Cara Belajar yang Efektif: Deliberate Practice (DP) 9

Cara Belajar yang Efektif: Deliberate Practice (DP)

Orang bisa jago dalam suatu bidang bukan karena bakat, tapi karena Deliberate Practice. Artikel ini mengupas tuntas apa itu Deliberate Practice hingga bisa menjadi konsep belajar yang efektif.

Great performance is more valuable than ever — but where does it really come from? -Geoff Colvin-

[Editor’s note: Kalau lo mau dengerin juga versi audio dari tulisan di bawah ini, bisa di-download di sini]

Kali ini gw bakal ngenalin konsep belajar yang efektif banget! Deliberate Practice. Selama gw ngajar, anak-anak yang gw ajarin pada ngerasa ga jago di bidang ini, nggak bakat di bidang itu, males di bidang tertentu, dan hal lainnya. Sebenernya berdasarkan pengalaman dan pengamatan gw, banyak anak yg tadinya ngerasa kayak gitu, pada akhirnya bisa jadi jago. Karena banyak yang (kalo gw perhatiin) mengalami kenaikan IQ yang cukup signifikan berkisar 10–30 poin, selama 1–3 tahun dengan belajar terus menerus. Di bidang lain pun, seperti matematika juga ternyata bisa mengalami peningkatan. Dari hal itu, menurut feeling gw, ternyata bakat itu nggak terlalu ngaruh, karena bisa dikembangin asal ada pembelajaran atau latihan yang bener.

Gw semakin yakin setelah akhirnya nemu sebuah buku, judulnya Talent is Overrated, karangannya Geoff Colvin, yang artinya bakat itu ga segitunya. Di buku itu, dilakukan riset terhadap orang-orang yang punya superior performance seperti musician, pemain bola, penulis novel, pemenang Nobel. Di sini dicari tau, sejauh mana sih kemampuan mereka di bidangnya, apa yang berpengaruh paling besar sampai bisa menjadi seorang superior performer. Ternyata, dari riset yang ada, dibuktiin bahwa bakat itu ga terlalu ngaruh. Lalu apa dong? Pengalaman? Pengalaman atau experience juga ternyata ga terlalu berpengaruh untuk mendapatkan performance yang luar biasa. Terus, kalo bakat sama pengalaman nggak terlalu ngaruh, lalu apa nih yang berpengaruh secara signifikan?

Ternyata yang sangat ngaruh secara signifikan itu adalah deliberate practice. Jadi ceritanya gini.

ilustrasi deliberate practice

Pertama. Apa bakat ngaruh? Sebenernya tetep ngaruh pada awalnya. Seorang superior performer butuh suatu tingkat kemampuan misalnya 200. Bakat itu ada di setiap orang dari lahir itu pasti beda-beda di setiap orang. Ada yang 3, 4 atau 5 misalnya. Terus misalnya ketika masih TK, anak-anak ini ikut lomba, ternyata yang tingkat bakatnya yang besar, menang. Dengan menang, otomatis dia ngerasa bangga dan merasa dirinya berbakat. Akhirnya, dia punya self confidence yang tinggi, sampai akhirnya dia lebih semangat untuk belajar lebih, dan kalo pun menemukan kesulitan dia bakal belajar semakin keras. Nah, di keadaan anak yg lain, dengan tingkat bakat lebih kecil, ternyata dia kalah nih. Karena kalah, mungkin dia ngerasa ga berbakat, dan akhirnya dia bakal ngerasa males. Selanjutnya, lo bayangin kalo yang males ini ga belajar, dan yang satunya tetep belajar, sebenernya mereka masih bisa mencapai tingkat kemampuan 200 untuk menjadi superior performer. Walaupun awalnya yang pertama tingkatnya 8, yang kedua tingkatnya 4, dari 200 kan masih jauh kan? Nah, sebenernya dengan perbedaan yang kecil ini kan nggak terlalu ngaruh. Tapi, pada akhirnya bakal berpengaruh ketika yang ada di tingkat 8 ini, yang juara pas TK tadi, terus semangat terus-terusan, tentunya kemampuannya semakin lama semakin meningkat, sementara yang punya tingkat 4 ini males, lama-lama perbedaannya pasti akan makin jauh, dan pada akhirnya yang males tadi bakal ketinggalan deh. Kemungkinan, yang bisa mencapai tingkat 200 dan sukses, ya yang tadi belajar terus terusan (inget, dengan metode dan pembelajaran yang bener).

Sebenernya, ini fenomena banyak terjadi di Indonesia, dari gw liat di murid-murid gw, gw baca dan denger cerita, ini masih banyak terjadi.

“So, what is deliberate practice and why it is so important?”

Deliberate Practice (DP) itu adalah belajar dan latihan terus menerus dengan cara yang bener. Gimana caranya? Misalnya gw butuh 20 sub skills untuk bisa jadi superior performer. DP itu adalah bagaimana kita bisa menguasai fundamental skills secara bener, sehingga bisa kebentuk suatu frameworks dan big picture-nya, dan ngebentuk dan ngelatih sehingga jadi jago dan superior. Dan, akhirnya bisa total ketika melakukan hal itu, karena udah punya dasar-dasar yang bener.

