Contoh larutan asam dalam kehidupan sehari-hari

Larutan Asam: Materi Kimia Kelas 11

Artikel ini menjelaskan tentang larutan asam, mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga jenis dan contohnya.

Hi, guys! Kali ini aku akan membahas tentang larutan. Kamu perlu tau bahwa larutan itu dapat diklasifikasikan sebagai larutan asam, basa, dan netral. Di artikel ini, aku akan membahas seluk beluk larutan asam. Kamu pernah minum jus lemon kan? Bagaimana rasanya? Tentu saja asam, tapi segar banget, apalagi diminum saat cuaca panas.

Contoh larutan asam dalam kehidupan sehari-hari
Lemon termasuk contoh asam dalam kehidupan sehari-hari (sumber gambar: pixabay.com/stevepb)

Nah, jus lemon ternyata termasuk dalam larutan asam lho. Di artikel ini, kamu akan mengetahui apa sih sebenarnya larutan asam itu, apakah hanya sebatas rasa asam? Atau ada ciri-ciri lainnya? Lalu, contoh larutan asam itu apa aja sih? Yuk, langsung aja kita bahas secara tuntas di sini!

 

Apa Itu Larutan Asam?

Larutan asam adalah larutan yang memiliki pH < 7,0, tentu saja sifat dan rasanya asam. Tapi, kamu juga gak boleh asal mencicipi suatu larutan untuk menguji apakah larutan tersebut memiliki rasa asam atau tidak. Hal ini karena larutan tersebut bisa aja bersifat korosif. Kalau ternyata larutan tersebut bersifat korosif, maka kamu bisa terluka lho, guys. Jadi, cara menguji larutan tersebut bisa menggunakan kertas lakmus. Nah, larutan asam ini mengubah warna indikator kertas lakmus biru menjadi merah.

kertas lakmus larutan asam
Larutan asam mengubah kertas lakmus biru menjadi merah

Larutan asam juga ada yang kuat dan ada yang lemah lho. Asam kuat akan benar-benar terurai menjadi ion-ion di dalam air. Karena mereka dapat terurai menjadi ion di dalam air, maka bisa juga menghantarkan listrik atau disebut dengan larutan elektrolit. Wah, keren ‘kan, guys?

 

Teori Asam Menurut Arrhenius

Seorang ilmuwan asal Swedia bernama Svante Arrhenius (1859-1897), menjelaskan tentang bagaimana kekuatan asam dalam larutan air tergantung pada konsentrasi ion-ion hidrogen di dalamnya. Menurut Arrhenius, ion adalah zat yang melepaskan ion H+ di dalam air. Ingat ya, ion H+ lho, guys! Asam dirumuskan sebagai HxZ dalam air dan akan mengalami ionisasi sebagai berikut:

HxZ → xH+ + Zx

Contohnya:

Asam klorida = HCl → H+ + Cl

Asam sulfat = H2SO4 → 2H+ + SO4

Asam asetat (cuka) = CH3COOH → H+ + CH3COO

 

Ciri-ciri Larutan Asam

Sebelumnya, kita udah bahas tentang larutan asam secara umum. Dari penjelasan di atas, bisa diambil beberapa pernyataan mengenai ciri-ciri dari larutan asam. Kamu bisa menyebutkan gak apa aja sih ciri-ciri larutan asam?

  1. Larutan asam menerima pasangan elektron atau menyumbangkan ion hidrogen (H+).
  2. Larutan asam adalah elektrolit, yaitu bisa menghantarkan arus listrik. Kekuatannya tergantung dari banyaknya ion yang dihasilkan. Semakin banyak ion yang dihasilkan dalam air, maka ia termasuk asam kuat, sebaliknya semakin sedikit ion yang dihasilkan, maka ia termasuk asam lemah.
  3. Asam memiliki rasa asam atau sepat. Seperti lemon dan cuka.
  4. Asam mengubah warna indikator kertas lakmus biru menjadi merah.
  5. Asam juga bisa diuji dengan menggunakan fenolftalein yang akan berubah menjadi tidak berwarna.
  6. Asam bereaksi dengan logam aktif untuk menghasilkan hidrogen.
  7. Asam bisa bereaksi dengan basa untuk menghasilkan garam.

Kira-kira ciri lainnya dari larutan asam itu apa ya, guys? Kamu bisa menyebutkannya lagi gak?

 

Kekuatan Asam

Kekuatan asam ditentukan oleh jumlah ion H+ dan derajat ionisasi. Asam yang dilarutkan dalam air akan mengalami reaksi peruraian menjadi ion. Dari situlah bisa ditentukan apakah larutan tersebut termasuk dalam asam kuat atau lemah. Selain itu, kekuatan asam juga bisa ditentukan oleh tetapan kesetimbangannya, yaitu tetapan ionisasi asam (Ka).

Reaksi kesetimbangan larutan asam bisa dituliskan seperti ini:

HA (aq) ⇌ H+ (aq) + A- (aq)

Tetapan ionisasi asam (Ka) bisa dirumuskan sbb:

Ka = [H+][A-] / [HA]

Asam Kuat

Asam kuat adalah larutan yang menghasilkan banyak ion dan terurai sempurna di dalam air. Jadi, derajat ionisasi (α=1). Contohnya adalah HCl, H2SO4, HI, HBr, dan HNO3.

Berikut ini merupakan rumus ionisasi asam kuat:

[H+] = x . [HA]

atau,

[H+] = valensi asam . M

Asam Lemah

Asam lemah adalah larutan yang menghasilkan sedikit ion dan sedikit terurai di dalam air. Karena yang terionisasi hanyalah sebagian, berarti derajat ionisasinya (0<α<1) Contohnya adalah CH3COOH, HF, HCN, dan H3PO4.

Berikut ini merupakan rumus ionisasi asam lemah:

Larutan Asam: Materi Kimia Kelas 11 9

atau,

[H+] =[HA].α

 

Contoh Soal dan Pembahasan

Supaya kamu semakin paham tentang materi larutan asam, aku udah menyiapkan contoh soal dan pembahasan nih.

Soal:

Tentukan konsentrasi ion H+ dalam masing-masing larutan berikut.

  1. H2SO4 0,02 M
  2. CH3COOH 0,05 M jika derajat ionisasinya 1%
  3. H2SO3 0,001 M jika Ka = 1 x 10^-5

Pembahasan:

contoh soal dan pembahasan larutan asam

Seperti yang kita ketahui, bahwa H2SO4 adalah asam kuat, sedangkan CH3COOH dan H2SO3 adalah asam lemah.

———-

Demikian pembahasan mengenai larutan asam. Nah, sekarang kamu udah paham ‘kan sama larutan asam dan rumus ionisasinya? Agar lebih jelas lagi, kamu bisa banget belajar materi larutan asam di video materi Zenius. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu ya, guys. Have a nice day!

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Sistem Periodik Unsur

Macam-macam Zat, Perubahan Fisika dan Kimia

Ikatan Kimia dan Jenisnya