pembelajaran seimbang

Pembelajaran Seimbang dalam Kegiatan Belajar Mengajar

“Apa yang dimaksud pembelajaran seimbang?”

“Mengapa pembelajaran seimbang itu penting?”

“Bagaimana pembelajaran seimbang dalam kegiatan belajar mengajar?”

Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang yang diadakan ZenRu, hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16-21 Agustus 2021 secara gratis, dan Bapak/Ibu guru yang mengikuti rangkaian lokakarya mendapatkan sertifikat 64JP. Selama sepekan, lokakarya ini telah diikuti oleh 54.528 peserta.

Kembali lagi ke pembahasan tentang pembelajaran seimbang yang menjadi topik utama lokakarya, definisi seimbang untuk setiap individu tentunya berbeda-beda. Ada yang mengartikannya sebagai kegiatan pembelajaran yang dilihat dari berbagai aspek mulai dari kognitif, afektif, hingga psikomotorik seimbang atau sama. Namun, beberapa juga berpendapat bahwa pembelajaran seimbang adalah pembelajaran yang berjalan sistematis antara konsep, materi, dan penilaian. 

 

Dasar Pembelajaran Seimbang

Pada hari pertama Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang, Amanda Witdarmono dan Naradita K. Nabila menyampaikan materi tentang Dasar Pembelajaran Seimbang. Dalam lokakarya dijelaskan bahwa pembelajaran seimbang bergantung pada kemandirian siswa, usia siswa, akses terhadap teknologi dan internet. Bapak/Ibu guru dapat menentukan definisi pembelajaran seimbang berdasarkan sinkronus atau asinkronus serta belajar mandiri atau belajar bersama rombel. 

dasar pembelajaran seimbang
Hari pertama Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang.

Untuk menerapkan pembelajaran seimbang, penting bagi siswa untuk menguasai terlebih dahulu keterampilan dasar agar mereka dapat memahami materi pembelajaran secara lebih mudah dan cepat. Keterampilan dasar ini meliputi:

  1. Verbal dan logika

    • Memahami kata-kata
    • Memahami konsep dan masalah yang disampaikan
    • Menggunakan pemahaman kata secara konstruktif
  1. Numerasi

    • Memahami, menginterpretasi, serta mengkomunikasikan informasi matematika untuk memecahkan masalah.
  1. Bahasa Inggris

    • Memahami kata-kata
    • Memahami ekspresi dalam budaya
    • Memahami aplikasi kata dalam budaya berbahasa Inggris

Dengan kata lain, inti dari keterampilan dasar adalah menganalisa dan kemudian memecahkan masalah.

 

Strategi Menjadi Guru Seimbang

Di hari kedua, Bapak/Ibu guru peserta lokakarya saling berdiskusi mengenai Teknologi Pembelajaran di Tengah Pandemi. Kegiatan yang dilakukan melalui Telegram ini dipandu oleh Raka Amanda dan Naradita K. Nabila.

strategi pembelajaran seimbang
Diskusi via Telegram Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang.

Berkaitan dengan pembelajaran di tengah pandemi, Putra Joel Elvis menyampaikan Strategi Menjadi Guru Seimbang pada hari ketiga. Untuk menerapkan pembelajaran seimbang, Bapak/Ibu guru perlu melakukan beberapa strategi yang dapat mendukung untuk menjadi guru seimbang. Melalui Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang, disampaikan 3K strategi untuk mencapai hal tersebut.

  1. Keterampilan

    Dalam mengajar, Bapak/Ibu guru harus menggunakan metode pengajaran yang kreatif terlebih di masa pandemi ini. Luangkan waktu untuk terus belajar mencari metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

  2. Komunitas

    Adanya komunitas memungkinkan Bapak/Ibu guru untuk saling bertukar informasi dan berdiskusi mengenai permasalahan yang ditemukan saat mengajar. Salah satu komunitas yang dapat Bapak/Ibu manfaatkan adalah Komunitas Zenius untuk Guru yang ada di Telegram, Instagram, dan juga FB Group.

