Bahasa Panda UTBK

Apa Itu Bahasa Panda?

Artikel kali ini akan sedikit unik, karena mempelajari tentang pengertian, sejarah, hingga contoh soal dan pembahasan bahasa panda yang muncul di UTBK 2020.

Hi, guys. Kali ini aku akan membahas tentang ‘bahasa panda’. Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan bahasa panda ini. Tapi, tidak bagi peserta UTBK 2020. Mari kita flashback ke pelaksanaan UTBK tahun lalu, tepatnya pada bulan Juli 2020. Media sosial Twitter diramaikan dengan keluhan peserta yang mengikuti ujian tersebut. Pasalnya, mereka menemukan soal yang sangat membingungkan. Ini dia soal yang sempat viral pada UTBK 2020.

Bahasa Panda UTBK
Soal panda pada UTBK 2020

Lho kok, soal macam apa itu? Bingung ‘kan? Wajar kok kalau kamu bingung. Meskipun bahasa panda udah dimasukkan dalam soal UTBK, tetapi Indonesia masih belum mencantumkan bahasa panda ke dalam kurikulumnya. Artinya apa? Yap, bahasa panda tidak dipelajari di bangku sekolah.

Itulah mengapa bahasa panda masih menjadi momok menakutkan bagi para peserta UTBK. Alih-alih menganalisis soal dengan baik, tak sedikit dari mereka justru mengerjakannya dengan cara menghitung kancing atau bahkan dilewati. Satu soal terlewat atau salah itu ‘kan cukup merugikan ya, guys. Oleh sebab itu, yuk mari pelajari soal bahasa panda!

 

Apa Itu Bahasa Panda?

Bahasa panda merupakan bahasa buatan atau bahasa imajinatif yang memiliki pola logika pada proses pengartiannya. Itung-itung kamu belajar menjadi seorang detektif yang sedang mengartikan kode-kode gitu. Asal mula bahasa panda itu dari mana sih? Apa motivasi orang itu sampai-sampai membuat bahasa gak jelas seperti ini? Bahkan sampai masuk kisi-kisi UTBK.

Dilansir dari BBC News, sejarah bahasa panda bermula saat peneliti dari Pusat Konservasi dan Penelitian China berhasil mengartikan bahasa panda setelah melakukan penelitian selama lima tahun. Seperti bagaimana suara yang dihasilkan panda ketika sedang bahagia, sedih, atau bahkan mencari pasangan. Menurut analisis, panda akan mengeluarkan suara “baa” untuk jantan yang sedang berusaha menarik pasangan dan “chirp” untuk betina yang memberikan respon ketertarikan. Selain itu, mereka juga menganalisis bahwa panda akan memberikan suara “wow-wow” ketika merasa sedih, “gee-gee” ketika mereka merasa lapar, dan berbagai bahasa lainnya yang telah diterjemahkan oleh para peneliti China.

Harapannya dengan mempelajari bahasa panda akan mempermudah pihak konservasionis untuk melindungi hewan, khususnya yang hidup secara liar agar terancam punah. Sejak saat itulah bahasa panda mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, bahkan sampai dijadikan sebagai kisi-kisi dalam UTBK untuk menganalisis soal cerita dan memecahkan kodenya terlebih dahulu.

Cara Mengerjakan Soal Bahasa Panda

Bahasa panda ternyata gampang-gampang susah lho, guys. Susahnya kamu harus bisa membaca dan mengartikan kode terlebih dahulu. Setelah diartikan, pasti dengan sangat mudah kamu bisa menjawabnya. Jadi, yang terpenting adalah kamu harus bisa menerjemahkan bahasa panda tersebut ke dalam bahasa kita. Tipsnya, kamu baca dan perhatikan dengan baik petunjuk atau arahan yang diberikan.

Sebenarnya, kalau dilihat dari tipe soalnya, bahasa panda ini mirip-mirip dengan logika matematika yang mempelajari premis gitu lho, guys. Namun, karena bahasanya aneh dan susah dinalar, sehingga diperlukan analisis terlebih dahulu untuk menerjemahkannya.

