Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan

Cara Menghitung Nilai UTBK untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan

Halo Sobat Zenius, ketemu lagi sama gue Sabrina. Nggak terasa pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 makin deket. Sudah sampai mana persiapan elo? Biar persiapan elo makin sempurna, kali ini gue mau ngebahas tentang cara menghitung nilai rata-rata UTBK, nih. Baca sampai selesai ya!

Tapi sebelum kita membahas cara menghitung nilai rata-rata UTBK secara lebih detail, ada beberapa informasi yang harus elo pahami terlebih dahulu. 

Salah satunya adalah sistem penilaian yang digunakan dalam UTBK SBMPTN. Nah, gue udah merangkum sistem penilaian dan tahapan-tahapannya yang bisa langsung elo cek di bawah ini.

Sudah tahu cara mengecek nilai UTBK SBMPTN?
Ilustrasi Penilaian UTBK SBMPTN. (Arsip Zenius)

Sistem Penilaian dalam UTBK SBMPTN

Sebelum bisa menggunakan cara menghitung nilai UTBK, tentu aja elo harus bisa tau dari mana nilai UTBK SBMPTN yang elo dapatkan setelah melakukan ujian. 

Nilai ini sebetulnya didapatkan dari sebuah sistem penilaian, dalam UTBK dinamakan IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). 

Tidak seperti sistem penilaian yang biasanya dilakukan di sekolah, sistem penilaian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

  • Tahap 1

Pada tahap ini semua soal yang dijawab oleh peserta UTBK akan diberi skor 1 dan yang tidak dijawab akan diberi skor 0. 

  • Tahap 2

Berdasarkan tahap 1, soal-soal nantinya akan dianalisis kembali dan diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya.

Contoh: Misalnya, soal nomor 3 pada mata pelajaran Kimia tidak dijawab oleh banyak peserta, karena soal ini tingkat kesulitannya tinggi.

  • Tahap 3

Berdasarkan skor masing-masing soal di tahap kedua akan dihitung total skor (nilai) yang berhasil dikumpulkan masing-masing peserta UTBK. 

Lewat sistem ini, artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa elo jawab, maka semakin besar skor UTBK yang akan elo hasilkan. 

Maka dari itu, elo harus baca informasi ini, biar elo bisa tahu cara menghitung nilai UTBK, untuk memprediksi lebih awal seberapa besar peluang lolos elo di antara peserta lainnya.

Cara Menghitung Nilai UTBK 

Setelah mengetahui sistem skoring yang dipakai dalam penilaian UTBK, selanjutnya adalah menjawab pertanyaan elo terkait bagaimana sih cara menghitung nilai rata-rata UTBK? Kenapa kok tiba-tiba nilai atau skor gue keluarnya segini?

Merujuk pada referensi nilai di channel Youtube LTMPT, nilai di SBMPTN dibagi berdasarkan beberapa kelas, yaitu: nilai minimum, nilai maksimum, kuartil 1, median, kuartil 3, dan mean (rata-rata).

Nilai minimum adalah nilai terendah, nilai maksimum adalah nilai tertinggi, dan median adalah nilai tengah.

Kemudian, kuartil 1 adalah nilai tengah dari nilai terkecil, kuartil 3 adalah nilai tengah dari nilai terbesar dan mean adalah rata-rata nilai. 

Jadi kalau diurutkan dari yang kelompok nilai terkecil ke yang terbesar adalah sebagai berikut:

  1. Nilai Minimum
  2. Nilai Kuartil 1
  3. Nilai Median
  4. Nilai Kuartil 3
  5. Nilai Maksimum

Supaya lebih kebayang dan mempermudah elo dalam memahami beberapa kelas nilai dalam UTBK. Berikut ini adalah statistik nilai UTBK 2021: 

Cara Menghitung Nilai UTBK untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan 9
Data Statistik Persebaran Kelompok Nilai UTBK 2021 (Dok. LTMPT on Youtube)

Kalau liat gambar di atas, nilai minimum, nilai maksimum, kuartil 1, median, kuartil 3, dan mean (rata-rata) dari masing-masing mata pelajaran berbeda-beda kan? kok bisa? Iya soalnya penentuan kelas nilai ini juga dipengaruhi oleh skor tertinggi dan terendah peserta dan jumlah populasi (peserta yang mengikuti kelompok soal) tertentu.

