Yuk, cari tahu cara mengecek nilai UTBK SBMPTN, untuk prediksi tingkat kelulusan SBMPTN 2022

Cara Mengecek Nilai UTBK Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan SBMPTN

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Ketemu lagi sama gue Sabrina. Seperti biasa, gue akan memberikan informasi  UTBK SBMPTN. Nah, kali ini, gue akan lebih fokus membahas tentang cara mengecek nilai UTBK dan cara menghitung nilai UTBK. Jadi, informasi ini bisa lo jadikan referensi buat hadapi UTBK 2022 mendatang.

Tapi sebelum kita membahas cara mengecek nilai UTBK secara detail, ada beberapa informasi yang harus lo pahami terlebih dahulu. Salah satunya adalah sistem penilaian yang digunakan dalam UTBK SBMPTN. 

Nah, gue udah merangkum sistem penilaian yang ada di UTBK SBMPTN dan tahapan-tahapan yang ada dalam proses penilaian, bisa langsung lo cek di bawah ini.

Sudah tahu cara mengecek nilai UTBK SBMPTN?
Ilustrasi Penilaian UTBK SBMPTN

Sistem Penilaian UTBK SBMPTN

Sistem Penilaian dalam UTBK dinamakan IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT). Sistem penilaian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Tahap 1

Pada tahap ini semua soal yang dijawab oleh peserta UTBK akan diberi skor 1 dan yang tidak dijawab akan diberi skor 0. 

Tahap 2

Berdasarkan tahap 1, soal-soal nantinya akan dianalisis kembali dan diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya.
(Contoh: Bisa jadi soal nomor 3 tidak dijawab oleh banyak peserta, karena soal ini tingkat kesulitannya tinggi).

Tahap 3

Berdasarkan skor masing-masing soal di tahap ke-2 akan dihitung total skor (nilai) yang berhasil dikumpulkan masing-masing peserta UTBK. 

Lewat sistem ini, artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa lo jawab, maka semakin besar skor UTBK yang akan lo hasilkan. Maka dari itu, lo harus baca informasi ini, biar lo bisa tahu cara mengecek nilai UTBK, buat memprediksi seberapa besar peluang lolos lo di antara peserta lainnya.

Bagaimana Sistem Penilaian UTBK SBMPTN Bekerja?

Nah setelah mengetahui sistem penilaian dalam UTBK SBMPTN, selanjutnya adalah mengetahui kerja sistem penilaian tersebut. Ini akan membantu lo dalam menghitung nilai UTBK yang sesungguhnya.

Merujuk pada referensi nilai di channel Youtube LTMPT, nilai di SBMPTN dibagi berdasarkan beberapa kelas, yaitu: nilai minimum, nilai maksimum, kuartil 1, median, kuartil 3, dan mean (rata-rata).

Nilai minimum adalah nilai terendah, nilai maksimum adalah nilai tertinggi, dan median adalah nilai tengah.

Kemudian, kuartil 1 adalah nilai tengah dari nilai terkecil, kuartil 3 adalah nilai tengah dari nilai terbesar dan mean adalah rata-rata nilai. 

Jadi kalau diurutkan dari yang kelompok nilai terkecil ke yang terbesar adalah sebagai berikut:

  1. Nilai Minimum
  2. Nilai Kuartil 1
  3. Nilai Median
  4. Nilai Kuartil 3
  5. Nilai Maksimum

Nah, karena lo sudah mendapatkan informasi mengenai kelompok nilai di UTBK SBMPTN, ini bisa menjadi acuan lo untuk membandingkan dengan hasil nilai selama lo mengikuti try out UTBK. 

Lo bisa cek, berapa jumlah soal yang lo bisa jawab dengan benar dan berada di kelompok soal dengan skor besar yaitu di kategori soal maksimum atau kuartil 3.

Kalau belum banyak, lo bisa kembali mengikuti try out sampai nilai dari soal-soal yang lo jawab berada di kategori Maksimum atau Kuartil 3. Karena soal-soal yang ada di kelompok nilai ini memiliki bobot (skor) yang lebih besar. 

Cara Mengecek Nilai UTBK SBMPTN

Oke, karena lo sudah paham mengenai sistem penilaian dan cara kerja penilaian UTBK SBMPTN, saatnya kita belajar memahami cara mengecek nilai UTBK.

Yang pertama, lo harus mengunduh sertifikat hasil UTBK SBMPTN 2022 melalui akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id

Yang kedua, kalau sudah mengunduh sertifikat selanjutnya lihat baik-baik nilai yang lo dapatkan di kelompok soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) dan TPS (Tes Potensi Skolastik). 

Di TKA, nilai akan dibagi menjadi empat kelompok. Kalo lo milih TKA Saintek berarti ada nilai Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Terus kalo lo milih TKA Soshum berarti ada nilai Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Kalo lo milih campuran berarti ada delapan nilai di sertifikat hasil UTBK lo yang merupakan gabungan TKA Soshum dan TKA Saintek. 

Kemudian, di kelompok TPS juga akan ada empat nilai. Yaitu nilai kemampuan pemahaman umum, kemampuan membaca dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum serta pengetahuan kuantitatif. 

Kalau di sertifikat hasil UTBK lo sudah lengkap dan sesuai dengan kelompok soal yang lo pilih, tahap yang ketiga adalah memisahkan nilai TKA dan TPS, karena keduanya akan memiliki fungsi yang berbeda.

Nah, di bagian ini gue akan memberikan informasi terkait cara menghitung nilai rata-rata UTBK. Tapi, pertama-tama lo harus menghitung rata-rata nilai per-kelompok soal.

