Contoh Resensi Buku

Artikel ini menyajikan contoh-contoh resensi buku, baik fiksi maupun non-fiksi yang akan disajikan secara menarik.

Di artikel sebelumnya kamu udah baca tentang pengertian resensi dan stuktur-strukturnya. Berarti kamu udah tau dong apa itu resensi? Biar kamu makin paham dan terbayang resensi itu seperti apa, aku bakal kasih contoh-contoh resensi di artikel ini. Jadi, simak terus sampai akhir ya!

 

Contoh Resensi Buku Non-fiksi

Buku pertama yang akan aku resensi kali ini adalah buku non-fiksi, yang di mana buku ini adalah catatan perjalanan penulis yang menceritakan pengalamannya selama kuliah di Belanda. Penasaran? Yuk, langsung aja kita baca resensi bukunya!

Contoh resensi buku non fiksi
Buku Cheesy Notes from Holland by Yuhendra

Identitas Buku

  • Judul buku : Cheesy Notes from Holland:Catatan Perjalanan Tak Terlupakan di Belanda
  • Penulis : Yuhendra
  • Penerbit : Diva Press
  • Tahun terbit : April, 2014
  • Jumlah halaman : 240 halaman

Sinopsis Buku

Melakukan perjalanan ke luar negeri, khususnya Belanda merupakan impian bagi banyak orang. Terlebih bisa menempuh pendidikan di sana dengan beasiswa, dan penulis adalah salah satunya. Buku Cheesy Notes from Holland ini mengisahkan tentang pengalaman penulis selama dua kali belajar di negeri kincir angin, yang pertama dalam program short course tahun 2006 dan program master pada tahun 2008. Banyak cerita menarik yang dialami penulis, tentu saja disajikan secara ringan dengan guyonan dan pembelajaran yang bisa diambil dari setiap kejadiannya.

Banyak sekali hal-hal yang diyakini oleh masyarakat Indonesia terhadap bangsa dan negara Belanda, tetapi ternyata anggapan tersebut banyak yang kurang tepat dan jauh dari fakta yang ada. Buku ini dapat dijadikan sebagai refleksi perbandingan dua negara, antara Indonesia dengan Belanda, dari berbagai sisi. Berbagai pengalaman digambarkan dan diuraikan secara apik, sehingga mampu memberikan perspektif lain tentang kehidupan Barat dan perenungan diri agar bisa lebih bijak dalam melihat budaya bangsa Indonesia sendiri.

Kelebihan Buku

Buku ini menggunakan bahasa yang ringan, sehingga siapa pun bisa terhubung dan memahaminya, termasuk kamu. Selain itu, ketika kamu membaca beberapa bagian dari buku ini, kamu akan diajak untuk senyum-senyum sendiri, karena humor-humor garingnya. Buku yang menceritakan pengalaman sekaligus menggambarkan refleksi perbandingan dari kedua negara ini sangat bagus untuk membuka cakrawala baru kita, disertai dengan dokumentasi pribadi penulis yang membuat kamu semakin terbayang suasana yang diceritakannya.

Kekurangan Buku

Pengalaman yang diceritakannya selama menempuh pendidikan di Belanda sudah cukup lama, sehingga mungkin ada beberapa kejadian yang sudah berkembang dan berubah saat ini. Selain itu, karena buku ini menceritakan pengalaman penulis secara singkat, sehingga kadang kurang memberikan gambaran detail kepada pembaca.

 

Contoh Resensi Buku Fiksi

Selanjutnya, aku bakal kasih contoh resensi buku fiksi, yaitu novel best seller versi New York Times yang akan menceritakan sebuah kisah sejarah pada zaman kolonial di Shanghai dan Amerika. Yuk, langsung baca aja resensi bukunya!

Contoh resensi buku fiksi
Buku Shanghai Girls by Lisa See

Identitas Buku

  • Judul buku : Shanghai Girls: Perjuangan sepasang gadis mencari kebahagiaan di tanah Amerika
  • Penulis : Lisa See
  • Penerjemah: Nadia L. Hasan
  • Penerbit : Literati
  • Tahun terbit : 2009 (cetakan asli), April 2011 (cetakan terjemahan)
  • Jumlah halaman : 638 halaman

Sinopsis Buku

Buku ini mengisahkan tentang kehidupan kakak-beradik, Pearl dan May. Kehidupan serba layak dan glamour yang dialami oleh kedua bersaudara tersebut seketika berubah menjadi penuh liku dan penderitaan sejak invasi Jepang ke China. Untuk menyelamatkan mereka dari penderitaan, ayahnya menjodohkannya dengan pemuda-pemuda gunung emas yang berdomisili di Amerika. Sejak saat itulah mereka memulai perjalanannya dari Shanghai untuk mencari kebahagiaan di Amerika.

Buku ini mengambil latar tahun 1937 dan 1957-an. Lewat buku ini, penulis seakan menggambarkan kejadian-kejadian pada masa invasi Jepang ke China tahun 1939, Perang Dunia II, dan Revolusi Komunisme pada 1949. Dengan latar kejadian tersebut, tentu kejadian yang disajikan dalam buku ini mencakup kemiskinan, keputusasaan, perjudian, mafia, pembunuhan, pemerkosaan, dan lain sebagainya.

