PAT atau Penilaian Akhir Tahun Dulu dan Sekarang

PAT Dulu dan Sekarang Serta Hikmahnya Saat Ini Terhadap Siswa

PAT dulu dan sekarang memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Penyebab utamanya tak lain adalah mewabahnya Covid-19 yang bisa menjadi ancaman bagi setiap individu, sehingga membuat banyak pekerjaan harus dilakukan dari rumah termasuk pembelajaran sekolah.

Baca Juga: Bijak Menghadapi PAT di Masa Pandemi dan Kiat yang Harus Dilalui

PAT Dulu dan Sekarang

Pelajar angkatan terdahulu tepatnya di bawah tahun 2020 masih merasakan udara kebebasan dalam belajar mengajar di kelas. Termasuk dalam mengikuti setiap rangkaian ujian, namun di masa seperti sekarang hal tersebut harus dihindari lebih dulu. Perbedaan PAT dulu dan sekarang sebagai berikut.

PAT atau Penilaian Akhir Tahun Dulu dan Sekarang
PAT atau Penilaian Akhir Tahun Dulu dan Sekarang

1. Penyebutan Istilah Berbeda

Kegiatan ujian yang dilakukan saat ini disebut dengan penilaian atau yang memiliki istilah diantaranya seperti PTS, PAS dan PAT. Penilaian tersebut dilaksanakan berdasarkan satuan semester dan tengah semester. Berbeda dengan istilah lama adalah UTS, UAS dan UKK (Ujian Kenaikan Kelas).

Penyebutan istilah yang berbeda membuat siswa dan tenaga pendidik mampu menyesuaikannya dengan mudah. Hal ini juga berhubungan dengan peraturan Menteri Pendidikan yang berbeda dari sebelumnya. Meski demikian fokus utamanya adalah pada proses pelaksanaan.

2. Metode Pengambilan Nilai

Jika dulu pengambilan nilai hanya dijatuhkan dari hasil ujian tulis, namun tidak demikian dengan PTS, PAS dan PAT. Pada metode metode pengambilan nilai dilakukan berdasarkan beberapa kriteria yang dirasa lebih bijak mengingat kondisi yang belum stabil.

Adapun cara-cara dalam pengambilan nilai dilakukan berdasarkan hasil nilai rapor, penilaian sikap dan perilaku siswa, penugasan dan penilaian secara daring luring maupun keduanya. Dalam hal ini hal pokok yang ditanamkan adalah pembelajaran yang bermakna, bukan lagi semata pementasan kurikulum.

3. Ujian Kesetaraan atau Ujian Nasional

Pada periode sekarang ujian kesetaraan atau Ujian Nasional ditiadakan bagaimana kebijakan langsung dari Menteri Pendidikan. Ujian nasional yang menjadi suatu keharusan dan puncak dari perjalanan 3 atau 6 tahun tidak lagi menjadi penentu kelulusan.

Kesetaraan itu diubah menjadi metode pengambilan nilai pada penilaian akhir tahun, tempatnya dengan memperhatikan nilai pada 5 semester terakhir serta didukung dengan ujian secara daring maupun luring, dan penugasan lainnya.

Baca juga artikel di bawah ini

Siap Hadapi PTS dan PAS Bersama Zenius Optima

Kumpulan Latihan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) SMA Semester Ganjil

Persiapan PTS Semester Ganjil untuk SMA

Latihan Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester Ganjil dan Pembahasannya

Contoh Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester Ganjil

Soal-soal Buat Pemanasan PTS Sosiologi Kelas 10 SMA

Hikmahnya Metode Pembelajaran Saat Ini Terhadap Siswa

Banyak hal yang tidak bisa diprediksi di masa yang akan datang. Bahkan tak seorang pun mengharapkan wabah ini mengganggu kehidupan bumi. Akan tetapi semuanya tetap harus dilewati, meski suasana belajar tidak seseru yang dulu. Namun dibalik itu semua terdapat beberapa hikmah sebagai berikut.

1. Memaknai Arti Kebersamaan dengan Lebih Kental

Setelah harus dipisahkan oleh jarak, maka hal ini memberi penyadaran tentang arti kebersamaan bersama teman maupun belajar dengan guru di sekolah. Akan membantu memberikan semangat bagi para siswa untuk memaksimalkan belajar di rumah dengan prosedur baru yang ada.

Banyak pihak akan disadarkan bahwa belajar lebih dari sekadar menyampaikan materi dari pendidik pada siswa. Namun juga merupakan rasa cinta dari guru terhadap muridnya, serta begitu besar arti guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

2. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi dan Memanfaatkannya dengan Lebih Baik

Dengan adanya sistem pembelajaran dan penilaian secara online maka hal ini mendukung semua pihak untuk memaksimalkan penggunaan teknologi serta memanfaatkannya pada hal-hal yang positif. Terdapat lebih banyak pengetahuan baru yang juga bertambah.

