About Chintya Kusuma Dewi

Find more about me on:

Here are my most recent posts

Materi Fisika SMA: Hukum Gravitasi Newton

Artikel ini membahas materi fisika beserta contoh soal mengenai hukum gravitasi newton, medan atau percepatan gravitas, dan hukum kepler. Siapa sih yang gak kenal sama Newton? Namanya bahkan dijadikan sebagai satuan besaran gravitasi yaitu Newton yang biasa disingkat N. kalo kalian pasti pernah denger atau pernah baca mengenai awal mula Newton menemukan dasar pemikirannya mengenai hukum gravitasi? Yap, karena Dia melihat buah apel jatuh dari pohonnya, terdengar alasan yang sederhana …

Materi Kimia: Sistem Periodik Unsur

Artikel ini membahas materi kimia tentang sistem periodik unsur, termasuk perkembangan sistem periodik unsur, dan metode pengelompokkan sistem periodik unsur. Setelah kenalan sama yang namanya “Tabel Periodik”, pernah gak si kalian penasaran kenapa susunannya kayak gitu? Kenapa gak sesuai alphabet aja biar gampang di hafal? Nah, pada artikel ini kita akan emngkuak bersama mengenai sistem periodik unsur, termasuk perkembangan sistem periodik unsurnya nih guys! Pada dasarnya sistem periodik unsur itu …

Materi Kimia: Struktur Atom

Artikel ini membahas materi kimia tentang struktur atom, termasuk partikel dasar struktur atom, nomor atom dan nomor massa, isotop, isobar, dan isoton, serta sususan elektron dalam atom. Kalian pernah liat kapur? Pernah gak si kalian iseng patah in kapur tulis itu jadi beberapa bagian, bahkan sampai ke kondisi dimana kapur tersebut udah gak bisa dibagi lagi, nah inilah yang dinamakan atom, yaitu kondisi terkecil dan tidak bisa terbagi lagi namun …

Kenalan Sama Jurusan Baru Vokasi UI

Artikel ini membahas materi tentang jurusan baru pada studi pendidikan sarjana terapan (D4) di Vokasi UI tahun ajaran 2021/2022. Kabar gembira untuk kita semua, tapi kali ini bukan karena kulit manggis ada ekstraknya, tapi karena Vokasi UI menghadirkan jurusan baru pada tahun ajaran ini yaitu tahun ajaran 2021/2022. Mungkin beberapa dari kalian belum kenal sama “apa sih vokasi itu?” so di artikel ini kita bakal jelasin nih mengenai program pendidikan …

Pembahasan Materi Kimia: Sifat Periodik Unsur

Artikel ini membahas materi tentang sifat periodik unsur yaitu jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas atom, elektronegativitas, sifat logam dan non logam, keasaman, kereaktifan, serta titik leleh dan titik didih. Kalian pasti gak asing kan sama gambar tabel diatas? Bahkan mungkin beberapa dari kalian udah hafalin kan? Nah di artikel ini kita bakal bahas sifat periodik unsur, dimana ternyata sifat periodik unsur itu berhubungan erat dengan letak penempatan unsur tabel periodik …

Materi Unsur Pembangun Puisi

Artikel ini membahas materi tentang unsur pembagun puisi yang mencakup unsuk intrinsik dan unsur ektrinsik. Pernah gak si kalian denger atau baca puisi yang bagus banget, sempe mikir “kok bisa ya dia sepuitis itu?” entah karena maknanya yang bagus, atau karena pemilihan kata-katanya yang indah atau mungkin malah karena keduanya. Itulah kenapa mengetahui dan menerapkan unsur pembangun puisi itu penting guys.  Diluar dari kemampuan seorang penyair membuat puisi, unsur-unsur yang …

Materi Bahasa Indonesia: Jenis-jenis Frasa

Artikel ini membahas materi tentang pengertian, ciri-ciri, dan jenis-jenis frasa. Banyak dari kita mungkin berekspektasi kalo pelajaran bahasa indonesia itu bakal mudah dimengerti dan dipahami? Mungkin kalian mikir kayaknya kita jarang ya pake “frasa” dalam berkomunikasi pake bahasa indonesia. Kalo menggunakan kata “frasa” di kehidupan sehari-hari mungkin emang jarang guys, tapi penerapan materi frasa di keseharian kita itu sebenarnya sering banget.  Itulah kenapa, memahami penggunaan konsep frasa dalam penggunaan bahasa …

Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Artikel ini membahas materi tentang pengertian materi larutan elektrolit dan non elektrolit, elektrolit senyawa ion dan kovalen polar, derajat ionisasi, dan penerapan larutan elektrolit. Pernah denger istilah larutan elektrolit dan non elektrolit gak sih guys? Kalian penasaran gak sih guys kenapa listrik bisa mengalir di air? Atau mungkin kalian pernah ngerasain pas rumah kalian kebanjiran, lampu atau listrik rumah kalian justru malah dimatiin sama pihak PLN? kenapa coba, emangnya air …