jadwal belajar utbk

7 Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK Sehari-hari

Hai, Sobat Zenius! Nggak berasa ya, sebentar lagi pekan pelaksanaan UTBK bakal berlangsung. Salah satu persiapan menjelang UTBK yang perlu elo lakukan adalah fokus belajar dan membuat jadwal belajar UTBK. Akan tetapi, terkadang realita proses belajarnya nggak semudah itu. 

Kadang ada saja hal yang membuat fokus belajar UTBK elo terganggu, mulai dari materi ujian lain, godaan untuk refreshing pasca menyelesaikan ujian sekolah, sampai rasa malas dan lelah dengan belajar. 

Oleh karena itu, gue bakal ngasih tau elo cara membuat jadwal belajar sehari-hari sebagai persiapan menghadapi UTBK. Membuat jadwal belajar UTBK itu banyak manfaatnya, lho. Salah satunya adalah membantu elo dalam mengatur waktu belajar dengan kegiatan di luar belajar. Jadi, elo bisa mengatur porsi waktu untuk belajar dan main dengan baik. 

Nggak cuma itu, membuat jadwal belajar UTBK juga bisa mempermudah elo dalam melacak pemahaman elo terkait materi UTBK. Elo jadi bisa ngecek materi UTBK apa saja yang sudah elo pelajari dan materi apa yang belum. 

Gimana? Tertarik untuk mulai membuat jadwal belajar UTBK? Berikut adalah cara membuat jadwal belajar UTBK yang bisa elo terapkan. 

Cara Membuat Jadwal Belajar UTBK Sehari-hari

jadwal belajar UTBK
Ilustrasi Membuat Jadwal Belajar UTBK (Arsip Zenius)

Cara membuat jadwal belajar UTBK bukannya gitu-gitu aja, ya? Eits, gitu-gitu aja emangnya elo udah bisa konsisten sama jadwal yang elo buat? Makanya, nggak cuma belajar cara membuat jadwal belajar sehari hari aja, gue juga bakal spill cara supaya elo bisa disiplin dengan jadwal belajar UTBK yang elo buat. Simak penjelasannya, ya! 

1. Urutkan Materi yang Ingin Dipelajari

Cara membuat jadwal belajar UTBK yang pertama adalah elo perlu menyusun dulu hal apa saja yang ingin elo pelajari. Susun materi UTBK yang perlu elo kuasai berdasarkan urgensinya

Coba susun jadwal belajar UTBK elo mulai dari materi yang paling sulit dan diprediksi akan muncul dalam UTBK nanti sampai materi yang paling mudah. Hal ini akan membuat jadwal belajar elo bakal lebih terarah. 

2. Rencanakan Jadwal untuk Kegiatan Lainnya

Dalam jadwal belajar UTBK, elo sebaiknya nggak memasukkan jadwal belajar saja ya, tetapi juga memasukkan jadwal kegiatan lainnya, seperti makan, istirahat, olahraga, dan juga berkumpul bersama teman atau keluarga. 

Merencanakan jadwal untuk kegiatan di samping belajar ini akan membuat jadwal belajar elo terasa lebih efektif dan kebutuhan dasar elo pun juga terpenuhi. Dengan begitu, rasa stres selama belajar jadi bisa terhindari. 

3. Perkirakan Waktu Belajar yang Diperlukan

Nah, nggak sedikit, lho, yang memaksakan diri untuk belajar seharian penuh lantaran waktu pelaksanaan UTBK sudah dekat. Padahal, hal ini kurang tepat. Elo perlu memperkirakan waktu belajar dengan bijak sesuai kebutuhan elo dalam jadwal belajar UTBK. 

Umumnya batas seseorang belajar adalah 2 jam, nah elo bisa menjadikan patokan waktu ini sebagai perkiraan waktu belajar. Kalau elo memaksakan diri belajar 5 jam nonstop, bisa jadi kefokusan elo sudah menurun dan belajar jadi nggak efektif. 

Selain itu, elo juga perlu tahu biasanya elo fokus belajar di pagi hari atau malam hari karena waktu tersebut akan mendukung keefektifan belajar elo. Cara menentukan waktu belajar efektif bisa elo cek di artikel gue sebelumnya, ya. 

