Menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun) di Masa Pandemi

Bijak Menghadapi PAT di Masa Pandemi dan Kiat yang Harus Dilalui

Penilaian Akhir Tahun atau PAT di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh siswa dan juga pendidik. Meski berada pada kondisi yang tak diharapkan namun setiap individu berperan untuk siap menghadapi dan melalui dengan cara-cara terbaik.

PAT dengan Mengandalkan Sistem Daring dan Luring

Menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun) di Masa Pandemi
Menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun) di Masa Pandemi kayak gimana?

Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Budaya terdapat beberapa poin terkait penilaian akhir tahun atau yang berkaitan dengan kelulusan. Adapun diantaranya adalah pengambilan nilai melalui portofolio penugasan serta tes daring dan luring, termasuk mempertimbangkan kriteria lain dari sekolah.

Baca Juga: Syarat Kenaikan Kelas Saat PAT dan Tata Cara Melakukan PPDB

Demi menjaga seluruh siswa dan memutus rantai penularan Covid-19, maka hal ini ditetapkan sebagai kebijakan yang wajib ditaati oleh seluruh siswa serta tenaga pendidik. Oleh sebab itu sistem daring dan luring menjadi alternatif pengganti pembelajaran secara tatap muka.

Adapun daring atau dalam jaringan merupakan kegiatan belajar mengajar menggunakan akses internet dan teknologi gawai. Termasuk dengan menggunakan aplikasi meeting online. Sedangkan untuk luring atau luar jaringan adalah pembelajaran dengan bantuan portofolio.

Kiat Bijak Menghadapi PAT di Masa Pandemi

Meski ujian tidak bisa dilaksanakan sebagaimana dengan mengumpulkan siswa di kelas seperti sebelumnya, namun hal ini tetap wajib dilalui dengan sebaik-baiknya. Berikut kiat bijak menghadapi Penilaian Akhir Tahun di Masa Pandemi.

1. Memperhatikan Setiap Arahan dan Materi dengan Seksama

Meski siswa tidak selalu berhadapan dengan tenaga pendidik secara langsung namun penting untuk tetap memperhatikan materi yang disampaikan. Termasuk dengan arahan dalam pengerjaan tugas dan pelaksanaan pembelajaran yang wajib dilakukan oleh siswa.

Siswa juga harus aktif untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti terkait materi atau informasi ujian. Catatlah setiap arahan dan perintah tersebut guna mengantisipasi kemungkinan lupa atau terlewatkan dalam pelaksanaannya.

2. Memanfaatkan Gadget dan Kuota Internet Sebaik Mungkin

Setiap peserta didik wajib memanfaatkan gawai atau gadget dengan sebaik mungkin serta menghindari pemakaian berlebihan pada keperluan yang kurang bermanfaat. Hal ini ditujukan agar siswa dapat memiliki fokus dan konsentrasi yang baik selama pembelajaran.

Selain itu pemerintah juga menyediakan kuota belajar untuk para peserta didik yang diharapkan mampu Membantu memenuhi kebutuhan kuota dalam proses belajar mengajar. Subsidi kuota juga sangat terjangkau sehingga dapat dibeli dengan harga relatif murah namun memiliki kapasitas besar.

3. Aktif dalam mencari informasi terkait pendidikan

Dengan lebih lamanya waktu pembelajaran di rumah dapat dimanfaatkan oleh peserta didik guna mencari dan menggali informasi seputar pendidikan terkait jenjang yang sedang ditempuh maupun pendidikan selanjutnya. Hal ini juga penting agar siswa siap untuk masuk ke tahap pendidikan lebih tinggi.

