Makin Jago Ngerjain Ribuan Contoh Soal Ujian Hanya di ZenPractice

contoh soal ujian soshum saintek

Sobat Zenius, sebentar lagi pendaftaran UTBK bakalan dibuka, nih! Gimana sejauh ini persiapannya? Sudah mengantongi bekal yang matang belum buat bulan Mei nanti dengan terus mempelajari contoh soal ujian?

Yap, bagi elo yang sudah menggebu-gebu dalam menyongsong UTBK, sebaiknya nggak boleh lupa, nih, dengan materi-materi yang akan dipakai nanti. Melakukan latihan soal secara terus-menerus bisa jadi kunci utama elo biar bisa lolos ke kampus impian!

Beruntungnya, kali ini elo nggak perlu pusing cari contoh latihan soal UTBK Soshum maupun Saintek! Pasalnya, Zenius sudah menyediakan ZenPractice buat elo semua yang masih duduk di bangku kelas 12 maupun gap year untuk bisa latihan soal secara rutin.

Penasaran seperti apa kira-kira ZenPractice? Yuk, simak artikelnya sampai selesai, ya!

Apa Itu ZenPractice?

contoh soal ujian
Ilustrasi orang sedang memikirkan sesuatu (Dok. Freepik)

ZenPractice merupakan metode latihan soal untuk menguasai skill tertentu dengan cara mem-breakdown hal-hal yang perlu dilatih dengan spesifik lalu fokus latihan terus-menerus sampai lancar, terbiasa, dan benar-benar mengerti. 

Saat Sobat Zenius mulai memakai ZenPractice untuk mempersiapkan UTBK, itu artinya elo bukan sekadar bisa, melainkan dapat menguasai materi secara keseluruhan dengan baik.

Mengapa bisa begitu? Balik lagi, karena elo akan terus-terusan berlatih untuk masing-masing skill tertentu yang dipakai dalam UTBK.

Sobat Zenius pasti udah nggak heran, kan, bagaimana seorang Eross Candra, gitaris Sheila on 7, bisa sejago sekarang main gitarnya? Itu karena dia terus melatih kemampuannya bermain gitar.

Nah, elo juga bisa jago dalam mengerjakan contoh soal latihan UTBK Soshum atau Saintek dengan memakai ZenPractice, lho!

Cara Kerja ZenPractice

Sobat Zenius pasti makin penasaran, kan, dengan ZenPractice. Kira-kira bagaimana cara kerjanya, ya?

Seperti yang sudah gue bilang di pembahasan sebelumnya, elo akan belajar dengan cara breakdown masing-masing skill tertentu.

Dalam ZenPractice, Sobat Zenius bisa latihan soal UTBK Soshum maupun Saintek yang meliputi contoh soal ujian TPS (Tes Potensi Skolastik), TKA (Tes Kemampuan Akademik) Soshum yang terdiri dari Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi, serta TKA Saintek yang terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Akan tetapi, bukan hanya sekadar latihan contoh soal ujian saja, melainkan elo bisa melatih materi-materi tertentu secara terus-menerus.

Sebagai contoh, elo ingin menguasai materi integral. Nah, di ZenPractice elo bisa latih kemampuan itu tanpa perlu adanya batas waktu sampai puas dan yakin kalau elo sudah menguasainya dengan optimal.

Di materi integral, elo juga harus latihan materi-materi fundamental lainnya seperti aljabar, berhitung, dan persamaan kuadrat. Nah, elo bisa melatih masing-masing materi tersebut melalui ZenPractice, lho! 

Jika sudah puas dengan hasil latihan dari masing-masing materi itu, elo baru bisa, deh, pindah ke materi lainnya.

Mengapa Harus Menggunakan ZenPractice?

1. Latihan soal tanpa batas waktu

Kalau di ZenCore, Sobat Zenius harus mengikuti limit waktu yang tersedia untuk mengerjakan setiap soal.

Hal ini berbeda ketika memakai ZenPractice. Elo nggak perlu khawatir mengenai batasan waktu. Jadi, elo bisa mengulik materi satu per satu sepuasnya sampai benar-benar menguasainya.

2. Ada banyak contoh soal ujian

Di ZenPractice, Sobat Zenius akan menemukan ribuan contoh soal ujian, mulai dari contoh soal TPS dan TKA Soshum atau Saintek dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bahkan, nantinya akan terus di-update untuk mengembangkan kemampuan dari Sobat Zenius.

3. Menguasai materi untuk jangka panjang

Sobat Zenius mungkin seringkali merasa lupa mengenai materi-materi yang sudah dipelajari. Nah, hal tersebut bisa elo atasi dengan menggunakan ZenPractice, lho!

Melalui ZenPractice, elo akan belajar dari fundamental setiap masing-masing materi secara terus-menerus. Hal tersebut tentu akan membantu elo untuk mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Menggunakan ZenPractice

Wah, semakin penasaran dan ingin mencoba ZenPractice, ya, pasti? Tenang, Sobat Zenius bisa menggunakannya dengan langkah-langkah berikut, simpel kok!

contoh soal ujian
Ilustrasi download aplikasi Zenius (Dok. Zenius)
  • Buat akun elo sendiri. Tulis nomor HP dan email, lalu klik “Masuk/Daftar”. Jika ingin login menggunakan akun Google atau Facebook, elo juga bisa langsung klik tombol di bawahnya.
latihan soal UTBK
Ilustrasi login ke app Zenius (Dok. Zenius)
  • Setelah selesai pendaftaran, scroll ke bawah sampai menemukan ZenUTBK, lalu klik tombol Latihan Soal UTBK
contoh soal ujian
Ilustrasi tampilan app Zenius menuju ZenUTBK (Dok. Zenius)
  • Pilih materi yang ingin elo pelajari. Di sana, ada pilihan untuk Saintek dan Soshum
latihan soal utbk soshum saintek
Ilustrasi tampilan UTBK Soshum Saintek (Dok. Zenius)
  • Ini untuk tampilan soal Matematika
contoh soal ujian Matematika
Ilustrasi contoh soal ujian Matematika di App Zenius (Dok. Zenius)
  • Selesai! Selamat belajar dan mengeksplorasi lebih dalam lagi, ya!

Itu dia penjelasan singkat mengenai ZenPractice yang perlu Sobat Zenius ketahui. Melalui ZenPractice, elo bisa dengan leluasa mempelajari contoh soal ujian yang ada sehingga persiapan elo untuk UTBK nanti semakin matang!

Buat Sobat Zenius yang mungkin bertanya-tanya,

“Loh, kok pas di aplikasi disuruhnya klik tombol Deprak Sekolah?”

Yap, Zenius telah me-relaunch Deprak Sekolah menjadi ZenPractice. Untuk informasi lebih lengkapnya, elo bisa langsung klik link ini, ya! Semangat belajar dan persiapkan UTBK dengan optimal!

Baca Juga Artikel Lainnya:

Keuntungan Belajar Online di Zenius

Kesalahan Umum Belajar UTBK

Cara Mengecek Nilai UTBK

Bagikan Artikel Ini!