  3. Kesehatan

    Sehat jasmani dan rohani penting dimiliki Bapak/Ibu guru agar pembelajaran seimbang dapat terus dijalankan. Luangkan waktu untuk berolahraga setiap minggunya untuk membantu menurunkan stres yang dimiliki.

 

Tips dan Trik Menjadi Guru Seimbang

Pada hari keempat kegiatan lokakarya, Miss K menyampaikan Tips dan Trik Menjadi Guru Seimbang. Di tengah pandemi, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Tentu dalam praktiknya, Bapak/Ibu guru menemukan beberapa kesulitan mulai dari keterbatasan teknologi, sulitnya mengatur kelas, hingga kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Hambatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi Bapak/Ibu guru dalam menjalani pembelajaran daring.

Dalam menerapkan pembelajaran yang seimbang, terutama di tengah pandemi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan Bapak/Ibu guru untuk mengatasi tantangan yang telah disebutkan di atas. Seperti yang disampaikan pada lokakarya, solusi dari permasalahan tersebut adalah manajemen waktu dan manajemen stres. Bapak/Ibu guru dapat menentukan batasan waktu mengajar, serta membuat jadwal rutinitas yang seimbang antara daring dan luring. 

Di hari kelima, peserta lokakarya diminta untuk menyusun RPP dengan menerapkan pembelajaran seimbang. Pada hari terakhir, lokakarya ditutup oleh Angelia Iyenk yang mengulas kembali apa itu pembelajaran seimbang dan penerapannya dalam kelas serta rancangan pembelajaran, terlebih di masa pandemi.

 

Keseruan Lokakarya Zenius untuk Guru

Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Karena itu, ada kegiatan spesial yang dilakukan dalam lokakarya yaitu Games 17-an ala ZenCore. Permainan dibagi ke dalam dua jenis, ZenCore Top Scorer dan ZenCore Photo Contest. 

Berikut adalah 5 pemenang dari ZenCore Top Scorer yang berhak mendapatkan hadiah berupa Oppo A54 4/64 2021. Pemenang dipilih berdasarkan total skor ZenCore tertinggi pada tanggal 18 Agustus 2021.

PeringkatNamaAsal SekolahSkor
1Nur FatimahMTsN 4 Malang155
2Basriahkilo77SDN KILO139
3Achmad Basyarudin, S.Pd.I.SD Negeri 1 Pulokulon137
4Marzukiismi56SMP Negeri 1 Geumpang131
5Martin GunawanMTs Yasmu123

Berikut adalah 5 pemenang dari ZenCore Photo Contest yang mendapatkan 1 set perangkat mengajar daring berupa ring light RGB Mixio, Headphone Sony WH-CH510, serta portable laptop stand.

NamaInstagramAsal Sekolah
Vebby Oksaviona@oksavionavebbySD MIT Fathrizk
Suci Hatru Ramadhani@sucihatruSMA N 1 Pintu Rime Gayo
Ririen Syazeli@FajrinsyazeliSMAN 2 Sangatta Utara
SYAHRUL AMRI@narasi_puisihatiSD Negeri 46 Tokare
waodesittimaryam@iyammaryamsittiSMA Negeri 3 Batauga

Bagi Bapak/Ibu guru yang telah mengikuti keseruan Lokakarya Pelatihan Guru Cerdas Lewat Pembelajaran Seimbang, tim ZenRu mengucapkan “Terima kasih”. Terima kasih sudah berpartisipasi dan menunjukkan antusiasnya selama rangkaian lokakarya. 

Bapak/Ibu guru bisa bergabung dalam komunitas Zenius untuk Guru di Instagram, FB Group, dan Telegram untuk mengikuti berbagai kegiatan Zenius untuk Guru lainnya. Sampai jumpa di acara berikutnya ya!

 

Baca Juga Artikel Lainnya!

Ayo Dukung Proses Belajar Siswa dengan ZenCore

Kegiatan Belajar Dialihkan ke Rumah, Apa Manfaatnya?

5 Cara Meningkatkan Fokus Belajar Siswa Saat PJJ