Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia - Materi Geografi Kelas 11

Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

Halo Sobat Zenius! Elo tau gak kalau sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia ada berbagai macam lho. 

Hal ini karena sumber daya alam Indonesia yang berlimpah dari berbagai sektor dan tersebar di seluruh penjuru daerah. 

Nah, dalam artikel ini gue akan mengajak elo semua buat membahas di mana saja sebaran dan pengelolaan sumber daya Indonesia itu. 

Sobat Zenius tahu nggak, sih, kenapa kita perlu mempelajari sumber daya alam? Yap, agar kita sebagai manusia bisa mengetahui cara mengelola, menjaga, dan melestarikan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. 

Karena termasuk materi yang penting untuk dipelajari, gue akan mengupas tuntas bukan hanya mengenai sumber daya alam Indonesia tapi juga macam-macam sumber daya alam baik di wilayah perairan maupun daratan, serta prinsip ekoefisiensi dan juga prinsip pembangunan berkelanjutan. 

Selain karena pengetahuan akan sumber daya alam itu sendiri penting untuk kita sama-sama ketahui, materi ini juga akan elo temui di mata pelajaran Geografi kelas 10. 

Yuk sekarang gue mulai aja bahas satu per satu mengenai materi sumber daya alam Indonesia ini. 

Pengertian Sumber Daya Alam

Ilustrasi sumber daya alam Indonesia (Dok. kerestes/Pixabay)
Ilustrasi sumber daya alam indonesia (Dok. keesstes/Pixabay)

Bentang alam yang ada di muka bumi ini memiliki karakteristik yang sangat beragam, dari segala bentuk bentangan alam di muka bumi ini, dan salah satu komponennya adalah sumber daya alam (SDA). 

Kata “sumber daya” sendiri merupakan nilai potensi suatu materi dalam kehidupan, yang berarti jika sumber daya alam berarti nilai potensi suatu materi dalam kehidupan yang berasal dari alam.

Atau dapat didefinisikan juga sebagai nilai kekayaan yang terdapat di alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. 

Sebelum gue bahas lebih lanjut mengenai materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia, gue punya info penting nih buat elo semua. 

Materi dalam Matpel Geografi yang satu menjadi salah satu materi yang cukup sering keluar di UTBK lho. 

Kalo elo mau tau gimana caranya melakukan persiapan menghadapi UTBK SBMPTN yang baik dan benar, Sobat Zenius bisa download aplikasi Zenius sebagai persiapan UTBK, lho! Sebab, di sana ada banyak fitur dan materi lengkap yang bisa elo gunakan buat belajar UTBK.

Klik banner di bawah ini, ya, buat download aplikasinya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Macam-macam Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam atau SDA sendiri dikelompokkan menjadi berbagai macam berdasarkan sifat, jenis, dan juga kegunaannya.

Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi:

  1. Sumber Daya Alam yang terbarukan, 

Ini berarti sumber daya dapat diperbaharui dan dibudidayakan, sehingga tidak terbatas, contohnya flora dan fauna.

  1. Sumber daya alam yang tidak terbarukan, 

Yang berarti sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui, dibentuk sangat lambat, dan cadangan terbatas, misalnya minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan bakar lainnya. 

Selain itu, prinsip memakai ulang biasanya digunakan untuk sumber daya alam yang tidak terbarukan. Sebab, SDA ini terbatas jumlahnya di alam dan hasil akhir dari pemakaian SDA ini masih bisa digunakan kembali.

Contohnya adalah pemakaian ulang plastik. Kalo elo tau, plastik itu terbuat dari bahan alam seperti selulosa, batu bara, gas alam, garam dan minyak mentah melalui proses polimerisasi atau polikondensasi.

Saat ini sebagian besar plastik terbuat dari bahan bakar fosil. Minyak mentah dan gas alam dimurnikan untuk diubah menjadi beberapa produk yang berbeda. Termasuk etana dari minyak mentah dan propana dari gas alam.

Nah, bayangin aja kalo plastik gak digunakan kembali, mau berapa banyak minyak dan gas alam yang digunain dan akhirnya menjadi sampah?

  1. Sumber daya alam yang selalu tersedia, jadi sumber daya alam ini akan selalu ada dalam kehidupan, misalnya udara, sinar matahari.

Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi: 

  1. Sumber daya alam hayati, sumber daya yang berasal dari makhluk hidup contohnya tumbuhan hewan dan berbagai mikroorganisme.
  2. Sumber daya alam non hayati, sumber daya alam yang bukan dari mahluk hidup atau benda tidak hidup contohnya tanah, udara, air, bahan tambang.

Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Kegunaannya

Berdasarkan kegunaannya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi:

  1. Sumber daya alam penghasil bahan baku, yaitu benda yang dapat digunakan untuk menghasilkan nilai gunanya lebih tinggi, misalnya flora dan fauna yang diolah lagi menjadi bahan makanan, dan sebagainya. 
  2. Sumber daya alam penghasil energi, yang berhubungan dengan tenaga. contohnya sinar matahari untuk energi manusia, udara untuk bernapas, air dan bahan tambang untuk pembangkit listrik.

Sebaran Sumber Daya Alam (SDA) Perairan

Kita telah mengetahui ada berbagai jenis sumber daya alam, yang tersebar di banyak tempat, sekarang kita bakal bahas sumber daya alam Indonesia yang ada di wilayah perairan terlebih dulu.

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara maritim di mana sebagian besarnya adalah laut. 

  1. Perikanan, biasanya adanya perikanan ini dipengaruhi oleh suhu, dan juga kedalaman laut. Selain itu Kedalaman laut, ikan banyak berkumpul di laut dangkal.
  2. Kekayaan pesisir, yang berada 12 mil dari garis pantai, di mana proses sumber dayanya masih dipengaruhi oleh daratan, contohnya terumbu karang, mangrove.
  3. Padang lamun, yaitu tumbuhan monokotil yang ada di laut dangkal, yang muncul di permukaan laut tapi dasarnya tertutup laut. 
  4. Pariwisata atau Panorama Indah di pantai, hal ini biasanya dikembangkan sebagai pariwisata pantai atau biasa dinamakan wisata bahari. 
  5. Energi dan pertambangan, dalam hal energi air laut bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yaitu pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL), dalam hal pertambangan, seperti mineral, gas bumi, terdapat pada di bawah laut. Seperti minyak bumi dan gas alam yang terdapat pada endapan cekungan tersier, dan juga menjadi penghasil garam.  

Sebaran Sumber Daya Alam (SDA) Daratan

Ilustrasi sumber daya alam (Dok. unsplash.com)
Ilustrasi sumber daya alam (Dok. unsplash.com)

Kalau tadi yang wilayah perairan sekarang kita gantian bahas sumber daya alam yang tersebar di daratan, meskipun Indonesia didominasi oleh lautan, sebaran sumber daya alam (SDA) di daratan juga gak kalah banyak 

  1. Pertanian, Indonesia terkenal dengan negara agraris, kenapa karna karakteristik tanah indonesia cocok untuk bidang agraria. Contonya, ladang, tegalan, sawah (baik sawah irigasi dan sawah tadah hujan), kebun atau pertanian industri. Selain faktor fisik, faktor teknik juga perlu diperhatikan dalam pertanian, contohnya rotasi tanaman. 
  2. Peternakan, di mana usaha ternak dibagi menjadi 3 yaitu ternak hewan besar (sapi, kuda, kerbau), hewan kecil (kambing, domba), dan unggas (itik, ayam dan lain-lain). Contohnya di jawa barat banyak peternakan itik, di Sulawesi Selatan banyak peternakan kerbau, dan di nusa tenggara banyak peternakan kuda. 
  3. Kehutanan, sebagai negara dengan iklim tropis, dengan curah hujan yang tinggi, oleh karena itu Indonesia cocok ditumbuhi hutan hujan tropis, yang berguna sebagai paru-paru dunia dan juga ekspor kayu.
  4. Pertambangan, tidak hanya di wilayah perairan, pertambangan juga ada di wilayah daratan, contohnya sisa tumbuhan dan hewan yang mati yang terkubur di dalam tanah sehingga membentuk batuan, dan menghasilkan minyak bumi, batu bara dan lain-lain. 
  5. Pariwisata, Indonesia sangat kaya dengan kenampakan alam seperti pegunungan, lembah, air terjun, dan lain lain yang dapat dimanfaatkan menjadi tempat pariwisata.
  6. Perikanan Darat, atau bisa disebut juga perikanan air tawar atau air payau, biasanya penangkapannya bisa dilakukan di sungai, rawa, waduk, dan lain-lain atau dibudidayakan. 

Prinsip Ekoefisiensi

Pengelolaan sumber daya alam Indonesia memakai berbagai macam prinsip. Salah satu hal yang perlu diketahui oleh Sobat Zenius yaitu prinsip ekoefisiensi.

Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisien berarti mengelola sumber daya alam secara efisien.

Prinsip ekoefisiensi, merupakan prinsip yang bertujuan menyeimbangkan antara efisiensi ekonomi dengan efisiensi ekologi atau lingkungan sehingga meminimalisir limbah yang terbuang. 

Nah, kira-kira nih kalo gue punya pertanyaan kayak gini: Jelaskan bahwa pemanfaatan SDA harus sesuai dengan prinsip ekoefisiensi!

