porifera

Terumbu Karang (Porifera), Hewan atau Tumbuhan?

Hi, Sobat Zenius! Kali ini seru deh, gue mau sharing terumbu karang, ciri-ciri porifera, struktur dan contohnya. 

Adakah di antara elo yang lagi bingung mengenai keberadaan terumbu karang, sebenarnya mereka itu tumbuhan atau hewan sih, atau bahkan hanya sekumpulan batu di dasar laut? 

Wajar kok, masih banyak yang salah kaprah mengenai hal tersebut. Supaya salah kaprah itu gak berlanjut, elo udah memilih jalan yang benar dengan mencari tau kebenarannya. 

Terumbu karang termasuk dalam anggota filum Porifera. Nah, di artikel ini, gue akan berbagi informasi mengenai porifera disebut juga hewan spons karena berpori, tapi banyak juga lho yang menyebutnya sponge atau spons laut. 

Yuk, langsung aja cus ke pembahasan pertama!

Apa Itu Porifera?

Oke, hal pertama yang harus kita ketahui adalah dengan memahami pengertiannya. Porifera adalah salah satu filum yang terdapat dalam kingdom Animalia, dan masuk kategori Invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang. 

Porifera merupakan salah satu anggota dari animalia yang paling primitif dan sederhana, karena gak punya jaringan atau organ sejati lho, Sobat Zenius. Dilansir dari Jurnal Sains dan Seni Pomits tahun 2013, spons merupakan organisme laut yang hidupnya menetap atau sedenter dan bersifat non selective filter feeder, yang artinya mereka menyaring dan memakan apapun yang ada di sekitarnya, jadi gak seperti kita yang mau makan aja pilih-pilih dulu ya. Hihihi.

Oh iya, kenapa sih kok Porifera disebut dengan hewan berpori atau spons? Hal ini karena struktur porifera sebagian besar spesiesnya memiliki kerangka yang terbuat dari serabut spongin. Itulah yang membuat tubuhnya seperti spons. 

Ukuran mereka juga bervariasi, ada yang tumbuh hanya beberapa milimeter hingga yang bermeter-meter. Habitatnya ada di perairan, umumnya di lautan, tapi sebagian ada yang hidup di perairan tawar. 

Sama seperti hewan lainnya, mereka organisme heterotrof yang tidak bisa membuat makanannya sendiri ya. Sehingga, mereka membutuhkan organisme lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti mengonsumsi bakteri dan plankton.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Ciri-ciri Porifera

Dari pengertian di atas, tentu elo udah semakin tergambar nih seperti apa sih mereka itu. Nah, supaya elo semakin paham dan bisa dengan mudah membedakan anggota Porifera dengan filum lainnya, elo harus tau juga ciri-cirinya. Berikut ini merupakan ciri-ciri filum Porifera.

  • Organisme multiseluler primitif.
  • Habitatnya di perairan, umumnya lautan dan sebagian di perairan tawar.
  • Memiliki bentuk tubuh seperti tabung atau vas bunga. Tapi, bentuknya asimetris dan bervariasi.
  • Permukaan tubuhnya berpori (ostia) dan ada bukaan yang paling besar di bagian atas (osculum). Selain itu mereka tidak memiliki rongga sejati, yaitu tidak bisa dibedakan antara organ-organnya, seperti mata, hidung, dan telinga. Itulah mengapa Porifera bersifat parazoa.
  • Karena tidak memiliki rongga sejati atau jaringan tubuh, maka Porifera tidak memiliki sistem saraf, pencernaan, dan pernapasan. Sistem di dalam tubuhnya bekerja hanya melalui aliran atau saluran air yang keluar-masuk lewat pori-pori tubuhnya.
  • Pencernaan dilakukan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit.
  • Tubuhnya melekat pada suatu dasar dan sedenter (menetap).
  • Memiliki tiga tipe saluran air, yaitu askon, sikon dan leukon.
  • Termasuk hewan diploblastik, yaitu terdiri dari dua lapisan tubuh luar (epidermis) dan dalam (koanosit). Di antara kedua lapisan tersebut, terdapat mesoglea yang berbahan kental dan terdapat sel amoebosit, skleroblas, dan arkheosit.
  • Sebagian besar hewan spons merupakan hewan hermafrodit. Jenis kelamin Porifera tidak terpisah antara jantan dan betina. Dengan kata lain, di dalam satu tubuh terdapat dua jenis kelamin sekaligus.
  • Reproduksi dilakukan secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dengan cara tunas dan fragmentasi. Sedangkan, reproduksi seksual dengan cara fusi gametik.

Pelajari lebih lanjut
Masih ingat, kan, kalau Porifera termasuk dalam pembahasan Kingdom Animalia? Buat yang mau baca materinya, klik link berikut: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10.

Struktur Tubuh Porifera

Sekarang udah tau ‘kan pengertian dan ciri-ciri spons? Berarti, elo bisa donk memberi contoh apa aja sih hewan yang termasuk dalam kategori tersebut?

