Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 73

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018

Artikel ini berisi kumpulan cerita perjuangan dan strategi para pembelajar Zenius yang berhasil lolos di jalur undangan SNMPTN 2018.

Halo guys.. Gimana nih pengumuman SNMPTN Undangannya 17 April kemarin? Kayaknya lagi ada yang berbunga-bunga dan masih ga nyangka keterima lewat jalur undangan ya. Buat yang udah berhasil masuk ke kampus impiannya lewat jalur SNMPTN Undangan, gue ucapkan selamat menempuh babak baru dalam hidup lo! Buat yang masih belum beruntung, gue harap seluruh persiapan lo menghadapi ujian tulis SBMPTN nanti udah mateng ya. Tetap semangat!

Seperti biasa, setelah pengumuman SNMPTN kemarin, socmed Zenius pasti dibanjiri mention sumringah dari para murid Zenius yang berhasil lolos.

Ga lupa juga, Zenius menyebarkan survei terkait hasil pengumuman SNMPTN. Nah, dari 130 responden yang mengisi survei tahun ini, ada 8 cerita menarik dari para pengguna Zenius yang layak buat di-share ke lo semua.

Mereka-mereka ini bukanlah anak kemarin sore yang baru kenal Zenius. Mereka udah punya kesadaran belajar sejak dini, mulai dari kelas 10 SMA bahkan dari SMP. Walaupun mereka udah belajar sungguh-sungguh dari awal, hebatnya mereka ga terlalu ngarep dengan jalur SNMPTN ini lho. Mereka ngerti betul battleground yang akan mereka hadapi di kelas 12 dari jauh hari. Mereka tau banget kalo SNMPTN ini adalah jalur PHP, jadi jangan terlalu ngarep. Kalo keterima, anggap aja bonus. Mereka pun sebenarnya udah fokus belajar SBMPTN dari kelas awal kelas 12. Tapi ternyata jerih payah mereka selama 3 tahun terakhir dihadiahkan bonus dari SNMPTN. Sekali lagi selamat ya..

Oke deh, langsung aja kuy kita simak cerita temen-temen seperjuangan atau kakak-kakak kelas lo semua yang berhasil tembus di SNMPTN Undangan 2018! Kalo ada di antara lo yang kebetulan ngejar satu fakultas sama dengan mereka-mereka di bawah ini, gue udah cantumin link ke Instagram mereka supaya lo bisa dengan mudah ajakin kenalan. 😉

Terhitung sejak tanggal 1 Mei 2019, penjualan lini produk Xpedia 2.0 sudah berakhir. Kamu bisa menemukan produk Zenius yang lainnya di situs zenius.net dan unduh aplikasi Zenius untuk pengguna Android.

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 74

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 75Muhammad Irfan Wicaksono

SMA Al Kautsar Bandar Lampung
Fakultas Teknologi Industri – Institut Teknologi Bandung
Instagram: @mirfanwicaksono
Belajar bareng Zenius sejak kelas 10 SMA

“Gue mulai tertarik dengan Zenius ketika membaca artikel tentang rumus Phytagoras. ‘Iya juga, itu rumus dateng dari mana tau2 ada…’ And I love that thing. Gue pun mulai mencoba Zenius yang katanya belajar make konsep. Voila! Gue ngerti banget itu Matematika dan Fisika. Bahkan nilai Matematika dan Fisika gue ga jauh-jauh dari 95 di rapor hahaha. Bahkan semester 4 dan semester 5 seharusnya nilai rapor Matematika gue 100!! Pokoknya keren banget deh konsepnya!”

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 76Andika Mardianto

SMA Negeri 3 Kotabumi
Teknik Kimia – Institut Teknologi Sumatera
Instagram: @andikamardianto
Belajar bareng Zenius sejak kelas 11 SMA

“Sebelumnya makasih banget buat Zen yang udah rela nemenin belajar sampek malem-malem. Coba aja guru di sekolah kayak kakak-kakak Zen semua, pasti gua bakal lebih tertarik belajar dari kelas 1.

Curhat soal sekolah bentar ya. Di kelas 1 itu gua hampir gak pernah belajar. Jujur nih, selama kelas 1, Fisika yang diajarin guru gua tuh gak nyampek 4 bab. Biologi, gurunya nyuruh nyatet (nyalin buku lebih tepatnya) trus presentasi. Kimia? Ah sudahlah, kami yang baru kenal kimia ini langsung enek denger namanya. Matematika? Hmm menarik, buat grafik trus sampek lupa itu grafik apaan. Pokoknya kelas 1 itu bener-bener gila, gak ada yang namanya belajar di kamus gua.

Kelas 2 gua mulai sadar. Gua dulu kan SMP juara umum (di desa), masak sih jadi sebego ini?! Akhirnya gua nemuin Zenius secara gak sengaja dari page Facebook Zenius Education. Dari situ gua mulai nyari-nyari tau tentang Zen. Dan bertemu dengan Zenius Blog yang isinya gokil. Mulai deh gua nonton video-video belajar di zenius.net, dan menarik banget njir.

