belajar yang efektif

Proses Belajar yang Efektif, Bagaimana Caranya?

Proses belajar yang efektif adalah suatu proses dimana tujuan pembelajaran berhasil dicapai dengan waktu yang tepat. Tidak hanya bagi siswa, proses belajar yang efektif juga penting diketahui oleh Bapak/Ibu guru nih. Pembelajaran yang efektif bisa jadi salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Maka dari itu, hal ini perlu diperhatikan oleh Bapak/Ibu guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.

Lewat proses belajar yang efektif, siswa bisa memaksimalkan pengetahuan dan waktu yang digunakan untuk mempelajari ilmu tersebut. Sehingga nantinya, tujuan dari pembelajaran seperti memahami konsep, nilai yang bagus, dan naik kelas, bias dicapai sesuai waktu yang ditargetkan. Selain itu, pembelajaran yang efektif tidak hanya membantu siswa untuk mencapai tujuan tersebut, tapi juga mendukung mereka untuk bisa menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari kedepannya dalam kehidupan sehari secara langsung.

Belajar yang Efektif Ala Zenius

Proses belajar efektif yang disebutkan diatas adalah metode yang diterapkan oleh Zenius. Coba deh, Bapak/Ibu guru tonton dulu videonya di bawah ini!

Bagi Zenius, proses belajar yang efektif itu penting karena bisa membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaiannya. Dari video video ini, Bapak/Ibu guru bisa mengetahui strategi untuk menciptakan proses belajar yang efektif, tidak hanya bagi siswa tapi juga Bapak/Ibu guru sendiri.

1. Mentalitas Belajar

Dalam belajar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pendekatan mental terhadap materi, cara belajar, otak, dan sebagainya yang harus diatur dengan benar dan efektif. Siswa harus bisa menentukan sikap dalam melakukan suatu tindakan atau perilaku, termasuk belajar.  Mentalitas bisa menjadi kunci utama di setiap pencapaian keberhasilan, contohnya keberhasilan proses belajar siswa di kelas dengan siswa yang lebih aktif dan kreatif. Ada banyak hal yang berkaitan dengan mentalitas dalam belajar, salah satunya konsep diri.

2. Fundamentals

Di Zenius, konsep dasar dalam pembelajaran disebut dengan Fundamentals. Alat penting dalam pembelajaran adalah otak. Semua pengetahuan, ilmu, informasi, dan sebagainya akan masuk ke otak ketika siswa belajar. Di sinilah peran Fundamentals untuk memantapkan konsep dasar yang ada dalam otak terlebih dahulu, supaya kedepannya siswa bisa meningkatkan kemampuan yang lainnya. Jika siswa punya pengetahuan dasar yang baik, ia bisa naik ke level selanjutnya dengan lebih mudah.

proses belajar yang efektif
Konsep belajar yang efektif ala Zenius.

Cara untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa adalah dengan berlatih Logika dan Verbal, Matematika Dasar, serta Bahasa Inggris, dimana ketiganya berperan penting sebagai landasan belajar dan berpikir siswa.

3. Insightful Knowledge

Di bagian ini, masuk hal-hal yang sifatnya membentuk cara berpikir siswa, melihat dunia, prinsip-prinsip dasar ilmiah, dan sebagainya. Siswa bisa menghubungkan pengetahuan yang mereka miliki dengan masalah yang ditemui secara langsung dalam kehidupan. Dengan begitu, mereka akan lebih memahami dan mendapatkan solusi dari permasalahannya. Dari situlah terbentuk pola berpikir yang kritis untuk siswa.

4. Specific Skill

Dengan dasar dan pengetahuan lanjutan yang kuat, siswa bisa menguasai skill tertentu atau materi pelajaran tertentu secara mendalam. Mereka bisa fokus ke satu bidang yang sesuai dengan kemampuan atau ketertarikannya, karena dasar yang kuat dan cara berpikir yang kritis sudah siswa miliki. Di poin ini, siswa bisa belajar dan latihan secara terus menerus dengan cara yang benar untuk membentuk dan melatih mereka menguasai bidang tertentu. 

Siswa harus terus berlatih di bagian yang mereka anggap kurang pahami dan sulit secara berulang sampai lancar, sehingga dari situlah muncul kemampuan spesifik. Contohnya, siswa tidak hanya cukup mengerjakan soal matematika untuk menguasai mata pelajaran itu, tapi juga harus memahami konsep dasarnya dan bukan sekadar menghafal rumus, mengerjakan soal campuran dan try out, mencari titik kelemahan dalam memahami pelajaran dan menyelesaikan soal.

Zenius untuk Guru mendukung terciptanya proses belajar yang efektif dengan menyediakan beragam fitur yang bisa memudahkan Bapak/Ibu guru serta siswa. Dengan menerapkan konsep belajar Zenius seperti yang tertulis di atas, Bapak/Ibu guru bisa menciptakan proses belajar dan pengajaran yang efektif. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu Bapak/Ibu guru ya! Kalau ada pertanyaan atau pendapat lain tentang proses belajar yang efektif, Bapak/Ibu guru bisa tulis di kolom komentar di bawah!

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara Meningkatkan Fokus Belajar Siswa

Inquiry-Based Learning: Siswa Belajar Mandiri

3 Komponen AKM yang Wajib Diketahui

Bagikan artikel ini