Hukum Dalton (Arsip Zenius)

Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal

Howdy, Sobat Zenius! Kali ini gue mau ngajakin elo kenalan dengan bunyi hukum Dalton. Nanti elo  bakal dapat contoh soal serta pembahasannya juga, lho.

 Di dalam pelajaran Kimia, mungkin elo udah nggak asing lagi sama yang namanya Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Proust. Tapi elo tahu nggak, kalau ada yang namanya Hukum Perbandingan Berganda alias Hukum Dalton lho

Apa bedanya sih? Yuk, langsung cari tahu pembahasan lengkapnya, tapi gue mau elo kenal dengan biografi penemunya dulu nih.

Biografi John Dalton

John Dalton merupakan seorang fisikawan sekaligus meteorologis yang lahir di Eaglesfield, Cumberland, Inggris pada 6 September 1766 dan wafat di Manchester, Lancashire, Inggris pada 27 Juli 1844.

Dalton nggak lahir dari keluarga dengan latar belakang sosial yang tinggi. Ayahnya adalah seorang pengrajin tenun yang berasal dari keluarga Quaker (atau dikenal juga dengan sebutan Religious Society of Friends yang diperuntukkan bagi para pemeluk agama Protestan).

Dalton memiliki dua orang saudara kandung, dimana salah seorangnya memiliki gangguan buta warna sama seperti dirinya.

Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 97
Penemu Hukum Dalton (Dok.Flickr)

Sebelum menemukan hukum Dalton, ia telah menjadi seorang guru. Ketika masih berumur 12 tahun, Dalton menjadi guru di Sekolah Quaker yang ada di kota kelahirannya untuk membantu perekonomian keluarga. Ia juga sempat menjadi petani, sebelum kembali menjadi guru di Sekolah Quaker yang ada di Kendal.

Di sekolah yang ini, Dalton berhasil naik jabatan menjadi kepala sekolah. Kemudian, Dalton menjadi tutor matematika dan filosofi di New College, Manchester pada tahun 1793. Ia juga bergabung dengan klub Manchester Literary dan Philosophical Society, serta mengawali karirnya sebagai seorang ilmuwan di sana.

Hukum Dalton ini hanya salah satu dari berbagai hasil pemikirannya. Dalton udah banyak menyumbangkan hasil pemikiran dan penelitiannya ke dalam berbagai teori untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan, di antaranya kayak Teori Atom, Hukum Tekanan Parsial, Daltonisme, dan Hukum Perbandingan Berganda yang bakal kita bahas ini.

Mulanya, Dalton sedang meneliti mengenai berat atomik, terus dia jadi kepikiran untuk meneliti tentang senyawa.

Pada tahun 1802, di dalam tulisannya yang berjudul “On the Proportion of the Several Gases in the Atmosphere“, Dalton mengungkapkan bahwa “Elemen-elemen yang menyusun oksigen dapat dikombinasikan dengan sejumlah bagian tertentu dari gas nitrogen ataupun dua kali lipat dari sejumlah bagian tersebut, namun dengan tidak adanya kuantitas yang bersifat intermediate“.

Nah, didukung oleh Hukum Lavoisier (Hukum Kekekalan Massa) dan Hukum Proust (Hukum Perbandingan Tetap) yang sebelumnya udah ada, Dalton jadi semakin yakin tentang Hukum Perbandingan Berganda. Pada tahun 1804, Dalton secara resmi mempublikasikan tentang hukum tersebut.

Gimana sih bunyi hukum Dalton? Langsung cek ke pembahasan di bawah ini!

Bunyi Hukum Dalton

“Apabila dua unsur dapat membentuk atau menyusun lebih dari satu senyawa, maka perbandingan massa dari unsur yang satu dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat sederhana jika massa unsur yang lainnya dibuat tetap.”

Selain Hukum Lavoisier, Hukum Proust, Hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro, Hukum Dalton juga termasuk ke dalam salah satu hukum dasar yang ada di dalam Stoikiometri Kimia, lho.

Contoh Penerapan Hukum Dalton
Dok. Zenius

Dari tabel di atas, lo bisa lihat kalau unsur karbon (C) dan oksigen (Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 98) itu sama-sama bisa membentuk lebih dari satu senyawa, yaitu senyawa karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 99) .

Nah, untuk perbandingan dari massa unsur C dan O sendiri itu 1,33 : 2,66 alias 1:2. Perbandingan massa oksigen menurut hukum Dalton adalah bilangan bulat sederhana. Udah sesuai sama kaidah Hukum Dalton, kan?

Oh iya selain tabel di atas yang juga merupakan contoh hukum perbandingan berganda yaitu senyawa air (H20)  yang berasal dari unsur hidrogen (H) dan Oksigen (Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 81).

Hukum Dalton juga sering disebut hukum perbandingan berganda. Penasaran sama jenis soalnya? Di bawah ini bisa elo lihat contoh soal hukum perbandingan berganda atau hukum Dalton.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal Hukum Dalton

Diketahui unsur X dan Y dapat membentuk dua senyawa A dan B. Pada senyawa A, komposisinya adalah sebagai berikut: 63,6% unsur X dan 34,6%. Sementara pada senyawa B, komposisinya adalah sebagai berikut: 46,7% unsur X dan 53,3% unsur Y. Hitunglah berapa perbandingan massa unsur X dan Y dari kedua senyawa tersebut!

Pembahasan:

a). Sederhanakan massa seluruh unsur di setiap senyawa

*Senyawa A = Unsur X / Unsur Y

Senyawa A = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 100

Senyawa A = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 101

Perbandingan massa unsur X dan Y pada senyawa A adalah 1,75 : 1.

*Senyawa B = Unsur X / Unsur Y

Senyawa B = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 102

Senyawa B = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 103

Perbandingan massa unsur X dan Y pada senyawa B adalah 0,87 : 1.

b). Perbandingan massa masing-masing unsur X dan Y

*Unsur X = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 104

Unsur X = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 105

*Unsur Y = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 106

Unsur Y = Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 107

Jadi, perbandingan massa unsur X adalah 1:1, sementara massa unsur Y adalah 2:1.

***

Itu dia pembahasan tentang bunyi Hukum Dalton atau Hukum Perbandingan Berganda kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan semakin ingin cari tahu lebih banyak, ya! 

Untuk pengalaman belajar yang lebih asyik lagi bisa langsung elo temui di aplikasi Zenius ya. Elo juga bisa klik banner di bawah ini dan ketik materi yang ingin elo pelajari.

Hukum Dalton: Bunyi dan Contoh Soal 108
Klik banner dan ketik materi yang ingin dipelajari

Ciao!

Baca Juga

Hukum Avogadro: Bunyi, Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan

Hukum Proust: Bunyi, Rumus, Penerapan, dan Contoh Soal

Hukum Lavoisier: Bunyi dan Contoh Soal

Hukum Gay-Lussac: Bunyi, Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan

Originally published  September 21, 2021
Updated by Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!