makna tersirat daan tersurat

Makna Tersirat dan Tersurat dalam Teks dan Perbedaannya

Siapa yang punya hobi baca buku buat isi waktu luang? Biasanya, buku apa aja yang elo baca? Novel, komik, dongeng, atau jangan-jangan buku pelajaran?

Selain nonton drama Korea, gue sendiri juga suka baca buku, apalagi novel. Menurut gue, novel membuat kita berimajinasi dan berpikir kreatif.

Nah, ngomong-ngomong soal novel. Elo tahu nggak sih, kalau dalam setiap karya sastra, mereka itu ada makna tersirat dan tersurat?

Hmm … apalagi itu?

Eh, tapi, nggak cuma novel aja, ya. Setiap karya sastra punya dua hal, yaitu hiburan dan pendidikan. Unsur pendidikan ini terwujud dalam pesan yang bisa disampaikan secara tersirat atau tersurat.

Lewat makna tersirat dan tersurat dari suatu tulisan, elo bisa memahami pesan yang ada di dalamnya. Artinya, informasi dalam teks tersampaikan dengan baik.

Sekarang, gue jadi penasaran nih, ada yang tahu nggak apa yang dimaksud dengan makna tersirat dan tersurat? 

Makna tersirat dan tersurat penting banget buat kita pelajari, lho. Karena, dengan tahu makna sebuah teks, kita jadi paham informasi apa yang ingin disampaikan.

Terus, makna tersirat dan tersurat juga penting buat elo yang lagi berjuang UTBK. Soalnya, materi ini sering banget muncul di soal TPS-PV.

Makanya, biar persiapan UTBK-nya semakin lancar, yuk kita bahas bareng-bareng pengertian makna tersirat dan tersurat di bawah ini!

Pengertian Makna Tersirat

Menurut KBBI, tersirat berarti terkandung, tersembunyi (di dalamnya). Jadi, makna tersirat adalah makna yang nggak tertulis secara langsung dan bisa disimpulkan dari keseluruhan isi teks.

pengertian tersirat
Pengertian kata tersirat dalam KBBI. (Arsip Zenius)

Karena makna tersirat sifatnya tersembunyi, nggak heran kalau banyak orang yang memahaminya secara berbeda-beda. Akhirnya, muncul deh makna ganda dari suatu teks yang kadang membingungkan.

Sebenarnya, makna tersirat bisa dibilang mirip sama cara yang elo pakai pas lagi PDKT. Biasanya, elo kasih kode biar gebetan peka, kan? Kode-kode yang elo kasih itu sebenarnya punya makna tersirat di dalamnya. 

Nah, kalau gebetan elo peka, bisa jadi maknanya sampai dengan benar. Tapi, kalau nggak peka-peka, maknanya jadi ambigu, deh. Duh, jadi galau kan!

Eits, tapi jangan jadi galau, ya. Mending, lihat contoh makna tersirat dalam teks di bawah ini.

Sinta adalah anak tunggal dari pasangan Bapak Slamet dan Ibu Rukmini. Saat orang tuanya belum pulang bekerja, dia selalu bermain seorang diri di rumah.

Setelah elo baca, kelihatannya kalimat di atas biasa-biasa aja, ya. Padahal, kalo elo perhatikan lagi, ada makna tersirat di dalamnya. 

Dari kalimat di atas, kita bisa tahu kalau Sinta nggak punya kakak atau adik. Makna tersirat ini kita dapatkan dari pernyataan bahwa Sinta adalah anak tunggal dan nggak punya teman bermain saat di rumah.

Gimana, sudah mulai paham? Lanjut lagi ya, ke contoh makna tersirat yang kedua.

Sepulang sekolah, Bayu berlari kecil sambil bersenandung lagu anak-anak, “Kring-kring Ada Sepeda”. Terlihat tangannya menggenggam selembar kertas bertuliskan angka 100. Setibanya di rumah, Bayu mengucap salam dengan senyum yang lebar.