Sampek akhirnya gua yang ongok-ongok di Kimia pas kelas 1, malah bisa dapet Juara 1 Olimpiade Sains Kota/Kabupaten (OSK) dan hampir lolos ke tingkat nasional. Nilai gua pun meningkat signifikan di kelas 2 sampek semester 5 kemaren. Tapi yang paling gua dapet adalah apa yang gua pengen sebenernya, ilmu yang dalem. Love you Zen.”

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 77Iztya Fadhliaty

SMA Negeri 34 Jakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – Universitas Indonesia
Instagram: @tya_fadhli
Belajar bareng Zenius sejak kelas 10 SMA

“Ngerasain banget manfaat dari Zenius ini! Pake Zenius dari kelas 10. Waktu itu, aku sebagai anak IPS, dapat pelajaran lintas minatnya Fisika & Biologi. Wah luar biasa karena di sekolahku pake Kurikulum 2013, kita dituntut untuk mencari info sendiri. Menjelang ulangan Biologi, gue pelajarin materi tentang Virus dari zenius.net karena bener-bener nge-blank dan gurunya gak ngajarin banyak. Alhamdulillah, ternyata materinya banyak keluar dari zenius dan aku bisa dapet nilai di atas KKM, padahal waktu itu yang dapat nilai di atas KKM cuma beberapa anak doang.

Terus di kelas 12,  zenius ngebantu banget selama belajar persiapan UN. Akhir Desember, aku baru ngebut belajar Ekonomi buat UN (karena mapel peminatan UN pilih eko), padahal aku sama sekali buta banget sama Ekonomi dan nilai selalu pas-pasan. Pas liburan, disempet-sempetin belajar Ekonomi lewat zenius buat ngejer materi yang luar biasa banyak karena di kelas 10-11 gak ada ilmu Ekonomi yang masuk sama sekali, ulangan sekedar ulangan, abis itu lupa materi. Walaupun udah beli buku kumpulan soal UN & pembahasan, rasanya kurang sreg aja gitu karena kadang-kadang ada yang salah kunci jawaban/pembahasan, akhirnya tetep balik ke zenius lagi.

Terima kasih zenius udah nemenin belajar selama SMA sampe akhirnya keterima kuliah lewat jalur undangan!”

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 78M. Hajjrol Dava

SMA Kesatrian 2 Semarang
Teknik Geologi – Universitas Diponegoro
Instagram: @abusugar_
Belajar bareng Zenius sejak kelas 10 SMA

“Gue itu siswa perantauan, lahir di Bengkulu, besar di Kalimantan Timur, dan pada akhirnya pas SMA gue memutuskan untuk merantau ke pulau Jawa. Orang tua gue masih tinggal di Kaltim. Walau berpisah dengan orang tua, tekad gue sudah bulat bahwa gue pengen kuliah di PTN favorit tanah Jawa. Gue rela merantau sendiri di Jawa, nge-kost, makan mie, dll *hehe

Mulai kenal Zen itu sejak kelas 10 Semester 1. Dan pada saat itu juga gue ngebujuk orang tua gue dan meyakinkan mereka bahwa gue pasti bisa memanfaatkan dengan baik paket Zenius Xpedia 2.0. Singkat cerita, gue dibeliin Xpedia oleh ortu..

Gilllaaaa itu yang namanya konsep enak banget nyantolnya …. Matematika? Fisika? Kimia? Ngerti konsep mah lewatt. Dan gak diduga, waktu kelas 10 gue diajak sama guru Fisika gue ikut OSK, gilaaa gue kaget banget.. Walaupun akhirnya gue gagal di OSK, setidaknya gw sudah pernah merasakan atmosfer Olimpiade. Terus berlanjut semester ke semester, rutinitas di kost: makan, belajar, tidur, makan, belajar, tdur.. Gitu terus dan Alhamdulillah gw ga pernah keluar dari 5 besar. Hehe..

Nah waktu pengumuman SNMPTN, gue sih sebenarnya ga terlalu berharap sama SNMPTN, soalnya gue masih ingat banget kata bang Sabda untuk fokus SBMPTN. Kalau keterima SNMPTN anggap bonus belajar kalian….

Dannnn BOOOOOMMMM !!!!!!! Gue keterima di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Geologi – Universitas Diponegoro. Itu gue langsung bersyukur banget berterimakasih kepada Allah SWT. And Zennnn, you are the bestttt. Pokoknyaa gilaaa deh Zen memang TOPPP BANGET… Makasih Zen makasih banyak, berkat lu, gw bisa sampai sini hehe… SUKSES SELALU ZENN… Terbaik lah!”

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 79Dian Anggraini

SMAS Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Gadjah Mada
Instagram: @dnggrn
Belajar bareng Zenius sejak SMP

“Keren parah. Aku udah make Zenius dari kelas 9 SMP. Dan jujur aja, Zenius itu lebih dari sekedar bimbel online. Zenius bener-bener membuka perspektif baru selama ini. Mulai dari konsep belajar yang bener sampai gimana caranya nerapin ilmu itu ke kehidupan sehari-hari. Jadinya, belajar itu bukan suatu beban kewajiban, tapi sebagai hal yang diGEMARI. Gila ya, ngonsep banget dah Zenius kalo ngajar, soal mau diutak-atik kaya gimana pun, aku jadi bisaa. Kalo aku lagi ga ngerti tentang suatu materi, tinggal buka zenius, besoknya lancar jaya. wkwkwk. Zenius keren banget lah pokoknya.”