Nah, karena elo sudah mendapatkan informasi mengenai kelompok nilai di UTBK SBMPTN, ini bisa menjadi cara menghitung nilai UTBK. 

Misalnya elo menemukan bahwa nilai elo dan temen elo berbeda, padahal jumlah soal yang dijawab dan tidak dijawab adalah sama. 

Gue ambil contoh pada kelompok soal saintek mata pelajaran Kimia, Ranti dan Desi menjawab dan tidak menjawab soal dengan jumlah sama. Keduanya menjawab benar 7 soal, 3 soal salah dan total soal dijawab 10. Tapi memiliki kombinasi tingkatan nilai berbeda seperti ini: 

  • Ranti: 7 soal benar (4 soal nilai maksimum, 3 soal nilai kuartil 3), 3 soal salah (3 soal minimum), 5 soal tidak dijawab (3 soal median, 2 soal kuartil 1).
  • Desi: 7 soal benar (4 soal nilai maksimum, 3 soal minimum), 3 soal salah (3 soal median), 5 soal tidak dijawab (3 soal nilai kuartil 3, 2 soal kuartil 1).

Kalau dilihat dari komposisi soal yang bisa dijawab, kira-kira nilai UTBK siapa yang lebih besar?

Ya, nilai Ranti karena berhasil mengumpulkan 4 soal nilai maksimum, 3 soal nilai kuartil 3.

Menggunakan cara menghitung nilai UTBK ini juga bisa elo lakukan untuk membandingkan hasil nilai selama elo selama mengikuti try out UTBK. Jadi gak harus nunggu abis ujian UTBK beneran. 

Elo bisa cek, berapa jumlah soal yang elo bisa jawab dengan benar dan berada di kelompok soal dengan skor besar yaitu di kategori soal maksimum atau kuartil 3.

Kalau belum banyak, elo bisa kembali mengikuti try out sampai nilai dari soal-soal yang elo jawab berada di kategori dengan skor tinggi yaitu nilai maksimum atau kuartil 3. Karena soal-soal yang ada di kelompok nilai ini memiliki bobot (skor) yang lebih besar. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan cek kampus yang cocok buat elo!

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK 

Oke, sekarang elo sudah paham mengenai sistem penilaian, tingkatan nilai dan cara menghitung skor UTBK. Selanjutnya adalah cara menghitung nilai rata-rata UTBK.


Yang pertama, setelah elo mengikuti UTBK sungguhan, elo harus mengunduh sertifikat hasil UTBK SBMPTN 2022 terlebih dahulu melalui akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id

Yang kedua, kalau sudah mengunduh sertifikat selanjutnya lihat baik-baik nilai yang elo dapatkan di kelompok soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) dan TPS (Tes Potensi Skolastik). 

Di TKA, nilai akan dibagi menjadi empat kelompok. Kalo elo milih TKA Saintek berarti ada nilai Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Terus kalo elo milih TKA Soshum berarti ada nilai Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Kalo elo milih campuran berarti ada delapan nilai di sertifikat hasil UTBK elo yang merupakan gabungan TKA Soshum dan TKA Saintek. 

Kemudian, di kelompok TPS juga akan ada empat nilai. Yaitu nilai kemampuan pemahaman umum (PU), kemampuan membaca dan menulis (PBM), pengetahuan dan pemahaman umum (PPU) serta pengetahuan kuantitatif (PK). 

Kalau di sertifikat hasil UTBK elo sudah lengkap dan sesuai dengan kelompok soal yang elo pilih, tahap yang ketiga adalah memisahkan nilai TKA dan TPS, karena keduanya akan memiliki fungsi yang berbeda.