4. Buat Jadwal Belajar Serinci Mungkin

Selanjutnya, buatlah keterangan kegiatan belajar sedetail mungkin dalam jadwal belajar UTBK elo. Contohnya, daripada elo nulis jadwal belajar seperti “Bahasa Inggris”, lebih baik elo coba tulis detailnya seperti “latihan antonim dan sinonim dalam teks Bahasa Inggris.” 

Cara membuat jadwal belajar sehari-hari ini akan membantu elo mengatur dan melacak materi yang ingin elo kuasai. Selain itu, jadwal belajar UTBK yang rinci juga membuat waktu belajar elo lebih efektif dan nggak terbuang sia-sia. Elo jadi nggak ada alasan lagi untuk lupa udah belajar sampai mana. 

5. Manfaatkan Aplikasi Jadwal Belajar

Sebelumnya gue udah sempat bilang kan kalau gue bakal kasih tau cara supaya elo tetap konsisten dengan jadwal belajar UTBK. Nah, ini dia caranya, guys, yaitu manfaatkan aplikasi jadwal belajar! 

Aplikasi jadwal belajar ini bisa elo gunakan sebagai pengingat dan pencatat jadwal belajar sehari-hari elo. Beberapa aplikasi yang bisa elo gunakan untuk mengatur jadwal belajar UTBK antara lain School Planner, To Do List, Google Calendar, dan Schedule Planner. 

6. Jangan Lupa Istirahat! 

Ingat, guys, belajar-belajar terus tipes itu bukan motto kita. Makanya elo jangan lupa istirahat! Seperti yang sudah gue sebutkan sebelumnya, jadwal belajar UTBK itu nggak harus semuanya diisi dengan waktu belajar. Elo juga bisa memasukkan waktu istirahat di sela-sela proses belajar. 

Selain penting untuk kesehatan, istirahat juga penting untuk me-restart pikiran elo supaya lebih siap menyerap materi belajar. Elo bisa menyisipkan waktu belajar 10-15 menit di tiap sesi belajar. 

7. Masukkan Latihan Soal di Akhir Sesi Belajar

Cara membuat jadwal belajar UTBK terakhir adalah memasukkan latihan soal di akhir sesi. Berbeda dengan soal-soal ujian di sekolah, UTBK memiliki pola soal yang lebih rumit dan kompleks, sehingga latihan soal ini sangat diperlukan. 

Latihan soal ini juga berguna untuk mengetes penguasaan elo terhadap materi yang sudah dipelajari. Nah, elo bisa banget memanfaatkan Try Out UTBK Zenius sebagai latihan soal, nih. 

Try Out UTBK Zenius menghadirkan berbagai soal dengan pola dan materi yang dirancang semirip mungkin dengan UTBK aslinya. Selain itu, elo juga bisa langsung tahu skor yang elo dapat dan menyimak pembahasannya. Wah, membantu belajar UTBK elo banget, ya! 

Itu dia, Sobat Zenius, 7 cara membuat jadwal belajar UTBK sehari-hari yang bisa elo terapkan. Semoga jadwal belajar ini bisa memaksimalkan proses belajar elo, ya! Nah, supaya penguasaan materi UTBK makin mantap, elo juga bisa memanfaatkan fitur ZenPractice, lho. 

ZenPractice merupakan metode latihan soal terkait skill yang ingin elo kuasai dengan cara mem-breakdown hal-hal yang perlu dilatih dengan spesifik sampai lancar, terbiasa, dan benar-benar mengerti. Menarik, ya!

Kalau elo merasa kurang mahir belajar sendiri, Zenius menawarkan paket belajar UTBK yang didalamnya terdapat video pembelajaran, catatan materi, try out, sampai latihan soal. Paket lengkap banget, kan? Yuk, cobain sekarang!

Baca Juga:

Hindari Kesalahan Umum Ini dalam Persiapan Belajar UTBK

Bisakah Belajar UTBK Tanpa Bimbel? Cek 5 Kriteria Ini!

Bagikan Artikel Ini!