Dari cerita Bayu, elo sudah menemukan makna tersiratnya? Iya, betul banget. Secara nggak langsung, teks di atas menggambarkan perasaan Bayu yang bahagia setelah mendapatkan nilai ulangan 100. Saking bahagianya, dia ingin cepat-cepat memberitahukan hasil ulangan itu ke orang tuanya.

Wah, seru juga, ya, mencari-cari makna tersirat dalam suatu teks. Sekarang, yuk kita beralih ke makna satunya yaitu pengertian tersurat.

Baca Juga: Homophone: Sama Bunyi, Beda Makna

Pengertian Makna Tersurat

Selain makna tersirat, elo juga harus tahu apa itu makna tersurat. Dalam KBBI, tersurat adalah telah ditulis, tertulis. Jadi, pesan yang ingin disampaikan sudah terlihat jelas dalam teks.

pengertian tersurat
Pengertian kata tersurat menurut KBBI. (Arsip Zenius)

Nggak perlu berlama-lama lagi, langsung aja perhatikan contoh makna tersurat dalam teks berikut ini.

Sejak pagi hari, Pak Dadang sudah bersiap untuk memanen singkong di kebun. Sayangnya, hujan deras tak kunjung reda. Jika memaksakan berangkat, Pak Dadang akan basah kuyup karena tidak punya payung atau jas hujan. Karena itu, dia memilih untuk tetap di rumah dan pergi memanen esok hari.

Berbeda sama makna tersirat, makna tersurat bisa langsung elo dapatkan setelah membaca teksnya. Jadi, apa informasi yang tertulis pada teks adalah makna tersurat yang perlu kita pahami.

Dari membaca tulisan di atas, elo bisa langsung tahu apa informasi yang ingin disampaikan dalam teks. Secara jelas, tertulis kalau Pak Dadang nggak jadi memanen singkong di kebun karena hujan deras. Itulah makna tersuratnya.

Kalau dibandingkan sama makna tersirat, makna tersurat memang lebih gampang. Informasinya bisa langsung elo temukan tanpa harus berpikir dua kali. 

Nah, gue punya sedikit tips biar elo bisa lebih cepat menemukan makna tersurat dari suatu teks. Biasanya, makna ini berhubungan sama unsur 5W+1H. Jadi, kalau elo diminta untuk menuliskan makna tersurat dari suatu bacaan, langsung aja perhatikan unsur-unsur itu.

makna tersurat
Menentukan makna tersurat dalam sebuah teks. (Arsip Zenius)

Eh, gimana-gimana? Gue masih bingung, nih!

Tenang, nggak perlu khawatir. Gue bantu jelasin ya, gimana caranya supaya elo bisa menemukan makna tersurat lewat 5W+1H ini. Coba perhatikan contoh soal mengidentifikasi makna tersurat di bawah ini.

Pada tanggal 11 Februari 2022, Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, meluncurkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum baru ini dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk memulihkan krisis pendidikan pasca pandemi.

Nah, sudah elo baca kan, teks di atas? Sekarang, coba kita bedah satu per satu unsur 5W+1H-nya.

  • Who, siapa yang dibicarakan dalam teks itu? Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim.
  • What, apa yang dilakukan? Meluncurkan Kurikulum Merdeka.
  • Why, kenapa hal itu dilakukan? Terjadi krisis pendidikan pasca pandemi.
  • When, kapan hal itu terjadi? 11 Februari 2022.
  • Where, di mana hal itu terjadi? Nggak ada informasi ini dalam teks.
  • How, bagaimana hal itu terjadi? Menghadirkan Kurikulum Merdeka untuk memulihkan pendidikan.

Oke, unsur 5W+1H sudah terjawab sebagian. Jadi, makna tersurat dari teks di atas yaitu:

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim meluncurkan Kurikulum Merdeka pada tanggal 11 Februari 2022 sebagai upaya untuk memulihkan krisis pendidikan pasca pandemi.

Walaupun dari pengertiannya sudah terlihat jelas, masih banyak orang yang sulit membedakan makna tersirat dan tersurat. Apalagi kalau sudah masuk ke suatu soal.

Biar pemahaman elo tentang makna tersirat dan tersurat ini makin mantap, nih gue kasih tahu apa saja perbedaan keduanya secara lengkap.