Kira-kira jawabannya apa guys?

Jadi, karena prinsip ekoefisiensi adalah prinsip yang menekankan sumber daya alam yang diambil itu dapat digunakan secara menyeluruh, maka prinsip yang harus diikuti dalam mengelola SDA adalah sebagai berikut: 

  1. Pemanfaatan SDA yang dapat diperbaharui, 
  1. Minimalisasi penggunaan bahan baku, 
  2. Mengurangi limbah berbahaya ke lingkungan, serta 
  3. Menghasilkan produk yang bisa daur ulang

Selain prinsip ekoefisiensi ini, ada juga prinsip lainya yang akan kita bahas di bawah ini.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Kita memanfaatkan sumber daya alam harus didasari oleh pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari pembangunan berkelanjutan adalah memaksimalkan sumber daya alam untuk menghidupi masa kini tanpa membahayakan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya. 

Di mana prinsipnya adalah sebagai berikut:

  1. Equity, pemerataan guna untuk menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan di kehidupan masyarakat.
  2. Ekonomi, keahlian dan performa pekerja yang perlu ditingkatkan agar daya saingnya semakin meningkat demi mendapatkan pekerjaan yang layak, meningkatkan infrastruktur dasar, serta menerapkan kerjasama ekonomi strategis. 
  3. Energi, meminimalisir sumber yang digunakan atau memanfaatkannya dengan efektif sehingga limbahnya bisa berkurang 
  4. Ekologi, menempatkan pembangunan itu diwilayah yang sesuai dalam aspek ekologis, pembangunan nya juga tidak melebihi dari kapasitas lingkungan itu sendiri. 
  5. Engagement, pentingnya peran dari masyarakat itu sendiri agar upaya ini dapat optimal, di mana pemerintah harus berperan sebagai fasilitator yang menampung aspirasi masyarakat. 

Pembangunan berkelanjutan untuk tujuannya tercapai memiliki 2 syarat, yaitu peningkatan potensi sda dengan pengelolaan yang ramah lingkungan, dan dengan menjamin kesempatan yang adil dan merata disetiap masyarakat. 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)

Pemanfaatan SDA yang ada di lingkungan bagi pembangunan yang berkelanjutan:

  1. Reklamasi, bertujuan untuk memperluas lahan dengan penciptaan lahan baru. Yang dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan pengeringan rawa dengan cara membuat saluran air atau tanggul, selain itu melakukan perbaikan lahan bekas tambang, dan juga pengeringan laut. 
  2. Peningkatan lahan garapan, tidak semua lahan bisa dijadikan pertanian jadi diperlukan kondisi fisik yang mendukung, seperti ketersedian air dan matahari. Selain itu topografi atau relief juga perlu diperhatian dan juga tingkat kesuburan tanah. 
  3. Meningkatkan persediaan pangan, di mana pangan merupakan kebutuhan pokok manusia,yaitu dengan peningkatan hasil panen atau revolusi hijau, yaitu dengan cara intensifikasi pertanian, diversifikasi, ekstensifikasi pertanian, rehabilitasi pertanian, dan yang terakhir dengan mekanisasi pertanian. 
  4. Pengembangan transportasi, seperti sepeda, gerobak yang ditarik hewan , dan juga delman, namun dengan seiring perkembangan zaman, pada awal abad ke-19, ditemukan mesin uap yang diterapkan pada kereta uap dan terus berkembang hingga ditemukan bahan bakar untuk kendaraan bermotor dan transportasi udara 

Meskipun merupakan upaya untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya alam (SDA) dan mengurangi adanya limbah, nyatanya prinsip pembangunan berkelanjutan ini menimbulkan berbagai dampak yang tidak hanya berdampak positif namun juga dampak negatif. 

Dampak Positif

Tingkat keberhasilan dari suatu pembangunan dibagi menjadi 2 indikator, yaitu indikator ekonomi dan indikator sosial.

Indikator Ekonomi, berkaitan erat dengan faktor finansial hal ini dapat dilihat dari:

  1. peningkatan produk nasional bruto (PNB). menunjukkan nilai seluruh produk dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam setahun. 
  2. Fasilitas transportasi dan komunikasi. Berupa pembangunan jalan, tol, bandara dan lain-lain menunjukkan pembangunan dengan peningkatan aksesibilitas, sementara untuk komunikasi saat ini telpon tidak lagi memakai kabel melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik yang berbentuk Hp. 
  3. Konsumsi energi, dalam pembangunan memerlukan banyak energi, termasuk energi listrik yang dihasilkan bahan bakar fosil dan juga batu bara. Semakin meningkatnya konsumsi energi hal ini berarti meningkatnya pembangunan.
  4. Tenaga kerja di sektor industri, peningkatan pembangunan dari segi tenaga kerja dapat dilihat dari peningkatan tenaga kerja di industri tersier dan sekunder. 