Analoginya gini. Misalnya kita mau maen bulu tangkis. Banyak orang, ketika dia pengen nguasain suatu bidang, dia sering latihan dengan banyakin tanding dengan ngelawan orang lain. Dengan ngebanyakin tanding, itu ningkatin pengalaman lo. Hal ini mungkin ningkat di awal, tapi setelah 1-2 tahun dia akan stuck, dan ga bisa berkembang lagi. Pengalaman itu belum berpengaruh secara signifikan untuk menjadi superior performer, karena mungkin kita ngga sadar hal penting apa yang sebenernya harus diperbaiki secara detail.

Sebenernya, apa yang diperluin adalah dengan mem-breakdown hal-hal yang perlu dilatih secara detail. Misalnya dalam bulu tangkis tadi. Pertama ningkatin stamina. Dengan lari, latihan di tanjakan, ngelatih kaki, latihan mukul terus-terusan, mukul dari kiri, kanan. Terus kemudian latihan smash, ngelakuin dropshot secara berulang-ulang. Nah, DP itu adalah gimana caranya lo ngelatih apa yang kurang dan sulit secara berulang-ulang dilatih terus sampai lancar, sampai bener-bener ngerti dan bisa banget.

Contoh lainnya, misalnya ngerjain soal matematika. Jangan cuma ngerjain soal campuran, dengan ngerjain semuanya. Itu namanya baru ningkatin pengalaman lo aja. Yang signifikan adalah ketika tryout, lo lihat kelemahan lo apa. Misalnya integral. Lo latih terus soal-soal tentang integral yang spesifik, dengan konsep yang lo kuasain terlebih dulu, terus variasinya juga lo latih terus-terusan sampai terbiasa. Jangan lupa foundation-nya juga harus kuat, misalnya aljabar dasar, berhitung yang dasar, karena gw liat nih, ternyata banyak yang cara ngitungnya masih lemah. Misalnya kali-kalian atau tambah-tambahan secara bersusun, padahal banyak cara kreatif lain yang lebih gokil dan efektif. Jadi basically, DP itu adalah latihan dasar dan spesifik terus-terusan  dan kalo udah ngerasa mantep banget, baru belajar hall yang lain. Tanding atau ningkatin pengalaman juga perlu banget, tapi harus seimbang jg sama latihan terus-terusan DP yang tadi gw bilang.

Berdasarkan research-nya, di banyak bidang lain ternyata memang yang banyak berpengaruh itu adalah DP. Jadi klo lo mau punya kemampuan yang luar biasa di suatu bidang, lo harus belajar dengan metode DP. Ini cocok banget kalo lo belajar dari lo masih muda. Kenapa? Karena lo butuh banyak waktu untuk ngelakuin itu. Misalnya mau persiapan SNMPTN atau SIMAK, jangan cuma ngerjain soal-soal campuran. Karena banyak nih yang ngelakuin ini. Rata-rata pada nggak mau memperdalam lagi soal-soal bab awal. Alasannya karena males. Wah, ini bahaya, karena malah lo jadi susah ningkatin nilai tryout, karena berdasarkan pengalaman itu justru malah bikin nilai nggak naik-naik.

Satu hal yang penting lagi adalah DP itu butuh ketahanan diri (endurance) yang kuat. Ada yang bilang learning is fun. Di satu sisi emang bener, tapi di sisi lain untuk memiliki endurance yang tinggi banget itu penting banget. Jangan pernah berhenti di tengah-tengah. Jangan tau-tau berhenti, karena bisa jadi hasil belajar kita jadi nggak balance dan nggak maksimal. Kadang, kalo lagi mood semangat, tapi pas nggak mood, lo tinggalin. Nah, itu jangan sampe tuh. GAWAT. Lo harus keep your endurance secara stabil terus-terusan. Gw bakal jelasin lebih banyak lagi tentang how to keep balance, finding your passion, dan liberal arts lainnya di tulisan gw yang lain deh. DP atau Deliberate practice itu ga enak sama sekali, karena lo harus paksa diri lo, sampai bener-bener perfect. It’s not fun at all. Tapi, kalo lo mau bener-bener expert di suatu bidang, lo harus bersusah-susah duulu. Nah kalo lo suka dengan konsep ini, kindly spread the words ke temen-temen lo. Semoga guna, ya 🙂

oiya, more info, yg pengen belajar tentang ningkatin diri lo, self concept yg bener gmn, lo bisa liat video pembelajarannya di www.zenius.net bagian basic skills dan TPA, gw rasa bisa berguna juga 🙂

Sabda PS (@sabdaps)
Founder & Teacher of Zenius Education

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Sabda tentang tips belajar ala deliberate practice, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini. Buat lo yang mungkin ngerasa pengen dapet tips belajar lain dari artikel zenius, gua sangat merekomendasikan artikel-artikel di bawah ini:

Bagikan Artikel Ini!