Teknologi juga bisa menjadi alat bantu pendampingan belajar, meskipun tidak dilakukan secara langsung oleh tenaga pendidik melainkan melalui sarana digital. Selain itu pelaksanaan sekolah juga bisa dilakukan secara lebih fleksibel.

3. Memberi Peluang Untuk Memperdalam Minat dan Bakat

Waktu lebih banyak yang dimiliki oleh siswa dapat dimanfaatkan untuk memperdalam minat dan bakat secara terarah. Peluang ini akan membantu menggali potensimu secara lebih luas, namun tetap penting untuk memperhatikan manfaat hasil kebaikan dari mana tersebut.

Bahkan hal ini mungkin menjadi suatu momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah sebelumnya sulit sulit untuk mendapatkan waktu tersebut karena padatnya kegiatan sekolah dan aktivitas lainnya.

4. Memutus Rantai Penyebaran Virus

Salah satu hikmah utama adalah terputusnya rantai penyebaran virus Covid-19 yang semestinya juga berlaku diimbangi dengan pola hidup sehat serta menghindari kerumunan lainnya. Setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama dalam hal ini.

Dengan sikap disiplin terhadap protokol kesehatan dan penjagaan pola hidup sehat, diharapkan kondisi dapat segera membaik. Sebagaimana hal yang diharapkan oleh semua orang termasuk para siswa untuk bisa berkumpul dan belajar kembali di sekolah.

Prosedur Pelaksanaan PAT

Dalam pelaksanaannya penilaian akhir tahun memiliki prosedur tertentu serta dapat dikategorikan sebagai syarat terlaksananya penilaian. Diantara syarat dan prosedur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Penilaian Berdasarkan Evaluasi Nilai Rapor

Hasil evaluasi pada nilai rapor sebelumnya menjadi salah satu penentu terhadap penilaian akhir tahun. Hal ini diambil berdasarkan beberapa nilai pada semester sebelumnya. Nilai portofolio juga termasuk pada nilai prestasi seperti perlombaan yang diikuti atau sejenisnya.

Nilai tersebut kemudian dapat diakumulasikan serta menempati beberapa persen untuk keseluruhan. Adapun pada tingkat SMA, nilai diambil berdasarkan hasil rapor pada 5 semester sebelumnya.

2. Penugasan

Penugasan yakni hasil pengumpulan tugas yang nilainya akan dimasukkan sebagai bahan pertimbangan kelulusan. Penugasan ini bersifat umum yakni dapat berupa tugas dan evaluasi harian, serta bentuk lainnya untuk penilaian diluar kegiatan ujian.

Adapun waktu pemberian tugas juga disesuaikan dengan materi yang baru dipelajari serta atau berdasarkan kebijakan para pengajar. Tugas yang diberikan tak hanya semata untuk nilai namun juga sebagai bahan pembelajaran bagi siswa.

3. Tes Daring dan Luring

Tes menggunakan dalam jaringan diperuntukan secara umum. Hal ini dilakukan dengan mengikuti ketentuan tes dan dilakukan pada waktu yang bersamaan serta diperuntukkan untuk berbagai wilayah yang memungkinkan akses internet.

Sedangkan luring dapat dijadikan alternatif pilihan untuk beberapa daerah yang belum mendukung pelaksanaan online, ataupun sedang berada dalam zona hijau. Dengan demikian tingkat penularan yang rendah memungkinkan pembelajaran atau ujian secara tatap muka.

4. Penilaian Dengan Ketentuan dari Sekolah

Pihak sekolah juga berwenang untuk menentukan ujian atau penambahan nilai dengan ketentuan tersendiri. Namun hal ini sekiranya perlu untuk diputuskan berdasarkan kesesuaian dengan situasi dan tidak bergesekan dengan ketentuan umum dari pemerintah.

Adapun penilaian ini dapat dengan mengumpulkan tugas tambahan bagi siswa yang kekurangan nilai, atau penilaian tambahan untuk mengisi kriteria dari materi lainnya. Hal ini bisa langsung dikomunikasikan pihak sekolah kepada siswa guna pelaksanaan.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Itu tadi ya informasi tentang PAT dulu dan sekarang, hikmah dibalik pengujian dengan sistem daring, dan empat prosedur pelaksanaan penilaian akhir semester. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua ya, kalau kamu ngerasa ada yang kurang dari artikel ini, langsung aja komen di bawah ini ya, siapatau ada informasi yang orang lain belum tau, tapi kamu tahu, lho!

Bagikan Artikel Ini!