contoh teks laporan hasil observasi

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

Hi, Sobat Zenius! Pada artikel kali ini gue mau mengajak elo semua buat membahas contoh teks laporan hasil observasi tentang Covid-19, akses media sosial, dan juga angka melek huruf Indonesia (AMH).

Sebelumnya, Sobat Zenius sudah mempelajari materi teks laporan hasil observasi atau teks observasi. Kalau elo belum membacanya atau belum memahaminya dengan baik, elo bisa baca artikelnya di bawah ini, ya.

Teks Laporan Hasil Observasi

Nah, tanpa berbasa-basi lagi, berikut beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa dipelajari bareng-bareng. Simak sampai habis, ya!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang COVID-19

Virus corona atau SARS-CoV-2, merupakan virus yang pertama kali diidentifikasi pada tahun 2019, Wuhan, China, dimana infeksi dari penyakit ini disebut COVID-19.

Dilansir dari corona.jakarta.go.id COVID-19 merupakan penyakit yang dapat menyebabkan gangguan  pada sistem pernapasan dan radang paru yang disebabkan oleh infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). 

Gejala yang muncul beragam dari infeksi penyakit ini juga beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala sampai yang berkomplikasi berat seperti pneumonia atau sepsis atau bahkan bisa tidak bergejala sama sekali.

contoh teks laporan hasil observasi
Sumber: JHU CSSE COVID-19

Meskipun sudah setahun lebih dari virus ini ditemukan, sampai saat ini (per 17 Februari 2021) kasus baru orang yang terinfeksi COVID-19 ini masih berlanjut, bahkan di Indonesia per 17 Februari 2021 terdapat sebanyak 10.029 kasus baru, dengan total lebih dari 1,23 juta kasus.

Dari grafik di atas kita juga bisa menyimpulkan bahwa keadaan tidak kian membaik, atau bahkan semakin parah jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Hal ini membuktikan bahwa baik dari pemerintah terutama dari masyarakat harus bekerjasama dan sangat berperan penting dalam memutus rantai virus ini, agar pandemi ini bisa berakhir. 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Akses Media Sosial 

teks persuasi dan teks deskripsi
Pembuatan contoh teks laporan hasil observasi harus berlandaskan pada data akurat dan terpercaya.

Pada era yang serba digital saat ini, hampir setiap dari kita memiliki dan juga mengakses media sosial, dan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh We Are Social pada Januari 2021, di mana dari total populasi manusia di bumi mencapai 7,83 miliar pada awal tahun 2021, dan 4,66 miliar orang di antaranya menggunakan internet, serta 4,20 miliar dari seluruh populasi manusia merupakan pengguna media sosial atau setara dengan lebih dari 53% dari total populasi dunia.

Dilansir dari Databoks, sebanyak 94% pengguna internet yang berusia 16-64 tahun, mengakses youtube pada satu bulan terakhir (Januari 2021).

Tidak hanya YouTube, mayoritas orang-orang juga mengakses Whatsapp yaitu sebanyak 87,7%, Instagram yaitu sebanyak 86,6%, serta Facebook yaitu sebanyak 85,5%. 

Dari data tersebut bisa kita simpulkan bahwa semakin ke sini manusia semakin terhubung melalui adanya internet dan juga media sosial, baik untuk hiburan, berkomunikasi, dan sebagainya.

Hal ini penting bagi pemerintah maupun pengusaha untuk sekedar branding atau untuk berkomunikasi dengan target audiences mereka, mengingat pengguna internet dan juga media sosial sangat diminati saat ini.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Angka Melek Huruf Indonesia

Selanjutnya, contoh laporan hasil observasi yang berupa kondisi sosial adalah angka melek huruf Indonesia atau AMH. Berikut contoh teksnya.

Angka Melek Huruf atau yang biasa disingkat AMH merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca dan menulis penduduk Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas.

Tidak hanya menggambarkan kemampuan membaca dan menulis, tapi juga menggambarkan tingkat pendidikan dan juga pengetahuan dari penduduk indonesia, demi menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin lebih baik. 

contoh teks hasil laporan observasi
Sumber: Katadata.co.id

Dilansir dari Databoks, kita bisa lihat dari gambar di atas, bahwa di tahun 2019 angka melek huruf mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu 2018, dimana untuk laki-laki meningkat sebanyak 0,55% dan menyentuh 97,48%, dan untuk wanita mengalami peningkatan sebanyak 0,34% yaitu menyentuh 94,33%. 

Dari diagram di atas kita juga bisa melihat bahwa angka melek huruf (AMH) lebih didominasi oleh pria, dengan perbedaan antara pria dan wanita yang melek huruf sebanyak 3,15% di tahun 2019. 

Meskipun angka melek huruf tersebut sudah cukup tinggi, namun masih ada sekitar 2,52-5,67% penduduk yang berusia diatas 15 tahun masih buta huruf atau belum bisa membaca dan menulis, sehingga hal ini masih perlu ditingkatkan lebih baik lagi. 

teks negosiasi
Pembuatan teks observasi bisa dilakukan bersama temanmu demi pengecekan yang lebih akurat (Dok. unsplash.com/gabriellefaithhenderson).

Itu dia beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa elo pelajari. Ketika nanti ada pertanyaan “buatlah contoh teks hasil observasi dengan struktur yang kamu ketahui”, Sobat Zenius bisa memahami struktur dari contoh di atas.

Sobat Zenius juga bisa mempelajari materi teks hasil observasi lebih dalam lagi dengan mengklik banner di bawah ini, ya!

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 17

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 18

Baca Juga Artikel Materi Bahasa Indonesia Lainnya

Jenis-jenis Frasa

Teks Negosiasi

4 Contoh Teks Negosiasi

Originally published: March 3, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!