Indikator Sosial, berkaitan dengan kualitas hidup manusia

  1. Peningkatan melek huruf, berkaitan dengan tingkat pendidikan, yang menunjukkan meningkatnya pembangunan di daerah tersebut. 
  2. Kesehatan dan kesejahteraan yang dicerminkan dengan angka harapan hidup dan juga angka kematian bayi.  Selain itu juga dicerminkan dari angka kekurangan gizi, kasus kelaparan dan lain-lain.

Tidak hanya itu ada juga Indikator lainya seperti sebagai berikut:

  1. Peningkatan investasi, dengan adanya peningkatan bangunan akan ada peningkatan pendapatan di suatu daerah.
  2. Potensi daerah, dengan adanya pembangunan, maka meningkat juga pengetahuan mengenai potensi dari daerah mereka sendiri.
  3. Mengurangi ketergantungan dengan negara asing, yaitu memiliki sektor industri yang lebih melimpah, sehingga  tidak lagi bergantung dengan barang-barang impor untuk memenuhi kehidupan masyarakat. 

Dampak Negatif

Tidak hanya dampak positif, namun pembangunan berkelanjutan ini ajuga memberikan dampak negatif

  1. Deforestation atau penggundulan hutan, yang disebabkan oleh pembangunan pemukiman, perluasan lahan pertanian, penggunaan bahan bakar kayu, pembalakan atau penebangan liar yang tidak terkendali, penambangan terbuka.
  2. Penggersangan lahan, disebabkan oleh proses alamiah, kegiatan pertanian yang terus menerus, jumlah hewan ternak yang meningkat, penggunaan teknologi irigasi modern, dan juga vegetasi yang berkurang.
  3. Pencemaran, disebabkan oleh sampah, pupuk kimia, pembakaran bahan bakar fosil, dan juga berbagai limbah yang mencemari tanah, air, dan juga udara. Untuk lebih detailnya kalian bisa baca artikel pencemaran lingkungan
  4. Pemanasan global atau Global warming, yang disebabkan oleh efek rumah kaca yang menjebak panas yang terjaga di bumi dan menyebabkan temperatur bumi semakin meningkat dan menyebabkan melelehnya es di kutub, untuk lebih jelaskan bisa dibaca di artikel perubahan iklim

Lalu, bagaimana cara kita memaksimalkan manfaat sumber daya alam di Indonesia tanpa merusak alam? 

Dari penjelasan di atas, kita harus menjaga SDA di perairan dan daratan secara maksimal agar tetap bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus diperhatikan lebih karena SDA-nya terbatas dan juga berbagai dampak yang ditimbulkan akibat konsumsi manusia terhadap SDA kita.

Oke, demikian penjelasan gue mengenai materi Geografi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia ini ya guys~

Semoga dengan adanya artikel ini jadi perhatian khusus bagi kita semua, ya, dalam menjaga alam Indonesia bersama-sama!

Oh iya, selain materi Geografi, elo juga bisa belajar mata pelajaran lainnya lho bareng Zenius, kayak Ekonomi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dll. 

Elo bisa gabung ke paket Zenius Aktiva Sekolah yang bisa bantu elo #GantiCaraBelajar materi sekolah khusus TA 2022/2023 dengan live bersama Master Tutor!

Selain itu, di tahun ajaran baru ini, elo juga bisa dapet diskon hampir 80% lho. Elo bisa langsung pilih jenis paket Zenius Aktiva Sekolah sesuai kebutuhan dengan klik banner di bawah ini ya!

Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia - Materi Geografi Kelas 11 9

Dan bagi elo yang masih merasa kurang terkait penjelasan lewat artikel, elo bisa banget, kok, belajar sumber daya alam melalui video pembelajaran dari tutor Zenius.

Di sana, elo akan disajikan video pembelajaran yang mudah dimengerti dengan beberapa bab demi bab. Nggak cuman pembahasan, di sana juga ada contoh soal yang bisa elo pelajari.

Tinggal klik banner di bawah ini, semua materi sumber daya alam bisa elo pelajari dengan cara yang menyenangkan.

Sampai sini dulu ya artikel sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia sampai jumpa di artikel selanjutnya Sobat Zenius! Selamat belajar!

sumber daya alam indonesia


Baca juga Artikel Geografi Lainnya:

Dinamika Hidrosfer

Dinamika Planet Bumi

Sistem Informasi Geografis

 

Originally published: March 18, 2021
Updated by: Maulana Adieb dan Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!