Fundamental Skills Biar Cerdas Beneran Zenius Education

Tes Kemampuan Fundamental Kamu di ZenCore, Yuk!

Belajar itu bisa #MulaiDariManaAja, salah satunya dengan tes kemampuan fundamental di ZenCore. Belajar sambil main game, why not?

Sebagai pengantar, aku mau tau dulu nih, kamu lebih suka yang mana ketika belajar: baca buku materi, nonton video materi, nulis ulang atau merangkum di kertas, atau ngerjain kuis dan latihan soal?

Mana yang menurut kamu paling efektif menghasilkan ingatan jangka panjang?

View Results

Loading ... Loading ...

Kalau aku pribadi prefer ke merangkum dan latihan soal. Karena, dengan tau berbagai tipe soal dan terus latihan gimana penyelesaiannya, maka kita bisa lebih siap ketika bertemu dengan tipe soal yang sejenis. Ketika bertemu dengan soal yang kita anggap sulit, maka kita bisa cari tau pembahasannya dan merangkumnya di buku.

Cara Mengasah Kemampuan Berpikir dengan Belajar Aktif

Nah, buat yang sependapat kalau ngerjain soal dan merangkum itu bikin kita lebih mudah mengingat materi, ternyata cara kita udah tepat nih, guys. Berdasarkan studi dari Roediger & Karpicke (2006), dalam periode yang lebih panjang setelah belajar, performa dari orang yang ngerjain kuis atau tes lebih baik daripada orang-orang yang membaca ulang.

tes kemampuan fundamental di zencore zenius
Belajar aktif lebih baik dipraktikkan untuk mempertahankan ingatan jangka panjang daripada belajar pasif

Membaca ulang materi menghasilkan ingatan yang lebih setelah jangka waktu 5 menit. Tapi, dengan mengerjakan kuis atau mengerjakan soal, akan menghasilkan ingatan yang lebih baik setelah jarak 2-1 minggu. Paham ya sampai sini?

“Dengan lo hanya baca buku, ngedengerin guru, atau nonton video, materi yang lo pelajari itu emang bakal lo inget banget dalam jangka waktu 5 menit, tapi setelah itu lebih besar kemungkinannya buat lo lupain materi itu tanpa diulang. Beda dengan lo belajar aktif seperti latihan soal atau kuis dan nulis rangkuman, materi yang lo pelajari justru bakal lebih lo ingat di kemudian hari daripada yang hanya belajar pasif”

Kebayang kan kalau kuisnya diulang-ulang? Maka ingatan yang dihasilkan akan jauh lebih baik dan stay lebih lama di memori otak kamu.

Belajar Aktif di ZenCore dengan Tes Kemampuan Fundamental

Nah, supaya ngerjain kuis makin seru dan gak membosankan, kamu bisa banget nyobain tes kemampuan fundamental atau fundamental skills. Fundamental skills emang penting banget, dan salah satu cara ningkatin itu ya dengan belajar aktif. Kita lebih sering terlibat dalam pembelajaran pasif, seperti baca buku, nonton tv, dengerin guru. Sedangkan, belajar aktif jauh lebih penting lho, misalnya menulis, ngerjain kuis, latihan soal. Nah, di CorePractice ZenCore, kamu udah mengaplikasikan yang namanya belajar aktif, yaitu ngerjain kuis.

Kenapa fundamental skills penting?

Sebagai pengantar, aku bakal bahas tentang PISA (Programme for International Student Assessment) yang udah pernah Zenius bahas di LIVE Sunday Mathday dan diresume di artikel >> Ranking PISA Indonesia dan Pembahasan Soal.

Singkatnya, ada tiga tes yang harus ditempuh pada PISA, yaitu membaca, matematika, dan sains. Tahun 2018, ketiga kemampuan tersebut pada siswa usia 15 tahun di Indonesia berada pada level 1 atau 1a (dalam skala 6). Untuk orang dewasa ya kurang lebih sama gak beda jauh, di mana kemampuan literasi dan numerasi masih berada pada level 1 atau bahkan di bawahnya. Sedih gak sih lihat kondisi pendidikan Indonesia seperti itu?

Kira-kira apa sih yang menjadi penyebabnya? Penyebabnya adalah pendidikan Indonesia gak fokus pada hal yang everlasting, atau dengan kata lain pendidikan yang bahkan ketika sudah bertahun-tahun meninggalkan bangku sekolah, tapi masih diingat sampai sekarang, nah inilah yang disebut dengan fundamental skills. Jadi, sampai sini kebayang ya kalau tes kemampuan fundamental itu perlu dilakukan supaya skills kamu semakin meningkat.

