Jurnal khusus penerimaan kas

Pengertian dan Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas – Materi Ekonomi Kelas 12

Apa yang dimaksud dengan jurnal khusus pnerimaan kas? Yuk, cari tahu sama-sama!

Seperti yang kita ketahui, setiap perusahaan pasti memiliki pencatatan keuangan. Apalagi, perusahaan dagang yang memang memiliki banyak barang. Oleh karena itu, perusahaan dagang membutuhkan yang namanya jurnal khusus nih, guys!

Salah satu contoh perusahaan dagang yang sering kita temui adalah mini market. Yaps, tempat elo biasa membeli makanan, minuman, peralatan dapur, dan lain sebagainya. Nah, jurnal khusus sendiri ada macam-macamnya lho, guys! Salah satunya adalah jurnal khusus penerimaan kas yang akan kita bahas hari ini.

Apa yang Dimaksud dengan Jurnal Khusus?

jurnal khusus adalah
Jenis-jenis transaksi tertentu perusahaan akan dicatat dalam jurnal khusus. (Dok. Unsplash)

So, apa yang dimaksud dengan jurnal khusus? Jurnal khusus adalah jurnal yang dikelompokkan sesuai jenis transaksi. Transaksi yang dimaksud merupakan transaksi yang sering terjadi dan berulang sehingga dengan adanya jurnal khusus dapat memudahkan perusahaan dalam segi pencatatan.

Selain itu, manfaat jurnal khusus lainnya yaitu dapat memudahkan untuk posting buku besar karena sudah dikelompokkan.

Makanya, tak heran apabila perusahaan dagang sering menggunakan jurnal khusus karena lebih praktis. Lalu, jika perusahaan dagang memakai jurnal khusus, masih ada gak sih, jurnal umum? 

Well, meskipun jurnal khusus digunakan oleh perusahaan dagang, bukan berarti jurnal umum tidak dipakai, lho. Sebab, ada beberapa transaksi yang tidak bisa dicatat di jurnal khusus sehingga dicatat di jurnal umum. 

Macam-macam jurnal khusus yang digunakan perusahaan dagang ada empat, antara lain jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pembelian, dan jurnal penjualan. Namun, untuk hari ini, kita akan fokus untuk membahas mengenai jurnal penerimaan kas saja, ya, Sobat!

Baca Juga: Rumus Anuitas, Cara Cerdas Menghitung Bunga Pinjaman

Jurnal Khusus Penerimaan Kas

Jurnal khusus penerimaan kas merupakan jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang dikategorikan sebagai penerimaan kas. Lalu, kategori apa saja yang termasuk ke dalam penerimaan kas?

  • Penyetoran modal dari pemilik berupa kas

Umumnya, saat mendirikan suatu bisnis sang pemilik bisnis akan menyetorkan kas untuk perusahaan. Dengan demikian, karena adanya pemasukan kas untuk perusahaan maka perlu dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas.

  • Penjualan tunai

Transaksi yang kedua adalah transaksi penjualan tunai. Ketika perusahaan menjual barang secara tunai, berarti perusahaan akan mendapatkan uang sehingga dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas

  • Penerimaan pembayaran piutang dan potongan penjualan

Ketika perusahaan menerima pembayaran piutang, berarti perusahaan menerima uang sehingga dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas. 

  • Retur pembelian yang sebelumnya dibeli tunai

Well, kalau perusahaan membeli barang secara tunai maka dapat diartikan perusahaan telah membayarnya, bukan? 

Namun, apabila perusahaan mengembalikan barang tersebut maka perusahaan akan mendapatkan kembali uangnya. Dengan demikian, ketika uang perusahaan kembali berarti perusahaan telah menerima kas sehingga dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas. 

  • Pendapatan di luar usaha

Katakanlah perusahaan mendapat pendapatan bunga, berarti perusahaan mendapatkan kas sehingga dicatat kedalam jurnal penerimaan kas. 

Buat materi lebih lengkapnya, elo bisa langsung klik gambar di bawah ini ya.

Baca Juga: Rumus ROA (Return on Assets)

Contoh Soal Jurnal Khusus Penerimaan Kas

  1. Contoh soal jurnal khusus penerimaan kas mengenai cara mencatat penyetoran modal dari pemilik. 

1 Juni 2021: Ulfah menyetorkan kas Rp 50.000.000 sebagai modal membuka usaha jual beli pakaian dengan nama perusahaan PD. Baju Gahol.

contoh soal jurnal penerimaan kas
Contoh soal jurnal penerimaan kas (Dok. Arsip Zenius)
  1. Contoh soal jurnal khusus penerimaan kas mengenai cara mencatat penjualan tunai.

9 Juni 2020: Di jual barang dagangan kepada Toko Vincy senilai Rp 2.000.000 secara tunai. 

contoh soal jurnal khusus penerimaan kas
Contoh soal jurnal penerimaan kas (Dok. Arsip Zenius)

Baca Juga: Rumus Return on Investment (ROI) dan Cara Menghitungnya

Well, segitu dulu ya, guys, pembahasan materi Ekonomi hari ini. Setelah melihat pengertian dan contoh jurnal khusus penerimaan kas di atas, pastinya Sobat Zenius sudah paham, dong? 

Btw, bagi yang ingin mendalami lagi mengenai materi hari ini, elo bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius. Selain ekonomi, di Zenius juga ada materi-materi lainnya, lho, seperti Matematika, Sosiologi, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Makanya yuk, buat akun Zenius elo sekarang! 

belajar materi pelajaran ekonomi di zenius
Bagikan Artikel Ini!