Fakultas Hukum UNS atau FH UNS zenius education.

Syarat Masuk, Biaya, dan Penjurusan di Fakultas Hukum UNS

Sebelum membahas spesifik mengenai Fakultas Hukum UNS, gue mau tanya dulu ke elo. Apa motivasi elo untuk kuliah hukum? Apakah motivasi tersebut datang dari keluarga, teman, atau kondisi hukum di Indonesia? Pasti elo punya motivasi, kan?

Ada nih, film yang menceritakan tentang seorang wanita dengan profesi sebagai pengacara. Ia menjadi pengacara atas motivasi keluarga. Gue kasih lihat poster filmnya di bawah ini, ya.

Film Miracle in Cell 7 tentang hukum di Korea.
Film tentang hukum. (Sumber: IMDb)

Elo pernah nonton film ini? Judulnya Miracle in Cell 7 (2013),  menceritakan tentang seorang ayah penyandang disabilitas mental yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan hingga diancam hukuman mati. Karena harus mendekam di penjara, ia meninggalkan anak satu-satunya yang masih kecil.

Setelah dewasa, anak tersebut, Lee Ye-Sung, mengetahui bahwa ayahnya ternyata nggak bersalah. Ayahnya dijebak paksa oleh seorang komisaris jenderal untuk mengakui kejahatan yang nggak pernah dilakukannya. Kejam banget, kan?

Oleh karena itu, Lee Ye-Sung bermotivasi untuk menjadi pengacara dan membersihkan nama ayahnya dari segala tuduhan. Sedih banget deh, pokoknya. Kalau elo belum nonton, coba deh, tonton filmnya untuk mengetahui bahwa proses hukum sering kali nggak berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Emangnya Benar, Sopan Bisa Meringankan Hukuman Penjara?

Gimana dengan elo? Kalau tertarik kuliah hukum, langsung kenalan dengan FH UNS, yuk! 

Kenalan dengan Fakultas Hukum UNS

Saat ini, jurusan di Fakultas Hukum UNS hanya ada satu, yaitu Ilmu Hukum. Lho, memang dulu ada banyak jurusan? Ada dong, pada awal berdiri, FH UNS punya tiga jurusan, yaitu Hukum Keperdataan, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara.

Sekarang, jurusan-jurusan tersebut masuk ke dalam konsentrasi yang dipelajari di dalam Jurusan Ilmu Hukum. Berikut ini daftar konsentrasi atau penjurusan di Jurusan Ilmu Hukum UNS.

Konsentrasi atau penjurusan di Fakultas Hukum UNS.
Ada 7 penjurusan di Jurusan Ilmu Hukum FH UNS. (Arsip Zenius)

Jadi, menjelang semester akhir, elo bisa memilih konsentrasi di atas sesuai minat. Misalnya nih, waktu awal-awal kuliah, elo akan difokuskan pada berbagai teori hukum.

Makin lama, keilmuan yang akan elo pelajari akan semakin banyak dan spesifik. Pokoknya berbagai hal tentang seluk-beluk hukum, deh. Mulai dari teorinya, undang-undang, praktik peradilan, hak asasi manusia, perdagangan, tata negara, administrasi negara, tindak kriminal, perjanjian dan kontrak, hingga perkawinan.

Setelah menjalani beberapa semester, lama-lama elo akan mulai paham sama minat sendiri, “Oh, ternyata gue lebih tertarik untuk mempelajari hukum pidana daripada hukum perdata.” Ya udah, elo ambil aja konsentrasi Hukum Pidana untuk skripsi atau tugas akhir elo. Contohnya gitu, ya.

Lalu, untuk menyelesaikan pendidikan di Fakultas Hukum UNS, elo harus menempuh sebanyak 144-160 SKS. SKS tersebut terdiri dari 23 mata kuliah wajib, 21 mata kuliah institusional, 13 mata kuliah penunjang, dan 6-16 mata kuliah pilihan.

Gelar dan Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Hukum UNS

Nah, setelah lulus, elo akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H) di belakang nama. Kalau nama elo Zahra Nusantara, maka akan menjadi Zahra Nusantara, S.H. Begitu, ya.

Oh iya, alumni Fakultas Hukum UNS bakal jadi apa, sih? Pasti banyak dari elo yang mempertanyakan tentang prospek kerja jurusan ini, iya kan? Tenang, karena alumni FH UNS itu bisa berkiprah di berbagai bidang, seperti instansi pemerintahan, lembaga peradilan, lawyer atau advokat, perbankan, dan berbagai perusahaan sebagai HRD.