Baca juga artikel di bawah ini

Siap Hadapi PTS dan PAS Bersama Zenius Optima

Kumpulan Latihan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) SMA Semester Ganjil

Persiapan PTS Semester Ganjil untuk SMA

Latihan Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester Ganjil dan Pembahasannya

Contoh Soal PTS Biologi Kelas 12 Semester Ganjil

Soal-soal Buat Pemanasan PTS Sosiologi Kelas 10 SMA

Terlebih tentunya dengan prosedur yang juga sedikit berbeda sehingga menyebabkan seluruh calon peserta wajib menyesuaikan diri. Misalnya dengan lebih awal untuk mempersiapkan SBMPTN untuk lulusan SMA atau memilih sekolah lanjutan untuk jenjang SD dan SMP.

4. Mengikuti Bimbingan Belajar Online

Salah satu hal yang banyak dikeluhkan oleh siswa yang mengikuti pembelajaran sistem daring adalah kurangnya kemampuan untuk menyerap materi atau pelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa mengikuti bimbingan belajar online.

Selain pilihan belajar online pilihan, kamu juga bisa memilih bimbingan belajar dengan sistem offline selama yakin metode itu mampu kamu serat dengan baik. Hal ini disebabkan mungkin beberapa anak memiliki perbedaan dalam memahami suatu materi, sehingga memerlukan cara yang berbeda pula.

5. Melakukan Latihan Soal

Mengasah kemampuan dengan latihan soal akan menambah keterampilan siswa untuk memahami materi dengan lebih mudah. Pasalnya dalam latihan soal tentu terdapat kasus-kasus yang disertai dengan pilihan jawaban, sehingga akan membuka pemikiran siswa untuk lebih cermat.

Kamu bisa sering-sering berlatih dengan soal latihan yang juga disertai kunci jawaban. Soal latihan bisa didapatkan melalui buku cetak maupun secara online dari berbagai platform sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh.

6. Mempersiapkan Diri Memasuki Jenjang Pendidikan Baru

Setiap siswa umumnya memiliki target dan rencana terkait pendidikannya. Meski hal ini juga umumnya diputuskan berdasarkan harapan orang tua. Jika telah memasuki penilaian akhir tahun maka Bersiaplah untuk memulai langkah di jenjang berikutnya.

Persiapan ini tidak dimulai secara instan sejak kamu lulus. Namun akan jauh lebih baik jika benar-benar diperhitungkan setidaknya setahun sebelum kelulusan tiba. Hari ini akan membuatmu lebih matang dalam mempersiapkan diri baik dalam segi materi maupun pengetahuan.

7. Mengasah Skill yang Dimiliki

Selain memiliki kemampuan akademis, ada baiknya kalau kamu mengasah skill yang dimiliki baik yang dimulai dari jenjang pendidikan dasar maupun lanjutan. Langkah bijak ini bisa menjadi anak tangga yang membawamu pada berbagai peluang lebih besar.

Misalnya Jika kamu memiliki bakat terhadap desain grafis maka cobalah untuk berlatih dan mengasah kemampuan tersebut. Dengan demikian hal itu dapat menjadi potensi yang bisa dikembangkan akan menghasilkan alternatif pemasukan atau membantumu lebih mudah masuk ke suatu kejuruan.

8. Mengimbangi Nilai Umum dengan Nilai Moral dan Akhlak

Satu hal yang akan berpengaruh pada karakter siswa dalam mengikuti proses belajar sehingga ujian secara online adalah tetap mengimbangi dengan nilai moral dan akhlak. Kemampuan akademis es aja rasanya kurang tepat tanpa disertai moral dan akhlak yang baik.

Nilai moral juga sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan kesuksesan anak bangsa. Hal ini disebabkan kesuksesan tidak hanya fokus untuk mencapai suatu materi tertentu, tapi juga penting banget tetap berakhlak sehingga menjadi pribadi yang unggul.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Demikian informasi tentang bijak dalam menghadapi PAT di masa pandemi serta kiat yang harus dilalui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, oia kamu sendiri gimana udah siap belum ngadepin Penilaian Akhir Tahun ini? Deg deg ser gak tuh? Komen di bawah ya gimana pengalaman kamu bersiap menerima PAT di masa pandemi ini.