Nah, di bagian ini gue akan memberikan informasi terkait cara menghitung nilai rata-rata UTBK. Tapi, pertama-tama elo harus menghitung rata-rata nilai per-kelompok soal seperti di bawah ini: 

  • Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal Saintek)

Nilai rata-rata TKA Saintek = Nilai dari 4 mata pelajaran (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Sains) dijumlah kemudian dibagi 4.

Nilai rata-rata TPS Saintek = Nilai dari 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) dijumlah kemudian dibagi 4. 

Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Saintek + Nilai rata-rata TPS dibagi 2. 

Berikut ini adalah contoh tabel cara menghitung nilai rata-rata UTBK kelompok soal Saintek:

cara menghitung nilai rata-rata UTBK - Saintek
Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Kelompok Soal Saintek (Arsip Zenius)
  • Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal Soshum)

Nilai rata-rata TKA Soshum = Nilai dari 4 mata pelajaran (Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi) dijumlah kemudian dibagi 4.

Nilai rata-rata TPS Soshum = Nilai dari 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) dijumlah kemudian dibagi 4.

Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Soshum + Nilai rata-rata TPS dibagi 2. 

Berikut ini adalah contoh tabel cara menghitung nilai rata-rata UTBK kelompok soal Soshum:

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Kelompok Soal Soshum
Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Kelompok Soal Soshum (Arsip Zenius)
  • Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal Campuran):

Nilai rata-rata TKA Saintek = Nilai dari 4 mata pelajaran (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Sains) dijumlah kemudian dibagi 4.

Nilai rata-rata TKA Soshum = Nilai dari 4 mata pelajaran (Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi) dijumlah kemudian dibagi 4.

Nilai rata-rata TPS = Nilai dari 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) dijumlah kemudian dibagi 4. 

Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Saintek + Nilai rata-rata TKA Soshum  + Nilai rata-rata TPS dibagi 3. 

Berikut ini adalah contoh tabel cara menghitung nilai rata-rata UTBK kelompok soal Campuran:

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Kelompok Soal Campuran
Cara Menghitung Nilai Rata-Rata di Kelompok Soal Campuran (Arsip Zenius)

Nah, biar persiapan SBMPTN makin matang, elo bisa ikut latihan soal UTBK lewat try out online Zenius.

Nantinya, nilai yang elo hasilin di try out online, bisa menjadi referensi untuk mengukur kemampuan elo menjawab soal-soal UTBK 2022.

Selain itu, ikutan try out juga akan membuat mendapatkan segudang manfaat dan kelebihan yang akan mempermudah elo mempersiapkan strategi supaya diterima di universitas impian. 

Kalo elo penasaran, info lebih lanjutnya bisa langsung cek di sini ya Panduan Persiapan UTBK Terlengkap!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Dan untuk elo yang baru pertama kali atau udah menyandang predikat alumni tapi akan bertarung lagi di UTBK 2022, elo bisa baca artikel ini Informasi Lengkap UTBK SBMPTN 2022, Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif

Di situ udah disajikan lengkap informasi terkait UTBK 2022 terbaru dan pastinya terlengkap.

Nah, setelah berjuang di UTBK SBMPTN, elo tinggal menunggu hasilnya diumumkan oleh panitia LTMPT. 

Mudah-mudahan perjuangan elo mengikuti try out UTBK dan memahami cara menghitung skor UTBK  bisa menjadi modal elo buat ngedapetin nilai maksimal di UTBK sesungguhnya.

Oke, segitu dulu informasi yang bisa gue sampaikan, semoga bermanfaat buat elo semua, para pejuang PTN! Buat elo yang mau mempersiapkan diri menghadapi UTBK, Zenius punya program Ultima Plus yang akan bantu mempersiapkan diri elo menuju kampus impian elo. Caranya gampang, langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

CTA Zenius ultima plus

Originally published: November 18, 2021
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!