Nah, balik lagi, minat elo apa? Kalau elo sudah punya tujuan pekerjaan, otomatis elo juga akan memilih konsentrasi/penjurusan yang sesuai.

Baca Juga: Seluk Beluk Jurusan Ilmu Hukum, Belajar Apa Aja sih?

Gimana? Makin berminat untuk menjadi bagian dari penegak hukum di Indonesia? Cus, langsung kepoin persyaratan dan sistem pendaftaran di Fakultas Hukum UNS!

Pendaftaran dan Syarat Masuk Fakultas Hukum UNS

Akreditasi Fakultas Hukum UNS sudah berpredikat A. Jadi, nggak heran kalau banyak siswa SMA yang ingin kuliah di sini.

Untuk menjadi mahasiswa S1 UNS, elo bisa melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), UTBK SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan SM UNS (Seleksi Mandiri UNS)

SM UNS terbagi lagi menjadi beberapa jalur, yaitu SM Jalur Ujian, SM Jalur UTBK, SM Jalur Prestasi, SM Jalur Disabilitas, SM Jalur Kemitraan, SM Jalur Kepemimpinan Muda, dan SM Jalur Kelas Internasional. Banyak pilihan, kan? Tinggal elo pilih, mau lewat jalur apa?

Kalau elo mau lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, elo bisa cek persyaratannya di website resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) di ltmpt.ac.id.

Nah, untuk jalur SM UNS, elo bisa cek di bawah ini.

Syarat masuk Fakultas Hukum UNS.
Persyaratan menjadi mahasiswa Fakultas Hukum UNS. (Arsip Zenius)

Setelah elo mengetahui persyaratan untuk kuliah di FH UNS, elo bisa cek biaya kuliah Fakultas Hukum UNS di bawah ini.

Biaya pendidikan di Fakultas Hukum UNS.
Uang Kuliah Tunggal dan Sumbangan Pengembangan Institut FH UNS. (Arsip Zenius)

Buat elo yang jadi ragu karena terhalang biaya pendidikan, nggak perlu khawatir. Jangan jadikan faktor biaya sebagai penghambat elo mengejar impian. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan pemerintah dan swasta. Aktifkan diri elo untuk mencari informasi seputar beasiswa FH UNS, pasti ada jalan keluarnya, kok.

Baca Juga: Informasi Lengkap Biaya dan Beasiswa Kuliah PTN

Daya Tampung Fakultas Hukum UNS

Hayo … siapa yang dari tadi penasaran, “Saingan gue kalau masuk FH UNS ada banyak, nggak sih?” Menurut elo gimana, guys?

Nih, elo perhatikan daya tampung, peminat, dan tingkat keketatan di tiap jalur seleksi berikut ini.

Daya tampung, peminat, dan keketatan di Fakultas Hukum UNS.
Peminat dan keketatan di Fakultas Hukum UNS. (Arsip Zenius)

Semakin rendah persentasenya, artinya semakin ketat juga persaingan untuk elo masuk ke jurusan tersebut, ya.

Gimana, sudah ada rencana masuk UNS lewat jalur apa? Elo juga bisa memaksimalkan peluang lolos UTBK-SBMPTN untuk meraih kampus impian elo! Telusuri panduan mengenai syarat pendaftaran, alur pelaksanaan, sistem penerimaan, dan tips belajar UTBK!

Panduan Lengkap UTBK

Untuk masuk UNS, elo bisa mempertimbangkan jalur UTBK dan mandiri. Nih, Zenius sudah mempersiapkan playlist belajar UTBK yang bisa dijadikan sebagai teman belajar. Karena, playlist-nya sudah dilengkapi dengan video materi dan latihan soal.

Video Belajar UTBK Soshum

Jadikan materi di atas sebagai teman belajar elo, ya! Supaya persiapan elo makin matang, latih juga kemampuan elo dengan level soal yang mirip UTBK Fakultas Hukum UNS beneran. Langsung klik banner di bawah ini!

CTA UM PTN

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Peminatan di Fakultas Hukum UI

Referensi:

S-1 Ilmu Hukum — Website UNS.

Informasi Jadwal dan Jalur Masuk Program Sarjana (S1) — SPMB UNS (2021).

Daftar Prodi SBMPTN Universitas Sebelas Maret — Sidata PTN LTMPT (2022).

Daftar Prodi SNMPTN Universitas Sebelas Maret — Sidata PTN LTMPT (2022).

Lampiran SK Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Sarjana Universitas Sebelas Maret — SPMB UNS (2022).

Bagikan Artikel Ini!