Selain fakta sejarah, penulis juga membawa kita untuk mengenal lebih dekat tentang adat-istiadat, kebudayaan, hingga pola pikir masyarakat Tionghoa yang dibawakan secara detail dan terstruktur. Buku ini tidak hanya menceritakan dari satu sudut pandang, melainkan dari berbagai sudut pandang para tokohnya, Pearl, May, dan Sam suami Pearl hasil dari perjodohan ayahnya. Untuk cerita di dalam buku ini beberapa tokohnya memang benar-benar ada, namun tidak semuanya diangkat dari kisah nyata, termasuk Pearl dan May sebagaimana halnya alur cerita. Penulis mengisahkan cerita ini dengan sentuhan data-data dan riset terlebih dahulu, sehingga terasa sangat nyata.

Kelebihan Buku

Semua kejadian disajikan secara terstruktur dan menarik, sehingga membuat pembaca selalu penasaran untuk menyelesaikan bagian demi bagian ceritanya. Penulis juga mengisahkan cerita ini disertai data-data dan riset, sehingga ceritanya terasa sangat nyata dan menggetarkan hati. Saat membaca buku ini, kamu akan dibawa untuk flashback ke zaman peperangan yang sangat mengerikan, namun penuh sejarah dan pembelajaran.

Kekurangan Buku

Sayangnya, beberapa istilah dalam buku ini sulit dimengerti dan kurang tepat di masa sekarang ini. Selain karena novel ini adalah hasil terjemahan, waktu kejadiannya juga sudah sangat lama, sehingga banyak istilah yang kurang tepat saat ini, namun tepat pada masanya.

 

Contoh Resensi Buku Pelajaran

Terakhir, aku akan mengajak kamu untuk membaca contoh resensi buku pelajaran. Tanpa basa-basi, langsung aja yuk cek contohnya di bawah ini!

Contoh resensi buku pelajaran
Buku Dasar-dasar Biokimia by Anna Poedjiadi

Identitas Buku

  • Judul buku : Dasar-dasar Biokimia Edisi Revisi
  • Penulis : Anna Poedjiadi dan F.M Titin Supriyanti
  • Penerbit : UI Press
  • Tahun terbit : Mei, 2005 (edisi revisi)
  • Jumlah halaman : 476 halaman

Sinopsis Buku

Buku pembelajaran ini berisi materi-materi biokimia, fungsi organ tubuh yang berhubungan dengan proses kimia, metabolisme, rekayasa genetika, gizi dan kesehatan. Buku ini disusun sebagai bahan bacaan untuk mahasiswa, guru-guru kimia dan biologi, serta semua orang yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses kimia dalam tubuh manusia, bahan makanan dan sumbernya.

Sesuai dengan judulnya, yaitu dasar-dasar biokimia, maka kamu akan diajak untuk mengenal dan memahami dasarnya terlebih dahulu. Penulis yang merupakan seorang profesor dan dosen mata kuliah Biokimia sejak tahun 1973 di Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan MIPA UPI dan  dosen mata kuliah Pendidikan IPA serta Filsafat Ilmu pada Program Pascasarjana UPI Bandung. Buku ini dikemas sebagai buku pembelajaran dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, disertai penjabaran konsep yang membuat pembaca makin mudah memahaminya. Buku edisi revisi ini tidak jauh berbeda dengan edisi pertamanya, secara struktur juga tidak ada yang berubah. Hanya saja untuk edisi revisi ini ada tambahan pokok bahasan Rekayasa Genetika yang ditulis oleh F.M Titin Supriyanti seorang dosen Biokimia dari Jurusan Pendidikan Kimia UPI Bandung.

Kelebihan Buku

Buku ini dikemas dengan bahasa yang ringan disertai dengan penjabaran konsep yang mudah dipahami. Setiap akhir bab juga terdapat latihan soal, sehingga setelah membaca materi, maka pembaca bisa me-review materi tersebut dengan latihan soal-soalnya.

Kekurangan Buku

Buku ini tidak dilengkapi glosarium, sehingga jika terdapat istilah-istilah asing, pembaca harus mencarinya di sumber lain. Selain itu, latihan soal yang diberikan tiap babnya hanya 4 – 5 soal, sedangkan materi yang diberikan cukup banyak, sehingga latihan soalnya kurang mencakup materi.

Nah, gimana nih udah paham belum apa itu resensi buku, guys? Setelah lihat contoh-contohnya, kamu pasti udah kebayang dan bisa bikin resensi buku sendiri, bukan? Jadi, setelah kamu membaca novel atau buku bacaan lainnya, langsung tulis resensinya ya, sekaligus review hasil bacaan dan pemahamanmu akan buku yang barusan kamu baca. Seru lho, guys! Semoga contoh-contoh di atas bisa membantumu dalam memahami apa itu resensi. Have a nice day!

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Tipe Esai dan Ciri-cirinya

Resensi Cosmos by Carl Sagan

Resensi Buku Guns, Germs, and Steel

Contoh Resensi Buku 1

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini