagi sebagian besar Bapak dan Ibu Guru.

Sebagai upaya untuk membantu Bapak dan Ibu Guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran terutama saat mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS), Zenius untuk Guru menyelenggarakan Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius. Melalui kegiatan yang dilaksanakan pada 22-29 November 2021 ini, Bapak dan Ibu Guru peserta bisa mengetahui strategi pengajaran yang efektif dan teknologi dalam pembelajaran yang bisa mendukung pelaksanaan PAS.

Tantangan Menggunakan Teknologi dalam Pembelajaran

Selama dua tahun mengajar di tengah pandemi, tentunya banyak pengalaman belajar mengajar baru yang Bapak dan Ibu Guru rasakan. Di hari pertama Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius, Ibu Elvira Dwi Satria Mantili (guru SMP Negeri 15 Singkawang, Kalimantan Barat) membagikan cerita perjuangannya selama mengajar di masa pandemi melalui Telegram.

Tantangan terbesar yang dihadapi Ibu Elvira dalam mengajar adalah akses internet yang terbatas. Lokasi sekolah berada di tengah gunung dan sungai sehingga jaringan provider atau internet hanya bisa sampai ke daerah-daerah tertentu. Selain akses internet yang masih sulit, sebagian besar siswa juga belum memiliki teknologi pendukung pembelajaran seperti ponsel pintar atau komputer. Hal ini tentunya semakin menyulitkan proses belajar mengajar daring.

Tidak hanya Ibu Elvia, Bapak dan Ibu Guru peserta pelatihan pun ikut berdiskusi dan menyampaikan tantangan teknologi dalam pembelajaran yang dihadapi. Bagi sebagian Bapak dan Ibu Guru serta siswa, belajar mengajar online adalah hal yang sulit.

Secara umum, tantangan teknologi dalam pembelajaran yang ditemui Bapak dan Ibu Guru antara lain:

  1. Keterbatasan gawai atau alat penunjang pembelajaran
  2. Kesulitan mendapatkan sinyal
  3. Kuota yang mahal sehingga memberatkan siswa dan orang tua

Baca Juga: Peran Guru di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Contoh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Hari pertama Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius kemudian berlanjut dengan sesi tatap muka melalui live YouTube. Melalui sesi ini, Bapak dan Ibu Guru mendapatkan langkah-langkah dalam menggunakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yaitu LMS (Learning Management System) ZenRu dan aplikasi Zenius.

Teknologi dalam pembelajaran tidak hanya memudahkan proses belajar mengajar Bapak dan Ibu Guru, tapi juga mendukung terciptanya kelas yang lebih inovatif dan kreatif, serta membantu mengatasi hambatan teknologi yang ditemui.

Tips Memanfaatkan Teknologi dalam Pembelajaran

Di tengah tantangan belajar mengajar yang ada, Bapak dan Ibu Guru selalu memastikan agar siswanya bisa terus belajar. Untuk mengatasi tantangan teknologi dalam pembelajaran itu, tak sedikit Bapak dan Ibu Guru yang berusaha untuk menciptakan sendiri media ajar agar siswa bisa dengan mudah mengakses dan mempelajarinya.

Berdasarkan hasil diskusi di sesi kedua Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius, banyak guru yang tidak hanya menggunakan buku teks sebagai media ajar tetapi juga gambar dan video. Variasi media ajar yang digunakan bertujuan untuk menarik minat belajar siswa dan agar mereka tidak merasa bosan. 

Nah sekarang pertanyaannya, bagaimana cara Bapak dan Ibu Guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan menciptakan media ajar sendiri? 

 peran teknologi dalam pembelajaran
Tips memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan membuat video sendiri.

Dalam sesi live YouTube, disampaikan beberapa tips yang bisa Bapak dan Ibu Guru lakukan untuk membuat media ajar yang kreatif yaitu video. Pertama, hal yang perlu Bapak dan Ibu Guru lakukan adalah mengatur pencahayaan. Kedua, pastikan suara Bapak dan Ibu Guru terekam dengan jelas. Terakhir, atur sudut pengambilan gambar secara baik contohnya posisi kamera yang lurus dan sejajar dengan mata.

Selain menciptakan video pembelajaran, Bapak dan Ibu Guru juga bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran untuk membuat media ajar lainnya yang lebih menarik. Kalau biasanya Bapak dan Ibu Guru hanya menggunakan buku teks biasa, melalui sesi ketiga Pelatihan Akbar Guru Siap PAS para peserta diberikan strategi penyusunan media ajar gambar yang menarik.

Pak Umar Mukhtar Kusumanegara (guru Komunitas Keluarga Sunnah Ceria, Jakarta) yang menjadi pemateri tamu di sesi tersebut menyampaikan ada 7 kaidah dalam membuat media ajar berbentuk gambar, yaitu:

  1. Judul dibuat jelas dan menarik
  2. Fokus pada inti materi atau topik
  3. Kontras antara materi dan objek pendukung
  4. Materi disampaikan secara simpel
  5. Jangan gunakan terlalu banyak jenis font
  6. Gunakan warna yang komplementer
  7. Perhatikan penggunaan latar gambar

Di sesi tersebut, para peserta juga diberikan cara dan langkah-langkah dalam menggunakan beberapa tools atau website untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif, salah satunya Canva.