Untuk menghitung mean (rata-rata) TKA, lo tinggal menjumlahkan empat nilai TKA (untuk soshum dan saintek) atau delapan nilai TKA (untuk campuran) kemudian dibagi dengan total kelompok soal. 

  • Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal TKA):

    Nilai rata-rata TKA Saintek/Soshum = 4 nilai TKA dijumlah : 4
    Nilai rata-rata TKA Campuran = 8 nilai TKA dijumlah : 8

Kemudian cara menghitung nilai rata-rata UTBK pada kelompok soal TPS, baik yang memilih TKA Saintek/Soshum atau campuran caranya sama, karena jumlah soal TPS disemua kelompok sama.

  • Cara Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal TPS):

    Nilai rata-rata TPS = 4 nilai TPS dijumlah : 4

Sampai sini, lo sudah bisa mengetahui nilai rata-rata TPS dan TKA yang lo dapat dalam SBMPTN. 

Nah setelah lo mengetahui cara mengecek nilai UTBK dan mengetahui berapa nilai rata-rata UTBK yang lo dapat. Tahap selanjutnya lo bisa mempersiapkan untuk menyusun Langkah selanjutnya.

Kalau ternyata nilai UTBK lo kurang maksimal, jangan khawatir, sebab lo masih punya kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi lewat jalur mandiri. Nah, biar persiapan SBMPTN lo makin matang, lo bisa ikut latihan soal UTBK lewat try out online Zenius.

Kalo lo mengikuti try out ini, lo akan mendapatkan segudang manfaat dan kelebihan yang akan mempermudah lo diterima di universitas impian. Kalo lo penasaran, info lebih lanjutnya bisa langsung cek artikel ini ya: Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Setelah berjuang di UTBK SBMPTN, lo tinggal menunggu hasilnya diumumkan oleh panitia LTMPT. Mudah-mudahan perjuangan lo mengikuti try out UTBK dan memahami cara mengecek UTBK bisa menjadi modal lo buat ngedapetin nilai maksimal di UTBK sesungguhnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan setelah lulus UTBK SBMPTN, nih?

  • Siapkan Semua Berkas untuk Daftar Ulang

Penting buat lo untuk mencari tahu mengenai dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk daftar ulang setelah dinyatakan lulus SBMPTN. Syarat-syarat administrasi adalah hal yang sangat penting, jangan menyepelekan jadwal pendaftaran ulang atau berkas-berkas yang harus diserahkan saat pendaftaran ulang.

  • Ikutan Grup Jurusan/Fakultas/Angkatan

Biasanya, setelah hasil UTBK diumumkan, para mahasiswa baru diarahkan oleh panitia orientasi fakultas/jurusan untuk membuat grup atau dikumpulkan dalam sebuah grup di sosial media misalnya grup whatsapp atau grup line.

Sangat penting untuk lo untuk masuk ke grup ini, supaya lo gak ketinggalan informasi mengenai perkuliahan dan lo bisa lebih mengenal teman seangkatan/fakultas/jurusan.

  • Cari Tau Tempat Tinggal (Kos) yang Nyaman dan Sesuai Budget (Khusus Anak Rantau)

Khusus anak rantau, tempat tinggal sementara adalah hal yang susah-susah gampang untuk ditemukan. Oleh karena itu, buat lo yang niat merantau harus mencari informasi kos dari jauh-jauh hari. 

Lingkungan di sekitar kos juga harus aman dan nyaman, serta harus sesuai budget yang dimiliki. Melakukan survey langsung dapat menjadi salah satu cara untuk menemukan tempat kos idaman. 

  •  Cari Tau Tempat Makan Enak dan Murah di Sekitar Kampus

Persiapan ini penting banget untuk lo lakukan, karena ada kalanya lo pengen makan di luar tapi budget gak mendukung. Atau lo pengen masak tapi gak punya waktu karena banyak tugas dan akhirnya harus beli makan di luar. 

  •  Cari Tau Fasilitas Umum di Sekitar Kampus

Fasilitas umum yang harus lo ketahui adalah fasilitas yang bisa menunjang kehidupan saat lo sedang sakit atau dalam keadaaan darurat. Misalnya letak puskesmas, kantor polisi, hingga tempat ibadah.

  •  Pahami Denah Transportasi Umum di Sekitar Kampus

Informasi mengenai denah transportasi akan mempermudah lo ketika lo ingin bepergian di sekitar kampus. Terutama ketika lo adalah mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan pribadi. 

  •  Siapkan Semua Alat Penunjang Kuliah

Biasanya alat penunjang kuliah juga tergantung pada jurusan yang lo ambil. Misalnya buat lo yang lolos di jurusan Saintek diwajibkan memiliki jas laboratorium dan peralatan laboratorium penunjang lainnya. 

  • Persiapkan Mental dalam Beradaptasi di Lingkungan Baru 

Yang gak kalah penting setelah mendapatkan pengumuman hasil UTBK adalah mempersiapkan mental. Adaptasi mental dengan lingkungan dan budaya baru pasti akan memerlukan waktu.

Ditambah, lo juga akan beradaptasi dengan beban belajar perkuliahan yang lebih banyak dari saat duduk di bangku SMA. Lo harus bisa mempersiapkan mental untuk hidup lebih mandiri dan bertanggungjawab terhadap tugas kuliah dan prestasi lo di perguruan tinggi.

Oke, segitu dulu informasi yang bisa gue sampaikan terkait cara mengecek nilai UTBK dan strategi yang perlu disiapkan setelah pengumuman lulus UTBK. Semoga bermanfaat buat lo semua, para pejuang perguruan tinggi!

Bagikan artikel ini