Baca Juga: Cara Memahami Makna Dalam Kata Bahasa Indonesia

materi bahasa indonesia

Perbedaan Tersirat dan Tersurat

Tersirat dan tersurat adalah dua kata yang berlawanan. Karena itu, sudah pasti keduanya punya perbedaan yang jelas banget.

Kalau gue sendiri biasanya mengingat-ingat kata dasarnya. Dalam “tersurat”, ada kata “surat” yang bendanya bisa kita lihat secara langsung. Nah, dari situ gue bisa hafal kalau makna tersurat adalah makna yang tertulis langsung di teks.

Elo bisa juga ikut cara gue buat mengingat-ingat pengertian dari makna tersurat. Jadi, ke depannya nggak bakal tertukar lagi.

Sekarang, coba lihat gambar di bawah ini buat lihat perbedaan tersirat dan tersurat secara lebih jelas.

perbedaan makna tersirat dan tersurat
Tabel perbedaan makna tersirat dan tersurat. (Arsip Zenius)

Yeay! Pengertian makna tersirat dan tersurat sudah kita bahas, begitu juga perbedaannya. Sekarang, elo bisa coba kerjakan soal di bawah ini biar semakin terlatih buat menemukan makna keduanya.

Baca Juga: Apa Arti Emoji? Sejarah Perkembangan & Makna di Baliknya

Contoh Soal Makna Tersirat dan Tersurat

Sebelum cek pembahasannya, elo harus coba kerjakan soalnya sendiri dulu, ya. Kalau sudah ketemu jawabannya, baru elo boleh lihat apa jawaban sebenarnya.

Soal 1

Perhatikan potongan percakapan di bawah ini.

Ibu : “Putri, ayo makan! Nasi gorengnya sudah matang.”

Putri : “Iya, Bu.” (Putri berjalan menuju meja makan, lalu menyendok nasi goreng).

Ibu : “Gimana, enak nggak? Atau kurang asin?”

Putri : “Enak kok, Bu. Tapi, aku lebih suka kalau kecapnya lebih banyak jadi manis dan tercium wanginya.”

Ibu : “Ya sudah, besok-besok Ibu tambah kecapnya sedikit lagi, ya.”

Hal utama yang dibicarakan dalam kutipan tersebut adalah ….

  1. Porsi nasi goreng
  2. Rasa nasi goreng
  3. Warna nasi goreng
  4. Bahan nasi goreng
  5. Jenis nasi goreng

Pembahasan

Untuk menemukan jawabannya, kita perlu mencari makna tersirat dalam percakapan. Ada beberapa kata yang menjadi petunjuk makna tersirat dalam teks, yaitu enak, asin, dan manis. Ketiga kata ini menggambarkan rasa dari nasi goreng.

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah (B) Rasa nasi goreng.

Soal 2

Vaksin Sinovac menjadi vaksin Covid-19 pertama yang mendapat izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Makna tersirat dan tersurat dari kalimat di atas adalah ….

Pembahasan

Pertama, kita bisa melihat makna tersuratnya lebih dulu, yaitu Vaksin Sinovac telah mendapat izin dari BPOM. 

Sementara, makna tersiratnya bisa kita lihat dari kata kunci dalam teks, yaitu izin dari BPOM. Karena sudah mendapat izin, artinya Vaksin Sinovac aman untuk diberikan ke masyarakat. Sehingga makna tersirat dari kalimat tersebut adalah Vaksin Sinovac aman digunakan.

Nah, itulah pembahasan kita tentang makna tersirat dan tersurat. Kalau latihan soal di atas masih kurang banyak, elo bisa coba soal try out di sini biar persiapan UTBK-nya makin lancar!

Semangat berjuang di UTBK, Sobat Zenius!

Referensi

Memahami Pesan Tersurat Dan Tersirat – Materi UTBK Zenius

Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia – Agus Trianto (2007)

What is the Difference Between Implicit and Explicit – Pediaa (2019)

Media dan Sumber Belajar – Satrianawati (2018)

Bagikan Artikel Ini!