Baca Juga: Cara Membuat Video Pembelajaran dari HP – Zenius untuk Guru

Pemanfaatan Teknologi untuk PAS

Kegiatan pelatihan Zenius untuk Guru kali ini juga memberikan strategi dalam mempersiapkan PAS. Di hari keempat, Ibu Kadek Enik Sukreni, guru SD Negeri 3 Tinggarsari, Singaraja, Bali menyampaikan bahwa salah satu konten inovatif yang bisa mendukung PAS Bapak dan Ibu Guru adalah melalui video. Video bersifat inovatif karena bisa menarik perhatian siswa sehingga semangat belajar mereka pun meningkat.

kondisi teknologi dalam pembelajaran
Kondisi kelas Ibu Kadek sebelum pandemi (Foto dokumentasi pribadi Ibu Kadek)

Melalui video, pengalaman belajar siswa menjadi lebih dalam. Proses belajar pun jadi lebih efisien dan minat belajar siswa bertambah. Video memberikan variasi pembelajaran sehingga siswa tidak mudah merasa bosan. Bapak dan Ibu Guru bisa membagikan video materi ke siswa, lalu minta mereka untuk membuat rangkuman dari video yang sudah disaksikan.

Terkait dengan PAS, Bapak dan Ibu Guru memiliki ekspektasi dapat menyajikan soal-soal PAS yang bisa menjadi bahan evaluasi terhadap kemampuan peserta didik pada materi yang diujikan dan proses pembelajaran yang lalu, sebagai perbaikan untuk proses pembelajaran selanjutnya. Sementara untuk peserta didik, Bapak dan Ibu Guru berharap bahwa siswa mampu menyelesaikan soal-soal PAS dengan jujur sesuai kemampuan sendiri demi menghasilkan nilai yang murni dan bisa menjadi acuan sebagai proses pembelajaran selanjutnya. Ekspektasi-ekspektasi ini disampaikan oleh Bapak dan Ibu Guru peserta melalui webinar teks di hari kelima Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius.

Sesi hari kelima kemudian berlanjut melalui live YouTube yang membahas tentang PAS sebagai awal pemulihan pendidikan yang disampaikan oleh Ibu Randha Ayu Nurlianadewi, guru SMAN 1 Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Dalam materinya, Ibu Randha menyampaikan bahwa di awal-awal pandemi Bapak dan Ibu Guru selalu bertanya-tanya bagaimana cara pembelajaran online yang benar. Tapi sekarang, pertanyaannya sudah berganti karena para guru sudah bisa beradaptasi dengan baik. Pertanyaan yang diajukan menjadi bagaimana cara guru menyelamatkan para siswa dari ketertinggalan materi atau learning loss yang salah satunya bisa dipulihkan melalui PAS yang berjalan lancar dan penuh makna.

learning loss
Learning loss yang dihadapi oleh guru dan juga siswa.

Di hari terakhir Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius, dijelaskan beberapa fitur Zenius dan ZenRu yang bisa mendukung persiapan dan pelaksanaan PAS. Pada sesi Live YouTube, Ibu Kezia Rikawati (guru SMAS Tunas Kasih Tarakan, Kalimantan Utara) juga berbagai pengalaman mengenai teknologi dalam pembelajaran yang juga bisa dimanfaatkan untuk persiapan PAS. Fitur-fitur tersebut diantaranya: 

  1. ZenCore, yang bisa melatih keterampilan dasar siswa agar nantinya bisa memahami pengetahuan di tingkat yang lebih tinggi secara lebih mudah.
  2. ZenLearning, berisi video-video yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan tips belajar efektif, serta manajemen waktu.
  3. ZenXplore, berisi video-video yang menjelaskan hal-hal berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  4. Deprak Sekolah, yang menguji pengetahuan siswa berdasarkan mata pelajaran dan tingkatan kelas.
  5. Playlist, yang dapat Bapak dan Ibu Guru gunakan untuk membagikan video-video materi Zenius sebagai persiapan PAS.
  6. Penilaian, yang dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mengadakan ujian, tugas, atau kuis dengan sistem auto-scoring, serta laporan analisis penilaian yang bisa diunduh.

Demikian beberapa hal penting terkait teknologi dalam pembelajaran yang disampaikan melalui Pelatihan Akbar Guru Siap PAS bersama Zenius. Terima kasih untuk Bapak dan Ibu Guru yang telah mengikuti rangkaian kegiatan ini. Bapak dan Ibu Guru juga bisa bergabung di komunitas Zenius untuk Guru yang ada di Instagram, FB Group, dan Telegram supaya tidak ketinggalan acara Zenius untuk Guru lainnya. Sampai jumpa di acara-acara berikutnya ya!

Baca Juga Artikel Lainnya

Proses Belajar yang Efektif, Bagaimana Caranya?

Blended Learning: Jenis dan Penerapannya

Pembelajaran Seimbang dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Bagikan Artikel Ini!