Supaya lebih jelas lagi, nih gue kasih gambaran mengenai struktur tubuh Porifera.

Struktur tubuh porifera
Ilustrasi struktur tubuh dan aliran air dalam tubuh Porifera (sumber gambar: ck12.org)

Tidak seperti hewan pada umumnya, Porifera tidak memiliki jaringan sejati. Tapi, tubuhnya tersusun atas berbagai sel, seperti choanocyte yang merupakan sel berflagela, letaknya berada di dalam rongga spongocoel. 

Oh iya, Porifera itu termasuk hewan pemakan suspensi. Mereka memperoleh makanan dari partikel tersuspensi di dalam air yang melewati tubuhnya. Elo bisa lihat alirannya dalam gambar di atas ya. Air akan bergerak melalui pori-pori hingga mencapai spongocoel atau rongga sentral. Setelah itu, air tersebut keluar melalui osculum. 

Sel lainnya adalah amebocyte atau amoeboid yang berfungsi untuk mengedarkan zat makanan. Sedangkan, porosit berfungsi untuk membentuk spikula.


Materi Video Struktur Dasar Porifera

Tonton gratis materi Struktur Dasar, Ciri Fisik, dan Fungsi Tubuh Porifera di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Klasifikasi Porifera

Nah, masuk ke bagian ini berarti elo bakal kenalan sama anggota Porifera. Udah siap untuk menyelami dunia spons lebih dalam lagi belum? Kalau udah siap, ayo tunggu apa lagi, kita langsung meluncurrrrrr! Oh iya, Porifera diklasifikasikan lagi menjadi tiga, yaitu Calcarea, Hexactinellida, dan Demospongiae.

contoh klasifikasi porifera
Contoh Porifera berdasarkan klasifikasinya

Calcarea

Kelas pertama dari Porifera yang akan gue bahas adalah Calcarea. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, anggota kelas ini merupakan para spons berkapur, di mana seluruh kerangkanya terdiri dari spikula kalsium karbonat (seperti jarum). 

Tubuhnya berbentuk tabung dengan ukurannya yang kecil sekitar 1-3 cm, jarang sekali ada yang mencapai 15 cm. Umumnya memiliki warna yang kusam dan hidup di dasar perairan yang dangkal dengan iklim sedang. Mereka ditemukan di bawah batu dengan daerah yang relatif terlindungi.

Contoh hewan porifera anggota Calcarea: Sycon ciliatum dan Leucosolenia botryoides.

Hexactinellida

Kelas porifera yang memiliki tubuh paling keras adalah Hexactinellida. Habitatnya di lautan dan biasa disebut juga dengan spons gelas atau kaca. Dilansir dari jurnal Oseanografi LIPI tahun 1996, spikula kelas Hexactinellida terdiri dari silikat dan tidak mengandung spongin. 

Selain itu, spikula tersebut juga berbentuk bidang triaxon, di mana pada masing-masing bidangnya terdapat dua jari-jari (hexactinal). Mereka hidup di laut dalam, itulah mengapa jenis ini lebih sulit didapatkan.

Contoh hewan porifera anggota Hexactinellida: Euplectella aspergillum.

Demospongiae

Terakhir, ada kelas Demospongiae. Nah, jenis spons yang sering ditemukan di lautan adalah jenis ini. Bahkan, mereka bisa hidup di air tawar juga lho. Mereka gak punya spikula triaxon, tetapi spikula yang dimilikinya berbentuk monoaxon dan tetraxon yang mengandung silikat. Tapi, beberapa jenisnya juga ada yang tidak mengandung spikula, melainkan hanya mengandung spongin aja.

Contoh hewan porifera anggota Demospongiae: Spongilla lacustris.

Demikian informasi mengenai seluk beluk Porifera. Nah, setelah belajar tentang pengertian spons yang ternyata adalah hewan berongga atau spons yang biasa kita kenal sebagai terumbu karang. 

Selanjutnya, juga udah tau ternyata ciri-ciri Porifera sangat unik, begitu pun dengan struktur tubuhnya. 

Terakhir, tau apa aja struktur Porifera. Dan sudah dapat mengelompokkan jenis terumbu karang kalau suatu saat bertemu dengan salah satunya, keren gak sih


Materi Video Klasifikasi Porifera

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton materi lengkap Klasifikasi Porifera dan Siklus Hidupnya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Oh iya, jangan salah kaprah lagi ya, bilang terumbu karang bukan termasuk dalam Kingdom Animalia. Ternyata terumbu karang itu termasuk hewan, yap karena tidak masuk kingdom plantae. Kalau elo udah pernah melihat Porifera, kira-kira ia masuk kelas yang mana sih?

Segitu aja dulu sharing kali ini. Kalau elo mau belajar lebih lanjut tentang Porifera dan mengerjakan contoh soalnya, langsung klik banner di bawah ini ya. Ciao!

Terumbu Karang (Porifera), Hewan atau Tumbuhan? 9

Originally Published: March 9, 2021
Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!