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 80Muhammad Alvan Atthoriq

SMA Negeri 7 Depok
Fakultas MIPA – Institut Teknologi Bandung
Instagram: @m_alvanth
Belajar bareng Zenius sejak kelas 10 SMA

“Zenius buat gue pribadi tuh almost everything lah dalam hal pendidikan yaa. Doi yang selalu nemenin gue di kala nilai gue bagus atau jelek, otak gue lagi waras atau engga. Intinya Zenius selalu ada buat gue selama 2 tahun terakhir.

Pengalamannya sama zenius nih (sebenernya banyak tapi ini yang paling gw inget). Jadi dulu tuh di kelas 11 pas pelajaran Matematika, ada ulangan bab Peluang. Gue belajar bab ini pure make Zenius doang, gue dengerin tuh semua video belajar bab Peluang di zenius.net yang kak Wisnu jelasin. Nah pas ulangan, orang-orang pada bilang susah. Gue akuin sih soalnya lumayan ribet, tapi karena gue bener-bener nguasain konsepnya gw dengan mudahnya membuat rumus rumus ala gue :v. Akhirnya, di ulangan itu gue dapet nilai sempurna di kala seangkatan pun sedikit banget yang di atas KKM. Di sini gue bener bener merasakan pentingnya KONSEP ketimbang cuma NGAPALIN.

Kalau pilihan jurusan pas SNMPTN sendiri, gue sengaja milih PTN yang mustahil tembus (buat sekolah gue) biar ga perlu sibuk sendiri berharap sama itu sehingga bisa fokus belajar buat SBMPTN. Saat gue lagi fokus fokusnya buat SBMPTN, ternyata Tuhan berkehendak lain. Gue akhirnya menjadi orang pertama dari sekolah gue yang menjadi mahasiswa ITB!

Di sini sih gue cuma ingin menekankan ke siapapun yang baca ini (yang belum lulus SMA tentunya), jangan deh lo sekali- kali berharap sama jalur GAIB kaya beginian. Gw ga tau lagi si gimana rasanya saat lu udah berharap banget sama sesuatu eh gadapet, wadadaw NYESEK BANGET WOIIII!!! Mending lo kaya gue: daftar, lupakan dan langsung fokus banget belajar SBM. Pas lagi fokus fokusnya dan udah lupa kalo daftar SNM, eh dikasih bonus keterima SNM hehehe Aamiin… Percaya sama gue, USAHA TIDAK PERNAH MENGHIANATI HASIL.”

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2018 81Arya Bandoro

SMA Negeri 55 Jakarta
Fisika – Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Instagram: @aryabandoro
Belajar bareng Zenius sejak SMP

“Okeee zenn, makasih bangettt udah ngebuka mind set gue soal pelajarann. Sekarang Alhamdulillah gue diterima di ITS.

Gue sebenernya bukan anak yang pinter, tapi gue kemotivasi banget ama kata-kata bang Sabda. Gue inget motivasi dia di salah satu video di Zenius Learning. Di situ bang Sabda cerita kalau ada muridnya yang awalnya nilai try out SBMPTN-nya cuma 17 (kalo nggak salah), tapi akhirnya bisa masuk ITB. Abis itu gue langsung mikir kalo siapa pun itu bisa jadi pintar asal ada kemampuan dan doa yang nyertain. Akhirnya gue belajar dari Zenius dan Alhamdulillah nilai gue terus naik dari semester 1 sampai 5. Makasihh zennn udah nemenin gue belajar dari gue SMP. Dan nemenin gue belajar di kelas 10 pas gue lagi sekolah sore karena sekolah gue lagi dibangun. Gue bakal ceritain Zennn jasanya ke keluarga dan anak gue nanti wkwkwkkwkk.

Dan satu lagi zen, buat bang Wisnu, terima kasih bang udah ngubah mindset gue tentang Fisika, dari yang awalnya nggak bisa bener-bener Fisika sampe suka banget sama fisika dan masuk jurusan Fisika!”

****

Buat lo yang mau baca testimonal lengkap dari semua responden yang udah mau meluangkan waktu mengisi survei Zenius, sok download aja file PDF di bawah ini:

>> Kompilasi Lengkap Testimoni Murid Zenius yang Lolos SNMPTN 2018 (PDF) <<

Baiklah, sekali lagi gue ucapin selamat buat kalian yang udah berhasil lolos SNMPTN Undangan 2018. Semoga kalian bisa memanfaatkan waktu perkuliahan untuk eksploasi diri dan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. 🙂

—CATATAN EDITOR

Kalo ada di antara lo yang lulus SNMPTN  dan mau juga bagi-bagi cerita perjuangan lo belajar pake zenius, bisa langsung aja kasih comment di bawah artikel ini. Kalo ada yang mau nanya, juga tinggalin komen di bawah ya.

Bagikan Artikel Ini!