Ilustrasi Fakultas Hukum UI

Syarat Masuk, Akreditasi, dan Peminatan di Fakultas Hukum UI

Fakultas Hukum UI merupakan sekolah hukum pertama di Indonesia, lho! Tertarik berkuliah di FH UI? Yuk, simak info lengkap dari syarat masuk sampai daya tampungnya!

Hai, Sobat Zenius! Masih ingat drama Korea Law School yang populer banget tahun lalu? Gue termasuk yang setia nonton karena jalan ceritanya seru banget! Gue yang awam ini seolah diajak belajar ilmu hukum lewat lika-liku tiap karakter saat memecahkan kasus-kasus sulit. 

Mungkin aja nih, ada penonton yang jadi tertarik kuliah Jurusan Hukum. Apakah elo salah satunya? Kalau iya, Fakultas Hukum UI (Universitas Indonesia) bisa membimbing elo sampai jadi ahli hukum kayak mahasiswa di Law School

Kira-kira gimana sih, perkuliahan di Fakultas Hukum tertua di Indonesia ini? Yuk, simak!

Kenalan dengan Fakultas Hukum UI

Fakultas Hukum UI merupakan sekolah hukum pertama di Indonesia, lho. Fakultas ini didirikan pada tahun 1909 dengan nama Rechtsschool, bertempat di Batavia. FH UI ada sebagai bentuk realisasi permintaan P.A. Achmad Djajadiningrat, Bupati Serang, dalam pemenuhan tenaga-tenaga hukum di pengadilan kabupaten. 

Didirikan pada masa Hindia Belanda, nggak heran kalau Fakultas Hukum UI sempat mengalami beberapa kali pergantian nama. Apa saja, ya?

  1. Rechtsschool (1909)
  2. Rechtshogeschool (1924)
  3. Faculteit der Rechtsgeleerdheid en Sociale Wetenschappen (1946)
  4. Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat (1950)
  5. Fakultas Hukum (1968)

Jurusan di Fakultas Hukum UI

Saat ini, Fakultas Hukum Universitas Indonesia menaungi satu program sarjana, dua program magister, dan satu program doktor. 

Nah, khusus di artikel ini, kita fokus ke program sarjana terlebih dahulu, ya. Ada yang tahu nggak nama jurusannya? Yap, tidak lain dan tidak bukan adalah Jurusan Ilmu Hukum. 

Di jurusan ini, elo akan banyak mempelajari berbagai bidang kajian ilmu hukum, di antaranya:

  • Hukum perdata
  • Hukum ekonomi dan teknologi 
  • Hukum islam dan adat
  • Hukum pidana
  • Hukum tata negara
  • Hukum administrasi negara
  • Hukum internasional
  • Hukum masyarakat dan pembangunan

Selain itu, agar kajian yang dipelajari oleh mahasiswa/i lebih spesifik dan terarah, Jurusan Ilmu Hukum juga menawarkan pilihan konsentrasi atau peminatan, lho. Kira-kira apa saja, ya? 

Peminatan di Jurusan Ilmu Hukum UI
Peminatan di Jurusan Ilmu Hukum UI (Sumber: law.ui.ac.id)

Nah, banyak juga ya, pilihannya? Gimana cara milihnya? Tenang, nantinya ketika elo sudah menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum, elo juga bisa sambil mencari tahu bidang yang memang elo minati, kok. 

Masa studi Jurusan Ilmu Hukum bisa diselesaikan dalam waktu 8 sampai 12 semester dan minimal telah menyelesaikan minimal 144 SKS. Mata kuliah yang diambil terbagi menjadi dua, yaitu kurikulum inti wajib fakultas dan mata kuliah pilihan. 

Lalu, apa saja, sih, yang dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum? 

Jurusan Ilmu Hukum sangat menekankan pada cara berpikir dengan logika secara tepat dan benar. Hal ini dibutuhkan untuk mengimplementasikan hukum atau perundang-undangan pada suatu kasus.

Jadi, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum harus hafal pasal-pasal, ya? Hmmm, betul. Tapi, bukan hanya sekadar menghafal, tapi juga harus paham makna dan alur kerjanya di lapangan. 

Jadi, nggak melulu belajar teori, elo juga akan merasakan praktik berupa simulasi sidang. Layaknya bermain role play, mahasiswa dibentuk menjadi kelompok dan menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan teori yang sudah dipelajari sebelumnya. Wah, seru banget, ya?

