Hukum Dalton Perbandingan Ganda

Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal

Artikel ini membahas tentang biografi pencetus Hukum Dalton, bunyi Hukum Dalton, serta contoh soal dan pembahasan Hukum Dalton.

Howdy, Sobat Zenius! Di dalam pelajaran Kimia, mungkin lo udah nggak asing lagi sama yang namanya Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Proust. Tapi lo tahu nggak, kalau ada yang namanya Hukum Perbandingan Berganda alias Hukum Dalton lho! Apa bedanya sih? Yuk, langsung cari tahu pembahasan lengkapnya di bawah ini!

John Dalton

John Dalton merupakan seorang fisikawan sekaligus meteorologis yang lahir di Eaglesfield, Cumberland, Inggris pada 6 September 1766 dan wafat di Manchester, Lancashire, Inggris pada 27 Juli 1844.

Dalton nggak lahir dari keluarga dengan latar belakang sosial yang tinggi. Ayahnya adalah seorang pengrajin tenun yang berasal dari keluarga Quaker (atau dikenal juga dengan sebutan Religious Society of Friends yang diperuntukkan bagi para pemeluk agama Protestan). Dalton memiliki dua orang saudara kandung, dimana salah seorangnya memiliki gangguan buta warna sama seperti dirinya. Selain itu, Dalton memiliki seorang istri bernama Rev W. Johns yang wafat pada tahun yang sama dengannya.

John Dalton
Sumber: Biography

Ketika masih berumur 12 tahun, Dalton menjadi guru di Sekolah Quaker yang ada di kota kelahirannya untuk membantu perekonomian keluarga. Ia juga sempat menjadi petani, sebelum kembali menjadi guru di Sekolah Quaker yang ada di Kendal. Di sekolah yang ini, Dalton berhasil naik jabatan menjadi kepala sekolah. Kemudian, Dalton menjadi tutor matematika dan filosofi di New College, Manchester pada tahun 1793. Ia juga bergabung dengan klub Manchester Literary dan Philosophical Society, serta mengawali karirnya sebagai seorang ilmuwan di sana.

Dalton udah banyak menyumbangkan hasil pemikiran dan penelitiannya ke dalam berbagai teori untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan, di antaranya kayak Teori Atom, Hukum Tekanan Parsial, Daltonisme, dan Hukum Perbandingan Berganda yang bakal kita bahas ini.

Mulanya, Dalton sedang meneliti mengenai berat atomik, terus dia jadi kepikiran untuk meneliti tentang senyawa. Pada tahun 1802, di dalam tulisannya yang berjudul “On the Proportion of the Several Gases in the Atmosphere“, Dalton mengungkapkan bahwa “Elemen-elemen yang menyusun oksigen dapat dikombinasikan dengan sejumlah bagian tertentu dari gas nitrogen ataupun dua kali lipat dari sejumlah bagian tersebut, namun dengan tidak adanya kuantitas yang bersifat intermediate“. Nah, didukung oleh Hukum Lavoisier (Hukum Kekekalan Massa) dan Hukum Proust (Hukum Perbandingan Tetap) yang sebelumnya udah ada, Dalton jadi semakin yakin tentang Hukum Perbandingan Berganda. Pada tahun 1804, Dalton secara resmi mempublikasikan tentang hukum tersebut.

Bunyi Hukum Dalton

“Apabila dua unsur dapat membentuk atau menyusun lebih dari satu senyawa, maka perbandingan massa dari unsur yang satu dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat sederhana jika massa unsur yang lainnya dibuat tetap.”

Selain Hukum Lavoisier, Hukum Proust, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro, Hukum Dalton juga termasuk ke dalam salah satu hukum dasar yang ada di dalam Stoikiometri Kimia, lho.

Contoh Penerapan Hukum Dalton
Dok. Zenius

Dari tabel di atas, lo bisa lihat kalau unsur karbon (C) dan oksigen (Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 81) itu sama-sama bisa membentuk lebih dari satu senyawa, yaitu senyawa karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 82) . Nah, untuk perbandingan dari massa unsur C dan O sendiri itu 1,33 : 2,66 alias 1:2. Udah sesuai sama kaidah Hukum Dalton, kan?

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal

Diketahui unsur X dan Y dapat membentuk dua senyawa A dan B. Pada senyawa A, komposisinya adalah sebagai berikut: 63,6% unsur X dan 34,6%. Sementara pada senyawa B, komposisinya adalah sebagai berikut: 46,7% unsur X dan 53,3% unsur Y. Hitunglah berapa perbandingan massa unsur X dan Y dari kedua senyawa tersebut!

Pembahasan:

a). Sederhanakan massa seluruh unsur di setiap senyawa

*Senyawa A = Unsur X / Unsur Y

Senyawa A = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 83

Senyawa A = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 84

Perbandingan massa unsur X dan Y pada senyawa A adalah 1,75 : 1.

*Senyawa B = Unsur X / Unsur Y

Senyawa B = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 85

Senyawa B = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 86

Perbandingan massa unsur X dan Y pada senyawa B adalah 0,87 : 1.

b). Perbandingan massa masing-masing unsur X dan Y

*Unsur X = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 87

Unsur X = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 88

*Unsur Y = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 89

Unsur Y = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 90

Jadi, perbandingan massa unsur X adalah 1:1, sementara massa unsur Y adalah 2:1.

***

Itu dia pembahasan tentang Hukum Dalton atau Hukum Perbandingan Berganda kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan sekaligus kuriositas lo buat cari tahu lebih banyak, ya! Lo juga bisa cek tautan-tautan di bawah ini biar makin paham. Ciao!

Link Video

Hukum Dalton

Baca Juga

Hukum Avogadro: Bunyi, Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan

Hukum Proust: Bunyi, Rumus, Penerapan, dan Contoh Soal

Hukum Lavoisier: Bunyi dan Contoh Soal

Hukum Gay-Lussac: Bunyi, Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan