ilustrasi teks laporan hasil observasi

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi

Artikel ini membahas materi teks laporan hasil observasi atau disebut juga teks observasi, mulai dari pengertian, ciri-ciri, metode melakukan observasi, dan juga struktur dari teks laporan hasil observasi.

Mungkin hal pertama yang terlintas waktu kalian dengar “teks laporan hasil observasi” itu, kayak teks yang digunakan abis meneliti sesuatu. Tapi pernah gak sih kalian pas lagi suka sama orang, kalian jadi suka perhatiin atau bahkan cari tau doi orangnya gimana, kayak suka warna apa, suka makan apa, ulang tahunnya kapan dan sebagainya? Atau buat kaum jomblo kalian juga kalo ngefans sama bias pasti juga suka cari tau fakta-fakta menarik tentang bias, nontonin vlog atau video yang berkaitan dengan bias dan sebagainya? Nyatanya, sadar gak sadar kalian itu lagi melakukan observasi loh. 

Dan berarti melakukan observasi itu tidak sama halnya dengan sekedar liat atau sekedar tau, lebih dalam dari itu observasi identik dengan melakukan pengamatan. Materi mengenai teks laporan hasil observasi ini merupakan materi yang akan kalian temui di mata pelajaran bahasa indonesia kelas 10, dan pada artikel ini kita bakal bahas pengertian, ciri-ciri, metode melakukan observasi, dan juga struktur dari teks laporan hasil observasi. Yuk tanpa berlama-lama kita bahas mulai dari pengertianya dulu!

📌 Artikel ini merupakan bagian dari ragam teks dalam Bahasa Indonesia. Untuk mempelajari jenis teks yang lain, baca artikel berikut: Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Sebelum ke pengertian “teks laporan hasil observasi” secara satu kesatuan, mari kita coba pahami pengertian dari “Laporan” dan juga “observasi” itu sendiri. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata “Laporan” didefinisikan sebagai  segala sesuatu yang dilaporkan atau berita, sementara untuk kata “observasi” diartikan sebagai peninjauan secara cermat. 

Dapat disimpulkan teks laporan hasil observasi atau teks observasi adalah teks pengamatan terhadap suatu objek berupa penjabaran umum mengenai suatu objek yang diamati atau diteliti. Atau secara sederhana, teks laporan hasil observasi adalah laporan atau karya tulis yang disusun secara sistematis berisi laporan kegiatan yang diamati.

ilustrasi teks laporan hasil observasi

Tujuan Teks Observasi

Tujuan dari dibuatnya teks observasi adalah sebagai berikut

  • Mengatasi atau memberikan solusi suatu permasalahan.
  • Mengemukakan atau menemukan teknik atau metode baru.
  • Sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.
  • Mengawasi atau memperbaiki suatu objek atau metode yang sudah ada.
  • Menginformasikan perkembangan yang sedang berjalan.

Fungsi Teks Observasi

Setelah mengetahui mengenai tujuan, sekarang berikut fungsi dari teks observasi

  • Sesuai namanya, yaitu berfungsi melaporkan hasil pengamatan dari suatu kegiatan atau penelitian.
  • Menjabarkan fakta dan informasi di balik solusi atau keputusan yang diberikan atas topik yang diteliti.
  • Sebagai sarana dokumentasi suatu kegiatan atau penelitian. 
  • Sebagai sumber informasi yang faktual atau berdasarkan fakta.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

ilustrasi teks laporan hasil observasi
Sumber gambar: William Iven/Unsplash.com

Biar kalian semakin mudah untuk membedakan seperti apa itu teks laporan hasil observasi, ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut

  • Seluruh informasi bersifat objektif.
  • Data maupun informasi yang digunakan merupakan fakta yang nyata adanya.
  • Dapat dipertanggungjawabkan dan dibuktikan kebenarannya (valid).
  • Pengamatan dan juga hasil pengamatan disusun secara sistematis. 
  • Peninjauan dilakukan secara cermat dan teliti.

Sifat Teks Observasi

Teks Observasi sendiri memiliki beberapa sifat, yaitu:

  • Informatif, menyajikan atau memberikan informasi yang berguna atau sesuai kebutuhan pembacanya.
  • Komunikatif, agar isi laporan mudah dimengerti dan informasi yang disajikan dapat dipahami dengan baik, biasanya teks observasi menggunakan kalimat dan juga kata yang membuat seakan-akan kita berkomunikasi dengan teks tersebut.
  • Objektif, teks observasi tentunya harus faktual karena disusun berdasarkan penjabaran fakta, dan informasi.

Metode yang Digunakan dalam Melakukan Observasi

Berikut beberapa metode yang dapat digunakan dalam melakukan observasi

  • Melakukan observasi dengan berbentuk tes.
  • Melakukan observasi dengan menyebarkan kuesioner.
  • Melakukan observasi dengan wawancara langsung.
  • Melakukan observasi dengan mengambil atau merekam kondisi atau fenomena yang ada yang berkaitan dengan topik yang diteliti.
  • Melakukan observasi langsung di lokasi.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pada dasarnya teks laporan hasil observasi memiliki struktur yang serupa dengan laporan ilmiah pada umumnya yaitu berupa pendahuluan, isi atau pembahasan, dan simpulan. 

1. Pendahuluan

Berisi mengenai latar belakang kenapa memilih topik tersebut sebagai observasi, tujuannya, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan.

2. Isi atau Pembahasan

Pada bagian isi atau pembahasan merupakan bagian bagian yang berisi pokok pembahasan dari observasi yang dilakukan, seperti menjelaskan sejarahnya, kegunaannya, fungsinya dan,hal-hal yang terkait diiringi oleh fakta-fakta dari topik observasi, hal ini bisa berupa gambar, tabel, grafik, dan lain-lain.

3. Kesimpulan

Berisi hal-hal yang mewakili unsur-unsur penting dalam kegiatan laporan hasil observasi, seperti apa yang ditemukan, dan tidak boleh ada unsur opini.

Nah kurang lebih itu guys mengenai teks laporan hasil observasi, dan biar kalian belajarnya gak setengah-setengah sekaligus menjadi gambaran kayak apa sih teks laporan hasil observasi itu, kalian bisa lihat dan pahami contohnya pada artikel contoh teks laporan hasil observasi.

Selain itu, buat kalian yang mau pembahasan materi ini dalam bentuk video singkat dan dibahas oleh tutor zenius yang kece kalian bisa akses di materi teks observasi secara gratis loh! Sekian ya guys, semoga artikel ini membantu kalian dalam belajar, Semangat!

Lihat Juga Proses Belajar ala Zenius di Video Ini

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika!

Untuk menjawab soal-soal tentang soal matematika lainnya, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.

Gue juga ada info menarik kalau Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi 9
Bagikan Artikel Ini!