Baca Juga: Seluk-Beluk Perkuliahan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Akreditasi Jurusan di Fakultas Hukum UI

Menjadi pelopor Fakultas Hukum di Indonesia, tentu saja mutu Fakultas Hukum UI sudah nggak diragukan lagi. Saat ini, semua jurusan di Fakultas Hukum UI telah memperoleh akreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Nggak hanya itu, jurusan ini juga dinyatakan telah sesuai dengan Standar Mutu ASEAN University Network (AUN-QA). 

Syarat Masuk Fakultas Hukum UI

Informasi jurusan sudah, selanjutnya apa lagi, ya? Yap. Ada info syarat masuk Fakultas Hukum UI yang nggak kalah penting, nih! Yuk, simak beragam syarat yang perlu elo siapkan untuk menjadi bagian dari Fakultas Hukum UI.

Info Syarat Masuk Fakultas Hukum UI
Syarat Masuk Fakultas Hukum UI (Sumber: Simak.ui.ac.id)

Baca Juga: Info Kuliah Fakultas Kedokteran Gigi UI dan Syarat Masuknya

Daya Tampung Jurusan di Fakultas Hukum UI

Untuk menjadi bagian dari Jurusan Ilmu Hukum, ada tiga jalur pendaftaran yang bisa elo coba, yaitu:

  • Jalur SNMPTN 

Bagi elo yang berprestasi dan memiliki nilai tinggi di bangku SMA, elo ada kesempatan, nih untuk bisa masuk perguruan tinggi melalui jalur ini. 

Gue bilang demikian karena nggak semua siswa bisa mengikuti jalur SNMPTN.  Untuk sekolah yang berakreditasi A, 40 persen peserta didik terbaik bisa mengikuti tahap selanjutnya pada jalur SNMPTN. Pada sekolah yang berakreditasi B, 25 persen peserta didik. Sedangkan sekolah yang berakreditasi C hanya bisa mengikutsertakan 5 persen peserta didik terbaiknya. 

Nah, buat elo yang lolos di seleksi awal jalur SNMPTN, gue harap elo tetap mempersiapkan kemungkinan terburuk, ya. Jangan hanya mengandalkan jalur SNMPTN karena dari total keseluruhan daya tampung, kuota untuk jalur SNMPTN hanya sekitar 20 persen.

Sedangkan buat elo yang nggak lolos seleksi awal jalur SNMPTN, it’s okay.  Elo bisa mencoba melalui dua jalur lainnya.

  • Jalur SBMPTN

Di jalur ini, elo akan menghadapi tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tes yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Berbeda dengan tes di sekolah yang didesain untuk mengevaluasi hasil belajar, tes UTBK didesain untuk menyeleksi peserta didik terbaik untuk masuk ke satu jurusan.

Baca Juga: Informasi Seleksi dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UI

  • SIMAK UI

Seleksi Masuk UI (Simak UI) merupakan ujian seleksi yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang berkeinginan untuk berkuliah di UI. 

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN yang hanya membuka program reguler, Simak UI diselenggarakan nggak hanya untuk program reguler, tetapi juga kelas paralel, vokasi, profesi, spesialis, magister, hingga doktor.

Melansir dari website Simak UI, Jurusan Ilmu Hukum merupakan jurusan terfavorit pada rumpun soshum pada tahun 2021. Mulai dari jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, maupun SIMAK UI, jurusan ini konsisten menjadi yang paling diminati. Sebagai gambaran, elo juga bisa cek infografis berikut untuk mengetahui daya tampung Jurusan Ilmu Hukum UI, ya!

Info Daya Tampung Jurusan di Fakultas Hukum UI
Daya Tampung Jurusan di Fakultas Hukum UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Nggak cuma semangat belajar aja yang perlu maksimal, persiapan belajar juga harus lebih maksimal, dong. Untuk itu, elo juga bisa cek informasi penting terkait SIMAK UI mulai dari syarat pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, hingga materi ujian secara lengkap. 

Panduan Lengkap SIMAK UI

Kenali dan coba kerjakan juga tipe soal SIMAK UI supaya persiapan belajar elo makin afdol lagi.

Latihan Soal SIMAK UI

Selain itu, elo juga bisa ikut Try Out, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

try out simak ui online zenius

Referensi:

Sejarah dan Perkembangan Fakultas Hukum UI

(https://law.ui.ac.id/v3/profil/sejarah-dan-perkembangan/)

Program Sarjana Fakultas Hukum UI

(https://law.ui.ac.id/v3/program-sarjana/)

Kelas Reguler Jurusan Ilmu Hukum UI

(https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Bagikan Artikel Ini!