Kenapa Tes Kemampuan Fundamental di ZenCore Hanya Ada 3 Subject?

Fundamental Skills Biar Cerdas Beneran Zenius Education

Kamu yang udah nyobain main ZenCore pasti tau ada fitur dan subject apa aja yang ada di sana. Di ZenCore kamu bisa belajar tes kemampuan fundamental: Matematika Dasar, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris yang pastinya penting banget buat kamu. Kenapa sih kok kemampuan dasar itu penting kita tingkatkan dan kenapa latihan soal di ZenCore hanya ada 3 subject? Oke mari kita bahas!

Kalau kamu udah baca artikelnya Bang Sabda >> Three Kinds of Knowledge, pasti sedikit banyak tau betapa pentingnya ketiga subject yang ada di ZenCore untuk tes kemampuan fundamental kamu.

Matematika

Kenapa Matematika penting banget kamu kuasai? Perlu kamu tau, bahwa Matematika bukan sebatas kemampuan kamu ngitung aja. Ada banyak hal dalam hidup kamu yang membutuhkan penyelesaian Matematika, seperti bikin permodelan Matematika, number sense atau tau makna angka-angka, mengerti statistik, bisa membaca data, jual beli, dll.

Dengan kamu bisa Matematika dengan benar, minimal dasarnya udah kamu kuasai, maka kamu bisa menciptakan pola pikir yang terintegrasi dan terkoneksi. Yang mana pola pikir seperti ini bakal kepake di mana-mana bahkan di semua aspek kehidupan kamu.

Verbal Logic

“Banyak orang berpikir bahwa mereka bisa mikir. Tapi, untuk berpikir logis intinya adalah gimana kita mikir dengan aturan-aturan logika yang secara universal bener dan ngga gampang kejebak” ーSabda P.S

Mengerti verbal logic berarti kamu belajar juga tentang tata bahasa dasar. Ketika kamu tau tata bahasa dasar yang benar, maka kamu bakal paham sebuah kalimat dan gimana menyimpulkannya. Nah, kalau kamu aja belum paham apa itu kata kerja, kata sifat, subjek, objek, dll yang dasarnya banget dari suatu tata bahasa, gimana caranya kamu menyimpulkan sesuatu dengan tepat?

Kemampuan untuk berpikir dengan benar adalah hal yang penting, karena dengan itu kita bisa memilih informasi mana yang benar dan mana yang salah. Ketika logika kamu terus dilatih dan ditingkatkan, maka kita akan terbiasa untuk berpikir logis secara universal dan supaya gak gampang kejebak seperti yang Bang Sabda bilang. Selain itu, dengan kita berpikir logis, berarti kita mikir benar, gak ngasal. Penting banget kan meningkatkan kemampuan verbal logic ini?

Bahasa Inggris

Ketiga adalah Bahasa Inggris. Kamu sendiri tau lah ya kenapa kok Bahasa Inggris masuk dalam tes kemampuan fundamental di ZenCore. Selain merupakan bahasa internasional yang ketika kamu bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, maka kamu bisa reach lebih banyak orang di berbagai penjuru dunia. Mayoritas publikasi dunia baik itu written, audio, visual juga menggunakan Bahasa Inggris, dan menurutku sumber-sumber valid yang lengkap banget juga biasanya menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang strukturnya organized banget. Kita bisa ngerti gimana bahasa atau suatu kalimat disusun lebih mudah dengan belajar Bahasa Inggris, bisa jadi benchmark juga buat kita ngerti bahasa asing lainnya. Oh iya, selain kita ngerti bahasa asing seperti  Bahasa Inggris, maka kita bisa bikin struktur otak kita menjadi lebih kompleks.

So, dari ketiga subject di atas jelas ya bahwa fundamental skills itu penting banget untuk kamu kuasai dan tingkatkan oleh semua orang, semua umur, jenjang pendidikan apapun, dan bidang pekerjaan apapun. Skills ini bakal bikin kita cerdas beneran, yang akhirnya perlahan membuat peradaban semakin baik.

Yuk, tes kemampuan fundamental kamu dan push rank di ZenCore terus buat amanin posisi Top 100, karena bakal ada hadiah ZenCore hingga milyaran rupiah dalam event Mulai Dari Misi Agustusan. Ayo ajakin teman-teman kamu juga buat ikutan push rank ZenCore yang bisa diikuti secara GRATIS untuk semua orang, jangan lupa update Aplikasi Zenius terbaru ya!

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (ANDROID)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (iOS)