Kita ambil contoh soal bahasa panda pada UTBK 2020 lalu:

k = 5

hkxgvgqgn ngyor jgxo ygza jozgshgn ygza?

a. zomg

b. ksvgz

c. ktgs

d. jag

e. rosg

Cara menjawabnya bagaimana? Sekarang perhatikan pertunjuknya, bahwa k = 5. Seperti yang kita ketahui, bahwa huruf ke-5 dalam abjad adalah ‘e’. Berarti huruf k sama dengan huruf e dalam abjad. Lalu, huruf-huruf setelahnya juga mengikuti, l = 6 (f), m = 7 (g), dan begitu seterusnya. Berarti kita udah menemukan petunjuknya, sekarang kita jabarkan petunjuk tersebut.

Contoh soal bahasa panda UTBK

Selanjutnya, kita terjemahkan soal sesuai dengan aturan di atas. Akan menjadi seperti ini:

berapakah hasil dari satu ditambah satu?

a. tiga

b. empat

c. enam

d. dua

e. lima

Jawabannya adalah dua = jag

Mudah ‘kan, guys? Yap, soalnya memang sangat mudah ketika kita tau polanya. Meskipun untuk menerjemahkannya butuh waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan soal lainnya, tapi kalau tidak dikerjakan atau dikerjakan salah ‘kan rasanya rugi gak sih? Jadi, kalau kamu masih punya sisa waktu mengerjakan soal, maka kerjakan soal bahasa panda ini dengan sungguh-sungguh.

Contoh Soal dan Pembahasan Bahasa Panda

Masih kurang dengan contoh di atas? atau masih penasaran sama soal bahasa panda yang super unik ini? Kamu bisa mencoba latihan soal di bawah ini.

Soal 1.

Perhatikan kata-kata di bawah ini!

  • morpirquat artinya rumah burung
  • beelmorpir artinya burung biru
  • beelclak artinya kain biru

Berdasarkan kata-kata di atas, mana yang memiliki arti “pagar rumah”?

a. morpirhunde

b. beelmoki

c. quathunde

d. clakquat

e. beelquat

Pembahasan 1.

Kita pisahkan dahulu satu persatu kata-kata yang terdapat pada poin 1-3.

morpirquat (rumah burung), beelmorpir (burung biru), beelclak (kain biru)

Berdasarkan kata-kata di atas, bisa kita temukan aturan/petunjuk bahwa morpir = burung, beel = biru, quat = rumah, dan clak = kain. Petunjuk lainnya adalah peletakkan artinya dibuat terbalik dari bahasa pandanya (kata pertama menjadi kedua, kata kedua menjadi pertama).

Sekarang kita artikan “pagar rumah”, dari petunjuk bisa kita ketahui bahwa rumah = quat. Letak kata quat berarti berada di urutan pertama, sehingga kata yang memungkinkan adalah C yaitu quathunde.

Soal 2.

Jika kata pendidikan ditulis sebagai pdinndaeik, maka kata nasional ditulis sebagai…

a. siolanas

b. niaaolsn

c. niossnla

d. nsionala

e. lsionana

Pembahasan 2.

Tulis ulang kata pendidikan, lalu ambil tiga langkah huruf secara berurutan mulai dari yang pertama.

(p)en(d)id(i)ka(n)pe(n)di(d)ik(a)np(e)nd(i)di(k)an = pdinndaeik

Dengan cara yang sama, aplikasikan pada kata nasional.

(n)as(i)on(a)ln(a)si(o)na(l)na(s)io(n)al = niaaolsn

Sehingga, jawaban yang tepat adalah B, yaitu niaaolsn.

—–

Sekian dulu penjelasan dari aku mengenai bahasa panda. Buat kamu yang mau mempelajari lebih lanjut mengenai bahasa panda, bisa langsung tonton video di Instagram Zenius di link https://www.instagram.com/p/CCa9IwjB_NO/. Atau bisa juga tonton video yang satu ini: