sistem kebut semalam apakah otak mampu

Cara Efektif Belajar Atau Menghafal dengan Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam memang seringkali dijadikan sebuah metode dalam belajar terutama perihal menghafal. Namun ternyata sebagian orang masih belum mengerti cara kerja dan apa saja yang diperhatikan. Supaya penerapannya menjadi lebih efektif, simak ulasan berikut ini.

Beberapa Cara Efektif Belajar Atau Menghafal Dengan Sistem Kebut Semalam

sistem kebut semalam apakah otak mampu

Sistem kebut semalam merupakan sebuah metode yang digunakan oleh seseorang dalam mengejar sesuatu. Harapannya adalah ketika menerapkan sistem tersebut bisa mencapai target dalam waktu semelam. Supaya berjalan efektif, berikut beberapa tips dan caranya.

1. Isi Tenaga dengan Tidur Siang

Sebelum menerapkan sistem kebut semalam, sebaiknya isi tenaga terlebih dahulu dengan tidur siang. Pasalnya, kegiatan ini berlangsung pada malam hari, sehingga tak menutup kemungkinan menimbulkan kantuk. Apalagi jika tubuh Kamu sedang dalam keadaan lelah.

Luangkan sedikit waktu untuk sekedar rehat dan tidur siang. Tak perlu berlangsung lama yang terpenting adalah kualitasnya. Harapannya adalah tubuh terasa segar pada malam hari serta menghindari rasa kantuk. Alhasil, proses kebut semalam bisa berjalan sesuai rencana Kamu.

2. Memahami Materinya Terlebih Dahulu Sebelum Tempur

Karena dilakukan pada malam hari dan bisa saja semua hal terjadi seperti kantuk dan lelah, maka ada baiknya untuk diminimalisir. Itulah mengapa sangat disarankan agar memahami materinya terlebih dahulu sebelum tempur. Harapannya dapat menghemat waktu nantinya.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Pada saat ingin beranjak rehat ataupun tidur siang, luangkan waktu untuk membaca, mengumpulkan dan memahami materi. Dengan begitu, saat malam hari Kamu tak perlu lagi melakukannya. Alhasil, sistem kebut semalam dapat berjalan secara efektif tentunya.

3. Siapkan Cemilan dan Segelas Kopi

Sistem kebut semalam sudah dikerjakan pada saat malam hari. Hal tersebut tak memungkinkan Kamu mengajak teman ataupun pacar untuk menemani. Oleh karena itu, siapkan berbagai macam cemilan kesukaan serta segelas kopi agar mata selalu segar.

Kopi merupakan salah satu minuman yang akan sangat membantu Kamu dalam melangsungkan sistem kebut semalam. Baik itu perihal pekerjaan, mencatat atau menghafal, hal ini wajib ada. Selain sebagai teman tapi juga menjaga kondisi tubuh tetap segar

4. Siapkan Semua Hal yang Dibutuhkan

Supaya nantinya tidak kebingungan saat sedang menerapkan sistem kebut semalam, maka siapkan semua yang dibutuhkan. Terutama berbagai macam alat bantu dan mengharuskan Kamu membelinya. Maka segera beli sebelum semakin malam dan seluruh toko telah tutup.

Selain perihal peralatan, siapkan juga kebutuhan seperti buku materi pena dan lain sebagainya. Tentu hal ini bertujuan supaya menghemat waktu serta demi efisiensi sistem kebut semalam. Dengan begitu, Kamu hanya perlu memulsinya tanpa harus mencari alat lagi.

5. Buat Ruang Belajar Menjadi Senyaman Mungkin

Salah satu hal yang sering diabaikan oleh banyak orang dalam menerapkan sistem kebut semalam adalah ruang khusus. Hal yang dimaksudkan adalah ruang ataupun meja belajar haruslah dalam keadaan rapi. Secara tidak langsung ini sangat memengaruhi proses belajar.

Ketika Kamu sedang belajar, menyelesaikan pekerjaan ataupun menghafal, tentu kondisi yang nyaman sangat diperlukan. Itulah mengapa disarankan agar merapikan meja serta peralatan lainnya agar menjadi bersih dan rapi. Dengan begitu, sistem kebut semalam akan lebih efektif.

6. Mulailah Dari Materi yang Paling Sulit

Tips berikutnya supaya sistem kebut semalam menjadi lebih efektif adalah memulainya dari materi yang paling sulit. Hal ini dilakukan karena pada satu jam pertama kondisi tubuh serta mata Kamu masih sangat segar. Sehingga, mengerjakan soal sulit masih memungkinkan.

Pada saat kondisi tubuh dan mata masih segar, tentu sangat memengaruhi daya serap otak. Itulah mengapa Kamu harus memanfaatkan momen tersebut guna mengerjakan soal yang lebih sulit. Ketika malam semakin larut dan mulai terasa lelah, baru kerjakan yang mudah.

7. Mulailah Mencatat Poin-Poin Penting

Setelah memahami dan membaca materi secara detail, maka mulailah mencatat poin pentingnya. Hal ini bertujuan agar nantinya Kamu tidak lupa atas apa yang sudah dikerjakan ataupun dihafal. Apalagi, kondisi tubuh yang lelah dan harus pergi tidur kembali nantinya.

Pada saat bangun tidur, Kamu bisa membuka kembali catatan poin penting yang sebelumnya sudah ditulis. Tujuannya adalah agar ingat dengan apa yang telah dipelajari dan dihafal semalaman. Selain itu, hal ini juga guna merangsang daya ingat setelah tertidur cukup lama.

8. Susun Materi Berdasarkan Prioritas

Sistemkebut semalam tentu harus menemukan metode yang paling ampuh supaya bisa berjalan efektif. Itulah mengapa Kamu harus tau mana materi atau pekerjaan yang harus didahulukan. Jika sudah mengetahuinya, maka cobalah untuk memberikan tanda.

Setelah diberikan tanda dan disusun berdasarkan prioritasnya, maka mulailah mengerjakan atau menghafal sesuai urutan. Dengan begitu, materi yang mungkin harus selasai dihari esok atau tenggat waktu paling awal telah dikuasai. Jadi, tidaj perlu khawatir serta takut lagi.

9. Jangan Memaksakan Diri

Salah satu hal yang harus Kamu sadari adalah, tubuh memiliki batas maksimal dalam bekerja. Apabila sudah mulai merasa lelah berlebihan, oleb karena itu sebaiknya untuk rehat sejenak atau menghentikannya. Sebab, jika semuanya tetap dipaksakan maka akan percuma.

Jangan pernah memaksakan diri jika memang tubuh sudah musai merasa sangat lelah. Karena hal tersebut tidak akan membuat proses atau sistem kebut semalam berjalan dengan efektif. Malah bisa menyebabkan Kamu jatuh sakit atau membahayakan kesehatan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara efektif belajar atau menghafal dengan sistem kebut semalam. Jangan sampai ada satupun hal yang terlewat agar semuanya bisa berjalan lancar. Terlebih metode ini memerlukan tubuh yang fit agar tidak jatuh sakit.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini